Tuesday, January 31, 2012

Cara Membangkitkan Gairah di Usia Senja

Gairah Pria Tak Ada Matinya


Tidak benar anggapan yang menyatakan bahwa seiring bertambahnya usia maka fungsi seksual akan menurun. Modal utama untuk berhubungan seksual bagi setiap orang adalah kondisi tubuh. Jika kondisi kesehatan baik, maka fungsi seksual juga baik.

Terutama bila didukung gaya hidup sehat, seperti olahraga teratur dan istirahat yang cukup. Juga sebaliknya, apabila kesehatan tubuh buruk maka dapat dipastikan fungsi seksual ikut juga terganggu.

Fakta bahwa seorang pria usia lanjut masih mampu berhubungan seksual. Keadaan ini berbeda dengan pihak wanita. Seiring bertambahnya usia, fungsi seksual wanita malah mengalami penurunan. Apalagi jika wanita sudah mengalami menopause, dimana cairan lubrikasi yang dipoduksi tidak lagi sebanyak seperti usia muda yang berakibat rasa sakit saat berhubungan.

Penggunaan lubrikan berbahan dasar air yang berfungsi sebagai pelumas vagina tentunya dapat menjadi alternatif pilihan untuk mengurangi gesekan serta meningkatkan kenyamanan saat berhubungan. Hal ini dapat menjadi pilihan bagi wanita untuk mengurangi rasa sakit saat mengimbangi gairah suami yang masih menggebu-gebu.

Kehidupan seksual juga dapat diperbaiki dengan komunikasi yang lebih banyak dengan pasangan selain dengan menggunakan lubrikan. Lakukan perubahan-perubahan untuk mengatasi rasa jenuh, semisal dengan menceritakan kembali nostalgia masa muda atau melakukan aktifitas bersama-sama.

Komunikasi dapat merangsang dan menghidupkan kembali percikan gelora agar bergairah kembali. Ketika komunikasi sudah berjalan lancar, suasana romantis mudah tercipta walau hanya dengan mendengarkan lagu-lagu klasik atau memasang lampu temaram.

Penggunaan obat kuat atau terapi hormon sebaiknya dijadikan pilihan terakhir setelah pengobatan secara fisik tak juga memberikan hasil baik. Alangkah lebih baik bila permasalahan dari segi psikologis diselesaikan lebih awal dengan melakukan konsultasi. 

Obat kuat tentunya tidak sembarangan digunakan. Riwayat kesehatan harus menjadi rujukan dan penggunaannya juga harus di bawah pengawasan dokter. Maka, segera temui dan berkonsultasilah dengan dokter Anda!

Monday, January 30, 2012

Berburu Barang Bekas di Bandung

Semakin Usang, Semakin Antik, Semakin Mahal



Usang bukan berarti tidak terpakai, ketinggalan zaman juga bukan berarti kehilangan fungsinya. Itulah barang bekas, yang kadang disepelekan namun semakin dicintai banyak orang karena berkesan murah harganya. Namun justru semakin usang, semakin antik dan semakin mahal.

Kota Bandung memiliki lokasi penjualan barang bekas yang relatif lebih tertata dibanding dengan pedagang kaki lima. Pasar barang bekas di sana terlihat lebih tertib dalam hal penataan fisiknya sehingga tidak heran kalau pasar loakan menjadi trademark baru Kota Bandung. 

Keberadaan pasar loakan di Kota Bandung mendongkrak nilai ekonomi barang bekas. Pencari barang bekas saat ini tidak terbatas pada  kalangan ekonomi kelas bawah. Banyak orang dari kalangan menengah ke atas juga sama-sama berburu barang bekas di pasar loakan Kota Bandung, dan tanpa disadari pasar loakan menumbuhkan kembali keberadaan pasar tradisional.

Saat ini pasar-pasar loakan di Kota Bandung menempati beberapa titik strategis tertentu secara kontinu. Meski tanpa pengelompokkan namun para pedagang barang loakan telah berkumpul sesuai dengan barang yang dijualnya. Hal ini sangat  memudahkan bagi konsumen untuk mencari lokasi barang yang dicarinya.

Anda tertarik untuk berburu barang bekas di Kota Bandung? Berikut ini beberapa lokasi yang bisa Anda tuju sesuai dengan barang yang mungkin Anda butuhkan.

BANCEUY
Jalan ini merupakan surga bagi pencinta otomotif. Aktivitas bongkar pasang onderdil kendaraan dilakukan langsung di sepanjang jalan. 

CIKAPUNDUNG
Sepanjang Jalan Cikapundung adalah sentra barang bekas elektronik selain barang bekas lain seperti sepeda, mesin tik, dan mesin jahit. Tidak jauh dari Pasar Cikapundung terdapat juga pedagang buku dan majalah bekas,  tidak hanya buku atau majalah lokal tapi juga yang asing.

DEWI SARTIKA
Para pedagang buku dan majalah bekas juga berjajar di sini, di depan toko-toko pakaian. Jumlah buku yang dijual lebih banyak dibandingkan dengan yang dijual di Jalan Cikapundung. Selain buku dan majalah bekas dapat dijumpai juga kaset bekas.

JATAYU
Di Jalan Jatayu (Komodor Supadio) terdapat ratusan lapak yang menyediakan onderdil kendaraan bekas untuk kendaraan roda dua atau roda empat dan juga menyediakan jasa pemasangan onderdil kendaraan. Selain onderdil kendaraan, ada juga kios yang menjual barang bekas berupa perlengkapan kamar mandi seperti bath tub dan wastafel. Selin itu terdapat juga alat-alat elektronik bekas di sini.

JAMIKA
Tempat penjualannya sendiri sebenarnya terletak di Jalan Situ Aksan, di tempat ini dijual barang bekas berbahan kayu seperti papan, kusen dan perabot rumah tangga.

CIGERELENG
Di sepanjang Jalan Soekarno  - Hatta, tepatnya Cigereleng dan Gedebage terdapat kios yang menjual dan membeli bahan bangunan bekas berupa kayu, genting, pintu, seng, batu bata, dan berbagai bahan bekas untuk keperluan mendirikan bangunan. 

CIKUDAPATEUH
Jalan Cikudapateuh sejak dekade 1960 sudah dikenal sebagai pasar barang bekas yang menyediakan sepatu dan pakaian bekas. Seiring perkembangan industri fashion, kini hanya menjual sepatu-sepatu baru  dengan kisaran harga Rp 30.000 - Rp 200.000.

PALASARI
Palasari sudah terkenal hingga se Asia Tenggara sebagai pusat penjualan buku baru dan bekas. Para penggemar buku dari berbagai daerah dan luar negeri biasanya datang untuk berburu buku-buku antik. Buku bekas yang menjadi favorit adalah buku pelajaran, diktat kuliah, novel, komik, dan kamus. Harga buku bekas di Jalan Palasari tujuh puluh persen lebih murah dari harga buku baru.

ASTANA ANYAR
Jalan Astana Anyar menyediakan suku cadang elektronik bekas dan juga suku cadang sepeda motor bekas. Para pedagang menggelar dagangan mereka di atas jalan dan taman mulai dari sepeda, kacamata, DVD, handphone, suku cadang alat elektronik, onderdil sepeda motor hingga baju dan sepatu bekas.

CIHAURGEULIS (SUCI)
Bursa Buku Cihaurgeulis terletak di Lantai II Pasar Cihaurgeulis, lokasinya paling strategis karena terletak di pusat kota. 

CIHAPIT
Pasar Cihapit jadi rujukan pasar loak lain untuk mencari pasokan barang yang terbilang langka. Di pasar barang bekas ini dijual cukup banyak jenis barang bekas, mulai dari tape mobil, sepatu, jaket kulit, onderdil kendaraan, hingga kaset bekas.

JALAN MALABAR
Di Jalan Malabar para pemburu barang bekas dapat menemukan sepeda, kursi lipat, meja kantor, hingga etalase kaca alumunium. Di lokasi ini transaki dapat terjadi mulai dari jual, beli hingga tukar tambah. Kelebihan Jalan Malabar dibanding pasar loakan lain ialah harganya yang lebih miring 30 - 40 persen dari harga toko. Bahkan untuk sepeda baru, harga yang ditawarkan bisa 10 - 15 persen lebih murah.

Sunday, January 29, 2012

Dari Hobi Jadi Profesi

Jadilah Pribadi Yang Mandiri



Hobi sangat berkaitan erat dengan minat dan kemampuan seseorang. Selain untuk mengisi waktu luang biasanya hobi ditekuni untuk mencari kepuasan batin dan dilakukan dengan perasaan senang, bergembira dan penuh antusias. 

Tidak sedikit orang yang sukses dalam dunia kerja mengawali karir dengan menekuni suatu hobi.  Hobi yang dikembangkan sedemikian rupa bisa menjadi profesi atau pekerjaan tetap atau sampingan yang menjanjikan. Anda hanya memerlukan keyakinan bahwa hobi tersebut mempunyai masa depan yang cerah untuk merubahnya menjadi sebuah profesi atau pekerjaan baik tetap atau sampingan.

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah melakukan inventarisasi hobi. Temukan dan catat dalam sebuah daftar hobi Anda tersebut. Hal ini perlu dilakukan agar Anda mengetahui berapa banyak hobi yang Anda miliki, selain untuk melihat kemungkinan hobi tersebut bisa dikembangkan atau diasah lebih lanjut.

Pilih hobi yang akan diasah atau dikembangkan menjadi profesi atau pekerjaan tetap. Namun sebelumnya Anda pertimbangkan terlebih dahulu untung ruginya atau prospek hobi tersebut setelah menjadi pekerjaan. Fokuslah pada hobi yang duah Anda pilih sambil tetap melakukan hobi yang lain.

Baca buku atau majalah yang berkaitan dengan hobi untuk menambah wawasan. Di media masa biasanya ada rubrik yang menampilkan tulisan yang berhubungan dengan hobi. Kemudian untuk mempertajam pemahaman Anda tentang hobi yang sedang Anda tekuni bertanyalah pada ahlinya, dapatkan pengalaman mereka dan informasi penting dalam pengembangan hobi.

Tak ada sesuatu dapat diraih tanpa kerja keras, untuk itu berlatihlah sesering mungkin. Latihan bisa Anda lakukan dengan teman-teman yang memiliki hobi yang sama atau bisa juga Anda lakukan sendiri. Semakin banyak berlatih akan membuat Anda semakin terampil.

Agar keterampilan Anda lebih terarah, ikuti les, kurusus atau seminar. Banyak mengikuti les, kursus atau seminar akan menambah wawasan dan keterampilan Anda. Biasanya di tempat les atau kursus kita akan lebih terarah dalam melakukan latihan keterampilan suatu pekerjaan.

Penguasaan kemampuan Anda di bidang hobi memerlukan pemantapan. Untuk itu Anda harus mengalami masa magang atau melihat orang lain melakukan suatu pekerjaan. Kemudian Anda mempraktekan sendiri pekerjaan tersebut. Dengan seringnya Anda melihat orang lain melakukan suatu pekerjaan dan kemudian Anda mempraktekannya maka lama kelamaan Anda menjadi lebih terampil.

Setelah Anda memilikin kemampuan dan keterampilan, Anda juga masih harus meningkatkan rasa percaya diri. Hanya ada satu cara untuk ini, ikuti lomba dan jadilah juara. Dengan menjadi juara berarti keterampilan dan kemampuan Anda telah teruji dan ini berarti tawaran pekerjaan akan datang dengan sendirinya, karena Anda lebih dikenal orang dalam melakukan suatu pekerjaan dan lebih profesional.

Langkah terakhir setelah mempunyai keahlian berdasarkan hobi adalah melakukan promosi kepada khalayak ramai. Melalui promosi maka orang yang membutuhkan keahlian Anda akan segera mengetahuinya dan tidak tertutup kemungkinan adanya tawaran untuk menjadi pegawai atau karyawan. Promosi juga akan berdampak pada motivasi diri untuk berkembang ke arah lebih baik lagi dan meningkatkan kualitas pribadi.

Hobi yang telah terasah dan menjadi keahlian akan membawa Anda pada dua pilihan, bekerja pada orang lain atau berwiraswasta. Seperti kalimat sebuah iklan, kesan pertama begitu menggoda.... selanjutnya terserah Anda.

Saturday, January 28, 2012

DPR Jangan Boros Lagi!

Ini Cuma Kisah Tanah Surga Di Negeri Antah Berantah


Kinerja DPR yang dinilai kian memburuk berbanding terbalik dengan fasilitas yang malah terus ditambah. Hal ini tercermin dari orientasi mereka kepada proyek daripada kepada tanggung jawabnya sebagai wakil rakyat.

Kelembagaan DPR lebih kepada dimanfaatkan dalam menyusun anggaran yang diinginkan untuk kemudian membuat proyek-proyek yang sebetulnya tidak menjadi prioritas untuk meningkatkan kinerja DPR.

DPR mendapat sorotan publik di awal tahun 2012 karena sederet proyek renovasi. DPR terus menciptakan hal-hal yang dipersepsikan negatif oleh publik dengan melakukan renovasi ruang Badan Anggaran senilai Rp 20 miliar, renovasi tolilet senilai Rp 2 miliar, renovasi lahan parkir senilai Rp 3 miliar, proyek pengharum ruangan Rp 1,59 miliar, pemasangan layar LED senilai Rp 4,8 miliar, hingga pengadaan kalender senilai Rp 1,3 miliar.  

Tudingan lantas diarahkan kepada Sekjen DPR yang katanya tidak transparan dalam mengambil inisiatif melakukan renovasi terhadap ruangan Banggar. Bahkan yang sangat mengherankan lagi konon proyek senilai Rp 20 miliar tersebut tidak diketahui Ketua DPR Marzuki Ali yang juga Badan Urusan Rumah Tangga (BURT).

Timbul pertanyaan, apakah para wakil rakyat tidak lagi memperhatikan keadaan seluruh rakyat di negeri ini? Di luar gedung DPR masih ada orang miskin tidak kurang dari 28,89 juta orang, lalu 13 persen anak Indonesia kurang gizi dan 4,9 persennya lagi bergizi buruk.

Fasilitas umum juga banyak yang rusak, seperti yang baru terjadi di Lebak, Banten. Sangat miris melihat anak-anak hingga ibu-ibu bergelantungan di Jembatan Ciberang yang hanya tinggal seutas tali. Kepedihan lain juga saat menyaksikan kondisi SDN 1 Batu Jangkih, Lombok yang sangat memprihatinkan. Ruang tembok kelas berlubang, tiang penyangga diganti kayu, air hujan masuk ke kelas karena banyak genting-genting yang berjatuhan.  Sangat berbeda dengan harga kursi baru Banggar yang harga per unit mencapai Rp 24 juta.

Mata hati wakil rakyat di gedung DPR yang tertutup, sangat mencederai keadilan rakyat. Kemewahan DPR yang dipertontonkan juga bersanding dengan pihak rakyat yang harus tertatih-tatih mendapat sesuap nasi. Sikap boros DPR selama ini seolah-olah membutakan mereka terhadap orang-orang yang membutuhkan di sekitarnya.

BACA JUGA:
TANAH SURGA
Satire Ramadhan
KEARIFAN LOKAL
MAAF LEBARAN DITUNDA SAMPAI LUSA
SHOLATKU INGAT MUDIK
TIPS BUAT KAMERAMAN
SHOLATKU INGAT JANUROleh: Heru Supanji Walau sem...
HUKUMAN YANG TIDAK MEMBATALKAN PUASA

Friday, January 27, 2012

Nasehat Investasi Orang Terkaya No. 2 Di Dunia

Nasehat dari Warren Buffet


Orang yang berbahagia adalah bukan orang yang hebat dalam segala hal, tapi orang yang bisa menemukan hal sederhana dalam hidupnya dan mengucap syukur.

Warren Buffet orang terkaya nomor dua di dunia berbagi nasehat tentang bagaimana meraih sukses dan kebebasan keuangan. Selain menjauhkan diri dari pinjaman bank atau kartu kredit dan berinvestasi kita harus selalu ingat bawa:

1. Uang tidak menciptakan manusia, manusialah yang menciptakan uang.
2. Hiduplah sederhana sebagaimana dirimu sendiri.
3 Jangan lakukan apa yang dikatakan orang, dengarkan mereka, tetapi lakukan yang baik saja.
4. Jangan memakai merek, pakailah yang benar-benar nyaman untukmu.
5. Jangan habiskan uang untuk hal-hal yang benar-benar tidak penting.
6. Tentang Uang:

  • Kamu bisa membeli rumah, tapi bukan tempat tinggal
  • Kamu bisa membeli ranjang, tapi bukan tidur 
  • Kamu bisa membeli jabatan, tapi bukan penghormatan
  • Kamu bisa membeli jam, tapi bukan waktu
  • Kamu bisa membeli buku, tapi bukan pengetahuan
  • Kamu bisa membeli darah, tapi bukan kehidupan

Maka carilah kebahagian dalam dirimu sendiri.

7. Jika itu telah berhasil dalam hidupmu, berbagilah dan ajarkanlah kepada orang lain.

BACA JUGA:
Surat Permintaan Maaf Afriyani Susanti
Nikmat Sesaat Ekstasi Berujung Maut
Bagaimana Mengontrol Emosi?
Kaki Indah Tanpa Varises
Gas CO, Si Pembunuh Diam-diam
Sekilas Tradisi Tahun Baru China
Indonesian children make perilous journey to schoo...
Mitos Seks Menyesatkan
Waspada Sindrom APS Saat Hamil
Perhatikan Makanan Untuk Cegah Penyakit

Thursday, January 26, 2012

Surat Permintaan Maaf Afriyani Susanti

Kata Maaf Yang Terlambat



Afriyani Susanti pengemudi Daihatsu Xenia menyampaikan permohonan maaf kepada keluarga Sembilan korban tewas di kawasan Gambir menuju Tugu Tani, Jakarta Pusat. Sayangnya permohonan maaf itu disampaikan melalui surat dan diwakilkan kepada keluarganya dan kuasa hukum serta terlambat empat hari setelah kejadian, demikian menurut pendapat beberapa keluarga korban tersebut. 

Di hadapan wartawan dari beberapa media, adik Afriani, Ayu, membacakan isi surat permohonan maaf tersebut sambil berurai air mata. Berikut isi lengkap surat permohonan maaf Afriani, seperti disiarkan RCTI, Kamis (26/1/2012):


Assallammualaikum Wrh Wbr

Dengan ini saya Afriyani Susanti, melampirkan surat pemohonan maaf atas kecelakaan yang terjadi pada hari Minggu tanggal 22 januari 2012, lewat keluarga saya dan kuasa hukum saya.

Sesungguhnya saya telah merasakan penyesalan yang sangat terdalam pada semua korban dari saat kejadian tersebut, hingga akhir dari perjalanan hidup saya nanti.

Terkhusus untuk seluruh keluarga korban, saya tak lagi bisa berkata-kata untuk mengungkapkan rasa penyesalan yang teramat dalam. Maafkan saya atas semua kehilangan Anda. Maafkan saya atas kehilangan cinta Anda. Maafkan saya atas kehilangan keluarga Anda. Maafkan saya! Demi Allah, saya memohon maaf atas semuanya. saya mungkin tak patut mendapatkan maaf dari Anda semua, tapi izinkan saya untuk mengatakan maaf, maaf, maaf.

Di kesempatan ini saya juga ingin meminta maaf kepada kakak saya, adik-adik saya, om, tante, saudara-saudara saya, serta sahabat dan seluruh teman-teman saya. Maafkan saya dan terima kasih untuk semua doa dan dukungan. Untuk ibu saya, maafkan saya bu, anak ibu yang tidak sedikit pun tidak dapat membahagiakan ibu, dan ibu cukup membuat saya lebih berarti dari apapun itu. Maaf bu, maaf.

Saya Afriyani Susanti memohon ampun dari Allah SWT atas kekhilafan yang saya perbuat. Ya Allah semoga Kau terima taubatan nasuha hamba dan hamba memohon bukakan pintu kebaikan dan kemudahan untuk para korban, untuk keluarga yang ditinggalkan semoga diberikan ketabahan dan kemudahan. Sekali lagi saya mohon maaf, maafkan saya atas semuanya, maafkan saya, maafkan saya, maafkan saya.

Wassalammualaikum Wrh Wbr

Jakarta, 25 Januari 2012


Afriyani

Bagaimana reaksi keluarga korban?

“Sulit menerimanya, tapi datanglah ke rumah kami. Minta maaf gampang saja, tapi jangan hanya lewat surat dan televisi,” kata Suhaimi, salah seorang perwakilan keluarga dalam Apa Kabar Indonesia (AKI) Pagi, Tvone, Kamis (26/1/2012), sekitar pukul 08.12 WIB.
Nyaris senada, Gianti, keluarga korban dari Jepara, mengatakan, dirinya tidak bisa menerima begitu saja. “Saya terpukul, empat orang keluarga saya jadi korban. Anak, cucu, adik, dan ponakan,” tutur dia dengan suara terbata-bata, dalam acara yang sama.
Dia bercerita, keluarganya masih ada yang dirawat di rumah sakit. “Mantu dan cucu adik saya,” katanya.
Gianti berharap sang penabrak meminta maaf langsung datang ke rumah mereka.

Ekstasi Nikmat Sesaat Berujung Maut

Efek dan Risiko Bagi  Pengguna Ekstasi





Kejadian memilukan itu terjadi dalam hitungan detik, tiga belas orang menjadi korban keteledoran di jalanan. Namun saat keluar dari mobil setelah menabrak, sang pengemudi tampak biasa saja, seperti tidak terjadi apa-apa. Tidak terlihat rasa bersalah, panik, takut, pucat, apalagi memperlihatkan empati untuk membantu korban dan segera meminta maaf. Kemudian pengemudi yang berkelit rem kendaraannya blong itu diketahui tidak melengkapi diri dengan Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan  (STNK).  

Kecelakaan lalu lintas yang hebat, bukanlah sekali ini terjadi. Bila kali ini mengundang perhatian karena ternyata si pengemudi bersama ke tiga temannya di bawah pengaruh minuman  keras dan pil ekstasi. Padahal pemakaian alkohol bersama  ekstasi itu bersifat saling menguatkan. Kalau pun yang mengonsusmi tidak ambruk atau tertidur kesadaran mereka terganggu.

Ekstasi atau MDMA (3,4-Methylenedioxymethamphetamine) adalah jenis obat stimulan yang memiliki sifat halusinogen, merupakan derivat ampetamin yang banyak digunakan sebagai "party drugs". Ekstasi dan sabu sedang tren di kalangan pengguna narkoba menggantikan heroin.

Euforia sampai ekstase (senang yang sangat berlebihan) adalah efek yang diinginkan dari penggunaan ekstasi. Obat ini meningkatkan kepercayaan diri, harga diri dan peningkatan libido. Bahkan pemakai ekstasi bisa tampil penuh percaya diri tanpa ada perasaan malu sedikit pun dan menjadi orang yang berbeda kepribadian dari sebelumnya.

Banyak orang tertarik memakai ekstasi karena pemakaian zat ini tidak mengalami efek sedasi atau penurunan kesadaran akibat zat tersebut seperti pada pemakaian heroin atau ganja. Pemakai ekstasi dapat membuat dirinya untuk tetap terjaga dan konsentrasi ketika obat baru saja dikonsumsi. Maka tidak heran bila obat ini dipakai di lantai-lantai disko dengan iringan musik berdentam keras seirama degub jantung agar penggunanya merasakan kenikmatan dalam memakai stimulan ini.

Selama ini pengguna hanya terpaku pada efek menyenangkan seperti di atas. Mereka lupa bahwa ekstasi juga bisa membuat timbulnya gejala-gejala psikosomatik, paranoid, halusinasi dan agresivitas. Kelebihan dosis pemakaian obat ini akan membuat orang mudah tersinggung dan berani berbuat sesuatu yang berisiko tinggi.

Ekstasi memiliki perbedaan efek ketika dipakai dan setelah masa aktif obat tersebut di tubuh. Akibat pemakaian ekstasi terutama efek yang terjadi setelah selesai pemakaian akut (segera) terdiri dari gejala psikologis dan fisik. Gejala psikologis yang muncul bisa berupa: kecemasan dan paranoid, depresi, iritabilitas, kelelahan, hilangnya perhatian, fokus dan konsentrasi (juga hilangnya motovasi dan keingninan) akibat menurunnya level serotonin di sistem otak. Sedangkan gejala-gejala fisik yang timbul bisa berupa: rasa pusing, kepala ringan, vertigo, menurunnya napsu makan, diare, sulit buang air besar, dan rasa lelah berlebihan. 

Memperhatikan efek akibat penggunaan obat bernama ekstasi ini, wajar jika pengguna obat ini tidak diperkenankan mengendarai kendaraan bermotor setelah mengonsumsinya. Beberapa jam setelah pemakaian akan terjadi penurunan konsentrasi dan perhatian yang drastis, sangat berbeda ketika masih dalam pengaruh ekstasi ketika baru saja digunakan. Hilangnya konsentrasi dan perhatian sangat berbahaya jika dialami oleh para pengemudi kendaraan bermotor.

Keberanian berlebihan dan rasa percaya diri yang terlalu tinggi akibat ekstasi bisa membuat orang berperilaku risiko tinggi termasuk ngebut di jalan raya bila memutuskan untuk mengendarai kendaraan disaat efek obat ini masih terasa. Pencegahan untuk hal ini, pemerintah (penegak hukum) melakukan razia mobil-mobil di daerah rawan penggunaan zat adiktif seperti ekstasi dan sabu. Usaha ini akan mencegah para pengguna obat stimulan seperti ekstasi pulang dengan membawa mobil dalam keadaan masih terpengaruh obat.

Wednesday, January 25, 2012

Bagaimana Mengontrol Emosi?

Ketenangan Ada Dalam Hati dan Pikiran


Emosi adalah warna dari perasaan kita yang membuat hidup menjadi lebih menarik. Kita mengenal beberapa jenis emosi seperti senang, sedih, marah, cemburu, bangga, takut, merasa diterima, cemas, dan lain-lain.

Semua warna emosi bisa muncul kapan saja dan pada situasi apa saja dan pada waktu yang tidak dapat kita duga. Sebenarnya emosi merupakan hasil dari sesuatu yang kita pikirkan ketika menghadapi sesuatu yang jika diurutkan ; situasi - pikiran - emosi.

Sebagai contoh situasi, Anda terjebak macet di pagi hari dan saat itu seharusnya sudah ada di kantor. Pikiran Anda akan mencitrakan wajah bos atau pimpinan yang marah dan mengancam akan memecat Anda. Timbul emosi kesal, sedih dan takut.

Dari gambaran contoh tersebut jelas sekali bahwa pikiranlah yang membuat kita memiliki  emosi tertentu. Dalam situasi seperti itu hendaknya kita berpikir positif dan rasional, pikirkan bahwa bos atau pimpinan akan memahami penjelasan Anda tentang situasi di jalan. Dengan memikirkan hal yang lebih positif dan rasional tentunya emosi juga akan menjadi lebih baik.

Cara lain menurunkan emosi dan membuat tubuh lebih rileks adalah dengan menarik napas dan mengeluarkannya perlahan-lahan beberapa kali. Berlatihlah juga untuk tidak reaktif dalam menghadapi sesuatu. Berikan waktu yang cukup pada diri Anda untuk memutuskan akan memberi respon apa (responsif).


BACA JUGA:
Kelainan Mata Anak dan Prestasi Belajar
Membasmi Korupsi Ala Hongkong?
Memaknai Sejarah Tragedi Rawagede
Bergosip Hilangkan Stres?
Salah Kaprah di Hari Ibu
Hindari Makanan Penyebab Perut Buncit
Makanan Untuk Meningkatkan Daya Konsentrasi

Tuesday, January 24, 2012

Kaki Indah Tanpa Varises

Varises Bisa Diobati



Jika pekerjaan menuntut Anda banyak berdiri, usahakan tidak berdiri dengan posisi diam melainkan tetap bergerak agar otot tungkai dapat terus bekerja memompa darah ke jantung.  Berdiri yang terlalu lama membuat kaki terlalu berat menahan tubuh dan memperparah beban kerja pembuluh vena dalam mengalirkan darah.

Kaki dan tungkai yang dirasa berat dan diikuti mudah pegal, kaku, mudah kram, dan sakit di sekitar kaki dan tungkai harus diwaspadai sebagai gejala akan munculnya varises. Jika sudah parah, biasanya kaki akan bengkak (edema) karena adanya pembendungan darah.

Varises merupakan pelebaran yang terjadi di pembuluh darah balik (vena) yang berfungsi mengangkut darah sisa metabolisme dari seluruh jaringan tubuh dan kembali ke jantung. Varises menyebabkan sirkulasi darah menjadi tak lancar, karena terhambat di sekitar betis dan tungkai kaki saat menahan berat tubuh.

Varises membuat kaki tak sedap dipandang, terjadi perubahan warna kulit (pigmentasi) di seputar mata kaki akibat tidak lancarnya aliran darah serta perubahan pada pembuluh vena luar. Betis bagian belakang menampakan urat kebiru-biruan dan berkelok-kelok. Hal ini bila tidak diobati dengan segera dapat menyebabkan peradangan pada kaki dan akan terjadi infeksi pada urat.

Varises dapat diatasi dengan dua metode pengobatan yaitu terapi non surgical dan terapi surgical. Pada terapi non surgical dilakukan penyuntikan Scleroting Agent yang langsung pada urat vena dan hasilnya varies langsung hilang. Terapi ini umumnya untuk varises yang masih pada stadium satu dan dua.

Varises pada stadium tiga dan empat harus menjalani terapi surgical dengan operasi pembiusan regional menggunakan straipping technique dengan alat Straipping. Semua urat varies ditarik atau diambil. Metode ini digunakan pada penderita yang varisesnya berkelok-kelok.

Monday, January 23, 2012

Gas CO, Si Pembunuh Diam-diam

Pengaruh CO Terhadap Tubuh Manusia


Tragedi tewasnya desainer kondang Ade Chandra Kierana Sagi alias Ade Sagi (34) dan rekannya Randy Yana Putra (31) menggegerkan publik di awal tahun 2012. Bukan karena mereka ditemukan tewas dalam kondisi bugil di kamar mandi, namun karena penyebab keduanya tewas.

Hasil autopsi Tim Forensik RSHS Bandung menyatakan bahwa Ade Sagi dan Randy diduga meninggal karena menghirup gas karbon monoksida (CO) yang keluar dari alat pemanas (water heater) kamar mandi yang proses pembakarannya tidak sempurna. Ade Sagi dan Randy meninggal karena pembunuhan memang, tetapi bukan dibunuh oleh manusia lewat aksi kekerasan, melainkan dibunuh secara diam-diam oleh gas karbon monoksida (CO).

Dari banyak kasus kematian akibat menghirup gas CO terdapat persamaan kondisi yang dialami para korban, mereka meninggal  dalam keadaan rileks dan seperti sedang tertidur lelap di sebuah tempat yang mewah. Bahkan dr Elisna Syahrudin, SpP dari Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FKUI menyebutkan kematian akibat keracunan gas CO sebagai "mati indah". (Kompas.com/16/6/2009).

Ketika dihirup, gas CO bereaksi dengan hemoglobin dalam sel darah merah dan membentuk carboxyhemoglobin (COHb). Ikatan antara karbon monoksida dan hemoglobin 200 sampai 250 kali lebih kuat daripada oksigen dan hemoglobin. Maka CO dengan mudahnya menggantikan kadar oksigen dalam darah, akibatnya oksigen dalam organ vital seperti otak, jantung dan paru-paru menjadi berkurang. Keadaan ini disebut "lapar oksigen".

Jenis gejala atau tingkat kerusakan yang mungkin dialami korban sangat ditentukan oleh kadar persentase COHb dalam tubuh. Pada kadar COHb  sekitar 10-30 persen, penderita hanya sakit kepala, pusing, gejala kelelahan dan flu. Pada tingkat 30-50 persen, penderita mengalami mual, muntah, sakit kepala dan sulit bernapas. Pada lebih dari 50 persen, penderita dapat kehilangan kesadaran, kejang, dan kejang-kejang, pada tingkat ini penderita bisa mati dengan cepat.

Gas Co dapat membunuh dalam beberapa menit jika terhirup pada tingkat yang cukup besar dan pernapasan yang intens. Sedangkan jika terhirup pada tingkat yang lebih kecil dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan kematian atau kerusakan permanen. Itulah sebabnya mengapa gas yang tidak berwarna, tidak berbau dan tak berasa ini dijuluki sebagai "silent killer" alias si pembunuh diam-diam.

Keracunan CO biasanya berpuncak pada musim dingin, ketika orang banyak membakar berbagai jenis bahan bakar untuk menciptakan kehangatan. Penyebab keracunan CO termasuk pembakaran tak sempurna berbahan karbon, peralatan yang rusak, dan ventilasi yang buruk. Hal ini membuat musim dingin (di negara dengan empat musim) sebagai periode lebih beresiko bagi keracunan gas CO dari periode waktu lainnya.

Pengobatan keracunan gas CO sangat tergantung pada tingkat atau kadar CO yang telah masuk ke dalam saluran pernapasan dan efek yang ditimbulkan terhadap korban. Perlakuan utama untuk keracunan CO yang bersifat kronis adalah dengan terapi oksigen. Terapi ini bertujuan menormalkan kadar oksigen dalam darah.

Terdapat dua jenis terapi oksigen. Terapi pertama adalah 100 persen terapi oksigen, merupakan perawatan paling umum dengan memberikan oksigen melalui masker ketat. Jenis terapi kedua adalah terapi oksigen hiperbarik, oksigen diberikan dalam ruang tertutup kepada penderita.

Anda tidak perlu panik saat mendapatkan seseorang terpapar keracunan CO. Berikan pertolongon pertama dengan memanggil dokter. Sambil menunggu ambulans tiba, pasien yang keracunan ringan harus diberikan kopi atau teh kental dan dibuat mencium kapas yang direndam dalam larutan amonium klorida. 

Dalam kasus keracunan yang parah, bawa pasien ke luar ruangan atau dibantu dengan masker gas oksigen. Bukalah seluruh pakaian yang dianggap menghambat pernapasan. Tempatkan pasien dalam posisi nyaman dan diberikan bantuan pernapasan jika perlu.

Sumber: Rita Zahara, PR 21/1/2012

Sunday, January 22, 2012

Sekilas Tradisi Tahun Baru China

Gong Xi Fa Cai



Tahun baru China dimulai antara akhir Januari dan awal Februari sesuai kalendar China. Kalendar China berdasarkan siklus dari bulan, berbeda dengan kalendar barat yang perhitungannya berdasar siklus matahari.

Sebenarnya China sudah mengadopsi kalendar barat sejak 1911 namun kalendar lunar (berbasis bulan) masih digunakan untuk acara-acara festival seperti Chines New Year yang populer disebut Imlek. Siklus waktu dalam kalendar China dilambangkan dengan hewan-hewan untuk melambangkan tahun, bulan dan astrologi Tionghoa, kita mengenalnya dalam istilah shio (zodiak). 

Sebelum tahun baru tiba, warga Tionghoa membersihkan dan mendekorasi rumah dengan harapan mendapat keberuntungan pada tahun baru. Rambut dipotong, membeli baju baru dan sepatu untuk awal yang baik.

Puncak tahun baru dirayakan dengan reuni tahunan dengan makan malam bersama keluarga. Anak-anak boleh tidur larut dan berharap dikaruniai umur panjang dari orang tuanya.

Tradisi hari pertama tahun baru adalah berkunjung ke anggota keluarga paling tua, biasanya kakek-nenek atau buyut. Menyapu lantai ditabukan, karena keberuntungan akan ikut tersapu.

Pada hari ke tiga (chi kou), orang umumnya menolak kunjungan lantaran spirit jahat berkeliaran di Bumi. Bisnis biasanya akan dimulai pada hari ke lima, bertepatan dengan ulang tahun Dewa Kemakmuran.

Renri (ulang tahun kemanusiaan) pada hari ke tujuh adalah hari ketika usia bertambah setahun. Sup khusus yang dimasak dengan "tujuh sayuran" dimakan pada hari ini, juga dirayakan dengan Yusheng yaitu selada ikan mentah.

Hari ke lima belas diadakan Festival Lentera (Yuan Xiao). Hidangan penutup dengan bola-bola nasi manis dalam sirup disantap hari ini sebagai lambang persatuan dan kebersamaan.

Tahun 2012 adalah tahun Naga Air. Orang yang lahir pada tahun naga biasanya inovatif, giat, percaya diri, berani, bersemangat dan lekas marah. Shio Naga cocok dengan Tikus, Macan dan Ular tapi tidak cocok dengan Anjing dan Kerbau. Tahun Naga jatuh pada 1904, 1916, 1928, 1940, 1952, 1964, 1976, 1988, 2000 dan 2012 tahun ini.


Beberapa istilah pernik Imlek yang akrab di telinga kita saat tahun baru China tiba adalah Hong Bao, Kumquat dan Nian gao. 

Hong Bao adalah amplop merah berisi uang, biasanya diberikan oleh pasangan yang sudah menikah kepada anaknya, remaja, pegawai atau pelayan. 


Kumquat bila diucapkan dalam langgam China berarti kemakmuran dan keberuntungan. Buah ini melambangkan persatuan dan kesempurnaan.


Nian gao, dodol china sebagai lambang kemajuan dan perbaikan.


Saturday, January 21, 2012

Indonesian children make perilous journey to school over collapsed bridge

Indonesian children make perilous journey to school over collapsed bridge

Indonesian children make perilous journey to school over collapsed bridge

Beawiharta / Reuters

Sofiah, right, and her friends walk to school at Sanghiang Tanjung village in Lebak regency, Banten, Indonesia on Jan. 19, 2012.

Beawiharta / Reuters
Students hold on to the side steel bars of a collapsed bridge as they cross a river to get to school in Sanghiang Tanjung on Jan. 19, 2012


By David R Arnott, msnbc.com

For Sofiah and her classmates, the journey to school just got a whole lot harder. The Indonesian schoolgirl lives on one side of the Ciberang River but her school in the village of Sanghiang Tanjung is on the other - and the river has been flooding.

On Monday, the rising waters broke a pillar supporting a suspension bridge that crosses it, the head of the village told Reuters.

Faced with an extra 30 minutes' walk to cross via an alternate bridge, Sofiah and her friends have chosen to undertake the precarious crossing of the collapsed bridge instead.

As word has spread, the media gathered to film a feat worthy of Indiana Jones. But the children don't appear to be perturbed, safely making it across and continuing to school.

At least they have something to say when their parents ask, "What happened at school today?"

Beawiharta / Reuters
Sofiah, left, and her friend cross the bridge on Jan. 19, 2012.


Beawiharta / Reuters
Sofiah stands on a chair as she writes on a whiteboard after reaching school on Jan. 19, 2012.

Children in Indonesia are taking a perilous route to school using a broken suspension bridge. Msnbc.com's Dara Brown reports.

YOU HAVE TO READ:
Mitos Seks Menyesatkan
Waspada Sindrom APS Saat Hamil
Perhatikan Makanan Untuk Cegah Penyakit
Rencana Konversi BBM ke BBG
Terapi Perilaku Bagi Anak Autis
Kenali Gejala Penyakit Chikungunya
Sirene Tidak Boleh Digunakan Sembarangan
5 Hal Penyebab Terbangun Saat Tidur
Sedotan untuk Mengecilkan Perut
Menguak Misteri Tan Malaka
Peradilan Sandal Jepit
Jadi Bos Baru Adalah Kepercayaan
Tiket Membuat Si Dia Merasa di Surga

Mitos Seks Menyesatkan

Jangan Asal Percaya dan Dipraktekkan!


Kebudayaan dan adat ketimuran yang mentabukan pembicaraan seks secara terbuka ternyata bisa juga berdampak menyesatkan dalam pemahaman seputar seks. Jaman boleh moderen dan infromasi internet juga terbuka seluas-luasnya, namun referensi pengetahuan seksualitas tetap didapatkan dari mulut ke mulut secara bisik-bisik. 

Sebagian informasi seksualitas dan ilmu kesehatan yang dipercayai dan kerap dipraktekkan kadang menyesatkan. Dr. Bona Simanungkalit, DSHM, M.Kes (Pakar Seks and Drugs) memaparkan beberapa mitos seputar sex menyesatkan (jurnalbogor, 1/12).

Mitos 1: Setiap hubungan seks untuk pertama kalinya selalu ditandai dengan keluarnya darah dari vagina.
Fakta:  Tidak selalu hubungan seks yang pertama kali terjadi perdarahan. Banyak hal yang mempengaruhi hal itu seperti; Apakah ada benda yang mampu masuk dan menembus liang vagina dengan kekerasan yang cukup? Apakah masih ada hymen atau selaput dara yang utuh? Bagaimana elastisitas selaput dara tersebut? Kalau selaput daranya sangat elastis kemungkinan besar tidak akan terjadi perdarahan. Perdarahan dapat juga terjadi sebelumnya akibat kecelakaan, sehingga selaput dara robek.

Mitos 2: Loncat-loncat setelah hubungan seks tidak akan menyebabkan kehamilan.
Fakta: Ketika sperma memasuki liang vagina, maka sperma akan mencari sel telur yang matang untuk dibuahi. Kalau terjadi pertemuan dan siap dibuahi tentu loncat-loncat tidak akan mengeluarkan sperma. Tetap masih mungkin terjadinya pembuahan atau kehamilan.

Mitos 3: Selaput dara yang robek berarti sudah pernah melakukan hubungan seksual atau tidak perawan lagi.
Fakta: Harus ada pelurusan soal pemahaman soal selaput dara. Selaput dara merupakan selaput elastis tipis yang dapat meregang dan robek karena beberapa hal. Selain karena melakukan hubungan seks, selaput dara bisa robek karena kecelakaan dalam melakukan olah raga tertentu seperti naik sepeda dan berkuda, atau juga karena terjatuh. Maka robeknya selaput dara bisa saja tidak berkaitan dengan hubungan seksual.

Mitos 4: Keperawanan dapat ditebak dari cara berjalan dan bentuk pinggul.
Fakta: Keperawanan hanya dapat diketahui dengan pemeriksaan dokter secara khusus untuk mengetahui robek atau tidak serta kemungkinan penyebabnya. Jadi keperawanan tidak bisa dilihat dari bentuk pinggul atau cara berjalan.

Mitos 5: Posisi seks yang ampuh untuk mencegah kehamilan adalah sambil berdiri atau dalam air.
Fakta: Belum ada penelitian yang bisa membuktikan bahwa gaya tersebut bisa menahan laju sperma ke saluran telur. Untuk mencegah kehamilan, tidak usah berhubungan seksual bagi yang belum berkeluarga. Bagi pasangan yang sudah berkeluarga bisa menggunakan kondom.

Mitos 6: Hubungan seks memakai kondom itu aman.
Fakta: Asal tidak bocor, kondom bisa mencegah kehamilan dan penyakit menular seks. Namun tidak ada jaminan 100 persen kondom itu sempurna. Selalu ada kemungkinan kondom bocor, robek dan sperma masih bisa masuk karena pemakaian tidak pas.

Mitos 7: Hanya saling menempelkan alat kelamin tidak akan hamil.
Fakta: Tidak ada yang menjamin tidak akan terjadi kehamilan dengan keadaan tersebut. Banyak pria yang tidak bisa mengendalikan diri waktu mendekati ejakulasi. Apalagi kalau keluar cairan bening saat tahap rangsang yang sebenarnya sudah tercampur sel sperma yang lebih dari cukup untuk membuahi.

Mitos-mitos menyesatkan tersebut hidup subur di masyarakat dan berpengaruh sangat kuat. Bahkan banyak remaja yang sedang giat mencari informasi tentang seks dan kesehatan reproduksi terperangkap dalam mitos semacam itu. Hal ini karena minimnya informasi yang dapat diakses remaja melalui lembaga formal seperti sekolah, keluarga dan masyarakat pada umumnya.

Friday, January 20, 2012

Waspada Sindrom APS Saat Hamil

Saat Menanti Si Upik atau Si Buyung


Sudah sangat lazim pertanyaan pertama yang akan didengar semua orang setelah lama tidak bertemu, "Anaknya berapa?" Kecuali seseorang dengan maksud guyon akan bertanya, "Mobilnya berapa?" Hal ini menunjukkan bahwa anak lebih penting dari rumah, mobil atau harta lainnya. 
 
Kehadiran seorang anak sebagai hasil dari sebuah perkawinan tentu akan jadi pengikat yang sangat erat sebuah perkawinan selain sebagai penerus keturunan. Bahkan pasangan yang tidak juga dikaruniai anak akan berusaha menghadirkan sosok anak dalam keluarga melalui proses adopsi setelah gagal berusaha ke sana ke mari.

Ada hal yang harus diwaspadai jika Anda atau pasangan Anda sering mengalami keguguran, siapa tahu terkena APS atau Sindrom Antiphospolipid. APS adalah kumpulan gejala, misalnya kelainan pada sistem pembekuan darah pada vena atau arteri yang dapat menyebabkan keguguran berulang.

Ada dua jenis APS, yaitu primer (menyerang pembuluh besar dan bersifat genetis) dan sekunder (berhubungan dengan infeksi atau pemakaian obat-obatan). Penyebab dan cara pencegahan secara alami APS sampai saat ini belum ditemukan. 

Thursday, January 19, 2012

Perhatikan Makanan Untuk Cegah Penyakit

Tip Memanjakan Lidah Dengan Aman



Walau sudah mengonsumsi makanan sehat dan berolah raga secara teratur, kadang seseorang masih saja terpapar kanker dan keracunan. Hal tersebut terjadi akibat kebiasaan buruk yang sering tidak kita sadari.

Memanjakan lidah dengan makanan favorit tentu tidak ada salahnya, bahkan terhitung layak untuk merayakan dan memanjakan diri dengan makan enak. Makanan yang diolah dengan cara dibakar biasanya menjadi pilihan semua orang. Makanan lain yang juga jadi favorit di sela-sela kesibukan, tentu saja mie instan dengan aneka rasa dan aroma yang menggoda. Pilihan yang paling praktis lagi adalah makanan jajanan ringan di pinggir jalan.

Ada beberapa tip ringan yang memungkinkan Anda terhindar dari kanker dan keracunan tanpa meninggalkan makanan favorit Anda. Info ini dikutip dari Departemen Kesehatan Jepang (2003), terbilang lawas ya? Tapi saya yakin ini akan bermanfaat untuk Anda.
  1. Setelah mengonsumsi satai atau makanan yang diolah dengan dibakar, segeralah makan mentimun. Makanan yang dibakar bersifat karsinogen, sementara mentimun adalah anti karsinogen.
  2. Jangan mengonsumsi mie instan setiap hari, setidaknya 3 hari sekali. Tubuh membutuhkan waktu 2 hari untuk membersihkan lilin yang melapisi mie tersebut.
  3. Hindari membeli makanan yang dibungkus dengan kertas koran atau majalah karena kertas itu mengandung timbal yang menyebabkan keracunan dan bisa berkahir dengan kelumpuhan.

Wednesday, January 18, 2012

Rencana Konversi BBM ke BBG

Lebih Hemat dan Lebih Ramah Lingkungan



Bila nanti penggunaan premium benar-benar dibatasi dan harga pertamax semakin melambung dan bahkan tak terjangkau, pilihannya mau tidak mau akan jatuh ke BBG. Persoalannya mesin mobil standar membutuhkan alat pengonversi BBM ke BBG yang disebut converter kit agar tetap melaju mulus di jalanan, dan itu berarti biaya yang tidak bisa dihindari. 

Harga converter kit di Indonesia masih cukup mahal, berkisar antara Rp 11 juta hingga Rp 14 juta, tergantung dari kualitas perangkat konversi tersebut. Meski sebenarnya dengan BBG biaya operasional kendaraan akan jauh lebih murah nantinya.

Sebenarnya converter kit bukan barang baru bagi masyarakat Indonesia karena program BBG sudah diperkenalkan pemerintah sejak 1986 lalu. Saat itu muncul kebijakan bahwa 20 persen armada taksi harus mengonsumsi BBG. 

Converter kit merupakan alat tambahan pada dapur pacu yang membuat mesin dapat memanfaatkan BBG. Perangkat converter kit terdiri atas tangki BBG yang  tekanan 200 bar atau 197 kali tekanan udara biasa, pipa instalasi, dan peranti converter.

Bentuk tangki BBG ada dua macam, bentuk silinder dan donat. Tabung tangki BBG umumnya ditempatkan di belakang, tempat ban serep dan di bawah bodi mobil.

BBG yang disimpan dalam tangki BBG bertekanan 200 bar dialirkan melalui pipa baja menuju ke manual valve yang berfungsi membuka dan menutup aliran gas dari tangki. Bila posisi terbuka gas akan mengalir menuju ke barometer penjunjuk tekanan tabung, kemudian ke solenoid valve pada regulator.

Solenoid valve diatur dari switch starter motor bakar. Saat switch dalam keadaan "on" maka gas dapat masuk ke regulator utama dan sekunder. Gas yang keluar dari regulator sekunder dengan tekanan yang cukup rendah menuju converter kit yang kemudian masuk ke dalam injektor gas dan disemprotkan untuk bercampur dengan udara di ruang bakar. Hasilnya adalah proses pembakaran yang membuat piston di dalam dapur pacu bergerak untuk menjalankan mobil.

Saat ini ada dua tipe BBG, gas alam yang terkompresi (compressed natural gas/CNG) dan Vi-Gas (liquified gas vehicle). CNG diperuntukan bagi kendaraan umum sedangkan Vi-Gas khusus bagi kendaraan pribadi.

Kelebihan BBG dibanding premium adalah dari sisi komposisi bahan bakar. AO BBG sekitar 110 sedangkan bensin premium bersubsidi hanya 88. Hasilnya, pembakaran relatif  lebih bersih karena rantai karbon BBG yang lebih pendek dibandingkan dengan bensin. 

Berdasar penelitian terjadi penghematan konsumsi bahan bakar sekitar 15-20 persen dibanding BBM. Keuntungan lain penggunaan BBG, suhu mesin relatif lebih dingin sehingga memperpanjang umur mesin. Karburator bersih, dinding dan kepala piston juga bersih dari kotoran dan kerak karena pembakaran sempurna.

Risiko pemakaian BBG bisa diperkecil dengan perawatan sederhana seperti membersihkan filter udara, cek berkala system Hose, perawatan berkala setiap enam bulan sekali untuk pemeriksaan jalur gas, dan penggantian filter gas setiap 25.000 km/1 tahun. Khusus untuk tabung yang ditempatkan di bagasi, Lemigas menetapkan pengecekan atau tera tiga tahun sekali.

Jangan takut kehabisan BBG, alat converter kit sistem bahan bakar ganda memungkinkan pasokan bensin ke mesin tetap bisa dilakukan. Saat gas habis, control unit akan mendapat sinyal dari sensor-sensor dan Anda tinggal memutar switch converter di dashboard ke pilihan bensin.


Tuesday, January 17, 2012

Terapi Perilaku Bagi Anak Autis

Anak Autis Harus Mengenal Disiplin Diri


Autis berasal dari kata auto yang berarti sendiri. Istilah autis pertama kali dikenalkan oleh Leo Kanner pada 1943, merupakan gambaran bahwa penyandang autis asyik dan seakan-akan berada dalam dunianya sendiri. 

Autis merupakan gangguan proses perkembangan yang ditandai terlambatnya perkembangan kognitif, konsentrasi, perilaku, bahasa, motorik, sosial dan emosi. Anak autis sulit melakukan kontak mata dengan orang lain, mereka lebih tertarik pada benda daripada manusia. 

Seorang anak autis lebih asyik dengan mainan-mainannya daripada bergabung bermain dengan teman/keluarga. Perilaku beberapa anak autis misalnya mengoceh, ekolali/membeo (meniru ucapan orang lain), melakukan gerakan motorik berulang, (hand flaping misalnya), self-injury (menyakiti diri sendiri), atau bahkan menyakiti orang lain, mempunyai minat terbatas/monoton dan hiperaktif (tidak bisa duduk dengan tenang). 

Penyebab autis belum diketahui secara pasti, namun beberapa teori mengemukakan beberapa faktor mulai dari genetika (keturunan), infeksi jamur dan virus, kekurangan nutrisi dan oksigen, polusi udara, air dan makanan pada saat kehamilan dapat menghambat pertumbahan sel otak bayi yang selanjutnya memungkinkan terjandinya autis. 

Secara anatomis anak autis mengalami kelainan pada otak sehingga proses perkembangan anak terganggu/terhambat. Kelainan anatomis pada anak autis ini secara ilmu kedokteran tidak dapat disembuhkan, namun dengan beberapa terapi anak autis mendapat kemungkinan untuk berkembang ke arah yang lebih baik. 

Dengan beberapa terapi diharapkan beberapa perilaku anak autis yang dianggap aneh bisa dikurangi dan ditangani, salah satunya dengan terapi perilaku (behavior therapy). Terapi perilaku dilaksanakan untuk mendidik dan mengembangkan kemampuan perilaku anak yang terhambat dan untuk mengurangi perilaku-perilaku tidak wajar dan menggantikannya dengan perilaku yang bisa diterima dalam masyarakat. 

Terapi perilaku merupakan dasar bagi anak autis yang belum patuh (belum bisa kontak mata dan duduk mandiri). Program dasar/kunci terapi adalah melatih kepatuhan yang akan dibutuhkan anak saat mengikuti terapi-terapi lainnya seperti terapi wicara, terapi okupasi, dan fisioterapi. 

Metode ABA (Applied Behavior Analysis), adalah metoda terapi perilaku yang memiliki ciri terstruktur, terarah dan terukur sehingga memudahkan terapis atau orang tua memantau perkembangan anak. Metode ABA sering disebut metode Lovaas karena ditemukan oleh O. Ivar Lovaas, Phd, seorang psikolog Amerika. 

Tujuan metode ABA adalah merubah perilaku, dan perilaku yang ditargetkan selalu dipilih dan dipertimbangkan untuk meningkatkan kualitas hidup seseorang. Norma-norma perilaku disesuaikan dengan norma-norma yang ada dan berlaku dalam masyarakat. 

Teknik pelaksanaan ABA menggunakan pendekatan individual / one by one, dimana tiap satu anak ditangani oleh satu terapis dan jika diperlukan didampingi oleh tenaga prompting (yang membantu anak mengarahkan perilaku yang diarahkan terapis). Pengajaran ABA mengambil prinsip Operant Conditioning dan Respondent Conditioning, dimana perilaku yang diinginkan maupun tidak diinginkan bisa dikontrol/dibentuk dengan sistem reward dan punishment. Jika perilaku yang diinginkan muncul anak mendapat hadiah dan jika perilaku yang muncul yang tidak diinginkan maka anak mendapat hukuman. 

Program yang diberikan selama terapi adalah kepatuhan (kontak mata dan dapat duduk saat belajar), bahasa reseptif, bahasa ekspresif, pra-akademik dan bantu diri. Program ini akan disesuaikan dengan keadaan/kemampuan anak. Itulah sebabnya diperlukan observasi terlebih dahulu pada seorang anak sebelum menjalani terapi. 

Waktu yang disarankan pada terapi ABA adalah 40 jam/minggu. Keberhasilan terapi ini dipengaruhi juga oleh; 1. Berat ringannya derajat autism, 2. Usia anak saat pertama kali ditangani, 3. Intensitas terapi, 4. Metode terapi, 5. IQ anak, 6. Kemampuan bahasa, 7. Masalah perilaku, 8. Peran serta orang tua dan lingkungan.

BACA JUGA:
Komodo Bangkitkan Nasionalisme Indonesia
Bagaimana Mencegah Bell's Palsy?
STRATEGI MENJADI PENGENDALI NEGOSIASI
KONSUMSI VITAMIN SESUAI KEBUTUHAN
Kenangan Getir Marilyn Monroe
DUNIA MENJADI TOUCHSCREEN SEMUA
TINGKATKAN IMUNITAS DI MUSIM HUJAN
KIAT MENJAGA MISS V TETAP SEHAT
RAHASIA PERUT LANGSING
Animasi Pembagian Otak Manusia
Belajar dari Anakhon Hi Do Hamoraon Di Ahu

Monday, January 16, 2012

Kenali Gejala Penyakit Chikungunya

Chikungunya artinya Meliuk atau Melengkung


Chikungunya berasal dari bahasa Swahili (bangsa dan kebudayaan yang berada di pantai Afrika Timur), nama yang terdengar lucu dan aneh bagi telinga Indonesia. Nama ini berdasarkan gejala yang terjadi pada penderita, yang berarti (posisi tubuh) meliuk atau melengkung (that which comport or bends up), mengacu pada postur penderita yang membungkuk akibat nyeri sedni hebat (arthralgia).

Nyeri sendi tersebut, menurut lembar data keselamatan (MSDS) Kantor Laboratorium Kanada, terutama pada lutut, pergelangan kaki serta persendian tangan dan kaki.

Gejala utama terkena Chikungunya adalah tiba-tiba tubuh terasa demam diikuti dengan linu di persendian. Gejala-gejalanya memang mirip dengan infeksi virus dengue dengan sedikit perbedaan pada hal tertentu.

Gejala yang khas Chikungunya adalah timbulnya rasa pegal-pegal, ngilu, juga timbul rasa sakit pada tulang-tulang sehingga ada yang menamainya sebagai demam tulang atau flu tulang. 

Chikungunya disebabkan adanya infeksi virus chikungunya (CHIKV), yaitu jenis Aphavirus yang termasuk ke dalam keluarga Togaviridae. Virus ini ditularkan atau disebarkan lewat gigitan nyamuk Aedes aegypty.

BACA JUGA:
Tips Bagi Pasangan Yang Merindukan Buah Hati
Pengenalan Pendidikan Anti Korupsi Sejak Dini
Pentingnya Salad Hijau dalam Diet Anda
Guinness World Records 2012
MEMBINA KARIR DENGAN SENYUM MENAWAN
SEHARI DI LUAR ANGKASA
PUISI INSPIRATIF
KREATIF DENGAN BOTOL BEKAS MINERAL
HATI HATI KAMERA TERSEMBUNYI DI SEKITAR ANDA
KAKEK SAKIT GIGI, JANGAN MAIN MERIAM BULUH!!!
Benarkah Makkah Hanya untuk Orang Kaya dan 'Mirip ...