Wednesday, February 29, 2012

Marie Colvin, Wartawan Perang Legendaris

RIP Marie Colvin!


Kematian seorang wartawan perang legendaris Marie Colvin (55) di hari Rabu (23/2) akibat serangan roket begitu mengguncang dunia. Namun, Kementrian Luar Negeri Suriah menolak bertanggung jawab atas kematian para jurnalis perang di negara tersebut dengan alasan mereka masuk ke Suriah secara ilegal sehingga resiko ditanggung sendiri.

Sejak Maret 2011, pemerintah Assad melarang meliput Suriah banyak jurnalis asing yang meninggalkan negeri itu dan memilih tinggal di sejumlah negara terdekat seperti Turki. Hanya sedikit jurnalis yang bertahan seperti Marie Colvin, jurnalis foto Prancis Remi Ochlik dan Anthony Shadid (yang juga meninggal sepekan lalu karena asma di Suriah). 

Tugas jurnalis bagi Marie Colvin bukanlah sekedar membuat berita. "Jurnalis mengungkap kebenaran. Selama saya hidup, saya akan lakukan tugas itu, apapun resikonya," katanya seperti dilaporkan Daily Mail, Rabu (23/2).

"Jurnalis ulung dan pemberani. Kami semua kehilangannya. Dia bekerja selama 25 tahun sengan penuh dedikasi dan tanpa rasa takut meliput sejumlah wilayah konflik di dunia ini," kata redaktur Sunday Times, John Witherow.

Marie Colvin mendedikasikan dirinya di dunia pers sejak lulus dari Yale University. Dia mengabdi di koran Inggris, Sunday Times.

Selama tugasnya, sering Marie Colvin terluka dan bahkan terancam nyawanya. Marie Colvin kehilangan mata kirinya akibat tertembak pasukan Srilanka saat meliput konflik di negara itu pada 2001. Dia menolak memakai mata palsu (prosthetic) dan memilih menggunakan penutup mata hitam ala bajak laut yang kemudian menjadi ciri khas penampilannya selama 11 tahun terakhir.

"Apakah benar saya bodoh? Saya baru merasa bodoh jika menulis berita sola acara makan malam. Saya lebih baik bekerja di tengah-tengah suasana perang dan mungkin ini memang akan membuat saya tertembak," kata Marie Colvin menjawab cemoohan sejumlah rekannya yang menggangapnya bertindak bodoh, seraya minta maaf jika komentarnya menyinggung wartawan lain yang bekerja di balik meja.

Beberapa jam sebelum meninggal, Marie Colvin sempat menyampaikan informasi terkini Suriah. "Serangan pasukan Suriah di kota Homs terus berlangsung. Suara ledakan terdengar di mana-mana. Seorang bayi dua tahun terbunuh dalam serangan tersebut. Kota ini benar-benar dikepung pasukan Suriah. Anderson, saya harus bilang, apa yang saya lihat ini hanya secuil kisah memilukan," tutur Marie Colvin saat melporkan pengamatannya melalui telefon saat menjadi bintang tamu dalam acara berita CNN yang dipandu Anderson Cooper, Selasa (21/2) malam waktu Amerika.

Selamat jalan wartawan pemberani. RIP Marie Colvin!

dari berbagai sumber

Tuesday, February 28, 2012

Hapus Riwayat Penting Google Sekarang

Pengaturan Privasi GOOGLE


Kurang dari seminggu lagi menjelang Google melakukan kebijakan privasi baru yang memungkinkan untuk mengumpulkan, menyimpan dan menggunakan informasi pribadi. Saat ini pengguna masih memiliki kesempatan terakhir untuk menghapus Browsing History Google mereka, bersama dengan informasi memberatkan dalamnya.

Tech News Daily melaporkan bahwa ketika kebijakan privasi baru bersatu Google mulai berlaku semua data yang telah dikumpulkan tentang Anda, termasuk permintaan pencarian, situs yang dikunjungi, usia, jenis kelamin dan lokasi akan dikumpulkan dan dialihkan ke identitas online Anda yang diwakili oleh Gmail dan account YouTube. Setelah kebijakan tersebut berlaku Anda tidak diizinkan untuk keluar tanpa meninggalkan Google sama sekali. Tapi sekarang sebelum kebijakan berlaku, Anda memiliki pilihan untuk menghapus Riwayat Web Google Anda dengan memodifikasi pengaturan Anda sehingga Google tidak dapat mengaitkan data yang dikumpulkan tentang Anda dengan Gmail atau account YouTube.

Tek Daily News melaporkan bahwa Electronic Frontier Foundation (EFF), sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di San Francisco yang menganjurkan untuk privasi online, mengatakan: "data pencarian dapat mengungkapkan informasi sensitif tentang Anda, termasuk fakta tentang lokasi Anda, minat, umur, orientasi seksual , agama, masalah kesehatan, dan lainnya. "

Daily Mail melaporkan bahwa menghapus riwayat browsing Anda sebelum tanggal 1 Maret ketika kebijakan privasi Google yang baru mulai berlaku akan membatasi kemampuan Google untuk melacak dan merekam setiap gerak online Anda. Prosesnya sederhana. Ikuti langkah berikut:

1. Pergi ke homepage Google dan masuk ke account Anda.
2. Klik menu drop-down di sebelah nama Anda di pojok kanan atas layar Anda.
3. Klik pengaturan account
4. Cari "bagian Layanan"
5. Di bawah "Layanan" ada sub-bagian yang bertuliskan "Lihat, mengaktifkan, menonaktifkan riwayat Web." Klik link di sebelahnya yang bertuliskan: ". Pergi keWeb History" (Catatan: Bila Anda klik "Go to Web History" Anda mungkin akan dibawa ke halaman yang memberi Anda pilihan "Turn Riwayat Web On" / "Terima Kasih": Klik "Turn Riwayat Web On" dan Anda akhirnya akan dibawa ke langkah 6 di bawah)
6. Klik "Hapus semua Riwayat Web"

Bila Anda klik "Hapus semua Riwayat Web," muncul pesan yang mengatakan "Sejarah Web Dijeda." Hal ini berarti bahwa sementara Google akan terus mengumpulkan dan menyimpan informasi tentang riwayat Web Anda  dan akan membuat semua data anonim, yaitu, Google tidak akan mengasosiasikan informasi Riwayat Web Anda dengan account online Anda dan karena itu tidak akan dapat mengirimkan hasil sesuai pencarian.
Kemampuan Google untuk mengumpulkan informasi pribadi tentang Anda dengan memberikan data ke Gmail dan account YouTube akan tetap "Dijeda"sampai Anda klik "Lanjutkan."

Monday, February 27, 2012

Yoga Bagi Ibu Hamil

 Ibu Hamil Harus Menjaga Kebugaran dan Emosi 


Tidak jarang muncul rasa tegang, otot kaku, dan pegal-pegal semasa hamil. Sebenarnya Anda hanya perlu  melakukan relaksasi dengan cara melakukan pengaturan napas.

Cobalah dengan duduk atau berbaring senyaman dan sesantai mungkin. Kalau perlu bisa sambil memejamkan mata. Relaksasikan otot-otot seluruh tubuh, mulai dari otot kaki, pinggang, punggung, leher, dan wajah.

Mulailah bernapas lewat hidung, tarik dan embuskan perlahan-lahan. Lakukan selama 10 sampai 20 menit atau sampai Anda merasa nyaman. Sambil melakukannya, tekan perut ke arah luar sebanyak empat hitungan. Biarkan otot pundak dan leher kita relaks sambil mengeluarkan napas perlahan-lahan dan tenang.

Inilah bentuk latihan Yoga bagi ibu hamil. Latihan ini akan melatih otot-otot tubuh Anda dengan disertai olah napas. Melalui gerak tubuh yang disertai teknik pengaturan napas dan pemusatan konsentrasi, fisik Anda akan lebih sehat, bugar dan kuat. Selain itu emosi Anda akan lebih seimbang dan mudah dikendalikan. Berikut teknik yoga untuk para ibu hamil seperti dilansir dechacare.com. Selamat berlatih!

1. Duduk bersila

Letakkan kedua tangan di sisi badan dengan siku lurus. Angkat kedua tangan dari samping ke arah kepala sambil menarik napas sampai kedua jari-jari tangan bertemu. Turunkan tangan ke depan sambil menghembuskan napas. Manfaat: Melatih kekuatan otot lengan, melenturkan sendi pundak, serta menenangkan perasaan. Menimbulkan perasaan "membumi dan terpusat".

2. Merangkak dengan kedua siku tangan lurus

Pandangan ke depan dan punggung rata. Tarik napas, lengkungkan punggung. Hembuskan napas sambil mengembalikan punggung ke posisi semula. Manfaat: Melepaskan ketegangan, menguatkan rahim, meringankan beban perut dan menghilangkan pegal-pegal tubuh.

3. Berbaring

Kedua kaki menempel di dinding dan kedua tangan dis amping badan dengan telapak tangan terbuka. Tarik napas, angkat panggul dari lantai. Hembuskan napas sambil menurunkan kembali kedua kaki. Manfaat: Mencegah varises di kaki, menghilangkan kelelahan kaki akibat pertambahan berat badan selama hamil, serta relaksasi tubuh dan jiwa.

BACA JUGA:
Yoga Seimbangkan Tubuh dan Pikiran
TINGKATKAN IMUNITAS DI MUSIM HUJAN
KIAT MENJAGA MISS V TETAP SEHAT
Mitos Seks Menyesatkan
Waspada Sindrom APS Saat Hamil
Perhatikan Makanan Untuk Cegah Penyakit

Sunday, February 26, 2012

Rahasia Sukses Usaha Rental Mobil

Selalu Ada Peluang dan Tantangan


Tingkat pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi berdampak langsung terhadap mobilitas masyarakat seiring dengan pertambahan ruas jalan, terutama dengan dibuatnya jalan lingkar dan jalan tol di setiap daerah dan tumbuhnya kota-kota baru. Kondisi ini memunculkan peluang usaha baik di bidang jasa atau produk, dan salah satu yang tumbuh subur serta memiliki prospek cerah ialah usaha penyewaan mobil atau rental mobil.

Sebagaimana kita ketahui bahwa sejak tahun 2003, perusahaan-perusahaan besar dan BUMN tidak lagi melakukan investasi kendaraan untuk kegiatan operasionalnya, tetapi menggunakan jasa sewa kepada pihak ke tiga. Hal ini menjadi salah satu petunjuk bahwa kebutuhan kendaraan semakin hari semakin meningkat, baik untuk perorangan atau perusahaan. Namun tidak semua orang atau perusahaan memiliki mobil dan lebih mengandalkan perusahaan yang menyewakan kendaraan operasional. Peluang seperti ini menjadi alasan pentingnya usaha rental mobil.

Bisnis rental mobil biasanya menetapkan biaya sewa secara harian untuk perorangan dan bulanan untuk perusahaan. Penyewa tidak bertanggung jawab terhadap perawatan mobil, namun harus menanggung biaya BBM dan biaya sopir. Jika diinginkan, jasa rental mobil juga bisa menyediakan tenaga sopir dengan tambahan biaya tersendiri. Biasanya pengusaha rental mobil memiliki relasi dengan sopir-sopir freelance yang bisa dipanggil setiap saat dibutuhkan.

Anda tertarik dengan bisnis ini? Bisnis ini memang menggiurkan karena kuntungannya besar, tetapi juga bisnis ini memiliki resiko yang cukup tinggi seperti kecelakaan sampai pencurian mobil sewaan oleh pemakai hingga dijual ke pihak lain misalnya. 

Agar bisnis rental mobil Anda menghasilkan pendapatan maksimal dengan resiko yang kecil, berikut adalah beberapa trik dalam mengelola usaha jasa rental mobil menurut Iwan Gunawan, Konsultan UKM dan Kewirausahaan. (PR, 21/2)

1. Tentukan pangsa pasar manakah bisnis rental mobil yang akan Anda tuju. Apakah tujuan pemakai perorangan atau dari kelompok ekonomi atas, menengah dan bawah, atau perusahaan/instansi. Semua ini akan menentukan strategi yang harus dijalankan dalam bisnis rental mobil.

2. Carilah lokasi atau tempat strategis seperti dekat perkantoran, kampus, pasar, kawasan industri atau tempat potensial lainnya.

3. Pahami selera konsumen. Biasanya konsumen akan memburu mobil bermuatan banyak dengan bahan bakar irit.

4. Jika jumlah muatan cukup banyak hingga harus 3 orang di depan termasuk sopir, pilihlah kendaraan yang sudah terdaftar di kepolisian agar tidak di tilang saat di jalan.

5. Pilihlah mobil dengan biaya operasional kecil, harga suku cadang relatif murah dan biaya perawatan rendah.

6. Manfaatkan jasa asuransi untuk memperkecil resiko dan lengkapi kendaraan dengan Global Positioning System (GPS) untuk mengetahui posisi kendaraan.

7. Lakukan pembukuan dan administrasi yang tertib seperti catatan data-data pelanggan, catatan barang inventaris kantor, catatan keluar masuk uang/hari (buku kas harian) dan lain-lain.

8. Kerjasama dengan bengkel atau montir langganan untuk memperbaiki atau perawatan mobil Anda, agar memperoleh jaminan kualitas dan harga yang lebih baik.

9. Gunakan promosi melalui brosur, iklan baris, internet dan pemasangan spanduk.

10. Pilihlah sopir yang berperilaku baik serta memiliki pengetahuan tentang jalan dan mesin. Selain mobil akan terawat, konsumen juga akan nyaman dan senang.

11. Antisipasi jika telah berkembang, maka tambahlah stok mobil Anda. Anda bisa bermitra atau mengajak teman atau mencari pembiayaan perbankan dengan biaya bunga paling rendah dan waktu pinjaman paling panjang.

Akhirnya selamat mencoba bisnis mobil ini, semoga beberapa trik ini membantu Anda membuka peluang usaha rental mobil dan lapangan kerja baru bagi orang lain.     

BACA JUGA:
Cara Membangkitkan Gairah di Usia Senja
Berburu Barang Bekas di Bandung
Dari Hobi Jadi Profesi
DPR Jangan Boros Lagi!
Nasehat Investasi Orang Terkaya No. 2 Di Dunia
Tas Cantik Daur Ulang Plastik Bungkus Kopi
Menteri Keuangan Terbaik Versi The Banker
Risiko Tinggi Pejalan Kaki
Perilaku Orang Kaya Baru
Ciri Bank Tidak Sehat

Saturday, February 25, 2012

Mitos Hari Kamis Sebagai Hari Baik Untuk Bercinta

Biarkan Gairah Hidup Terus Berkobar


Terdapat kesepakatan tidak tertulis bahwa hari Kamis malam atau malam Jum'at sebagai malam pilihan untuk bercinta. Mungkin hanya berdasar keyakinan atau mitos semata semata pada awalnya.

Bagaimana penjelasan ilmiah mengenai fenomena tersebut? Semoga penjelasan berikut dapat menguak tabir paling klasik dalam peradaban umat manusia itu. 

Kortisol alami sebagai hormon yang merangsang gairah seksual mengalami peningkatan pada hari Kamis, menurut riset London School of Economic. Sehingga hari Kamis dianggap waktu terbaik dalam seminggu untuk bercinta. Walau sebenarnya bercinta bisa dilakukan kapan saja.

Riset tersebut telah menemukan satu hari terbaik dalam seminggu untuk melakukan hubungan seks dengan pasangan. Sehingga berdasarkan temuan tersebut disarankan agar alarm Anda diatur pada Kamis pagi. 

Peneliti percaya bahwa kadar testosteron pria sedang mencapai puncak pada hari Kamis. Bahkan pada hari Kamis tingkat estrogen wanita diyakini mencapai lima kali lipat dibanding hari-hari lain. 

Riset ini juga menemukan kalau Rabu malam mengalahkan Sabtu malam sebagai waktu yang ideal untuk berkencan. Survei terhadap 8.000 lajang menemukan, jika kencan berjalan dengan baik dan memberikan waktu bagi seseorang sebelum kencan kedua di akhir pekan.

(Berbagai sumber)

Friday, February 24, 2012

Tas Cantik Daur Ulang Plastik Bungkus Kopi


Bila Bukan Kita Yang Peduli, Siapa Lagi?


Tiap rumah pasti menghasilkan limbah rumah tangga berupa sampah. Baik itu sampah organik atau sampah anorganik yang harus kita pilah-pilah sebelum dibuang di tempat pembuangan sampah sementara.

Maka sudah selayaknya tiap rumah dilengkapi tempat sampah sesuai dengan jenisnya. Sampah organik seperti sisa daun atau sayuran bisa di tempatkan di bak sampah berwarna hijau, kelak sampah dari bak ini dipilah lagi untuk diolah  menjadi pupuk kompos.

Sampah anorganik seperti kertas, kayu dan plastik ditempatkan di bak sampah berwarna kuning yang kelak bisa dipilah untuk didaur ulang menjadi aneka kerajinan tangan. Sampah anorganik berbahaya seperti pecahan kaca, botol bekas, paku, isi hekter dan benda-benda tajam lainnya di simpan di bak sampah berwarna merah.

Salah satu sampah dari bak sampah berwarna kuning diantaranya kertas untuk dijadikan kertas daur ulang sebagai bahan dasar pembuatan kerajinan seperti kartu undangan, kotak cendera mata, bingkai photo dan lain-lain. Kemudian sampah plastik juga bisa di daur ulang menjadi tas, jas hujan dan aneka kerajinan tangan lainnya yang bermanfaat. 

Mungkin Anda masih ingat tulisan di blog ini mengenai KREATIF DENGAN BOTOL BEKAS MINERAL? Nah kali ini saya ingin berbagi tips tentang salah satu sampah plastik bekas pembungkus kopi instan yang dapat di daur ulang menjadi tas cantik, seperti dikemukakan Eli Haryati, S.Pd dari SDN Gunungpuyuh CBM Sukabumi. 

Pertama: 
Siapkan satu bekas bungkus kopi instan merek apa saja. Potong menjadi dua bagian selebar 4 cm. 



Ke dua:
Potongan bekas bungkus kopi selebar 4 cm tersebut di lipat ke arah dalam sepanjang 1 cm di kedua sisinya sehingga menghasilkan pita plastik selebar 2 cm. Buat pita seperti ini sebanyak minimal 1000 buah dari 500 bungkus bekas kopi instan.


Ke tiga:
Ambil 4 buah pita dan anyam seperti membuat baling-baling. 


Ke empat: 
Pada baling-baling yang sudah terbentuk selanjutnya tambahkan pita lainnya satu-persatu dan jangan lupa membuat sudut tegak vertikal agar bisa dianyam ke arah atas. Bila proses ini diabaikan maka anyaman hanya akan berbentuk seperti tikar saja dan tidak berupa keranjang. Atur lebar dan tinggi anyaman sesuai kebutuhan.




Ke lima:
Setelah keranjang atau tas cantik Anda selesai, bagian dalam tas dapat ada beri lapis dari kain perca agar tidak bolong-bolong atau biarkan seperti itu supaya tetap orsinil dan antik.






SDN Gunungpuyuh CBM Sukabumi merupakan sekolah calon model adiwiyata yang menerapkan pelajaran berbudaya lingkungan pada kurikulum muatan lokalnya. Saat ini SDN Gunungpuyuh CBM dipimpin oleh Hj. Neni Mulyaningsih, S.Pd, M.MPd, dengan guru pembina Lingkungan Hidup Ecih Rubiah, S.Pd.

Model diragakan oleh: Dewi Winarni, S.Pd (Photo bawah), Dewi Winarni, S.Pd dan Ema Hermawati, S.Pd (Photo atas).

 BACA JUGA:
Boneka Cantik dari Kaus Kaki
Nyanyian rindu anak Tunarungu
Reshuffle, SBY Ingin Ubah Gaya Kepemimpinan?
Tiga Diet ala Selebritas Hollywood
Jadilah Manusia Yang Berguna
Agar Gaji Bulanan tidak Jebol
REGINA BRETT TETAP ENERGIK DI USIA 90 TAHUN, INI R...
Rok Mini dan Angkot

Thursday, February 23, 2012

Menteri Keuangan Terbaik Versi The Banker

Siapa Lagi Menteri Berikutnya?


Terpilihnya Menteri Keuangan Agus Martowardojo sebagai peraih penghargaan menteri keuangan terbaik se-Asia Pasifik tahun ini versi majalah keuangan internasional "The Banker" edisi Januari 2012, tentu sangat membanggakan.  Editor senior majalah "The Banker" Brian Caplen berkesempatan menyerahkan langsung penghargaan tersebut kepada Menkeu pada 15 Februari 2012 lalu,  menurut Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Yudi Pramadi di Jakarta, Rabu (22/2).

Majalah "The Banker" menilai Agus Martowardojo berhasil dalam menyokong pertumbuhan ekonomi mencapai 6,46 persen dan membawa perubahan pada pelaksanaan anggaran dan perencanaan keuangan, selain dianggap berhasil meningkatkan iklim investasi di Indonesia serta mengatur anggaran secara hati-hati pada 2011. 

Sebenarnya tahun ini merupakan ke-11 kalinya penghargaan tersebut diberikan. Pada tahun sebelumnya tercatat beberapa menteri keuangan di beberapa negara di dunia memperoleh penghargaan serupa, antara lain Menkeu India Pranab Mukherjee, Menkeu Pantai Gading Charles Koffi Diby, Sekretaris Keuangan Filipina Margarito Teves dan Menkeu Slowakia Jan Pociatek. 

"The Banker" merupakan majalah keuangan internasional grup harian Financial Times yang pertama kali terbit Januari 1926 dengan Brendan Bracken sebagai editor pendiri dan berkantor di London, Inggris. 

Berdasarkan hasil audit Audit Bereau of Cicrulations, sirkulasi majalah "The Banker" adalah lebih dari 28 ribu eksemplar dengan rata-rata 60 persen dari pembacanya adalah CEO/Presiden Direktur serta CFO/Bendahara dari berbagai perusahaan. 

Setelah Agus Martowardojo, siapa menteri berikutnya yang berkinerja baik di mata dunia atau bangsa lain? Paling tidak berita gembira ini bisa menjadi jeda di tengah-tengah gencarnya carut-marut hukum dan kasus korupsi yang menggurita. Bangsa ini diijinkan tersenyum lega sementara, sejenak lepas dari kening yang berkenyit heran atas sandiwara politik yang tak berkesudahan bak dongeng seribu satu malam. Entahlah.... 

Sumber: Antara

Wednesday, February 22, 2012

Risiko Tinggi Pejalan Kaki

Penyebab Jalan Kaki Tidak Aman



Tragedi Tugu Tani Jakarta di akhir Januari lalu yang menyebabkan sembilan orang tewas sekaligus oleh seorang wanita kemudian berita ditabraknya lima belas orang pejalan kaki di Makasar oleh seorang remaja mengindikasikan bahwa jalan kaki yang menyenangkan ternyata berpotensi tidak aman. 

Pengamat sosial Gustaff Harriman Iskandar menyebut fenomena itu sebagai puncak gunung es. Menurutnya, angka risiko pejalan kaki di Indonesia masih sangat tinggi. Malahan mudah sekali menemukan korban pejalan kaki yang sempat mengalami insiden di jalan, mulai dari sekala kecil sampai sekala besar. Insiden seperti terserempet, penyebrang jalan yang tidak disiplin dan tabrakan akibat pengguna jalan yang ceroboh masih sering dijumpai.

Minimnya fasilitas untuk pejalan kaki terutama bagi penyandang cacat atau difabel ditenggari sebagai asal muasal bencana bagi pejalan kaki. Trotoar yang semestinya bagi pejalan kaki beralih fungsi menjadi surga bagi pedagang kaki lima untuk menggelar dagangan sehingga pejalan kaki lebih memilih berjalan di pinggir jalan. Hal ini tentu menyebabkan insiden yang merugikan pejalan kaki.

Bila di suatu tempat pernah ada trotoar untuk pejalan kaki dan kemudian fungsinya berubah semestinya ada yang menegur atau lapor ke Satpol PP. Kemudian pihak-pihak tertentu berhenti memanfaatkan pedagang kaki lima dengan memungut restribusi kebersihan atau uang keamanan sebagai legalitas mereka menyabot torotoar dari pejalan kaki.

"Yang pertama harus punya itikad untuk melakukan perbaikan yaitu penyelenggara kota, juga didukung oleh aparat kepolisian, dan para pengguna jalan itu sendiri. Semua memiliki tanggung jawab yang sama dalam menjaga keselamatan oraang lain," kata Gustaff.  

Tuesday, February 21, 2012

Perilaku Orang Kaya Baru

Mereka Ada Tapi Tidak Memberi Warna


Tiket konser artis mancanegara seperti Evanescence, Roxette, Stevie Wonder, atau Dream Theater diserbu penonton meski belasan juta rupiah harganya. Ribuan orang antre panjang untuk mendapatkan BlackBerry dan iPhone terbaru. Restoran fine dining sering kekurangan tempat duduk. Pengusaha muda beramai-ramai menjadi anggota kelompok kebugaran atau klub bermain golf dan menghabiskan separuh penghasilannya untuk mencicil mobil terbaru.

Fenomena baru generasi muda Indonesia yang mengejutkan. Sering luput dari pengamatan betapa jumlah orang yang punya daya beli "lebih dari cukup" itu terus bertambah. Jika memakai ukuran Bank Dunia, yakni bahwa kelompok ini adalah mereka yang pengeluaran per kapita per harinya US$ 2-20, maka terdapat sekurang-kurangnya 130 juta orang. Angka itu 56,5 persen dari total penduduk Indonesia. Padahal, tujuh tahun sebelumnya, jumlahnya hanya 37,7 persen. (Tempo, 20/2).

Fase yang berlangsung di Indonesia saat ini adalah fase yang telah dilalui banyak negara. Pertumbuhan ekonomi Indonesia--dengan pendapatan per kapita US$ 3.000-an pada 2010--telah mengangkat jutaan orang dari jurang kemiskinan. Sekitar 70 persen ekonomi Indonesia ditopang oleh kelas konsumen baru ini. Kolom dosen ekonomi Universitas Indonesia Chatib Basri di majalah Tempo edisi 20/2 menjelaskan secara jernih bahwa di negara seperti Jepang dan Korea Selatan, kelompok kelas menengah ini terbukti bisa mendorong pertumbuhan ekonomi. Sayangnya di Indonesia, pemerintah mengabaikan peran kelompok ini.

Tumbuhnya kelas konsumen baru ini dinilai  tidak semuanya positif. Dosen filsafat Universitas Indonesia Rocky Gerung menyebut mereka sebagai parasit kapitalisme, mereka mampu beli mobil Alphard tapi selalu mengumpat saat macet. Meski kuat secara ekonomi, kelompok konsumen baru ini memiliki peran yang minim dalam politik.

Tiga tahun lalu Prita Mulyasari, pasien yang digugat rumah sakit Omni Internasional, Tangerang dibela oleh jutaan orang lewat Twitter dan Facebook. Tapi, setelah itu persoalan dianggap selesai. "Saya merasa ditinggal," kata Prita yang akhirnya dihukum enam bulan penjara dengan masa percobaan satu tahun. Prita adalah contoh pembelaan kelas menengah dalam sebuah aksi yang disebut click activism--aksi yang nyaris tanpa risiko sebagai potret kelas menengah Indonesia.

Referensi: yahoo!

BACA JUGA:
Ciri Bank Tidak Sehat
Membobol Facebook Dihukum 8 Bulan
Daging Kambing Meningkatkan Libido?
7 Tips Mencapai Jantung Sehat
Misteri Gerak Berputar Pada Tari Sufi
Sopan Santun, Penghormatan Pada Diri Sendiri
Ongkos Demokrasi Seharga Mi dan Sembako
Golok Babi Tajam Ke Bawah Tumpul Ke Atas

Monday, February 20, 2012

Ciri Bank Tidak Sehat

Sukubunga Deposito Terlalu Tinggi 


Tingginya suku bunga atas simpanan deposito biasanya menjadi patokan seseorang untuk memilih suatu bank. Bahkan tanpa memperhatikan kondisi  kesehatan bank terpilih tersebut. 

Tidak salah memang kalau kita agak berpikir kritis dan selektif dalam memilih bank. Meski tidak harus memilih bank dengan memperhatikan tingkat akuntabilitas, likuiditas, dan solvabilitas layaknya seorang pakar ekonomi. Namun faktor kehati-hatian dan selektif justru akan menyelamatkan aset kita di masa depan.

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) berpesan agar masyarakat berhati-hati menyimpan dananya di bank yang memberikan sukubunga deposito jauh tinggi di atas penjaminan lembaganya. LPS menilai, pemberian sukubunga deposito terlalu tinggi justru menunjukkan bank tersebut kurang sehat. 

Menurut Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan, Heru Budiargo di Jakarta (2/2), "Perlu diwaspadai tingginya sukubunga deposito, bisa saja dananya tidak dijaminkan ke LPS." 

Nasabah yang memperoleh sukubunga deposito tinggi sebenarnya diuntungkan secara tidak wajar. Bisa saja, uang nasabah tersebut tak dapat dikembalikan, jika bank tempat simpanan deposito itu berhenti beroperasi menurut Heru.

LPS hanya akan menjaminkan dana deposito nasabah di bawah Rp 2 miliar dengan sukubunga yang sudah ditetapkan oleh LPS Rate. Berdasarkan data LPS, sekitar Rp 1 triliun dana masyarakat di 46 bank yang dilikuidasi sejak 2006, ternyata hanya Rp 670 miliar yang dinilai layak bayar. Sisanya sebesar Rp 445 miliar dianggap tidak layak bayar.

 BACA JUGA:
DPR Jangan Boros Lagi!
Membasmi Korupsi Ala Hongkong?
Asal Mula Panci Besar Nasruddin Hozza
Hidup Serba Tak Terduga
Ongkos Demokrasi Seharga Mi dan Sembako
Golok Babi Tajam Ke Bawah Tumpul Ke Atas

Sunday, February 19, 2012

Membobol Facebook Dihukum 8 Bulan

Pikir Dahulu Pendapatan Sesal Kemudian Tiada Berguna


Teman Facebook yang berasal dari kehidupan dunia nyata dan berkedudukan sebagai mantan istri atau suami, pacar atau mantan pacar, sahabat dan bahkan musuh berpotensi menjadi pembobol akun Facebook atau hacker. Tanpa disadari kita sering berbagi komputer dan bahkan percaya seratus persen bahwa mereka tidak akan berbuat nakal dengan akun Anda.

Masalah mulai muncul bila keeratan hubungan mulai terganggu. Mantan suami atau istri saling mencurigai atau berselisih sehingga masing-masing atau salah satu diantaranya mencoba masuk sebagai orang lain di jejaring sosial Facebook lalu membuat ulah yang akan menjatuhkan martabat Anda di mata teman-teman. Demikian juga dengan teman atau sahabat yang biasa berbagi komputer dengan kita, suatu saat ketika mereka  tidak lagi berteman karena masalah pribadi dapat berbuat serupa. 

Selain tidak etis, perbuatan membobol akun milik mantan suami atau istri, teman atau mantan pacar, dan sahabat  atau musuh ternyata berlawanan dengan hukum. Maka Anda sebaiknya berpikir ulang sebelum melakukan tindakan bodoh untuk membobol atau meng-hack akun Facebook. 

Baru-baru ini pengadilan London memvonis Glen Mangham (26) seorang mahasiswa Inggris delapan bulan penjara gara-gara membajak akun facebook. Seperti dilansir AFP Sabtu (18/2), Mangham mengakui segala perbuatannya. Dia mengatakan perbuatan itu dilakukan di kamar tidurnya di Yorkshire, antara bulan April dan Mei tahun lalu.

Walau bersalah, namun Mangham membantah bila perbuatannya dilandasi motif keuangan. Menurutnya, perbuatannya hanya untuk mengungkapkan kelemahan pada sistem keamanan Facebok. “Ini untuk mengidentifikasi kerentanan dalam sistem, sehingga saya dapat menyusun laporan yang kemudian bisa saya kirim ke Facebook,” katanya kepada Southwark Crown Court di London.

Niatnya, Mangham ingin menunjukan kepada Facebook sejumlah hal yang salah dalam sistem mereka. Bakan dia juga mengklaim pernah melakukan hal serupa terhadap raksasa internet Amerika Serikat, Yahoo!.

Sebenarnya pernyataan yang disampaikan Mangham dapat diterima oleh hakim, namun demikian, apa yang dilakukan Mangham bisa saja “benar-benar menjadi bencana” bagi Facebook. "Ini bukan hanya sedikit eksperimen berbahaya," kata hakim McCreath Alistair.

Hakim Alistair khawatir tindakan Glenn bisa berdampak serius terhadap sistem bisnis internasional Facebook. “Kau dan orang lain yang tergoda untuk bertindak sama benar-benar harus mengerti seberapa serius masalah ini," ujarnya.

Mangham ditangkap di rumahnya pada 2 Juni oleh agen-agen AS dari FBI. Facebook telah menghabiskan dana £ 126.400 untuk urusan kejahatan semacam ini. Atas putusan hakim, juru bicara Facebook menyampaikan rasa terimakasih Polisi Kota London dan Layanan Penuntutan Crown atas pekerjaan mereka pada kasus ini. “Kami menganggap serius setiap upaya untuk mendapatkan akses tidak sah ke jaringan kami" kata sang juru bicara.

Suber: Yahoo!

Saturday, February 18, 2012

Daging Kambing Meningkatkan Libido?

Kesalahan Yang Terlanjur Dianggap Benar


Tanpa harus makan daging kambing pun, para suami dapat melakukan hubungan seks seperti biasa jika memang sudah ingin.  Adanya kepercayaan sebagian besar masyarakat tentang persepsi bahwa mengkonsumsi daging kambing dapat menambah keperkasaan perlu di luruskan. 

Daging kambing secara fisik tidak jauh berbeda dengan daging merah lainnya. Adanya mitos daging kambing dapat mendongkrak keperkasaan pria adalah salah besar. Pakar Seks Dr. Bona Simanungkalit, DSHM mengatakan bahwa dalam penelitian medis tidak pernah ditemukan suatu kandungan yang mampu menambah libido pada daging kambing. (Jurnal Depok-10/2)

Informasi yang beredar di masyarakat selama ini hanya sugesti yang sudah terkonsep di dalam pikiran para pria. Akibat faktor kepercayaan terhadap daging kambing tersebut timbul kondisi expectancy effek, yaitu jika seseorang berpikir mengkonsumsi daging kambing dapat meningkatkan kejantanan maka secara psikis ia akan merasa terangsang setelah menyantap daging kambing. 

Sampai saat ini belum ditemukan penelitian yang menyatakan jika daging kambing dapat mendongkrak potensi seks para pria. Pada sasarnya, jika orang yang sudah menurun gairah seksualnya tidak dapat langsung naik hanya dengan menyantap daging kambing. Gairah seksual dapat ditingkatkan dengan hormon.

Tidak ada salahnya mengkonsumsi daging kambing selama sesuai dengan kebutuhan dan tidak memiliki penyakit lain. Bila mempunyai penyakit lain, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter supaya mengetahui cara menyantap daging kambing yang aman.

BACA JUGA:
Mitos Seks Menyesatkan
Hidup Serba Tak Terduga
7 Tips Mencapai Jantung Sehat
Gagal Jantung Saat Aktivitas Bercinta
Sakit Kepala Menahun Pertanda Stress
Maskulinitas Dapat Dipertahankan
Beberapa Sajian Kopi Istimewa
Manfaat Bercinta Yang Teratur

Friday, February 17, 2012

Asal Mula Panci Besar Nasruddin Hozza

Kisah Inspiratif  Nasruddin Hozza




Suatu ketika Nasruddin Hozza hendak mengadakan perhelatan besar di kediamannya, dan untuk itu dia memerlukan sebuah panci besar. Maka dipinjamlah sebuah panci besar dari tetangganya.

Beberapa hari setelah perhelatan itu berlalu, Nasruddin Hozza mengembalikan panci besar itu dengan sebuah panci kecil. Tentu saja tetangganya heran dan menanyakan alasannya. 

"Pancimu melahirkan sebuah panci kecil, maka aku berikan keduanya padamu," sahut Nasruddin Hozza menjelaskan.

Dengan riang gembira  tetangganya menerima kedua panci itu.  Setelah beberapa hari kemudian Nasruddin Hozza membutuhkan lagi panci besar, dan pergilah dia menemui tetangganya untuk meminjam panci.

Hari berganti minggu dan hampir sebulan Nasruddin Hozza belum juga mengembalikan panci besar yang dipinjamnya. Akhirnya tetangganya datang ke rumah Nasruddin Hozza dan menagih pancinya.

"Pancimu meninggal dunia begitu dia melahirkan utuk kedua kalinya," sahut Nasruddin Hozza memberi alasan.

*****
Pesan moral dari cerita ini: 

Ketamakan dan kejujuran seseorang akan teruji ketika dihadapkan pada sesuatu yang bukan menjadi haknya. Seperti tetangga Nasruddin Hozza yang girang mendapat panci tambahan yang sebenarnya ujian atas kejujuran dan keberanian mengakui kalau itu bukan miliknya.

Di jaman ini, itu bisa berupa gratifikasi. Walau tidak menambah harta kekayaan tapi menjadikan seseorang ibarat haus ditengah lautan yang menjadi semakin haus karena air laut terminum dan membuatnya terus minum.  

Tetangga Nasruddin Hozza kehilangan panci besar karena ketamakannya, dan tidak sedikit pejabat kita juga kehilangan segala harta dan kehormatannya juga karena hal serupa.

BACA JUGA:
Hidup Serba Tak Terduga
Ongkos Demokrasi Seharga Mi dan Sembako
Golok Babi Tajam Ke Bawah Tumpul Ke Atas
Ketika Uang Berbicara, Kebenaran Akan Diam
Sembunyi di Belakang Leopard
Maskulinitas Dapat Dipertahankan
Beberapa Sajian Kopi Istimewa
Manfaat Bercinta Yang Teratur

Thursday, February 16, 2012

Hidup Serba Tak Terduga

Berikan Yang Terbaik Sebelum Kau Menutup Mata


Telah menutup mata karena kanker payudara di usia 28 tahun, Eva Ekvall, mantan Miss Venezuela yang menempati posisi ke tiga pada ajang Miss Universe 2001.

Diusia 17, Ekvall dinobatkan sebagai Miss Venezuela 2000, tahun berikutnya sebagai  runner-up ke tiga pada   Miss Universe Pageant. Namanya tercatat sebagai salah satu wanita cantik terseksi dan paling membumi. Sebagai seorang penganut ajaran Budha, dia adalah wanita non-Kristen pertama  yang memenangkan ajang  Miss Venezuela.



 Ekvall dinikahi oleh seorang peduser radio John Fabio Bermudez dan pasangan ini dikaruniai seorang putri yang saat ini berusia 2 tahun. Di bukan February 2010, hanya beberapa bulan setelah melahirkan putrinya, Ekvall didiagnosa menderita kanker payudara stadium lanjut, dan menjalani delapan bulan pengobatan termasuk kemoterapi, radioterapi  dan mastektomi radikal ganda.




Tahun lalu, dia mengatakan kepada surat kabar El Nacional karena merasa perlu mengirimkan pesan tentang pencegahan kanker. Dan model tersebut menjelaskan, "Aku benci melihat foto di mana saya tampil buruk.  Namun Anda tahu apa? Tidak ada seorangpun akan mengatakan bahwa saya akan terlihat seperti Miss Venezuela ketika saya memiliki kanker".




Dia menghimpun catatannya di album photo, Fuera de Foco (Out of Focus), yang dirilis pada bulan Desember 2010. Dia menjadi penasehat SenosAyuda, sebuah kelompok pemerhati masalah kanker.



Gambar di hari-hari terakhirnya...


Dengan berat hati posting pada Twitter akhir pekan, suami Eva mengunggah sebuah photo close-up tangannya saat menggenggam tangannya untuk terakhir kali, dengan judul "Always together ... I love you wife".




Keluarganya telah mengkonfirmasi sang model meninggal di sebuah rumah sakit di Houston, Sabtu (Desember 17, 2011), menurut Huffington Post.

Segala sesuatu dalam hidup adalah sementara, karena segalanya  berubah...
Itu sebabnya dibutuhkan keberanian besar untuk mencintai, menyadari bahwa semua akan berakhir kapan saja namun tetapi mengimani bahwa  itu akan berlangsung selamanya ...

Hidup adalah seperti setetes embun pagi di ujung rumput, untuk Anda dan kita semua,  mari hadapi kebenaran yang mulia.

Wednesday, February 15, 2012

7 Tips Mencapai Jantung Sehat

Harta Terbesar Manusia Adalah Kesehatan



Tidak ada batasan usia kapan seseorang akan terkena penyakit jantung, sehingga setiap orang wajib mewaspadai penyakit yang menjadi penyebab kematian tertinggi ini. Lebih penting dari sekedar menjaga kebugaran adalah mengetahui langkah-langkah yang di lakukan agar jantung tetap sehat.

Dr Manny Alvarez menuturkan bahwa penyakit jantung masih menjadi penyebab kematian bagi perempuan maupun laki-laki. Upaya pencegahan yang dapat dilakukan ialah menghindari faktor risiko dan mengenal gejala-gejala yang muncul. 

Beberapa tips berikut bisa dilakukan untuk menjaga agar jantung tetap sehat, disarikan dari Foxnews Kamis (2/2) untuk Anda:

1. Menjaga Kolesterol
Kolesterol merupakan bagian penting dari tubuh sehat sebagai produsen membran sel dan beberapa hormon. Namun jika terlalu banyak bisa meningkatkan risiko jantung koroner dan serangan jantung.
Terlalu banyak LDL (kolesterol jahat) dalam darah bisa membentuk plak dalam arteri yang membuatnya kurang fleksibel. Jika arteri sempit bisa terjadi serangan jantung atau stroke.

2. Tidak merokok
Penelitian menunjukan rokok adalah penyebab jantung koroner karena bisa meningkatkan tekanan darah dan cenderung membekukan darah. Risiko perokok terkena penyakit jantung bisa 2-4 kali lipat lebih besar daripada non perokok. Jika setelah menjalani operasi bypass masih merokok, akan berisiko tekena jantung berulang.

3. Lakukan aktivitas fisik secara teratur
Kegiatan seperti berenang, berlari, bersepeda, menari atau berjalan kaki bisa menjaga jantung tetap sehat. American Heart Association melansir, orang berusia di atas 18 tahun sebaiknya melakukan 30 menit aktivitas fisik dan setidaknya 5 hari dalam seminggu.

4. Pola makan sehat dan seimbang
Pola makan sangat penting untuk menjaga agar jantung tetap sehat. Lakukan diet rendah lemak, konsumsi buah-buahan dan sayuran, kacang-kacangan seperti almond, walnut dan pistachio setiap hari.

5. Konsumsi ikan 
Ikan salmon, tuna dan mackerel memiliki asam lemak omega 3 yang bila dikonsumsi 3 kali perminggu sangat baik untuk melawan penyakit jantung. Keseimbangan antara omega-3, omega-6 dan omega-9 merupakan kombinasi yang kuat untuk mengurangi penyakit jantung.

6. Menjaga berat badan tetap sehat
Risiko penyakit jantung bisa diturunkan dengan menjaga berat badan ideal, bahkan penguranagn berat badan sekecil apapun juga bisa membantu pengurangan risiko. Kehilangan 10 persen berat badan secara signifikan menuruntkan tekanan darah dan risiko diabetes yang menjadi faktor risiko penyakit jantung. 

7. Ukur tekanan darah secara teratur
Tekanan darah tinggi yang terus menerus dalam jangka waktu lama bisa merusak jantung dan pembuluh darah. Mayo clinic merekomendasikan orang dewasa melakukan pemeriksaan tekanan darah setiap 2 tahun. Imbangi perubahan gaya hidup dengan mengatur asupan natrium, melakukan aktivitas fisik dengan teratur dan melatih diri untuk meditasi dan yoga sebagai upaya pelolaan stress yang baik.


BACA JUGA:
Gagal Jantung Saat Aktivitas Bercinta
Sakit Kepala Menahun Pertanda Stress
Maskulinitas Dapat Dipertahankan
Manfaat Bercinta Yang Teratur
Cara Membangkitkan Gairah di Usia Senja
Bagaimana Mengontrol Emosi?
Kaki Indah Tanpa Varises
Mitos Seks Menyesatkan
Waspada Sindrom APS Saat Hamil
Perhatikan Makanan Untuk Cegah Penyakit

Tuesday, February 14, 2012

Misteri Gerak Berputar Pada Tari Sufi

Ekspresi Cinta Pencari Tuhan



Tari sufi atau whirling dance adalah karya seorang sufis dari Turki, Jalaludin Rumi. Tari ini merupakan bentuk ekspresi dari rasa cinta, kasih dan sayang seorang hamba kepada Allah Swt dan Rasul Allah Nabi Muhammad saw. 

Gerakan tubuh yang memutar berlawanan arah dengan jarum jam, merupakan bentuk penyatuan diri dengan Sang Pencipta. Umumnya tarian sufi dilakukan pria Turki secara berkelompok, sebagai ekspresi seorang pencari Tuhan saat bertemu dengan sang kekasih yang maha suci dan ketika merasakan kasih meletup-letup dari dalamnya perasaan dan ditransfer menjadi energi gerak dalam bentuk tari.

Ketika penari melakukan tarian dengan cara berputar, semakin lama putaran semakin cepat dan penari mengalami ekstase. Kalangan sufi memahami keadaan ekstase tersebut sebagai tingkat pencapaian perasaan penyatuan dengan Tuhan. Gerakan tari yang tercipta diyakini bukan dari diri si penari tetapi berasal dari kelembutan jiwa yang berserah diri pada Sang Pencipta.

Monday, February 13, 2012

Sopan Santun, Penghormatan Pada Diri Sendiri

Secangkir Kopi dan Kehormatan


Terlepas dari rasa suka atau tidak suka menjadi bangsa Indonesia, tetap kita harus mengakui bahwa kulit kita sawo matang, bermata hitam dan berhidung kurang mancung. Kita bangsa Indonesia yang tinggal di zamrud khatulistiwa dengan segala keeksotisan alamnya dan semua keragaman suku bangsa di dalamnya.

Kalau kemudian kita banyak belajar dari bangsa lain dan budayanya itu tidak berarti kita sudah sepaham dengan adat budaya bangsa lain yang ilmunya kita adopsi, dan lantas kita mengklaim telah menjadi bangsa yang bukan bangsa Indonesia. Kita lahir, tumbuh besar, menjalani hidup dan kehidupan  dan bahkan akan menutup mata juga di sini. Jadi suka atau tidak suka kita adalah bangsa Indonesia.

Sebagai sebuah bangsa yang berharap setarap dengan bangsa lain, kita harus belajar. Pelajaran pertama adalah sopan santun. Selama ini kita tidak pernah santun kepada para pemimpin kita. Dengan mudah kita menghujat dan mencaci mereka melalui media masa atau demonstrasi di jalanan. Telunjuk kita dengan lancang menuding hidung mereka tanpa sungkan, seolah lupa bahwa adat ketimuran tidak mengajarkan hal yang demikian. 

Bagaimana kita bisa santun kepada orang lain bila selama ini kita juga tidak pernah santun kepada diri sendiri? Perlakukan diri kita dengan santun setelah itu perlakuan tersebut akan berjalan dengan sendirinya kepada orang lain. Kita tidak gila hormat dan menempatkan diri secara primordial, namun penghormatan yang kita berikan terhadap diri sendiri akan diikuti oleh orang lain bagaimana menghormati diri kita.

Saya mengajarkan kepada istri dan anak-anak bagaimana menghormati  dan santun kepada diri sendiri dengan menikmati secangkir teh atau kopi. Pernah mereka bertanya siapa tamuku ketika saya membawa kopi atau teh manis dalam cangkir di atas nampan lengkap dengan tatakan. Tentu saja saya jawab itu bukan untuk tamu, tapi untuk diriku sendiri sebagai hadiah dan penghormatan. 

Tadi, aku terharu sekali mendapat perlakuan sangat istimewa dari seorang anak lelakiku yang baru duduk di kelas satu sebuah SMA. Aku meminta tolong di belikan kopi dan sekalian diseduhkan. Harga kopinya memang yang termurah, bahkan satu sachet hanya Rp 500 rupiah. Namun secangkir kopi itu menjadi demikian berharga ketika dibawa dalam nampan dalam cangkir lengkap dengan tatakannya dengan cara berjalan setengah membungkuk lalu di letakkan di atas meja kerja sambil berlutut. 

Tidak terbayangkan andai seluruh ayah/bunda di negeri ini mengajarkan sopan santun pada diri sendiri seperti itu, atau seperti yang diajarkan bangsa Jepang dalam perjamuan minum teh misalnya. Tentu tidak akan terbilang berapa puluh atau ratus juta orang yang akan terkontaminasi rasa santun dalam dirinya. Dan kita tidak akan melihat demo-demo di jalanan yang menghujat para pemimpinnya, yang lebih parah menghujat para pendahulu bangsa ini yang telah jelas meninggalkan alam fana ini.

Baru-baru ini  Mahkamah Konstitusi menolak permohonan para Pemohon dalam pengujian Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan. Amar putusan dengan Nomor 67/PUU-IX/2011 dibacakan oleh Ketua MK Moh. Mahfud MD dengan didampingi delapan hakim konstitusi, di Ruang Sidang Pleno MK. Motivasi pemohon, seperti disampaikan oleh salah seorang pemohonnya, Ray Rangkuti, adalah agar mantan Presiden Soeharto tidak mendapat gelar pahlawan. “Ada dorongan dari kami agar Pak Harto tidak mendapat gelar pahlawan di tengah statusnya yang tidak jelas”.

"Bangsa kita memang harus belajar banyak bagaimana caranya mereka memperlakukan mantan pemimpinnya. Tidak ada manusia yang sempurna. Sebesar apapun seorang pemimpin, tetap saja ada kekurangan dan kekeliruan. Kita harus memperbaiki kesalahan itu, dan berani melangkah ke depan, tanpa harus terpenjara oleh masa lalu. Sikap terpenjara kepada masa lalu akan membuat bangsa kita terus-menerus bertikai, hujat-menghujat, salah-menyalahkan dan akhirnya tidak siap untuk melangkah ke depan." Tulis Yusril Ihza Mahendra di sebuah grup Fesbuker Indonesia pada jejaring sosial Facebook, Jum'at (10/2). 

Yusril mengungkap cerita sekitar 4 tahun lalu, saat berdialog di Metro TV, dan ditanya, “Apakah mantan Presiden Soeharto pernah minta maaf kepada rakyat. Apakah hal yang sama juga pernah dilakukan oleh keluarganya, dan lebih khusus lagi oleh anak-anaknya?” Menjawab pertanyaan tersebut Yusril hanya merujuk kepada sebuah dokumen, yakni naskah Pernyataan Berhenti Sebagai Presiden Republik Indonesia, yang ditandatangani dan dibacakan mantan Soeharto Presiden Soeharto tanggal 21 Mei 1998.

Di samping naskah resmi yang disiapkan Sekretariat Negara, mantan Presiden Soeharto menambahkan dengan tulisan tangan pada halaman belakang teks itu yang antara lain berbunyi: “Atas bantuan dan dukungan Rakyat selama saya memimpin Negara dan Bangsa Indonesia ini, saya ucapan trima kasih dan minta maaf bila ada kesalahan dan kekurangannya. Semoga Bangsa Indonesia tetap jaya dengan Pancasila dan UUD ‘45-nya”. Tulisan tangan itu diberi paraf oleh beliau. Jadi permintaan maaf itu telah diucapkan langsung oleh mantan Presiden Soeharto sendiri, papar Yusril Ihza Mahendra di artikel itu.

Sumber inspirasi: Yusril Ihza Mahendra

Sunday, February 12, 2012

Ongkos Demokrasi Seharga Mi dan Sembako

Dicari Pemimpin Terpilih, Bukan Dipilih!


Kasus gizi buruk, kelaparan, kemiskinan, banjir, pohon tumbang masih melanda sebagian besar masyarakat namun sepertinya hanya angin lalu bagi pemerintah. Terbukti belum adanya perhatian dan penanganan serius dari aparatur pemerintah atas ambruknya jembatan Ciberang di Lebak Banten misalnya. Padahal jembatan Indiana Jones itu sangat vital bagi masyarakat di sana.

Ditengah penderitaan rakyat yang kian hebat, para wakil rakyat kita justru melakukan pemborosan anggaran rakyat tanpa tanggung-tanggung. Bahkan kemudian terkesan ada lomba kemewahan antara lembaga negara, baik di lembaga eksekutif, legislatif maupun yudikatif.

Di DPR terkuak proyek fantastis seperti renovasi ruang rapat Banggar yang menelan puluhan miliar, renovasi toilet, perawatan gedung DPR dan pengadaan finger print. Lalu Mahkamah Agung, mempertontonkan kemewahan dengan anggaran pengadaan mebel yang mencapai belasan miliar. Di kalangan pemerintah juga terdapat indikasi pemborosan yang tidak efektif, terlihat dari besarnya penyerapan APBN yang meningkat drastis sebesar 60 persen.

Hal itu terjadi karena sistem politik demokrasi yang berbiaya amat mahal. Para politisi membutuhkan biaya miliaran per orang untuk melanggengkan aktivitas politiknya dan memerlukan pihak ke tiga yang menopang pendanaan yaitu para pengusaha dan pemilik modal.

Berbeloknya orientasi para wakil rakyat ketika sudah memegang kekuasaan, dari memikirkan rakyat menjadi memikirkan berbagai cara untuk mengembalikan modal yang telah dikeluarkan akhirnya menghalalkan segala cara. Pemborosan uang rakyat menjadi lebih sulit dientaskan jika akar permasalahan masih diterapkan, sebab demokrasi membutuhkan biaya yang mahal.

Timbul pertanyaan setelah melihat fakta bahwa banyak pemimpin yang terbukti tidak pantas, tak layak dan bahkan khianat, apakah Tuhan telah salah pilih? Karena tidak ada seorang pun yang bisa menjadi apa pun atau siapa pun tanpa restu-Nya.

Kita tidak bisa menjustifikasi Tuhan salah pilih dalam menentukan siapa-siapa yang layak menjadi pemimpin negeri ini. Kuasa Tuhan untuk memilih pemimpin telah didelegasikan ke oknum lain seperti kepada pejabat yang memiliki hak prerogatif menunjuk pembantunya seperti presiden, gubernur atau walikota dan bupati.

Demokrasi telah mengambil alih delegasi dari tangan Tuhan dan memindahkannya ke tangan rakyat. Seluruh rakyat dititipi kuasa untuk memilih pemimpinnya sendiri. Lantas bagaimana sikap Tuhan terhadap orang-orang yang dibiarkan terpilih menjadi pemimpin? Dalam hal ini harus dibedakan antara pemimpin terpilih dan dipilih Tuhan.

Kenapa tidak semua pemimpin adalah pemimpin terpilih? Sederhana jawabannya, tidak semua senang dengan pilihan Tuhan. Banyak orang yang memilih pemimpin karena mi instan dan sembako. Figur-figur pemimpin yang dipilih karena mi instan dan sembako adalah figur yang telah mengamini korupsi dan suap sebagai hal wajar dalam memimpin.

Kita sebagai konsituen jangan lagi tergoda mi instan dan sembako untuk nasib bersama selama lima tahun. Harta terbesar kita di era demokrasi adalah sovereignty (kedaulatan), dalam hal ini suara kita. Suara yang kadang dianggap remeh-temeh namun menentukan masa depan seluruh bangsa dan negara. Ingat, vox populi vox dei, Suara Rakyat Suara Tuhan!

BACA JUGA:
DPR Jangan Boros Lagi!
Indonesian children make perilous journey to schoo...
Menguak Misteri Tan Malaka
Peradilan Sandal Jepit
Bunuh Diri Bukan Budaya Indonesia
Titik Nadir HAM di Indonesia
Tinjauan Psikologis Aksi Bakar Diri
Menjadi Tokoh Teladan Hidup Sederhana
Mahatma Gandhi Menuju Damai Tanpa Kekerasan
Kartu Pelajar Bukan Pengganti KTP Atau SIM?

Saturday, February 11, 2012

Golok Babi Tajam Ke Bawah Tumpul Ke Atas

Hukum Punya Siapa?



Tajam ke bawah dan tumpul ke atas adalah hukum yang berlaku pada golok babi. Golok babi, dibuat sesuai dengan kepatutannya dan dirancang sedemikian rupa agar efektif dan efisien. 

Lacur sekali bila ternyata hukum di Indonesia juga menganut azas hukum golok babi. Dimana hukum tajam untuk rakyat jelata dan menjadi tumpul untuk segelintir orang yang memiliki uang dan kekuasaan. Hal ini membuat masyarakat tak percaya lagi terhadap pengadilan.

"Saat ini kepercayaan masyarakat terhadap pemimpin sudah mulai pudar, pasalnya banyak hal yang sudah tak lagi membela rakyat kecil. Buktinya hukum bagi orang miskin sangat tajam, namun bagi orang kaya justru tumpul." kata Prabowo dalam orasi di Lapang Sempur Bogor (5/2).

"Saatnya rakyat bangkit dan bersatu, dengan tetap menjaga keutuhan NKRI dan berpegang teguh Pancasila dan UUD 1945. Ke depan jangan salah pilih pemimpin, pilih pemimpin yang peduli dan melindungi masyarakat kecil," tegas Prabowo.

Masyarakat tak mampu, anak yatim harus dibantu dan bukan dibiarkan. Sangat miris menyaksikan orang mencuri sandal dihukum berat sementara orang kaya yang melakukan korupsi bisa bebas. 

Friday, February 10, 2012

Gagal Jantung Saat Aktivitas Bercinta

Tanya Dokter Sebelum Terlambat


Sering kita dengar ada orang meninggal saat berhubungan seks akibat jantung mendadak berhenti. Pertanyaan yang timbul mengapa hal itu terjadi? Bagaimana mengatasinya? Sejauh mana pengaruh obat kuat pada kemungkinan serangan jantung? Bagaimana strategi bercinta agar mencapai puncak, tapi terhindar dari serangan jantung?

Kasus mati mendadak saat melakukan hubungan seksual sebenarnya dapat dipahami jika orang tersebut memakai obat kuat tidak sesuai dengan yang seharusnya atau tidak berdasar resep dokter.

"Karena terdapat kontra indikasi pemakaian obat kuat seperti sildenafil sitrat sebaiknya tidak diberikan pada orang yang sedang mengonsumsi obat yang mengandung beberapa jenis zat seperti nitrat yang ada pada pengobatan orang yang sedang mengonsumsi obat jantung," papar Pakar Seksolog Dr. Bona Simanungkalit. DSHM, MKes.

Strategi bercinta yang dianjurkan oleh Dr. Bona Simanungkalit. DSHM, MKes bagi penderita sakit jantung sebaiknya dalam keadaan pasif dan pasangan yang lebih dominan.

BACA JUGA:
Manfaat Bercinta Yang Teratur
Cara Membangkitkan Gairah di Usia Senja
Berburu Barang Bekas di Bandung
Dari Hobi Jadi Profesi
DPR Jangan Boros Lagi!
Nasehat Investasi Orang Terkaya No. 2 Di Dunia
Ekstasi Nikmat Sesaat Berujung Maut
Bagaimana Mengontrol Emosi?