Saturday, March 31, 2012

Ancaman Keselamatan di Pelintasan Kereta Api

Biar Lambat Asal Selamat

Kerawanan di pelintasan sebidang antara rel kereta api (KA) dan jalan raya merupakan hal yang kurang diperhatikan oleh pengguna kendaraan bermotor maupun tidak bermotor. Pada titik pertemuan antara dua moda transfortasi darat itu sering terjadi kecelakaan yang berakibat fatal, terbukti dengan seringnya terjadi tabrakan antara lokomotif dengan pengguna jalan raya.

Kejadian pada Minggu, 18 Maret 2012 di pelintasan tanpa palang pintu di Kelurahan Sukanagara, Tasikmalaya misalnya, yang merenggut 11 orang meninggal dunia setelah Suzuki Carry dihantam KA Pasundan seharusnya menjadi pelajaran berharga bagi kita semua. Tidak dapat dipungkiri bila saat ini pengguna jalan masih banyak yang tidak menyadari risiko menerobos pelintasan sebidang antara rel KA dan jalan raya.

Upaya menerobos pelintasan sama saja dengan mengambil risiko berhadapan dengan lokomotif yang lajunya tidak dapat dihentikan secara mendadak sehingga akan melibas apa pun yang melintas di depannya. Terlebih lagi perjalanan KA dilindungi oleh undang-undang dan jalannya terpisah dari moda transfortasi darat lainnya, sehingga perjalanan KA harus diprioritaskan di pelintasan untuk melintas. 

Meski disadari bahwa menerobos pintu pelintasan dalam tertutup adalah pelanggaran namun pada kenyataannya pelanggaran tersebut sudah menjadi pemandangan biasa. Yang seharusnya, bahkan bila pengguna jalan  akan melewati pelintasan yang tidak berpintu harus berhenti dulu untuk melihat kiri kanan dan setelah situasinya aman baru melintas malah seringnya mengabaikan hal tersebut.

Pemerintah sudah melakukan berbagai upaya untuk menghindari kecelakaan di pelintasan dengan memberikan panduan berupa rambu dan marka atau lampu kedip. Kendatipun demikian tetap pengguna jalan harus waspada dengan berpedoman bila memasuki pelintasan sebidang antara KA dan jalan raya maka pengemudi harus menyetop laju kendaraan, melihat ke kedua arah dan mendengar untuk memastikan ada tidaknya KA yang akan lewat.

Friday, March 30, 2012

Tampil Cantik dengan Rambut Sehat

Jadilah Pribadi Yang Mempesona!


Tidak diragukan lagi bila rambut diakui sebagai mahkota wanita. Berbagai kontes kecantikan pun paling tidak menempatkan rambut sebagai salah satu bagian penilaian untuk menilai kontestan tercantik.

Wanita cantik dengan rambut terurai indah sudah pasti mudah sekali menarik perhatian orang-orang sekitar. Maka pantas bila kemudian produsen-produsen memanfaatkan kecantikan mereka sebagai alat promosi.

Saat ini, tidak hanya kaum wanita saja akan tetapi laki-laki juga bersedia membayar sejumlah uang untuk mencari tahu rahasia di balik rambut sehat.

Terlepas dari dengan jenis rambut apa Anda dilahirkan, ikuti 5 tips berikut ini dan lihat hasilnya sendiri: rambut sehat dan memukau.

1) Diet: Rambut sehat tumbuh seiring dengan tubuh Anda. Sayuran hijau gelap seperti bayam dan brokoli merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin A dan vitamin C yang diperlukan untuk memproduksi sebum, kondisioner rambut alami tubuh. Kelapa juga dianggap sebagai makanan yang sangat baik untuk rambut. Produk susu seperti yoghurt dan susu segar tidak hanya memperkuat rambut Anda, tetapi juga membuatnya bersinar. Hindari makanan olahan dan kalengan karena mereka tidak benar-benar membantu dalam menyediakan nutrisi untuk rambut Anda. Jika Anda mempertahankan diet yang sehat dan seimbang maka tidak ada yang dapat menghentikan Anda mencapai rambut sehat, rambut penuh pesona.

2) Penggunaan sikat rambut: Menyikat rambut sebelum keramas sangat penting karena merangsang kulit kepala dan meningkatkan kelancaran aliran darah. Hal ini juga membantu dalam menghilangkan serpihan kulit kepala dan penumpukan daki. Selain itu, jangan sikat rambut Anda ketika basah karena hal ini justru menyebabkan kerusakan yang tidak diinginkan. Hindari menggunakan sikat plastik, logam dan nilon karena mereka menyerang dan merusak kutikula rambut. Akhirnya, menyikat rambut Anda secara teratur akan membuatnya tetap terlihat sehat dan mengkilap.

3) Pengeringan Rambut: Hindari mengeringkan rambut Anda karena dapat membuat rambut Anda rapuh dan menyebabkan perpecahan-ujungnya. Peras air keluar dengan handuk dan biarkan kering secara alami. Jika Anda harus menggunakan pengering rambut pun tetaplah gunakan pada pengaturan temperatur panas serendah mungkin. Demikian pula, pada pelurusan rambut dan pengeriting rambut.

4) Stres: Stres yang berkepanjangan dapat berdampak sangat merugikan yang berefek pada kualitas dan warna rambut Anda. Belajarlah untuk mengatur waktu Anda dengan baik dan menjaga tekanan mental pada tingkat minimum. Berlatih meditasi merupakan teknik relaksasi yang efektif. Paling sedikit, dapatkan jumlah yang cukup untuk tidur dengan tenang.

5) Meminyaki dan Creambath: Rawat rambut Anda dengan creambath setiap dua minggu sekali. Hal ini dapat memperkuat rambut Anda dan melindunginya terhadap kerusakan saat mereka menembus batang rambut. Pijat kulit kepala dengan minyak hangat dua atau tiga kali seminggu juga akan membantu untuk menjaga rambut lembab. Biarkan selama semalam, jika tidak, maka setidaknya untuk satu atau dua jam sebelum keramas rambut Anda. Meminyaki secara berkala dan pengkondisian tidak hanya menghasilkan rambut sehat berkilau, tetapi juga membantu dalam mencegah rambut rontok.


Thursday, March 29, 2012

Mengatasi Kenaikan BBM

Ambil Tanggung Jawab Dalam Hidup Ini


Trending topic di hampir semua media akhir-akhir ini adalah isu demo menolak kenaikan BBM. Begitu paniknya masyarakat dengan sesuatu yang bernama kenaikan BBM tersebut, sampai-sampai harga-harga pun mulai naik seiring naiknya temperamental bangsa ini yang kehilangan rasa kompromi. 

Menurut Pak Tung Desem Waringin ada 2 cara untuk mengatasi kenaikan BBM, sebagaimana ditulis dalam surat elektroniknya kepada Heru Supanji, yakni:

1. Tutup atau berhentikan pos-pos pengeluaran yang tidak perlu untuk dikeluarkan, bedakan antara wants dan needs, apa yang Anda butuhkan dan apa yang Anda "hanya mau" saja.

2. Perbesar pendapatan Anda, entah Anda hari ini adalah seorang karyawan pun, Anda harus bisa menggunakan otak kreatif Anda bagaimana caranya meningkatkan pendapatan secara cepat, aman dan halal.

Salah satu cara yang paling disukai adalah menjadi seorang makelar, tanpa modal, bisa menjadi sampingan dan peluangnya ada dimana-mana.

Anda bisa melakukan flip property atau take over bisnis yang sudah tidak menguntungkan dan minta bagi hasil, jika ternyata untung setelah Anda ubah konsep penawaran dan cara berjualannya. (baca Marketing Revolution karya Tung Desem Waringin)

Menutup surat elektroniknya Pak Tung berpesan, "Selalu ambil tanggung jawab didalam hidup ini, jangan menggunakan BEJ, Blame Excuses dan Justify seperti menyalahkan pemerintahan, dan lain sebagainya. Karena dalam hidup selalu ada tantangan disetiap harinya, dan ketika Anda berhasil melewatinya, Heru semakin hari levelnya semakin meningkat :)".  

Wednesday, March 28, 2012

Siapa Pemenang Demo Kenaikan Harga BBM?

Apapun Yang Layak Diperjuangkan, 
Perjuangkanlah Demi Kebahagiaanmu!


Tiada kesepakatan mutlak dari seluruh wakil rakyat di DPR sehingga pembahasan kenaikan harga BBM di Badan Anggaran DPR hingga kini belum tuntas. Pengambilan keputusan rencana kenaikan harga bahan bakar minyak akan dilaksanakan dalam paripurna DPR 29 maret 2012.

Banggar akan melakukan voting terkait pasal 7 ayat 6 UU No.22 tahun 2011 tentang APBN 2012 yang mengatur harga BBM bersubsidi tidak bisa dinaikkan. Pasal itu menuai perdebatan selama ini. Jika pasal itu dihapus maka pemerintah diperbolehkan menaikkan harga BBM. Sebaliknya, jika tidak, maka pemerintah tak dapat menaikkan harga BBM. 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menyatakan bahwa pemerintah tidak boleh mundur dari rencana menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi walaupun gelombang demonstrasi yang menolak marak di tanah air.

"Pemerintah tidak boleh mundur dan pemerintah harus kuat, nggak boleh pemerintah itu lemah," katanya di Jakarta, Selasa 27 Maret 2012. (Vivanews, 27 Maret 2012)

Memperhatikan pernyataan sikap pemerintah yang diwakili Menteri BUMN nampaknya rakyat harus berjuang sendiri dan tidak mewakilkan lagi kepada wakil-wakil pilihannya yang berada di Gedung DPR. Hanya sedikit sekali partai yang masih konsisten menolak kenaikan harga BBM, dan nampaknya menjadi partai minoritas dalam hal ini.

Rakyat pantas bertanya, kenapa suara menolak kenaikan harga BBM di Gedung DPR terdengar kelu dan nyaris bisu? Pertanyaan terbesarnya, kenapa penolakan kenaikan harga BBM harus diteriakan dari jalanan? 

Demo massal penolakan kenaikan BBM ini sudah terjadi selama dua pekan ini di Medan, namun puncak terbesarnya adalah Senin kemarin, 26 Maret 2012. Kemarin itu, massa berkonsentrasi di 3 titik vital kota Medan. Salah satunya tepat di Bundaran Majestik Jalan Gatot Subroto Medan. 

Demonstrasi ratusan mahasiswa di Monumen Nasional (Monas) tepat di depan Istana Negara berujung ricuh. Aparat menembakkan gas air mata ke arah pendemo yang semula menuntut Pemerintah tidak menaikkan harga bahan bakar minyak.

Di Makasar massa demonstran penentang kenaikan harga bahan bakar minyak (bbm) bersubsidi terlibat bentrokan dengan aparat kepolisian di Jalan AP Pettarani, Makassar, Sulawesi Selatan, dan Polisi menembakkan gas air mata untuk membubarkan para demonstran. Akibatnya, seorang mahasiswa dari Universitas Negeri Makassar (UNM) terluka akibat tembakan gas air mata.

Di Semarang, sekelompok mahasiswa menggelar demo dengan mogok makan sampai 1 April mendatang. Sementara aksi demo mahasiswa Universitas Bung Karno di Jalan Dipenegoro, Jakarta berujung pada pembakaran ban. Aksi mahasiswa juga menggoyang halaman Gedung DPR, Jakarta, setelah massa dari berbagai elemen buruh selesai berdemo dengan tuntutan yang sama-meminta Pemerintah tidak menaikkan harga BBM.

Hal yang paling menggelikan justru Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) Marzuki Alie malah sedang berada di Nusa Tenggara Barat saat tempatnya berkantor didemo para pengunjuk rasa penolakan penurunan subsidi bahan bakar minyak. Marzuki bahkan menginap semalam di Gili Trawangan, pulau eksotis di NTB.

Tak hanya di Jakarta, aksi demo menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi juga terjadi di Bandung, Jawa Barat. Massa dari gabungan buruh membawa ustad dalam aksi demo mereka untuk memimpin massa buruh membacakan Surat Yasin. 

Koordinator aksi Sidarta mengatakan, pembacaan Surat Yasin untuk mengingatkan pimpinan negara agar peduli kepada rakyat. "Kami sengaja membacakan Yasin serta Tahlil untuk menenangkan pikiran pimpinan negara agar jernih membawa negara ini ke arah yang lebih baik lagi," ungkap Sidarta. (Vivanews, 27 Maret 2012).

Tuesday, March 27, 2012

Tsunami Politik dan Kenaikan Harga BBM


Siapa Menabur Angin, Dia Menuai Badai


Tsunami politik yang berpusar pada kebijakan pemerintah untuk menaikkan BBM dinilai berbagai kalangan tidak berpihak pada rakyat. Akibat rasa marah dan kecewa yang terakumulasi begitu besar menggejala berupa demo yang meletup di mana-mana. Bahkan demo besar-besaran diagendakan pada tanggal 27 Maret 2012 di Jakarta.

Berawal dari Mentri ESDM Jero Wacik di depan komisi VII DPR RI (6 Maret 2012), mewakili pemerintah menyodorkan opsi pemerintah dengan menaikkan harga BBM 1.500 per liter menjadi 6.000 per liter mulai April 2012. Rencana kenaikan harga BBM itu juga sudah dimasukan dalam RAPBN-P 2012 yang sudah diajukan ke DPR.

Rencana itu menuai banyak penolakan dari hampir semua kalangan masyarakat, bahkan menurut hasil survey LSI dengan responden dari seluruh Indonesia, 86 persen masyarakat menolak kenaikan harga BBM. Namun rupanya pemerintah mulai tipis nuraninya, bahkan menulikan pendengaran serta menutup mata  sehingga ngotot menaikan harga BBM untuk disetujui DPR.

Pemerintah meminta DPR mencabut Pasal 7 Ayat (6) Undang-undang APBN 2012 yang menyatakan harga jual eceran BBM bersubsidi tidak mengalami kenaikan. Permintaan itu disampaikan agar pemerintah bisa leluasa menaikan harga BBM saat harga minyak dunia meningkat tajam.

"Jangan pemerintah diikat dengan pasal 7 ayat 6," kata Menteri Keuangan, Agus Martowardojo di Jakarta, Minggu 25 Maret 2012. (VIVAnews, 25/3)

Jika DPR menyetujui, lengkaplah pahitnya derita rakyat negeri ini. Dimana pemerintah dan wakil rakyat yang tak bernurani tidak mau lagi repot dan lebih memilih kebijakan yang menyengsarakan rakyat. 

Sebagai reaksi dari rakyat atas niat pemerintah yang dipandang dzolim  akan digelar serempak demo  di sejumlah daerah yang terbesar di Jakarta, ribuan orang akan turun ke jalan. Ada tiga lokasi di ibukota yang jadi sasaran demo, yakni Bundaran Hotel Indonesia, di depan Istana Merdeka, dan di depan Gedung DPR RI. (VIVAnews, 26/3)

Terkait demo di Jakarta tersebut Polisi dibantu TNI akan dikerahkan amankan demo. "Kami hanya membantu Polri jika eskalasinya meningkat, itu pun jika diminta. Saat ini kami hanya menyiapkan kebutuhan anggota bila diperlukan," papar Pangdam Siliwangi kepada wartawan , usai gelar pasukan di lapangan Gasibu Bandung, Senin 26 Maret 2012. 

Bagi rakyat demo di Jakarta yang digelar besar-besaran adalah perjuangan antara hidup dan mati yang akan menentukan arah kemana pemerintah harus berpihak, berpihak kepada kepentingan asing atau rakyat jelata?  Sayangnya, SBY selaku Presiden enggan menghadapi situasi dan memilih menyerahkan panasnya situasi nasional kepada orang lain untuk mendinginkannya. Apakah ini berarti SBY lari dari tanggung jawab terhadap kemarahan rakyatnya?

Seseorang yang menamakan diri Dian Tak Pernah Padam menulis komentar di Grup FB Komunitas Sastra Sukabumi, "Setelah mengecewakan harapan rakyatnya, dia takut oleh kedunguannya sendiri, kasihan ya, tapi sebenarnya bukan dungu cuma dikuasai oleh org di sekitar yg harus dituruti kemauannya agar acceptable di mata mereka, bukan di mata raktyat."

BACA JUGA:
Alasan Pemerintah Dibalik Naiknya Harga BBM
Sukses dari Nasihat Martin Luther King Jr
Bisakah Indonesia Tanpa Pemilu Kepala Daerah?
Kemerdekaan Sendal Jepit vs Kenaikan BBM

Monday, March 26, 2012

Alasan Pemerintah Dibalik Naiknya Harga BBM

Kenaikan Harga BBM Sengsarakan Rakyat 


Tampaknya pemerintah tetap akan menaikkan harga BBM untuk kesekian kalinya. Walau gambaran dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) awal Maret 2012 menunjukkan bahwa 86 persen menolak kenaikkan harga BBM tersebut. 

Saat ini lebih dari setengah penduduk Indonesia atau sekitar 100 juta orang hidup dengan pendapatan Rp 20.000 ke bawah. Suatu keadaan yang dianggap wajar melahirkan sejumlah balita kurang gizi tidak kurang dari 4 juta orang. Ironisnya, mereka hanya mendapat bantuan Rp 50.000/balita/tahun, tulis Arti Rosaria Dewi, dr Mkes di PR (24/3). 

Menaikkan harga BBM dianggap pemerintah sebagai pilihan yang rasional dan didukung dengan berbagai opini untuk menguatkan kebijakan tersebut. Mulai dari alasan bahwa subsidi itu memanjakan rakyat, membebani APBN, tidak tepat sasaran, lifting (jumlah produksi minyak) nasional menurun dan alasan tidak ada jalan lain. 

Subsidi BBM senilai Rp 315 trilyun dipermasalahkan dan dianggap membebani APBN. Padahal beban APBN sebanarnya berasal dari pembayaran bunga utang luar negeri sejumlah Rp 123 trilyun dengan pokok cicilan Rp 43 trilyun, dan belanja birokrasi yang mencapai Rp 733 trilyun. 

Alasan subsidi BBM salah sasaran dan banyak dipakai kendaraan pribadi juga tidak dapat digunakan karena data Susenas 2010 menunjukkan 65 persen BBM bersubsidi dikonsumsi kalangan menengah ke bawah. Juga alasan lifting yang menurun pun tak dapat dibenarkan karena saat ini belum ada alat ukur untuk jumlah produksi minyak. Apalagi alasan tidak ada jalan lain, terlalu memperlihatkan kemalasan pihak penguasa negeri saja. 

Program kompensasi kenaikan BBM berupa Bantruan Langsung Masyarakat (BLSM), Bea Siswa Miskin (BSM), dan raskin yang hanya beberapa bulan juga memerlukan anggaran sekitar Rp 30 trilyun sehingga tak dapat dijadikan alasan. Jelas sekali ada lasan lain di balik upaya pemerintah menaikkan harga BBM. 

Tudingan alasan kenaikan BBM tertuju pada jerat Letter of Intent (LOI) IMF dan Bank Dunia yang mengharuskan Indonesia menghilangkan subsidi di semua sektor, termasuk migas. Kemudian diperkuat lagi UU Migas yang lebih berpihak kepada perusahaan asing daripada Pertamina. 

UU Migas memungkinkan perusahaan asing menguasai minyak mulai dari hulu/produksi sampai sektor hilir/ penjualan di tingkat SPBU. Dengan menaikkan harga BBM akan terjadi selisih penjualan yang tidak terlalu tinggi, akibatnya secara tidak sadar masyarakat juga akhirnya beralih membeli BBM di SPBU-SPBU asing.

Sunday, March 25, 2012

Dengan Nyepi Menuju Harmoni "Trihita Karana"

Selamat Tahun Baru Saka 1934 


Tahun Baru Saka 1934 atau Hari Raya Nyepi 2012 disambut umat Hindu dengan ritus khusus, diawali Melasti, Tawur Kesanga, Catur Brata, Ngembak Ghni dan Dharmasanti. 

Upacara Tawur Kesanga bermakna membersihkan alam guna mencapai harmonisasi kosmos. Catur Brata bertujuan menemukan kesadaran akan jati diri yang utuh. Sedangakn Ngembak ghni dan Dharmasanti sebagai wujud rasa damai dalam kehidupan di dunia ini. 

Catur (empat) Brata meliputi Amati Gni, Mati Karya, Amati Lelungan dan Amati Lelanguan. Artinya, tidak menyalakan api, tidak kerja atau beraktivitas, tidak bepergian dan tidak bersenang-senang. 

Perayaan Nyepi bagi umat Hindu mengandung nilai dasar sebagai upaya pencarian kesadaran akan hakikat kehidupan sebagai hamba Tuhan, sebagai kesatuan pribadi, dan sebagai ciptaan yang hidup di tengah-tengah kehidupan lingkungannya. 

Kesadaran seperti itu akan mewujudkan suatu kehidupan yang selaras, mencapai hamoni yang berakar dari “Trihita Karana” antara raga dan jiwa, individu dan masyarakat, manusia dengan Tuhan, serta alam dengan lingkungan. 

Om Shanti, Shanti, Shanti. 

Saturday, March 24, 2012

Lift, Awalnya Hanya Untuk Raja Louis XV

Ketika Jaman Berubah, Manusia Harus Berubah


Ketika itu era tahun 70-an, tepatnya entah tahun berapa yang jelas Saya masih sekolah di SD. Sukabumi memiliki gedung yang memiliki eskalator untuk yang pertama kalinya, bertempat di Sukabumi Shopping Centre. Kemudian hanya berselang beberapa tahun, tidak jauh dari tempat tersebut dibangun juga Capitol Plaza Sukabumi yang dilengkapi dengan eskalator dan  lift. 

Eskalator yang ada di kedua gedung pertokoan  dan bioskop itu tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Hampir setiap hari orang-orang berbondong datang hanya untuk melihat dan mencoba eskalator itu. Terkesan kampungan memang, tapi itulah kondisi masyarakat Sukabumi saat itu. Apapun yang bisa dijadikan hiburan gratis pasti akan dinikmati tanpa kecuali. 

Eskalator dan lift sepertinya menjadi syarat mutlak yang harus ada di gedung bertingkat, apalagi gedung pencakar langit. Sulit sekali membayangkan apa jadinya gedung pencakar langit tanpa kedua perkakas tersebut, terlebih utama lagi tanpa lift. Tentu para penghuni gedung akan sering merasa kelelahan karena harus menggunakan tangga untuk bisa mencapai setiap lantainya.

Lift pertama kali diciptakan tahun 1743, untuk mengangkut dan menurunkan Raja Louis XV dari balkon istananya di Prancis. Saat itu lift hanya bisa mengangkut satu penumpang dan bergerak naik satu lantai dengan tenaga penggerak manusia atas perintah raja.

Lift bertenaga uap mulai diperkenalkan di dunia pada tahun 1850. Temuan itu kemudian disempurnakan tahun 1854 oleh Elisha Graves Otis penemu asal Amerika Serikat yang menambahkan alat pengaman khusus agar lift tidak jatuh ketika kabelnya gagal mengangkat beban. Otis baru memasang lift tersebut pada 1857 pertama kali di pusat perbelanjaan Haughwout di New York. 

Sepeninggal Otis, kedua putranya Charles dan Norton Otis mengembangkan penemuan ayahnya dan mendirikan Otis & Co di tahun 1867. Berkat keberhasilan perusahaan tersebut, hingga tahun 1873 lebih dari 2.000 lift temuan Otis dipergunakan di gedung-gedung perkantoran, hotel, dan pusat perbelanjaan di seluruh Amerika Serikat. Lima tahun kemudian mereka juga berhasil dalam pemasangan lift hidraulis penumpang pertama sebagai hasil penembangan dari temuan Otis.

Saat gedung pencakar langit mulai banyak dibangun di berbagai negara pada tahun 1889, temuan Otis mulai dihubungkan dan diarahkan ke mesin listrik sebagaimana lift yang kita kenal sekarang.

Friday, March 23, 2012

10 Alasan Pentingnya Air Minum

Selamat Hari Raya Nyepi 2012 Tahun Baru Saka 1934
Selamat Hari Air Sedunia, 22 Maret 2012


Tiada satupun mahluk hidup yang tidak membutuhkan air, bahkan mahluk hidup yang selama ini berada dalam air pun tetap mengkonsumsi air sebagai kebutuhan pokok. Begitu pentingnya air bagi kehidupan sehingga sering dilukiskan sebagai ikan dan air, dua hal yang tak dapat dipisahkan satu dengan lainnya. 

Berdasar hal tersebut konon di jaman penjajahan Belanda dulu KH Ahmad Sanusi pimpinan pondok Pesantren Gunungpuyuh Sukabumi, ditantang untuk membuktikannya. Bila Kiai Ahmad Sanusi  tidak bisa membuktikan teori tersebut sebagaimana yang tertulis dalam Al Quran, maka Kiai harus berhenti mengajar mengaji dan tunduk pada Pemerintah Belanda.

Tantangan Belanda tersebut dijawab oleh Kiai Ahmad Sanusi dengan memerintahkan santrinya untuk menurunkan sebutir kelapa muda dari pohonnya. Kemudian kelapa muda itu di berikan kepada Belanda dan diminta untuk membelahnya. Ketika kelapa itu terbelah, Tuan Belanda penantangnya tercengang karena mendapati seeor ikan mas sedang berenang di air kelapa. Sejak saat itu Pondok Pesantren Gunungpuyuh tidak lagi diganggu oleh Belanda.

Kembali kepada persoalan pokok kita tentang air. Jika Anda mengatahui MENGAPA minum air itu penting, mungkin Anda akan mempertimbangkannya menjadi sebuah kebiasaan. 

Alasan-alasan berikut ini akan merubah pandangan Anda tentang air, dan kelak secara sadar membiasakan minum air. Disarikan untuk Anda dari Reasons, why you should drink Water, www.articlesadda.com.

1. Darah Anda lebih dari 80 persen air dan membutuhkan air untuk membuat sel-sel darah baru yang sehat.

2. Tulang Anda lebih dari 50 persen air dan, membutuhkan air untuk membuat sel-sel sehat tulang baru.

3. Minum lebih banyak air sebenarnya membantu mengurangi rasa sakit di tubuh Anda dengan sistem limfatik. Sistem limfatik adalah simpul jaringan, tabung, pengangkut, dan cairan yang bergerak membuang keluar dari jaringan Anda. Hal ini membutuhkan air untuk berfungsi dengan benar.

4. Air membantu untuk menghilangkan limbah dan racun dari tubuh melalui sistem limfatik, ginjal, dan usus.

5. Air melumasi sendi dan membantu mengurangi nyeri sendi dan melindungi dari keausan.

6. Air mengatur metabolisme Anda sehingga jika Anda memiliki kelebihan berat badan maka Anda perlu lebih banyak air.

7. Air menyeimbangkan suhu tubuh.

8. Air membantu untuk memastikan berfungsinya listrik yang memadai sehingga otak dan fungsi sistem saraf dengan benar. Otak dan sistem saraf mengirimkan sinyal-sinyal listrik berfungsi dengan baik.

9. Air dapat mengurangi dehidrasi. Dalam keadaan dehidrasi energi Anda dapat terkuras dan membuat Anda merasa lelah. Jika Anda haus, Anda sudah mengalami dehidrasi dan ini dapat menyebabkan kelelahan, kelemahan otot, pusing dan gejala lainnya.

10. Setiap sel dan organ dalam tubuh Anda membutuhkan air yang cukup untuk berfungsi dengan baik.

Jadi, salah satu cara tercepat dan termudah untuk meningkatkan kesehatan Anda adalah untuk mulai minum lebih banyak air murni setiap hari. Pastikan untuk minum air saat perut kosong atau Anda akan kehilangan enzim pencernaan Anda dan membuat pencernaan Anda kurang efektif.

Thursday, March 22, 2012

Aborsi dan Ancaman Hukumnya

Berpikirlah Sebelum Berbuat dan Menyesal


Kasus aborsi sebagai praktik menghapus "kecelakaan" akibat pergaulan bebas sudah dikenal di kalangan remaja. Prosedur yang di tempuh untuk menggugurkan kandungan tidaklah rumit, tidak harus sembunyi-sembunyi asal datang membawa uang cukup.

Demikian kesan yang mengemuka dengan di temukannya 14 potongan janin bayi di sebuah "septic tank" (tempat pembuangan kotoran manusia) di Cilacap-Jawa Tengah (16/3). Di Tempat Kejadian Perkara (TKP) bahkan Polisi juga menemukan tiga buah botol dengan masing-masing isi berupa potongan tangan, tulang belakang, serta sisa kuretase janin.   

Alasan menggugurkan kandungan biasanya sangat klasik yaitu "malu" oleh keluarga atau tidak mau aib hamil di luar nikah menjadi aib keluarga. Alasan lain bisa juga karena tidak mau mengecewakan keluarga. 

Ancaman hukuman 10 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar atas pelanggaran Pasal 194 UU No.36 Tahun 200c tentang Kesehatan subsider Pasal 384 KUHP rupanya tidak menyurutkan jumlah pada kasus tersebut. Lalu hukuman seperti apa yang bisa memberikan efek jera? 

Wednesday, March 21, 2012

Sukses dari Nasihat Martin Luther King Jr

Jadilah Yang Terbaik


Tidak ada yang kekal dalam kehidupan ini, semua akan mengalami perubahan. Satu-satunya yang kekal adalah perubahan itu sendiri. Terjadinya perubahan dalam setiap sendi kehidupan tentu berdampak baik dan buruk, melahirkan kesuksesan dan kegagalan, juga melahirkan orang-orang besar dan juga sejumlah besar pengikutnya. 

Banyak orang yang ingin sukses tapi tidak berani mengatakan "Sukses Adalah Hak Saya" dengan lantang. Sehingga sukses sepertinya hanya milik segelintir orang. Padahal tidak demikian, sukses milik semua orang yang memiliki dedikasi tinggi dan tanggung jawab.

Sukses adalah 100 persen tanggung jawab pada diri sendiri. Hanya mereka yang berani mengambil resiko dengan membuat perubahan yang akan berhasil. Perubahan dari hal-hal yang biasa menjadi tampil beda dengan orang lain.

Berani tampil beda pada jamannya bisa berarti dianggap gila oleh orang lain. Tapi apa salahnya?

Martin Luther King, Jr. pernah mengingatkan "Kalau seseorang terpanggil menjadi tukang sapu jalanan hendaknya ia menyapu jalanan seperti Michaelangelo melukis, atau Beethoven menggubah musik, atau Shakespeare menulis puisi. Hendaknya ia menyapu jalanan demikian baiknya sehingga semua penghuni surga dan bumi akan terbangun dan berkata, di sini pernah hidup seorang penyapu jalanan yang hebat yang melakukan tugasnya dengan baik." 

Akan indah sekali andai kata 'tukang sapu jalanan' diganti dengan kata Presiden, Mentri, Hakim, Polisi, Gubernur, Walikota, Bupati, Guru, dan semua jabatan lain yang dipandang remeh, kemudian kata 'menyapu jalanan" diganti dengan 'menjadi......'. 

Luar biasa dan menginspiratif sekali! Mari kita coba dengan mengganti kata tukang sapu jalanan dengan 'Presiden", akan begini hasilnya:

"Kalau seseorang terpanggil menjadi Presiden hendaknya ia menjadi Presiden seperti Michaelangelo melukis, atau Beethoven menggubah musik, atau Shakespeare menulis puisi. Hendaknya ia menjadi Presiden demikian baiknya sehingga semua penghuni surga dan bumi akan terbangun dan berkata, di sini pernah hidup seorang Presiden yang hebat yang melakukan tugasnya dengan baik." 

Tampaknya nasihat Martin Luther King, Jr. ini bila dilaksanakan oleh Presiden kita atau Para Mentrinya, sepertinya harga BBM tidak akan jadi naik di bulan April mendatang, kasus-kasus hukum segera dapat dituntaskan dan para koruptor diberi hukuman. Amin YRA.....

Tuesday, March 20, 2012

Bisakah Indonesia Tanpa Pemilu Kepala Daerah?

Kelak Jangan Salah Pilih Lagi


Tidak pernah ada transparansi penggunaan dana partai politik (parpol) yang berasal dari APBNdan APBD karena memang tidak diatur dalam undang-undang. Bahkan wacana pembiayaan parpol diserahkan kepada pasar politik justru akan menjadi pertaruhan antara pemodal yang mencengkeram parpol, ungkap Rizal Djalil anggota BPK di DPR/MPR RI (16/3).

Sembilan parpol yang ada di DPR RI memperoleh dana dari APBN 2011 sebesar Rp 9.180.058.796. Kemudidan APBD untuk 33 provinsi dialokasikan dana parpol sebesar Rp 533.295.000.000, sesuai jumlah kursi di DPR dan DPRD. Semakin banyak kursi yang diperoleh, maka semakin besar jumlah dana yang diperoleh parpol.

Menurut Rizal Djalil, hasil pemeriksaan BPK menunjukkan sebagian kerugian negara bermuara pada kepentingan keuangan elite politik. Sebagai solusi atas hal ini, Rizal menawarkan alternatif  pengelolaan dana partai dengan mengubah sistem pemilihan untuk kepala pemerintahan di daerah-daerah dari model langsung menjadi tidak langsung dan memberikan alokasi anggaran yang memadai oleh negara kepada parpol secara proposrional dan akuntabel.

Timbul pertanyaan, mungkinkah Indonesia tanpa pemilu kepala daerah? Bukankah hanya penghamburan uang rakyat saja bila mengingat bahwa sejak pemilu 1955-pun sebenarnya sudah diketahui tidak ada tranparansi dana parpol? 

Indra J Piliang berpendapat bahwa hal tersebut disebabkan karena banyak pengusaha yang merangkap juga sebagai pengurus parpol. Akibatnya tidak ada kejelasan antara seseorang sebagai politikus ataupun pengusaha di parpol.

Andai saja pemerintah berani menghapus sebagian dana parpol, sepertinya kebijakan untuk menaikkan harga BBM atau tarif dasar listrik  tidak perlu dilakukan. Namun sepertinya tidak ada niat baik dari pemerintah untuk menghentikan laju kenaikan BBM yang akan menambah kesengsaraan rakyat. Bahkan wakil rakyat di Gedung DPR pun sepertinya bisu dari usul untuk menunda kenaikan harga BBM tersebut. 

Rakyat jadi dibiarkan berandai-andai saja memiliki pemimpin yang pro rakyat, yang membela semua kepentingan dan segera menyeka air mata yang meleleh karena tangis kepedihan di dera kehidupan yang semakin keras. Betapa tidak, jangankan untuk biaya pendidikan dan kesehatan yang semakin tidak terjangkau, untuk biaya makan pun susah.

Saat ini tidak terdengar ada seruan untuk mendahulukan membangun jalan-jalan yang rusak, jembatan yang putus di terjang banjir, atau sekolah yang rubuh. Rakyat menyimak dengan kasat mata adanya pembiaran berjamaah atas derita berkepanjangan. 

Mau dibawa kemana bangsa yang mulai gemar bertikai antar sesama ini? Lihat saja bagaimana para politisi saling menghujat dan menjatuhkan! Barangkali itulah keteladanan pemimpin yang terlanjur kita pilih dari pemilu yang lalu. Semoga, kelak kita lebih arif lagi memilih.....  

Monday, March 19, 2012

Hati-Hati! Pemerasan Atas Nama Cinta Di FB

Ketika Cinta Di Atas Segalanya


Kalau dulu ada istilah cinta ditolak dukun bertindak, sehingga untuk mendapatkan pujaan hati jampi-jampi dan mantra dirapalkan. Maka ada ritual puasa dan mandi bunga setaman segala. 

Kemudian ketika jaman berubah, jampi-jampi dan mantra ditinggalkan karena yang berlaku adalah pelet Jepang berupa kendaraan roda empat atau minimal motor. Sehingga untuk menggaet cewek sepertinya cukup pakai bunyi klakson saja. 

Jaman berganti lagi, dimana cowok tidak usah menembak cewek lagi karena konon atas nama emansipasi cewek juga boleh nembak cowok duluan. Benarkah demikian? Sepertinya terdengar lucu dan main-main ya?

Berbicara soal cinta dari jaman ke jaman memang menarik. Bahkan cinta di era kekinian lebih menarik lagi, karena lebih memungkinkan terjadinya cinta jarak jauh. Meminjam istilah pada lagunya Amy - Search, Isabella, kisah dua dunia. Namun saya lebih suka menyebutnya cinta antar benua.

Cinta memang bisa merubah seseorang menjadi lembut atau sebaliknya. Sudah lebih dari dua orang yang terkapar karena cinta di dunia maya. Seperti Isabella juga, cinta berujung lara.

Awalnya ketika dua orang di dunia maya saling se-iya se-kata maka modal berupa kepercayaan akan diberikan. Saking percayanya, password email dan akun di jejaring sosial pun diberikan. Sayangnya kerapkali kepercayaan ini berujung petaka manakala terjadi goncangan dengan cinta yang telah terjalin. 

Ketika cinta berbunga duka, mereka tak dapat menerima..... Itulah sepenggal syair dari Kembar Grup, kalau tidak salah judulnya Kupu-kupu. Dan ini juga yang sering terjadi ketika cinta di dunia maya harus berakhir.

Seseorang yang begitu kita puja dan dipercayai di dunia maya akan dengan sangat tega meretas akun jejaring sosial seperti FB misalnya. Tujuan  peretasan itu hanya bermotif balas dendam dan sakit hati.

Seorang teman baru-baru ini telah menjadi korban peretasan seperti itu. Awalnya, ketika cinta mereka mengalami keretakan dan ketidak cocokan dia sering di teror dengan ancaman akan dipermalukan. Dalam hal ini terjadi cinta sepihak dan ada unsur pemaksaan kehendak. Jadi terlihat sekali niat jahat dibalik cinta itu, dengan bahasa kasar mungkin 'lu tolak cinta gue, lu gue bikin malu', bukan lagi 'lu tolak cinta gue, dukun bertindak'.

Bagaimana tidak malu bila tiba-tiba akun FB kita misalnya dipasangi gambar-gambar tidak senonoh serupa kita? Walau mungkin gambar-gambar yang di pasang hanya mirip atau memang reka kreatifitas dari photoshop, tapi itu sangat vital sekali karena terlanjur menyebar. Terlebih lagi bila akun kita yang diretas tidak dapat dipulihkan. 

Sebelum terlambat dan menjadi penyesalan, kepada para gadis atau siapapun.... jangan mudah percaya dengan janji-janji cinta di dunia maya. Tidak semua berhati tulus dan berniat menjalin cinta sampai ke jenjang pernikahan. Sebelum ada kepastian hitam di atas putih tentang cinta itu, sebaiknya jangan terlalu percaya, siapa tahu teman kencan kita memang hacker yang berniat memeras dan bisanya cuma mengancam saja. 

Sunday, March 18, 2012

Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosi

Syarat Menjadi Pemimpin "Banyak Teman" (Asta Brata)


Karir seseorang ternyata lebih banyak ditentukan oleh kecerdasan emosional, spiritual dan baru intelektual. Anda pasti ingat beberapa teman yang semasa sekolah dulu sering mendapat nilai pas-pasan dan bahkan jauh di bawah Anda, namun dia memiliki banyak teman dan sangat disukai para gadis. Bisa saja dia bukan bintang kelas, tapi dia menjadi bintang dan begitu terkenal di sekolah.

Ternyata yang membuat seseorang begitu banyak disukai oleh banyak orang kuncinya terletak pada kecerdasan emosional. Orang dengan tingkat kecerdasan emosional yang tinggi cenderung lebih mudah tersenyum dan di terima dalam pergaulan dibanding orang dengan kecerdasan intelektual yang tinggi yang lebih suka bergelut dengan buku dan menyendiri.

Sifat temperamental atau pemarah dan sukar mengendalikan diri juga menunjukkan rendahnya tingkat kecerdasan emosional. Kecerdasan yang satu ini dapat di latih dan ditingkatkan seperti kecerdasan lainnya. Setidaknya agar Anda dapat mengendalikan diri dan tidak nampak pemarah di mata orang lain. 

Dr Thomas Denson dari University of New South Wales berpendapat, melatih pengendalian diri sama seperti melatih keterampilan main piano atau main golf. Anda dapat mulai berlatih mengendalikan diri dengan cara yang mudah dan sederhana, gunakan tangan yang keliru untuk kegiatan sehari-hari.

Anda yang menggunakan tangan kanan, biasakanlah memakai tangan kiri atau kidal saat menggunakan mouse komputer, mengaduk gula teh atau kopi, membuka pintu, dan hal lainnya yang tidak membahayakan. Sebaliknya bagi Anda yang kidal, gunakanlah tangan kanan. 

Hasil latihan Anda akan terlihat setelah dua pekan, Anda akan mampu mengendalikan emosi dengan lebih baik dan tidak meledak-ledak. Namun Dr Denson mengingatkan, pada awal latihan menggunakan tangan yang non-dominan, emosi Anda bakal terpancing. 

Penelitian Dr Thomas Densondimuat di jurnal Current Directions in Psychological Science, dan dimuat Reuters. Dr Denson dan koleganya mengutif kesimpulan para kriminolog dan sosiolog, yang menyatakan kasus kekerasan terjadi ketika ada kesempatan dan kurangnya kemampuan mengendalikan diri.

Wah, ternyata semudah itu ya?  Sepertinya mulai hari ini kita harus mengajak Mahasiswa dan Penegak Hukum menggunakan tangan non-dominan, agar tidak ada korban kekerasan dalam setiap demo. Masa sih harus kalah dengan para koruptor yang menebar kebaikan dengan tangan kanan dan mengambil hak rakyat dengan tangan kiri? Hehehe.....  

Saturday, March 17, 2012

Kemerdekaan Sendal Jepit vs Kenaikan BBM

Jadilah Tuan di Negeri Sendiri


Sesungguhnya bukan kekuasaan yang menciptakan kebejatan, tapi ketakutan. Takut kehilangan kekuasaan merusak mereka yang biasa memilikinya. Rasa takut diungguli orang lain atau takut terhina telah menjadi pendorong maksud-maksud jahat.

Akan sulit menghalau kebodohan kecuali ada kebebasan untuk mencari kebenaran tanpa belenggu rasa takut. Begitu dekatnya batas antara rasa takut dan kebejatan sehingga tidak mengherankan jika kebejatan tersebar dengan luas di segala macam masyarakat.

Dua alinea itu menjadi pembuka esai tentang kemerdekaan karya Suu Kyi. Ditulisnya untuk dibacakan pada penerimaan Hadiah Shakarov yang dimenangkannya pada 1990. Namun Dia tak bisa menghadiri acara tersebut  sebab posisinya sebagai tawanan junta militer. Dalam esainya itu dia bercerita negerinya yang tanpa demokrasi.

Bagaimana dengan kemerdekaan Indonesia di kekinian? Sepertinya ada yang salah dengan konsep kemerdekaan yang ada di kepala para birokrat sebagai pelayan rakyat dan para rakyat yang menjadi tuannya. 

Banyak sekali hal-hal janggal dari para birokrat yang tidak lagi sesuai dengan janji-janji lima tahunannya. Mereka seolah harus diingatkan terus akan janji-janji itu, yang memang mungkin saat itu hanya pelamis bibir semata? Kejanggalan-kejanggalan itu juga sebanyak hilangnya rasa hormat dari rakyat sebagai tuan di negeri ini. 

Kemerdekaan rakyat tidak lagi dihormati semestinya. Atau mungkin para birokrat terlanjur trauma dengan kebebasan yang telah mereka berikan dan menjadi bablas di awal reformasi? Traumatis ini menjadikan aparat birokrasi menjadi lebih represif. Tidak segan-segan lagi pentungan mereka menghunjam tubuh mahasiswa yang demo menolak kenaikan harga BBM.

Rakyat, sebagai tuan negeri ini terlanjur curiga akan niat baik pemerintah dibalik naiknya harga BBM. Bagi rakyat jelata, kenaikan BBM adalah kesengsaraan dalam wujud baru. Toh selama ini yang manikmati kemewahan di Gedung DPR hanya segilintir saja? Itu yang ada di benak semua orang saat ini. Lalu kenapa orang-orang yang selalu nyenyak dalam sidang di Gedung DPR itu tidak mau membagi mimpinya dengan rakyat jelata yang tidur di gubug-gubug reyot atau gelandangan yang tidur di emperan metropolitan?

Penyelewengan pajak dan rekening gendut para PNS muda seolah berlomba dengan kasus korupsi berjamaah para politisi yang mendudukkan seorang Angelina menjadi kunci pembuka. Rakyat jelata dipaksa memandangi layar kaca persidangan Gayus Tambunan, Nazarudin dan Nunun Nurbaeti yang tak kunjung selesai.  Ataukah mereka hanya pengalih perhatian dari kasus Century? Jangan-jangan keributan soal naiknya BBM juga ya?

Entahlah, aku jadi kehilangan tanya.... Kemerdekaan, tidak mengajariku untuk bertanya lagi. Satu- satunya milikku yang paling berharga hanya sendal jepit, kemerdekaan sendal jepit yang akan kupakai kemana-mana sebagai rakyat jelata. Dengannya, aku bisa datang dan pergi sesuka hati.... 

Diam-diam aku membatin, kita butuh seorang seperti Aung San Suu Kyi rupanya....

Friday, March 16, 2012

Mengatur Pengeluaran Keuangan dan Tabungan

Sehari Satu Sen, Setahun Sepenuh Celengan Ayam Jago



Tanpa tabungan sepeser pun  dalam keadaan gaji minus dan dililit utang sana sini tentu sangat mengerikan sekali. Keadaan seperti itu merupakan gambaran hampir umum keluarga pekerja di kita saat ini.

Alasan utama tidak menabung biasanya karena gaji tidak mencukupi, kalaupun mencukupi pun sudah terpotong untuk membayar utang bank tiap bulan, cicilan motor atau angsuran kredit lain.  Selalu ada alasan untuk menggali utang, entah itu utang produktif atau utang konsumtif. 

Utang produktif berarti berutang untuk usaha, dari usaha atau bisnis ini diharapkan menghasilkan keuntungan atau profit. Sedangkan utang konsumtif berarti utang untuk belanja konsumtif dan tidak akan menghasilkan profit.

Pengeluaran untuk belanja konsumtif yang berpangkal dari gaya hidup ini sangat mempengaruhi kondisi keuangan. Sebagai contoh, ada sebuah keluarga dengan anggota 4 orang masih bisa menabung karena semua anggota keluarga bisa berhemat dan  membayar hanya keperluan yang penting saja, padahal penghasilannya hanya Rp1 juta per bulan. 

Kemudian ada keluarga lain dengan 3 orang anggota tapi tidak punya tabungan, bahkan utangnya juga banyak. Penghasilan Rp 30 juta per bulan tidak mencukupi karena gaya hidup berlebihan, selalu berbelanja barang-barang konsumtif yang tidak perlu hanya demi gaya hidup dan komunitas.

Untuk bisa memiliki tabungan dan melunasi utang sebenarnya sederhana sekali. Bagi yang mempunyai kartu kredit, usahakan mulai bulan ini stop penggunaan kartu kredit itu dan jika perlu gunting kartu kreditnya dan lunasi utangnya secara berkala.

Lakukan pencatatan belanja selama 6 - 12 bulan terkahir, pisahkan pembelian barang-barang konsumtif yang tidak penting. Kemudian mulai bulan ini catat pengeluaran penting selama satu bulan dan ulangi pada bulan berikutnya. Buat daftar prioritas dan kewajiban biaya bulanan seperti; bayar listrik, telefon, air, internet, uang sekolah anak, uang kuliah anak, dan ini masuk pada yang harus didahulukan.

Akhirnya selalu sisihkan 10 persen dari pendapatan. Buat rekening baru di bank yang jauh dari rumah dan tidak perlu membuat ATM supaya tidak tergoda untuk menarik tabungan. Jika masih mungkin, jalankan usaha sampingan yang tidak terlalu menyita waktu.

Anda tertarik mencoba? Selamat hidup hemat dan merintis masa depan dengan aman. Percayalah, dengan cara ini saldo tabungan Anda akan terus meningkat!

Thursday, March 15, 2012

Mengapa Dongeng Penting Bagi Anak?

Jangan Biarkan Berlalu, atau Anda Akan Menyesal Kelak


Tradisi mendongeng yang dulu biasa dilakukan para orang tua untuk  menidurkan anak-anaknya sudah lama sekali ditinggalkan. Padahal secara alami manusia itu disebut mahluk homo fobula yaitu mahluk pengisah dan anak-anak juga sebenarnya adalah pendengar yang baik dan setia.

Jumlah jam tatap muka antara orang tua dan anak-anak di kota-kota besar menjadi sangat berkurang karena faktor kesibukan. Seorang ayah terpaksa harus pergi dini hari menuju tempat pekerjaan yang jauh atau sengaja untuk menghindari kemacetan lalu lintas. Demikian juga dengan sang ibu bila terlibat juga dalam upaya pencarian nafkah bagi keluarga. Akhirnya tinggallah sang anak dengan  pengasuh di rumah. Masih beruntung bila ada kakek atau nenek yang menemani.

Kurangnya perhatian pada usia emas (golden age) di masa kanak-kanak merupakan kerugian bagi orang tua, karena masa emas berlalu begitu saja. Masa dimana anak-anak dapat menyerap informasi sebanyak-banyaknya dan dan memiliki keingintahuan yang tinggi. Masa yang sangat strategis kerena sangat menentukan dalam perkembangan intelegensia mereka.

Pendidikan budi pekerti luhur dapat ditanamkan sejak dini melalui pendekatan kisah suri tauladan berupa dongeng dan bahasa visual seperti cerita bergambar, komik, media gambar dan sebagainya. Anak-anak di bawah 10 tahun memiliki konsentrasi tinggi terhadap cerita-cerita yang dibawakan oleh orang tua dengan penuh kasih sayang. 

Tentu Anda masih ingat dongeng-dongeng seperti "Bawang Merah dan Bawang Putih", "Sang Kancil dan Buaya", "Sang Kera dan Kura-kura", atau "Kerbau dan Buaya". Dongeng-dongeng itu sarat muatan moral dan amanat seperti gambaran kasih sayang, tolong menolong, dan kesabaran. Pada akhir cerita tokoh baik akan memperoleh kebahagiaan dan tokoh jahat akan mendapat kecelakaan atau hukuman.

Pesan moral dalam dongeng-dongeng tersebut bermanfaat untuk menuntun budi pekerti anak untuk menjadi dermawan, gemar berbuat kebajikan dan mengidolakan tokoh-tokoh baik. Sehingga dongeng yang disampaikan orang tua kepada anaknya memiliki manfaat yang jauh lebih baik daripada anak dibiarkan sendiri menonton film-film kartun, main games atau Play-Station.

Dengan dongeng akan terjalin kehangatan, perhatian dan sentuhan kasih sayang antara orang tua dan anak. Jadi luangkan waktu untuk duduk di samping Si Upik atau Si Buyung sebelum tidur. Sisihkan sedikit waktu disela kesibukan pekerjaan, belanja atau sekedar arisan.

Tunggu apa lagi?

Wednesday, March 14, 2012

Benarkah Facebook Tidak Berguna?

Berbicaralah, karena dengan itu isi hati tercurah!


Komunikasi di dunia maya tanpa dibarengi dengan komunikasi nyata, seperti pada pertemanan yang dibangun di media sosial semacam Facebook tidak berguna bagi kehidupan. Demikianlah Sherry Turkle, seorang profesor dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) mengkritik bahwa pengguna jejaring sosial sebagai orang yang kehilangan sisi kemanusiaannya. 

Menurut Sherry Turkel, jejaring sosial telah mengisolasi seorang individu dari dunia nyata dengan bermodalkan teks beberapa karakter untuk berkomunikasi satu sama lain.  Teknologi dalam hal ini, telah merampok individu dari interaksi sesungguhnya di dunia nyata; selain telah menginspirasi umat manusia, teknologi juga memungkinkan dapat mengurangi aspek-aspek kemanusiaan.

Sebelum terlambat, mari sikapi kritik Sherry Turkel dengan mengimbangi aktivitas online dengan kegiatan-kegiatan offline di dunia nyata. Hal ini mendesak untuk dilakukan agar sisi kemanusiaan kita, terutama rasa kepekaan dan kepedulian tidak terkubur dalam jiwa yang mati suri. Secara psikologis, proses keseimbangan antara online dan offline akan mengikis kebiasaan senyum-senyum sendiri ketika menatap mobile phone, PC tablet, notebook, netbook, iPad atau iPhone yang terkoneksi dengan internet. 

Kadang memang terasa lucu juga ketika saya dengan istri saling komentar dan canda lewat jejaring sosial Facebook. Barangkali anak-anak kami malah lebih baik dalam memanfaatkan Facebook, selain berkomentar iseng kerap kali mereka saling tanya tugas-tugas sekolah meskipun sebenarnya mereka juga bertemu tiap hari serta bertatap wajah.

Bahkan menjamurnya grup-grup yang dibentuk di jejaring sosial Facebook tidak lebih dari sekedar etalase mati yang memajang potret bisu, lebih jauhnya lagi barangkali ajang melontarkan emosi tidak suka atas ketimpangan realitas kehidupan. Terjaga apik dalam bingkai narsisme diri yang terasing, jauh dari komunikasi lisan. 

Harus diakui memang bila Facebook telah menggantikan komunikasi audio yang kini bergeser ke arah komunikasi tekstual. Tanpa sadar selama ini kita lebih menikmati kebisuan diri dan tak mampu mengungkapkan kata hati. Walau di kronologi atau dinding Facebook terlibat percakapan akrab, namun ketika bertatap muka tak banyak bercakap-cakap. Hal ini yang harus kita waspadai bersama, karena mungkin saja kita pun telah lupa pada orang-orang di sekeliling kita.   

BACA JUGA:
Waspadai Penyalahgunaan Obat Perangsang
Siasat Agar Terlihat Tinggi Semampai
9 Tips Pencegahan Penuaan Dini
Mitologi Buaya Biru pada Suluk Linglung Sunan Kali...
Seni Mehndi Sebenarnya Untuk Calon Pengantin
Anak "Punk" Terjaring Operasi Premanisme
Iket Sunda, Apakah Simbol Mistis?
Panduan Pengeritingan Bulu Mata
Keliling Parijs van Java Dengan Sepeda Onthel
Asuransi Penting Bagi Keluarga Muda

Tuesday, March 13, 2012

Waspadai Penyalahgunaan Obat Perangsang

.....janganlah percaya pemuda, janji-janji seenaknya.....
(dari syair keroncong Ingat Masa Depan)


Tulisan ini ditujukan kepada para gadis, dipersembahkan dengan segenap rasa hormat dan sayang. Semoga menjadi tambah waspada dan bisa menjadi benteng penjagaan diri dari kenikmatan sesaat berujung sesal yang tak berkesudahan.

Banyak cara yang digunakan kaum lelaki utuk menjerat wanita agar jatuh dalam rengkuhan peluknya. Salah satu cara yang sangat halus dengan memberinya permen karet, tentunya bukan permen sembarang permen. 

Dewasa ini terdapat Obat Perangsang berbentuk Permen Karet, Obat Perangsang serupa Chewing Gum atau terkenal dengan SPANISH SPLAY GUM FOR WOMEN. Obat perangsang ini sebenarnya untuk para wanita bersuami yang telah mengalami penurunan gairah seksual atau mengalami frigiditas. 

Sayangnya obat perangsang yang diklaim manjur dan praktis karena berbentuk permen karet, sehingga sangat praktis dan mudah dipakai, tanpa perlu air atau dicampurkan ke makanan, sering disalahgunakan oleh orang tak bertanggungjawab. Hanya dalam waktu 10 menit wanita yang mengunyah permen karet ini akan mengalami peningkatan libido yang tak terkendali sehingga tanpa sadar dapat dibimbing ke arah hubungan suami istri.

Obat perangsang berbentuk permen karet  buatan negeri nya Adolf Hitler ( Jerman ) ini  memiliki reaksi cepat dan tidak berbau, rasanya seperti permen happydent white atau cricket, dengan rasa menthol alami, persis seperti rasa aslinya dingin menthol semriwing….. 

Sekedar informasi untuk diwaspadai, kelebihan obat perangsang permen karet ini adalah :

* Tidak Bau,
* Tidak Mencurigakan karena bentuknya yang unik dan familiar,
* Rasanya enak seperti permen biasa,
* Tidak perlu campuran Air, jadi tak takut tumpah saat di kasih ke target.
* Bisa dipakai kapanpun anda mau,
* Mudah dibawa kemanapun, bentuk nya kecil dan praktis.
* Praktis dan tidak perlu takut tumpah seperti obat perangsang cair ataupun obat perangsang serbuk.
* dan masih banyak keunggulan lainnya selain reaksinya pun cepat.

Wanita yang menjadi target akan ditawari permen minimal dua butir, kemudian dibiarkan mengunyah atau menghisap permennya, seperti makan permen biasa. Pelaku kejahatan seksual kemudian akan menunggu 10 menit untuk menunggu reaksinya. Korban tidak akan curiga karena permen ini bisa di campurkan di permen Happydent White, atau permen cricket supaya target tidak tahu atau tidak curiga. Caranya dengan mengganti bungkus permennya dengan bungkus permen karet yang sejenis, misal HAPPYDENT, CRIKETS. Biasanya pelaku menyisakan permen karet asli 1 biji untuk dimakan sendiri agar tidak dicurigai.

Karena masa depanmu masih sangat panjang, janganlah percaya janji-janji para pemuda yang diumbar seenaknya. Ingat masa depanmu, bukan hari ini saja!

BACA JUGA:
Gagal Jantung Saat Aktivitas Bercinta
Sakit Kepala Menahun Pertanda Stress
Panjang Jimat, Warisan Sunan Gunung Djati
Tangsin, Ritual Memanggil Dewa Dewi
Ketika Uang Berbicara, Kebenaran Akan Diam
Sembunyi di Belakang Leopard
Maskulinitas Dapat Dipertahankan
Beberapa Sajian Kopi Istimewa
Manfaat Bercinta Yang Teratu