Friday, August 31, 2012

Sindrom Tradisi Mudik Bangsa Indonesia

Momentum Kemenangan Tapi Menyedihkan


Tradisi mudik ternyata bukan hanya milik bangsa Indonesia saja ketika menghadapi hari raya Lebaran. Mudik sebagai kegiatan budaya juga dilakukan bangsa-bangsa lain di dunia. Bangsa Cina mudik saat Imlek, bangsa Amerika juga mudik saat Thank's Giving Day.

Pemerintah Indonesia harus belajar managemen mudik seperti bangsa Cina. Tradisi pulang kampung di Cina jumlahnya lebih masiv, ratusan juta orang bergerak hampir dalam waktu bersamaan menjelang perayaan Tahun Baru Cina. Namun, nyaris tak terdengar adanya korban jiwa, apalagi mencapai jumlah ratusan.

Operasi Ketupat 2012 yang dilaksanakan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) sejak Sabtu (11/8) hingga Minggu (26/8) mencatat 5.233 kasus yang menyebabkan korban meninggal dunia sebanyak 908 orang, 1.505 orang luka berat dan 5.139 orang luka ringan. Melihat begitu banyaknya korban, kita patut prihatin dan turut berduka cita. Betapa kebahagiaan mudik ke kampung halaman saat Lebaran yang sudah di depan mata tiba-tiba sirna begitu saja. 

Sampai kapan tradisi mudik akan menjadi sindrom yang menakutkan? Tentu saja sampai ada managemen mudik yang baku yang dikelola secara profesional dan terintegrasi. Selama ini strategi nasional keselamatan jalan raya di Indonesia dikelola secara multiple dan tanpa target yang terukur dan bahkan tidak terkoordinasi. Akibatnya ketika problem menyeruak, lempar-melempar tanggung jawab menjadi hal biasa dan berujung pada kesepakatan mengkambinghitamkan human eror.

Budaya mudik di dalam Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (DUHAM) termasuk ke dalam hak untuk memelihara dan menikmati kebudayaan, dan hak memiliki kehidupan yang layak. Kesemua hak masyarakat tersebut merupakan bagian dari HAM ekosob (ekonomi sosial budaya) yang telah diratifikasi oleh negara Indonesia.

Para pemangku kepentingan yang terdiri atas pemerintah seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, pemerintah daerah, kalangan dunia usaha dan masyarakat harus mengamankan terselenggaranya mudik agar lancar dan nyaman. Masyarakat berhak mendapat jaminan dan keselamatan selama pergi dan pulang pada tradisi mudik sebagai pelaksanaan implementasi Pasal 32 ayat 1 UUD 1945.

Kita membayar pajak bukan hanya ketika lebaran dan yang membayar pajak bukan hanya warga negara yang berlebaran, oleh karena itu kenyamanan dan keselamatan berlalu lintas harus dapat dinikmati tidak hanya pada saat menjelang dan selama Lebaran. Perlindungan negara kepada warga jangan lagi sebatas pada saat mudik. 

Bukan pidato Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono untuk menyampaikan duka cita atas tradisi mudik yang terlanjur menelan korban yang ditunggu, namun evaluasi pengelolaan angkutan Lebaran 2012 dan rancangan managemen yang bisa menjamin keselamatan dan kenyamanan jutaan rakyat saat mudik dan balik Lebaran di masa-masa mendatang. 

Thursday, August 30, 2012

7 Fakta Sejarah Kantor Pos di Indonesia

Membangun Urat Nadi Peradaban


Kantor Pos di Indonesia selama 266 tahun telah melayani dan turut membentuk peradaban bangsa. Bermula dari semakin meningkatnya aktivitas hubungan dagang atau pun politik antara negeri Belanda dengan nusantara pada pertengahan abad ke-17, pemerintah Hindia Belanda memutuskan membuka outlet yang melayani korespondensi di Stadhuis-Batavia (sekarang Musium Fatahilah, Jakarta). 

Postkantoor yang dalam bahasa Indonesia menjadi Kantor Pos, diresmikan oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda Baron Van Inhoof pada 26 Agutus 1746. Sejak diresmikan peranan Kantor Pos semakin berkembang, termasuk di bidang keuangan dan logistik mengalami beberapa kali pergantian pengelola, dari Pemerintah Hindia Belanda ke Pemerintah Indonesia dan akhirnya dikelola oleh Badan Usaha Milik Nergara yaitu PT. Pos Indonesia (Persero). 

Sekarang mereka yang berkunjung ke Kantor Pos tidak lagi sebatas mengirim surat-surat personal atau Kartu Lebaran, sebagian besar melakukan transaksi keuangan dari membayar kredit motor, membayar tagihan listrik, setoran pajak, sampai transfer dana instan. 

Begitu banyak kontribusi Kantor Pos terhadap peradaban bangsa Indonesia setelah berkiprah ratusan tahun. Menurut Setyo Riyanto, Direktur Retail dan Properti PT Pos Indonesia (Persero), sedikitnya terdapat tujuh fakta sejarah yang dapat dikemukakan mengenai hal itu (PR, 29 Agustus 2012):

Pertama, Kantor Pos berkontribusi pada pembangunan Jalan Raya Pos dan urat nadi peradaban.
Kedua, melahirkan prangko sebagai media komunikasi peradaban.
Ketiga, Kantor Pos berperan meliterasi bangsa.
Keempat, Kantor Pos melahirkan institusi bisnis pos.
Kelima, Kantor Pos merintis pengelolaan keuangan publik.
Keenam, Kantor Pos menjadi jejaring peradaban.
Ketujuh, melahirkan sistem kode pos bagi peradaban masa depan.

Dirgahayu Kantor Pos Indonesia, kau akan tetap hadir di tengah masyarakat hingga ratusan tahun ke depan karena mampu membuat masyarakat mendapat manfaat atas keberadaanmu. Tetap semangat, dan tetap mengabdi, kami bangga padamu!

Sumber gambar: Pikiran Rakyat

Wednesday, August 29, 2012

Managemen Nyeri pada Penderita Kanker

Optimalisasi Managemen Nyeri



Keluhan yang sering dijumpai pada pasien kanker, selain keluhan yang berhubungan dengan kankernya sendiri ialah 'nyeri'. "Tingkat keparahan dari nyeri tergantung pada progresifitas penyakitnya," kata dr. Ami Ashariati, SpD-KHOM dari Divisi Hematologi-Onkologi Medik, Departemen Ilmu Penyakit Dalam FK Unair/RSU DR. Soetomo, Surabaya. 

Berdasarkan data, terdapat 60 - 90 persen penderita kanker mengeluhkan adanya nyeri. Keluhan ini terjadi pada semua jenis kanker dan berpengaruh terhadap kualitas hidup pasien. Nyeri kanker dikaitkan dengan beberapa kondisi seperti infeksi, inflamasi, fraktur tulang karena adanya metastasis, termasuk masalah psikologis dan emosional pasien. 

Penatalaksanaan nyeri pasien kanker harus berdasar pada patofisiologiknya. Hal ini yang kemudian mencetuskan munculnya bermacam jenis obat untuk mengatasi nyeri pada pasien kanker.

Menurut dr Ami, managemen nyeri yang baik masih dangat minim diberikan oleh praktisi medis di berbagai layanan kesehatan yang ada. Hal ini karena disebabkan kurangnya informasi terbaru mengenai managemen nyeri kanker atau kurangnya fasilitas kesehatan yang baik untuk melakukan managemen yang baik pada pasien kanker.

Dengan lemahnya managemen nyeri pada penderita kanker, mengakibatkan terjadinya katastropik efek yang akan merugikan pasien dan keluarga pasien. Menurut dr. Ami, mengelola nyeri kanker secara optimal merupakan prioritas utama. Terdapat 3 unsur penting dalam managemen nyeri kanker yaitu:

1. Melakukan penilaian nyeri secara tepat dan tetap
2. Pemberian opioid yang tepat
3. Melakukan intergrasi dengan terapi nyeri lain

Penatalaksanaan nyeri kanker dimulai dengan penilaian jenis nyeri, tingkatan derajat nyeri, hal-hal yang dapat memperberat rasa nyeri atau mengurangi nyeri. Termasuk kondisi umum pasien, untuk dapat menerima pengobatan yang diberikan. Semua ini disiapkan dengan baik, yang dikenal dengan penilaian nyeri.

Step ladder WHO yang merupakan pedoman untuk penatalaksanaan nyeri kanker, merekomendasikan bahwa pada kasus nyeri kanker ringan, cukup dengan pemberian parasetamol, AINS (Anti-Inflamasi Non Steroid); kalau perlu ditambahkan ajuvan. Penambahan ajuvan dapat diberikan pada semua tingkatan nyeri. Untuk nyeri sedang dapat diberikan opioids ringan, seperti kodein atau tramadol. Untuk nyeri kanker berat, bisa diberikan opioids berat seperti morphine.

Penanggulangan nyeri yang sempurna, merupakan sesuatu yang penting dalam pengobatan kanker. WHO membolehkan kombinasi analgetik opiate dan non opiate pada penderita kanker, dengan tingkat nyeri menengah hingga berat. Opiate merupakan analgetik sentral, yang menghambat transduksi saraf di medulla spinalis. Sedangkan analgetik non opiate, dalam hal ini analgetik anti-inflamasi non steroid (AINS), merupakan analgetik perifer yang bekerja dengan menghambat aktivitas cyclooxignase, dalam pembentukan prostaglandin sehingga sistem noriseptor perifer tidak teraktivasi.

Dari data yang ada diketahui, kanker umumnya menyerang penderita usia lanjut. Di usia ini, lansia rentan mengalami nyeri yang disebabkan oleh berbagai kondisi lain di luar kanker, seperti rematik dan lain-lain.

Sumber :  (Ethical Digest No 103 Thn X,  edisi September 2012).

Tuesday, August 28, 2012

Misteri UFO dan Pendaratan Neil Armstrong

Kita Tidak Sendiri  di Sini



Tak dapat disangkal, warga Amerika mengenang Armstrong sebagai pahlawan dan patriot. Presiden Barack Obama menyatakan duka cita yang mendalam atas wafatnya Armstrong dalam usia 82 tahun, Sabtu 25 Agustus 2012, akibat komplikasi seusai menjalani operasi jantung dua hari setelah merayakan ulang tahun pada 5 Agustus.

"Dia adalah pahlawan terbesar, bukan untuk saat ini melainkan sepanjang masa. Dia menunjukkan spirit Amerika kepada dunia melalui pencapaian luar biasa, sesuatu yang tak terbayangkan sebelumnya," ujar Obama.

Sebagai komandan misi Apollo 11, Neil Alden Armstrong menjejakkan kakinya di bulan pada 29 Juli 1969.

"Ini adalah satu langkah kecil untuk seorang manusia, satu lompatan raksasa untuk umat manusia," kata Armstrong (38 tahun) saat melangkahkan kakinya di bulan. Kalimat itu menjadi salah satu kutipan termasyhur di dunia. 

Sekalipun berhasil menunaikan perjalanan bersejarahnya bagi umat manusia, Amrstrong terlihat kurang senang. "Saya pikir, kita ingin dikenang bukan karena satu prestasi puncak, tetapi karena apa yang kita kerjakan sehari-hari," ucap Armstrong dalam wawancara dengan CBS dalam program "60 Minutes" pada 2005.

Ketika ditanyakan bagaimana perasaannya karena meninggalkan jejak kaki di permukaan bulan setelah ribuan tahun orang hanya memandangnya dari bumi, ia menjawab "Saya berharap suatu hari ada orang yang pergi ke sana dan menghapusnya."

Bersama kematiannya, Armstrong meninggalkan misteri yang mungkin tidak akan pernah terungkap selamanya, termasuk soal perdebatan soal kebenaran pendaratannya di bulan pada Juli 1969.

Berdasarkan bocoran dokumen pemerintah AS, Armstrong tak hanya menyaksikan pemandangan bulan. Pendaratan Armstrong dan Edwin Buzz Aldrin, disaksikan dua UFO (unindetified flying object).

Timothy Good, penulis buku Above Top Secret (1988) mengemukakan, ketika Armstrong mendarat di bulan, ada jeda komunikasi sepanjang dua menit. Namun, hal ini tidak dilaporkan media karena NASA menyensornya dan menjelaskan bahwa jeda itu terjadi karena salah satu kamera mengalami overheating.

Kejadian sebenarnya saat itu, Armstrong mengaku melihat dua pesawat raksasa UFO yang mengawasi Apollo 11. Dalam buku tersebut diungkap komunikasi antara Armstrong dengan petugas NASA di bumi.

 "Benda ini sangat besar, Pak, benar-benar luar biasa besarnya. Oh, Anda pasti tidak aka percaya apa yang saya lihat sekarang ini! Saya melihat pesawat lain di luar sana di dekat tepi kawah, mereka berada di bulan juga mengamati kami," demikian transkrip pembicaraan antara Apollo 11 dan tim NASA di bumi seperti dilansir buku Above Top Secret halaman 384.

Sampai saat ini, soal kebenaran UFO masih menjadi teka-teki kendatipun dikabarkan Aldrin sempat memotret kedua UFO tersebut.

Dalam film "Transformers: Dark of the Moon", Buzz Aldrin mengungkapkan apa yang dilihat Armstrong di bulan saat itu. Film itu merupakan memuat percakapan antara Aldrin dan dengan teknisi NASA di bumi. "Kita tidak lagi sendirian, ya?" tanya petugas NASA. "Ya benar, kita tidak sendiri di sini," jawab Aldrin.

Kalau infromasi itu benar, betapa berat beban Armstrong menyimpan rahasia itu selama empat dekade. Sampai akhir hayatnya, Armstrong menjadi pendiam dan penyendiri sekembalinya dari bulan. Bahkan hingga akhirnya menutup mata, Armstrong selalu tutup mulut soal apa yang dilihatnya kala itu.

Monday, August 27, 2012

Penyewaan Mobil Listrik di Paris

Solusi Krisis BBM 



Ketergantungan terhadap bahan bakar yang berasal dari fosil secara perlahan dikurangi mengingat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) menghasilkan emisi gas buang yang tidak ramah lingkungan. Salah satu upaya tersebut ialah dengan menggunakan mobil bertenaga listrik.

Pemerintah Kota Paris mengeluarkan solusi yang dipandang sesuai dengan kondisi ibu kota negara Prancis dengan menyosialisasikan penggunaan mobil listrik. Cara yang ditempuh yaitu dengan program penyewaan mobil listrik yang bisa dipakai masyarakat Kota Paris secara bersama-sama.

Program Autolib di Paris diklaim merupakan konsep transfortasi pertama di dunia yang membuat warga Paris meninggalkan mobil pribadinya dan menggunakan layanan penyewaan mobil listrik tanpa repot harus membeli bensin dan membayar asuransi, pajak, dan biaya pemeliharaan.

Masyarakat yang akan menggunakan Autolib harus mendaftar ke kantor pusat perusahaan atau ke lokasi penyewaan kendaraan listrik. Masyarakat dapat memilih berlangganan harian, mingguan, atau tahunan tergantung kebutuhan dengan biaya sewa mobil listrik Rp 2 juta per tahun.

Penggagas program tersebut adalah Bertrand Delanoe, Wali Kota Paris, dan Vincent Blolore seorang miliarder, dengan menyediakan mobil listrik bernama Bluecar. Bluecar didesain oleh Bollore Group dan Pininfarina, menggunakan baterai polimer litium dan memiliki lecepatan 130 km/jam dengan waktu isi ulang baterai selama 8 jam untuk jarak tempuh 250 km.

Bluecar dilengkapi dengan GPS untuk memudahkan pengemudi menemukan jalan yang dituju. Jika pengemudi mengalami kesulitan, pengemudi cukup menekan tombol biru untuk meminta bantuan. Alarm merah akan menyala di pusat kendali dan bantuan pun datang.

BACA JUGA:
Manfaat Bina Raga
Beda Pendidikan di Indonesia dan Australia
Pejuang Penentang Apartheid
Motor Para Selebriti Dunia
Mengenal Gaya Sepeda FMB
Tips Memilih Sofa yang Sesuai
Papua Tanah Baru Perantauan
Meriam Raksasa Pontianak

Sunday, August 26, 2012

Manfaat Bina Raga Bagi Arnold Schwarzenegger

Sportifitas mengajarkan selalu berkata "Ya"



Kalau ada pria yang berani mengambil risiko menghabiskan waktu di penjara militer Austria agar bisa menghadiri kontes junior Mr Europe di Jerman, dialah Austrian Oak, julukan yang diberikan kepada Alnold Alois Schwarzenegger. Di Austria, semua lelaki berusia 17 sampai 51 tahun dikenakan wajib militer dan Arnold Schwarzenegger menyelesaikan wajib militernya pada usia 18 tahun. 

Di kemudian hari Arnold Schwarzeneger memiliki karir yang sangat sukses dalam dunia bina raga, akting, politik, dan bahkan menjadi orang nomor satu di California dari 2003 hingga 2011 sebagai Gubernur ke 38 California menggantikan Gray Davis.

Pemeran T-800 dalam film Terminator 3: Rise of the Machines, pada pertemuan dengan kritikus televisi mengatakan bahwa dirinya menghabiskan 2 hingga 3 hari di penjara setelah memenangi gelar junior Mr Europe. Namun, karena pejabat militer merasa tidak nyaman tentang hukuman maka ia pun segera dibebaskan. 

Arnold Schwarzenegger tahu betul manfaat binaraga yang telah menyukeskan kariernya di bidang akting dan dunia politik. "Saya tidak pernah melihat tidak sebagai tidak. Saya selalu mendengar ya," kata Arnold, seperti dikutip laman capitolcolumn.com

Saturday, August 25, 2012

Beda Pendidikan di Indonesia dan Australia

Bercermin Pada Kaca Retak Sejarah


Kejayaan nenek moyang di masa lampau tidak untuk dibanggakan begitupun dengan keburukan nenek moyang bukan hal yang harus disesali. Proses kehidupan yang diwariskan dari generasi ke generasi melahirkan peradaban baru ke arah lebih baik dan melahirkan realitas di kekinian. 

Mari kita berdiri di depan cermin dan melihat wajah kita, wajah Indonesia. Bila kita tidak dapat melihat bayangan yang dapat kita banggakan, tentu bukan salah sang cermin yang merefleksikan citra apa adanya sehingga harus dipukul sampai retak. Yakini bahwa saat di depan cermin adalah saat untuk menata diri ke arah lebih baik.

Dari tulisan Widi Papua, facebooker, yang diunggah di Komunitas Sastra Sukabumi, ada hal mendasar yang menggelitik untuk kita renungkan bersama. Tulisan sederhana yang diharapkan mampu menggugah kesadaran tentang pentingnya pendidikan dan sopan santun bagi sebuah bangsa, seperti dinukil berikut ini dengan sidikit editing pada kaidah penulisan:

Mengapa Australia yang dulu nenek moyangnya berasal dari tahanan kriminal Inggris kini mampu masuk 10 negara TERBAIK untuk tempat tinggal manusia dan memiliki tingkat kriminalitas terendah di dunia....? (Melbourne terbaik)

Mengapa Indonesia yang dulu nenek moyangnya berasal dari orang-orang yang Santun, Ramah dan Berbudi Pekerti Luhur kini masuk dalam kelompok Negara Gagal Dunia, dengan tingkat KORUPSI nomer 3 di dunia dengan tingkat kriminalitas yang sangat tinggi dan moral yang sangat rendah....?

Ternyata semua itu bermuara pada "Paradigma pendidikan" yang kita anut. Para Pendidik, Guru dan orang tua di Australia lebih khawatir jika anak-anak didik mereka tidak jujur, tidak mau mengantri dengan baik, tidak memiliki rasa empati dan hormat pada orang lain dan etika moral lainnya ketimbang mereka tidak bisa membaca, menulis dan berhitung.

"Guru-guru , orangtua dan pemerintah di Australia lebih prihatin jika murid-murid dan anak-anak mereka memiliki prilaku moral yang kurang baik dari pada memiliki prestasi nilai akademik yang kurang baik" 

Mengapa? Karena menurut mereka untuk membuat anak mampu membaca menulis dan berhitung atau menaikkan nilai akademik, kita hanya perlu waktu 3 sampai 6 bulan saja untuk secara intensif mengajarkannya. Tapi untuk mendidik perilaku moral seorang anak, kita membutuhkan waktu lebih dari 15 tahun untuk mengajarkannya.

Mengajarkan baca tulis, berhitung bisa di ajarkan kapan saja, bahkan jika seandainya mereka sudah dewasa dan tua sekalipun masih bisa dilakukan. Sementara mengajarkan Etika Moral waktunya sangat terbatas, dimulai saat Balita (Bayi dibawah lima tahun) dan berakhir saat mereka Kuliah. Selain itu untuk mengubah perilaku moral orang dewasa yang terlanjur rusak dan buruk, hampir sebagian besar orang tidak mampu melakukannya.

Bagaimana dengan pemikiran Pemerintah, Pendidik atau Guru dan Orang tua di Indonesia...???

Keluarga Indonesia, saya yakin jika kita semua segera tersadarkan dan segera bertindak benar, Indonesia masih bisa merubah kondisinya saat ini mulai dari KELUARGA kita sendiri tentunya. Semoga!

Friday, August 24, 2012

Pejuang Penentang Apartheid

Melawan Kekerasan dengan Keteladanan dan Kebaikan



Tidak seorangpun ingin dibuang jauh dari kampung halaman dan terasing jauh di negeri orang. Hampir semua orang menginginkan masa tua di tanah kelahiran sambil membimbing anak cucu merajut masa depan yang cerah. Namun, Syekh Yusuf al-Makasari al-Bantani justru menghabiskan masa hidupnya jauh dari kampung halamannya sendiri.

Syekh Yusuf, pejuang yang lahir tahun 1626 di Gowa, Sulawesi Selatan, awalnya ditahan di Cirebon dan Batavia (Jakarta) karena pemberontakannya kepada Belanda. Namun karena pengaruhnya masih membahayakan pemerintahan kolonial saat itu, maka tahun 1684 Syekh Yusuf dan keluarganya diasingkan ke Srilanka. Kemudian setelah itu dipindahkan ke tempat yang tidak memungkinkannya berkomunikasi dengan orang-orang Indonesia yang berhaji ke Mekah, yaitu ke Afrika Selatan.

Di Afrika Selatan, Syekh Yusuf berjuang dengan menyebarkan agama Islam dan tercatat sebagai perintis perjuangan anti kekerasan dalam melawan rezim apartheid yang membedakan ras manusia berdasarkan warna kulit.  Kegigihannya menentang penjajah serta semangatnya menegakkan nilai-nilai kemanusiaan di Afrika Selatan banyak menginspirasi kehidupan Nelson Mandela, bahkan Nelson Mandela mengakuinya sebagai seorang putra Afrika terbaik.

Karena jasanya terhadap perjuangan rakyat Afrika Selatan dalam menghapus apartheid, Syekh Yusuf diangkat menjadi pahlawan nasional di Afrika Selatan. Di Indonesia, berdasarkan ketetapan pemerintah RI, sejak tahun 1995 nama Syekh Yusuf tercantum dalam deretan pahlawan nasional.

Thursday, August 23, 2012

Motor Para Selebriti Dunia

Modifikasi Demi Sensasi dan Kenyamanan



Kesukaan menunggangi motor kesayangan ternyata berlaku juga pada beberapa selebriti dunia. Beberapa artis bahkan identik dengan ciri atau karakter motor tertentu, meski jenis Harley-Davidson yang paling banyak jadi pilihan.

Kesempatan dan memiliki jumlah uang yang melimpah membuat para selebriti Hollywood sangat leluasa untuk menentukan pilihan bahkan menghamburkannya untuk menggarap dan memodifikasinya, sesuai dengan selera yang sangat pribadi dari sang artis. Biaya tak jadi halangan, justru sensasi dan kenyamanan yang mungkin jadi tujuan, (dikutif dari Automotto).

Berikut ini adalah merek motor modifikasi tunggangan para lelaki atau aktor yang biasanya identik dengan ikon kejantanan dan performa motor yang digunakannya.

1. Harley-Davidson, George Clooney
George Clooney, aktor yang pernah memerankan superhero Batman, suatu saat tertangkap kamera oleh media sedang menunggangi Harley-Davidson di Calabasas, California. Bahkan aktor terbaik kategori drama dalam Golden GLobe Awards 2012 ini diketahui memiliki koleksi Harley-Davidson jenis touring yang menjadi kesukaannya. 

2. Norton Commando 750, Keanu Reeves
Keanu Reeves, pemeran utama di film The Matrix, memiliki  Norton Commando 750 buatan Inggris keluaran tahun 1972 sebagai motor kesayangan. Motor itu bermesin 745 cc twin, four-stroke mencapai 65 HP, dengan kecepatan maksimal 174 km/jam. Norton Commando 750 memiliki berat 203 kg dengan kapasitas tangki bensin 13,5 liter.

3. Ducati, Brad Pitt
Suami Angelina Jolie ini memiliki Ducati Desmosedici RR, Ducati Monster 696 dan Harley-Davidson jenis choppers. Salah satu motor kesayangannya Ducati Desmosedici mengususng mesin Liquid-cooled empat silinder, DOHC, berkekuatan 200 hp, menggunakan sasis klasik bergaya 1940-an dengan sentuhan modifikasi dan suku cadang shock breaker depan asli milik Harley-Davidson keluaran 1934. Semua komponen dibuat khusus dan bernuansa klasik oleh para builder dari Aerio Enginering. 

4. Ducati Desmosedici RR, Tom Cruise
Bintang Mission Imposible pemilik Desmosedici RR, motor Ducati terbaru impian para rider. Desmosedici didukung teknologi magnesium, titanium dan serat karbon, bisa dipacu hingga kecepatan 322 km/jam. Prabrik Ducati hanya memproduksi sekitar 1.500 unit saja, replika Ducati pada ajang motoGP dibanderol 72.500 dolar AS atau sekitar Rp 647 juta.

5. HD Fat Boy, Arnold Scharzenegger
Aktor dengan penampilan berotot kelahiran Austria yang pernah menjabat Gubernur California, memiliki dan identik dengan FLTSF Harley-Davidson Fatboy, bermesin V-Twin dengan Electronic Sequential Fort Fuel Injection (ESPFI), memiliki sistem transmisi 6-percepatan. Arnold menyukai motor legenda Amerika itu setelah dirinya sering mengendarai motor bertenaga besar itu dalam film Terminator.

BACA JUGA:
Mengenal Gaya Sepeda FMB
Tips Memilih Sofa yang Sesuai
Papua Tanah Baru Perantauan
Meriam Raksasa Pontianak
Bahaya Komplikasi Penyerta Pada Diabetes
Mudahnya Masyarakat Tertipu Investasi
Tip Aman Mudik Dengan Sepeda Motor

Wednesday, August 22, 2012

Mengenal Gaya Sepeda FMB

FMB Menantang dan Memacu Adrenalin


Tak ada panduan, aturan atau pun teori khusus bagaimana melakukan Free Ride Mountain Bike (FMB), namun sesama penyuka sepeda gaya bebas biasanya berbagi gaya dan trik. Mereka menciptakan gerakan ekstrem tetapi indah dan menguasai trik-trik bagaimana melakukan gerakan-gerakan itu supaya tidak jatuh.

Free Ride Mountain Bike (FMB) berbeda pakem bersepeda gunung Down Hill (DH) meski keduanya mempunyai persamaan : atletnya melompat, mendarat dan melalui rintangan di lintasan. 

Bila altet DH dituntut untuk secepatnya melintasi trek menurun, maka atlet FMB justru memanfaatkan rintangan di lintasan turun atau naik dengan membuat gerakan-gerakan ekstrem, melompat setinggi-tingginya. Di udara, kedua lengan mereka bisa saja memegang setang, tetapi biasanya bergaya seperti melemparkan diri atau bersalto dengan bebas.

Karena perbedaan menghadapi lintasan itu maka jenis sepeda yang dipakai atlet DH dan pesepeda FMB berbeda. Menurut Manajer Umum dan Promosi Polygon, Peter Mulyadi, FMB menggunakan sepeda gunung, tetapi ukuran panjang dan tinggi sepeda free ride lebih kecil dan pendek. Untuk mendukung gerakan melompat-lompat dan mendarat ekstrem , rangkanya ringan tetapi kuat.

Sam Reynolds (21) dan Yannick Granieri (25) adalah pesepeda gunung gaya bebas (FMB) papan atas Erofa yang sanggup melakukan semua gaya ekstrem. Sam Reynolds, juara II Vienna Air King 2012 di Austria, mengungkapkan bahwa kecelakaan yang terjadi saat beraksi merupakan hal biasa. Menurutnya, gerakan bebas memakai sepeda gunung termasuk berisiko dan ketakutan pasti ada namun bisa diatasi dengan saling menguatkan dan mendukung satu sama lain.

"Indonesia memiliki alam yang mendukung, Itu seharusnya dimanfaatkan," tutur Reynolds. 

Tuesday, August 21, 2012

Tips Memilih Sofa yang Sesuai

Tempat Memanjakan Diri Setelah Lelah Kerja Seharian


Kembali dari udik setelah menempuh perjalanan panjang tentu membutuhkan istirahat yang sempurna dalam ruangan keluarga yang nyaman dan hangat. Berbaring di sofa sambil memanjakan diri dalam kemalasan biasanya menjadi pilihan. Kalau pun ada kegiatan tambahan tentunya hanya sekedar menonton televisi dan film, membaca buku, atau sekedar merebahkan tubuh sambil merasakan waktu yang tiba-tiba berhenti.

Sofa adalah furnitur yang sekaligus menjadi jiwa dalam sebuah tatanan interior. Furnitur ini menjadi pemanis, pendukung suasana hangat dalam ruangan dan sebagai tempat paling tepat untuk mengistirahatkan tubuh. 

Sofa dapat ditemui di berbagai ruangan. Sofa menghiasi ruang publik, seperti ruang tamu, ruang keluarga sampai di ruang privat seperti kamar tidur. Tentunya sofa yang dihadirkan dalam bentuk desain yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dan kesan yang ingin ditampilkan dalam ruangan tersebut.

Karena ukurannya yang besar, maka penentuan desain sofa harus menjadi prioritas utama sebelum elemen desain lainnya. Sofa akan menjadi focal point dalam ruangan untuk mendongkrak tampilan desain secara keseluruhan sekaligus penguat gaya desain.

Memiliki sofa berkualitas baik dan tak cepat lekang oleh waktu adalah suatu keharusan. Jadi memilih sofa bukan sekedar tempat duduk hari ini atau besok, melainkan bentuk investasi jangka panjang. Sebuah riset mengemukakan, sofa dapat diduduki minimum sebanyak 500 kali dalam setahun.

Memilih sofa bisa menjadi proses yang panjang. Untuk ruang keluarga dengan lahan terbatas sebaiknya jangan memilih sofa dengan ukuran terlalu besar. Pilihan bisa saja jatuh pada sofa two-seaters yang dipadukan dengan single armchair dan coffe table, misalnya. Paduan tersebut sudah mampu menghadirkan suasana hangat dalam sebuah ruang keluarga.

Suasana kasual dalam ruang keluarga tanpa menanggalkan sentuhan seni dapat diciptakan dengan menghadirkan sofa berdesain American Classic. Desain dudukannya seolah memeluk tubuh dan desain sandarannya mampu menopang punggung dengan tepat, sehingga menjadi alasan banyak orang betah berada di ruangan walau tidak melakukan apapun.

Bila menginginkan suasana formal, pilih sofa bergaya klasik dengan bahan kulit model Cheappendale yang sekaligus berkesan elegan. Sebaliknya bila menginginkan ruang keluarga sebagai ruang relaksasi, maka jatuhkan pilihan pada recliner sofa yang memiliki sandaran kaki dan dibalut bahan kulit yang nyaman. 

Sofa yang berkualitas dan mampu memberi kenyamanan maksimal identik dengan harga yang tinggi. Untuk itu jangan terpaku pada tren, sesuaikan desain dengan selera dan gaya hidup yang akan membuat ruangan di rumah terasa semakin nyaman.   

Monday, August 20, 2012

Papua Tanah Baru Perantauan

Warga Asli Akhirnya Menjadi Minoritas


Kedatangan para perantau di Papua yang kaya akan sumber daya alam dan daya tarik luar biasa seiring dengan menguatnya otonomi daerah terus mengalir. Kedatangan para perantau itu memberi andil besar dalam kehidupan ekonomi setempat.

Kehadiran kaum imigran di perkotaan menghidupkan transaksi perdagangan dengan munculnya berbagai sektor usaha. Kemudian di pelosok sektor pertanian yang semula dikelola secara tradisional berangsur berubah berkat adanya program transmigrasi. Kaum transmigran menghidupkan intensifikasi pertanian yang relatif jarang dilakukan penduduk asli.

Kesuksesan para pendatang akhirnya membuat Papua semakin diincar sebagai tanah perantauan baru. Semakin lama beberapa aktivitas wilayah didominasi  pendatang yang akhirnya penduduk asli pun  kalah bersaing. 

Tidak semua daerah menjadi konsentrasi pendatang. Daerah yang mengalami peningkatan paling banyak berada di Kabupaten Sorong, Mimika, dan  Kota Jaya Pura. Selain itu pendatang juga terlihat dengan cepat  menyebar di Kabupaten Manokwari, ibu kota Provinsi Papua Barat. 

Konsentrasi pendatang di daerah tersebut di dorong oleh daya tarik ekonomi mulai dari industri pengolahan minyak, pertambangan emas, pertanian, konstruksi, transfortasi dan jasa. 

Geliat ekonomi tersebut turut mendorong pertumbuhan perekonomian regional menjadi lebih baik. Tercatat produk regional (PDRB) tiap daerah konsentrasi pendatang rata-rata lebih dari Rp 3 trilyun, bahkan untuk Kabupaten Mimika rata-rata lebih dari Rp 40 trilyun per tahun. (Kompas, Sabtu, 30 Juni 2012).

Dominasi usaha bisnis oleh pendatang baru jelas terlihat di perkotaan, dimana kaum pendatang lebih unggul dalam berdagang. Bila umumnya kaum pendatang berdagang di kios-kios atau toko dengan dagangan aneka rupa kelontong mulai dari sembako, pakaian, alat-alat rumah tangga, maka warga asli Papua umunya menggelar dagangan mereka di emperan toko atau kios di lapak-lapak sederhana, mereka menggelar hasil pertanian seperti pisang, pinang, buah dan sayuran. 

Kendatipun jenis barang yang dijual kaum pendatang dan warga asli Papua kadang-kadang sama, namun dari segi teknik berdagang masih terlihat jauh perbedaannya. Para pendatang sudah menerapkan teknik hitungan melalui timbangan sehingga lebih terukur, warga asli masih menghitung dengan cara onggok demi onggok. 

Payung hukum untuk melindungi warga asli Papua yaitu UU Nomor 21/2001 tentang Otonomi Khusus (Otsus) belum berbicara banyak. Walau disana di jelaskan adanya keutamaan warga asli untuk mendapatkan pekerjaan berdasarkan pendidikan dan keahliannya, namun nampak belum memadai. Aspek politik seputar polemik otsus lebih cenderung berputar-putar pada masalah jumlah dana yang diperlukan untuk pembangunan Papua  bukan pada upaya pemberdayaan warga asli Papua agar memiliki daya saing menghadapi kesenjangan ekonomi.

Pekerjaan rumah terbesar pemerintah RI mendatang adalah mencari terobosan membangun sinergi kaum pendatang dan warga asli Papua. Semoga tidak terlambat penanganan masalah ini, karena terpinggirnya warga asli Papua dari kegiatan ekonomi jika dibiarkan akan berdampak negatif. 

Sunday, August 19, 2012

Meriam Raksasa Pontianak

Tradisi Unik Menyambut Lebaran



Tradisi unik masyarakat di tepi Sungai Kapuas, Kota Pontianak - Kalimantan Barat, yang masih terpelihara dalam menyambut Lebaran ialah lomba membuat dan membunyikan meriam karbit. Meriam yang dibuat bukan ukuran meriam buluh yang biasa disulut anak-anak, meriam ini benar-benar ukuran raksasa karena bisa mencapai ukuran 6 hingga 8 meter.

Meriam-meriam raksasa sebesar cakupan pelukan tangan dua orang dewasa itu dibunyikan berbarengan dengan berkumandangnya takbiran. Pada tahun ini, ada 269 meriam yang siap menggelegar di tepi sungai terpanjang di Indonesia itu. Meriam-meriam karbit ini berasal dari sejumlah kelompok pencinta permainan meriam karbit yang ditempatkan di 47 titik.

"Dulu, permainan meriam karbit ini berawal dari sejarah berdirinya Kota Pontianak dan saat ini menjadi tradisi yang sering dimainkan saat menyambut Lebaran," kata Wakil Walikota Pontianak, Paryadi,  (VIVAnews, Sabtu, 18 Agustus 2012).

Saat ini permainan meriam karbit terancam punah karena sulitnya bahan baku kayu akibat maraknya penebangan liar. Bahan meriam karbit ini ialah batang kayu berukuran besar dan lurus. Kayu yang dipilih biasanya dari kayu yang keras dan padat seperti Tembesu, Meranti, atau Ulin Belian. 

Warga memperoleh kayu log berukuran besar dari salah satu perusahaan pengolahan kayu di Kota Pontianak dan wilayah di Kalimantan Barat, warga membelinya seharga Rp2,5-5 juta rupiah per batangnya. Harga tersebut belum termasuk ongkos lainnya seperti rotan, karpet, ban, karbit, dan biaya pengerjaaan. Sehingga untuk pembuatan sebuah meriam karbit sangat dibutuhkan kerja sama semua warga termasuk bantuan para donatur.

Batang kayu log berukuran besar dibelah menjadi dua bagian dengan gergaji mesin dengan ukuran sama besar. Selanjutnya, bagian dalam kayu dikeruk menggunakan pahat, kapak, dan palu hingga membentuk setengah lingkaran. Setelah terbentuk setengah lingkaran, belahan kayu yang disatukan lagi dengan belahan lainnya, sehingga membentuk lubang yang besar memanjang dengan bantuan karpet, ban bekas, dan rotan sebagai pengikat untuk memperkuat dan ketangguhan meriam karbit. 

Sebuah meriam karbit raksasa di tepi Sungai Kapuas yang bertengger di atas panggung kayu untuk membunyikannya membutuhkan paling sedikit 100 kilogram karbit. Penasaran ingin mendengar gelegarnya? Datanglah ke Sungai Kapuas, di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. 

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1433H


SAAT BERMAAFAN






Tak selamanya bunga harum dan mempesona
Ada kala harus layu dan menjemukan
Ibarat kata yang terlanjur terucap dan melukai
Terkadang sulit memupus kecewa di hati
Karena canda yang terlalu
Atau lupa menyapa
Sungguh itu bukanlah sengaja
Untuk itu, sudilah kiranya tuanku memaafkan hamba 


Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1433H
Mohon Maaf Lahir dan Batin 


Puri Sunyi, 1 Syawal 1433H

Saturday, August 18, 2012

Lebaran, Mudik, Lalu Apa?

Tradisi Yang Tak Akan Mati



Kenapa harus bersusah payah untuk mudik dengan pertaruhan segala yang dimiliki? Tentu saja jawabannya tidak cukup satu baris kalimat sederhana atau bahkan dengan kalimat tambahan sebagai penjelas. Banyak sekali alasan yang diambil ketika seseorang harus mudik atau pulang kampung.

Pulang kampung yang lebih dikenal dengan istilah mudik itu ternyata menjadi milik semua orang karena suatu hari yang disebut lebaran. Di luar hari lebaran tentu saja banyak juga orang yang melakukan mudik, tapi mudik itu tidak menyita banyak perhatian media cetak atau elektronik, juga tidak menyita perhatian aparat pemerintah mulai dari Departemen Perhubungan sampai Polisi.

Selain karena ingin berkumpul dengan keluarga di kampung halaman, mudik bisa juga berarti mewartakan keberhasilan mengarungi kehidupan di perantauan. Hal ini didasarkan pada fakta banyak juga orang yang tidak ikut mudik karena belum berhasil. Bagi golongan yang belum beruntung ini menunda pulang kampung lebih terhormat daripada terlihat tidak berhasil di ibu kota.

Keberhasilan seseorang di rantau akan membawanya mudik ke kampung halaman untuk menjalani lebaran bersama kerabat dan handai taulan. Setelah mudik lalu mau apa? Tentu saja jawabnya kembali ke kota, meneruskan keberhasilan yang sudah diraih atau mengulang kembali perjuangan bagi yang belum berhasil. 

Beberapa saudara mungkin akan ikut serta mengembara mencoba peruntungan di tempat baru. Beberapa kerabat lain mungkin akan mencoba tetap tinggal dan menjalankan pola kehidupan kota yang diadopsi dari kisah pemudik yang sukses.

Perjalanan mudik sama sulitnya dengan perjalanan balik ke ibu kota. Tantangan selama perjalanan tidak berarti apa pun demi perubahan kehidupan ke arah yang lebih layak. 

Udik kembali sunyi, karena ibu kota menjanjikan seribu mimpi dan pesonanya. Seterusnya kehidupan di kota melakukan seleksi alam, siapa yang kuat dia yang akan menang. Termasuk siapa yang berkuasa, dia yang akan memimpin atau menyelewengkan jabatan. 

Kehidupan di kota memang banyak pilihan, semua terpulang lagi kepada kita mau jadi apa? 

Friday, August 17, 2012

Bahaya Komplikasi Penyerta Pada Diabetes

Gula Darah Dipertahankan Normal atau Mendekati Normal



Tidak bisa disembuhkan namun dapat dikelola, itulah diabetes. Penyakit degeneratif ini bila dikelola dengan baik akan membuat penderitanya tetap merasa sehat. Caranya adalah dengan pola makan sehat, mengurangi makanan manis, olah raga teratur, serta menjaga berat badan.

Prinsip utama pengelolaan diabetes adalah pengendalian kadar gula darah, karena kadar gula darah yang tinggii dapat menimbulkan berbagai penyakit komplikasi penyerta," kata Prof. Sri Hartini KS Kariadi, dokter spesialis penyakit dalam RS Hasan Sadikin Bandung.

Komplikasi penyerta akibat diabetes tidak dikelola dengan baik dapat berupa gangguan retina mata, gangguan syaraf, gangguan fungsi ginjal, kelainan sirkulasi darah tepi, penyakit kardiovaskuler, bahkan gangguan sirkulasi darah otak.

Sebelum terjadi komplikasi, diabetasi atau orang dengan diabetes, akan mengalami penurunan rasa sehat yang menimbulkan gejala hiperglikemia atau keadaan kadar gula darah tinggi. Keadaan gula darah tinggi ini akan memicu kinerja pankreas agar terus memproduksi insulin. Akibatnya, kondisi pankreas akan semakin tusak karena bekerja terlalu keras.

Selain mewaspadai hiperglikemia, penderita diabetes juga harus waspada terhadap kemungkinan terjadinya hipoglikemia atau kadar gula terlalu rendah. Kadar gula yang terlalu rendah bisa menyebabkan komplikasi penyerta yang membahayakan. Hipoglikemi yang sering berulang dapat menyebabkan gangguan otak seta irama jantung. 

Gejala hipoglikemia pada diabetasi antara lain tasa lapar luar biasa, berkeringat dingin dan banyak, serta jantung berdebar cepat dan gemetaran. Penurunan kadar gula pada diabetasi sifatnya mendadak dan tidak terjadi karena penyakit diabetes yang diderita namun seringkali diakibatkan oleh efek obat penurun kadar gula darah yang dikonsumsi seperti jenis insulin dan sulfonylurea, terlambat makan atau terlalu sedikit mengonsumsi makanan dan olah raga berat secara mendadak.

Apabila mengalami gejala-gejala tersebut, diabetasi disarankan segera meminum air gula atau mengonsumsi apa saja yang mengandung gula. Hipoglikemia harus segera ditangani karena dapat menyebabkan penurunan kesadaran yang bisa mengarah pada kematian. 

"Bila penderita hipoglikemia sampai tidak sadarkan diri, harus segera dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan suntikan dan infus glukosa," kata Prof. Sri Hartini.

Thursday, August 16, 2012

Mudahnya Masyarakat Tertipu Investasi

Waspadai Keuntungan Dalam Jumlah Tidak Wajar



Keuntungan yang menggiurkan, mudah didapat serta menjanjikan merupakan iming-iming modus penipuan berkedok investasi. Ciri yang mencolok dari investasi penipuan jenis ini biasanya memberikan keuntungan dalam jumlah yang tidak wajar seperti keuntungan 100 persen atau lebih dari modal yang ditanamkan.

Tidak mengherankan bila kasus penipuan berkedok investasi selalu terulang dari tahun ke tahun. Pengurus atau pemilik invesatsi melarikan diri karena di demo nasabahnya dan tidak dapat mengembalikan investasi sesuai tempo dan keuntungan yang pernah dijanjikan. Sebegitu mudahkah bangsa kita tertipu?

Penipuan dengan dalih investasi rupanya semakin canggih modusnya dan bahkan memanfaatkan juga jejaring sosial seperti facebook untuk menjaring nasabahnya. Seperti  Al-Amanah yang berdiri sejak Agustus 2011 dan diperkirakan memiliki 13 ribu investor di seluruh Indonesia dan sudah mengumpulkan dana nasabahnya hingga triliunan rupiah.

Salah satu korban penipuan investasi Al-Amanah  berinisial KA mengemukakan bahwa pimpinan perusahaan ivestasi itu adalah M. Soleh Suaidi. Praktik penipuan perusahaan itu dengan menjanjikan keuntungan 200 persen per bulan dari dana nasabah yang diinvestasikan. 

"Mereka menawarkan melalui Facebook dan situs resmi mereka dengan tawaran keuntungan 200 persen. Ini yang bikin kami mau ikut," kata KA, (VIVAnews, Rabu, 8 Agustus 2012)

Al-Amanah selain menawarkan paket reguler juga menawarkan investasi khusus untuk mendapatkan rumah, naik haji, mobil, hingga keliling dunia hanya dengan menyetorkan uang Rp500 ribu sampai Rp1 juta. Nasabah melakukan pembayaran melalui  transfer ke rekening konsorsium masing-masing. 

"Konsorsium ini berperan layaknya up-line dalam sistem jaringan multi level marketing (MLM). Keyakinan investor semakin menguat karena Al-Amanah sering mengadakan pertemuan antar investor di Bandung dan Denpasar yang juga dihadiri Suaidi," kata KA.

Para korban percaya dengan iming-iming tersebut, meski  mereka tidak pernah tahu kemana uang milik mereka akan diputarkan. Sementara, Al-Amanah tidak menjual produk dalam bisnis mereka.

Karena pembayaran yang mandek, sejumlah korban akhirnya mendatangi kantor Al-Amanah di Bandung. Namun, kantor itu sudah tidak ada. Dan bisa diduga ujung-ujungnya konsorsium perusahaan itu mengaku tidak bisa lagi membayar uang investasi nasabah. Korban investasi Al-Amanah ini tersebar di berbagai kota di Indonesia. Namun, paling banyak ada di Bandung dan Jakarta. 

Wednesday, August 15, 2012

Kisah Sepotong Roti

Teladan Bagi Para Pemimpin Bangsa


Kisah ini bukan sekedar dongeng pengantar tidur bagi anak-anak. Lebih jauh dari itu, kisah ini layak direnungkan saat menjalani i'tikaf di mesjid pada hari-hari menjelang berakhirnya ibadah puasa. Karena dari kisah yang sederhana ini, kita dapat memetik hikmah yang luar biasa.

Begini :

Khalifah Umar bin Abdul Aziz pada suatu ketika mendapat hidangan makan yang berbeda dari biasanya. Di meja makan terhidang sepotong roti yang masih hangat, berbau harum dan menerbitkan selera makan.

"Dari mana roti ini?" tanya Khalifah pada istrinya.

"Buatan saya sendiri. Tidak lain hanya untuk menyenangkan hati Anda yang setiap hari mengurus umat," jawab sang istri.

"Berapa kau habiskan uang untuk membeli terigu dan bumbu-bumbunya?" tanya Khalifah lebih lanjut.

Sang istri menjawab pertanyaan tetapi dengan menyimpan perasaan heran, "Hanya tiga setengah dirham."

"Aku perlu tahu asal usul benda yang akan masuk ke dalam perutku agar aku dapat mempertanggungjawabkannya ke hadirat Allah swt," kata Khalifah yang kemudian bertanya, "uang setengah dirham itu dari mana?"

"Setiap hari saya menyisihkan setengah dirham dari uang belanja yang Anda berikan, wahai Amiiru-lmu'miniin, sehingga dalam seminggu terkumpul tiga setengah dirham. Cukup untuk membeli bahan-bahan roti yang halaalan thayyiban," kata istri Khalifah menjelaskan.

"Baiklah kalau begitu. Saya percaya, asal usul roti ini halal dan bersih. Namun, saya berpendapat lain. Ternyata, biaya kehidupan kita sehari-hari perlu dikurangi setengah dirham agar kita tidak dapat kelebihan uang yang membuat kita mampu memakan roti atas tanggungan umat," jawab Khalifah Umar bin Abdul Aziz. "Saya juga akan berusaha mengganti harga roti ini agar hati dan perut saya tenang dari gangguan perasaan karena telah memakan harta umat demi kepentingan pribadi."

Hari itu juga Khalifah Umar bin Abdul Aziz mengeluarkan perintah kepada bendahara Baitu-lmaal untuk mengurangi belanja hariannya sebanyak setengah dirham. 

Semoga kita bisa mengambil suri tauladan dari kisah ini. Betapapun, menjadi pemimpin itu tidak mudah. Sekecil apapun jabatan pemimpin, pada suatu ketika akan dimintai pertanggujawaban.

Disunting dari Abqariyah Umar bin Abdul Aziz, karya Dr Mustafa Mahmud, oleh H Usep Romli HM (PR, 25 Juli 2012)

Tuesday, August 14, 2012

Tip Aman Mudik Dengan Sepeda Motor

Terapkan Prinsip Terlihat dan Melihat



Konvoi secara berombongan menggunakan sepeda motor dengan sesama teman sekampung halaman dalam rangka mudik tentu sangat menyenangkan. Namun, risiko kecelakaan juga mengancam pemotor yang tidak memperhatikan kondisi motor dan beberapa perilaku pemotor itu sendiri.

Agar suka cita, tenang dan ikhlas selama perjalanan maka niatkan tujuan silaturahmi dengan keluarga dan buah jauh-jauh rasa ingin tampil hebat di jalan raya. Ingat, jangan terburu-buru! Karena sikap itu justru yang meningkatkan risiko kecelakaan di jalan raya selama ini.

Sepeda motor yang akan digunakan untuk mudik juga harus dipersiapkan sebaik mungkin. Lakukan tune-up mesin, perhatikan tekanan angin ban, perhatikan juga kondisi accu, ganti suku cadang yang sudah tidak layak  dan pastikan sistem listrik dan sistem penggerak mekanikal berfungsi dengan baik.

Tools kit khusus bagi sepeda motor yang sudah dimodifikasi wajib dibawa agar mempermudah penanganan yang biasanya juga memerlukan peralatan tersendiri. Perlengkapan yang sifatnya umum bila dirasa memakan tempat tidak perlu dibawa karena tersedia di bengkel sepanjang perjalanan, termasuk juga spare parts.

Fisik pemotor sangat rentan benturan dengan jalan raya, untuk itu gunakan pelindung diri yang layak seperti helm, jaket, sepatu. Sebagai antisipasi perubahan cuaca sediakan jas hujan yang sesuai dan nyaman. 

Sebelum melakukan perjalanan pastikan kondisi fisik dalam keadaan prima. Minum suplemen bila perlu. Namun, hindari yang mengandung taurine dan cafein bagi yang tidak tahan karena akan membuat kondisi jantung menjadi tidak stabil. Beristirahat dengan segera di saat letih adalah pilihan bijaksana. 

Terpenting dari semua itu berdo'alah sebelum berangkat dan menyadari bahwa sepeda motor merupakan kendaraan kecil di antara kendaraan lain di jalan raya. Terapkan prinsip terlihat dan melihat dengan cara memakai pakaian yang menyolok, nyalakan lampu, gunakan isyarat suara dan posisikan sepeda motor di luar area blind spot kendaraan lain. 

Akhirnya, selamat jalan kawan.... sampai jumpa di kampung halaman! Minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin. Selamat hari raya Idul Fitri 1433H.

Sumber gambar : NTMC-KORLANTAS POLRI, lantas.polri.go.id

Monday, August 13, 2012

Maria TV, Saluran TV Untuk Wanita Mesir

Emansipasi Bagi Wanita Mesir Berniqab



Kesempatan kerja dan kebebasan berekspresi para wanita Mesir bercadar (niqab) yang sering termarginalkan semasa pemerintahan Presiden Husni Mubarak mulai menunjukkan eksistensinya. Bahkan mereka berani berkiprah di industri pertelevisian. 

Awal Ramadhan lalu sebuah saluran televisi satelit bernama 'Maria TV' mengudara dari sebuah apartemen kecil di Distrik Abbasiya. Tayang perdana televisi itu meluncurkan program-program siaran yang mengakomodasi berbagai kepentingan wanita, budaya dan anak-anak.  Nama 'Maria' diambil dari seorang wanita Kristen Koptik yang kemudian masuk Islam bernama Mariah al-Qibthiyah yang menikah dengan Nabi Muhammad saw.

Saluran televisi satelit Maria sepenuhnya dikelola oleh para wanita bercadar hitam, dengan hanya memperlihatkan bagian mata saja. Namun kiprah mereka di dunia pertelevisian mendobrak tradisi industri yang selama ini selalu bertaburan dengan wanita seksi dan bintang-bintang opera sabun.

Tampilan para wanita bercadar di televisi tentu saja tidak serta merta diterima. Bahkan ada yang berpendapat, jika wajah mereka tertutup tak ubahnya seperti mendengarkan radio. 

Selama bertahun-tahun media resmi Mesir melarang dan mengesampingkan wanita bercadar dari sorotan kamera, meski pun mereka memiliki pekerjaan di media televisi namun mereka tidak pernah di depan kamera. Adanya saluran itu menunjukkan bahwa wanita berniqab memang eksis di Mesir. 

"Tujuan utama dari saluran ini adalah untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa wanita bercadar juga dapat memiliki peran aktif di masyarakat, bisa sukses menjadi dokter, insinyur, atau pun suskes di media," ujar Abeer Shaheer kepala program saluran televisi itu seperti dilaporkan kantor berita AFP belum lama ini.

Studio Maria TV menegaskan bahwa stasiun televisinya bukan saluran televisi keagamaan, namun merupakan salah satu upaya untuk mengakomodasi kepentingan wanita. Kendati pun begitu, pakar media Mesir, Yasser Abdul Aziz, sangsi Maria TV akan mampu menarik banyak penonton. Sebab selama puluhan tahun, stasiun televisi yang paling laku adalah yang dikuasai Muslim moderat.

Sunday, August 12, 2012

Optimalisasi Mobil Mudik

Cara Cerdas Mudik dan Balik



Tradisi tahunan yang bernama lebaran di dalam kultur budaya masyarakat Indonesia identik dengan ketupat dan mudik. Sepertinya tidak afdal jika tidak berlebaran dengan keluarga atau keluarga besar, maka untuk itu mudik merupakan upaya agar bisa berlebaran dengan keluarga dan handai tolan.

Perjalanan jauh dengan menggunakan mobil tentu memerlukan persiapan yang optimal agar perjalanan lancar hingga ke kampung halaman dan bisa menyambut lebaran bersama sanak saudara. Supaya perjalanan tetap nyaman dan aman, ada baiknya mempersiapkan kendaraan seperti langkah berikut ini.

1. Tune Up
Kondisi mesin mobil perlu disegarkan dengan tune up agar dapat menempuh perjalanan jauh dengan aman. Perfoma mesin yang tidak prima selalu akan jadi hambatan ketika harus melintasi jalanan yang tidak rata dan menanjak.

2. Ganti Oli
Panas yang berlebihan pada mesin atau overheating bisa disebabkan oli yang telat diganti. Maka ganti oli dengan yang baru untuk memperlambat proses pemanasan mesin karena semakin tinggi beban mesin kendaraan, semakin tinggi mengalami overheating, terutama jika mobil membawa penumpang dengan kapasitas penuh, dengan jarak tempuh yang jauh serta sering melintasi kemacetan dan jalan yang buruk.

3. Suspensi Mobil
Ketika melakukan perjalanan jarak jauh atau mudik, kendaraan mutlak memerlukan suspensi yang bekerja dengan baik. Kapasitas penumpang penuh akan membebani suspensi belakang sebagai penahan berat kendaraan dan membebani suspensi depan sebagai pengendalian kendaraan.

4. Ban
Tekanan pada ban sangat mempengaruhi handling kendaraan, selain itu ban berfungsi juga sebagai suspensi.   Agar kendaraan memiliki handling yang baik untuk berkendara jarak jauh, pastikan kendaraan telah melewati proses spooring dan balancing. 
Tekanan ban berpenumpang penuh dianjurkan 30-32 psi, dan membawa ban cadangan dengan tekanan lebih tinggi agar saat digunakan takanan ban tidak kurang dari 30 psi.

5 Rem
Pastikan rem bekerja dengan baik dengan memperhatikan kanvas rem, sistem caliper, sil dan master rem dalam kondisi baik juga. Ganti minyak rem dengan dot yang memiliki grade tinggi (dot 4 misalnya) yang memiliki daya cengkram lebih stabil untuk semua kondisi temperatur. 

Setelah kondisi kendaraan isap mudik, persiapkan juga mental pengemudi. Kemacetan di jalan akan mempengaruhi kondisi mental dan fisik pengemudi, untuk itu sekedar informasi agar tidak tejebak dalam antrian panjang di jalan yang melelahkan pertimbangkan untuk menghindari mudik pada puncak arus mudik dan juga puncak arus balik. 

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan memperkirakan puncak arus mudik Lebaran akan terjadi pada tanggal 16 Agustus atau H-3. Sementara puncak arus balik diperkirakan H+4 atau tanggal 24 Agustus hingga H+5 tanggal 25 Agustus 2012.

Saturday, August 11, 2012

Khasiat Jahe Bagi Kesehatan

Tanaman Obat Keluarga



Tanaman obat terkenal Jahe atau Zingiber officinale telah digunakan sejak lama dalam keluarga. Ayurveda, praktek medis tradisional India juga menggunakan ratusan obat-obatan yang dibuat dari jahe. Bahkan tempat asal mula jahe juga disebutkan dari India dan nama jahe berasal dari kata Tamil,  inji ver.

Di India, terutama di daerah pedesaan jahe digunakan sebagai obat terbaik untuk flu dan dingin dan sangat efektif. Jahe juga bermanfaat mengatasi berbagai penyakit lainnya dan berbagai penelitian telah menemukan sejumlah manfaat obat dari akar ini. Berikut adalah beberapa manfaat yang baik jahe bagi kesehatan.

• Teh dengan jahe di dalamnya dapat mengatasi flu dan dingin. Selain itu juga jahe bermanfaat dalam menyembuhkan keracunan makanan dan sakit perut.

• Penelitian terbaru telah membuktikan bahwa jahe memiliki potensi menjadi obat kanker di masa depan terutama untuk menyembuhkan kanker ovarium, kanker umum di kalangan wanita.

• Penelitian lain telah menunjukkan bahwa jahe merupakan obat yang sangat berhasil mengobati kanker usus besar. Menurut penelitian memperlambat pertumbuhan sel kanker kolorektal, mencegah kanker usus besar.

• Jahe adalah obat yang baik untuk diare penyebab utama kematian bayi di berbagai negara.

• Jahe juga sama efektif untuk menyembuhkan mual akibat mabuk laut atau sering mual di pagi hari pada ibu hamil.

• Di beberapa daerah bir jahe juga digunakan untuk membuat sistem pencernaan tubuh bekerja lebih baik dan juga disebut sebagai pemukim perut.

• Jahe juga bermanfaat sebagai obat penghilang rasa sakit dan memberikan kenyamanan dari berbagai macam rasa sakit dan peradangan.

• Karena kemampuannya untuk menghentikan prostaglandin sebagai penyebab rasa sakit dan peradangan pada pembuluh darah, jahe juga digunakan untuk  mengatasi migrain.

• Jahe memiliki juga kemampuan untuk mengurangi kemungkinan kerusakan ginjal atau nefropati bagi orang-orang penderita diabetes.

• Jahe dipercaya merupakan obat yang baik untuk menghilangkan kram menstruasi dan juga membantu dalam menyembuhkan dari siklus haid tidak teratur terutama di kalangan gadis remaja.

Dengan manfaat ajaib secara medis, maka jahe harus tersedia di setiap rumah tangga. Jika Anda tidak menderita dari salah satu penyakit yang disebutkan di atas, Anda dianjurkan menggunakan jahe secara teratur untuk menjaga kesehatan Anda tetap prima.

BACA JUGA:
Figur Alternatif Calon Presiden?
Perangkap Untuk Virus Worm
Situs Porno, Demokrasi dan Pohon Bonsai
Faktor Utama Kecelakaan Lalu Lintas
Julukan VW Beetle di Berbagai Negara
Guru Kompeten Adalah Guru Sejahtera
Kelly Brook Ikon Bersepeda Sky Ride
Cara Membagi Prioritas THR