Friday, November 30, 2012

Komparasi Google Nexus 7 dan iPad Mini

 Google menggandeng vendor Asus



Komputer tablet saat ini masih dirajai oleh iPad. Bahkan, iPad telah menjadi merek generik yang kuat mewarnai pasar sehingga banyak vendor yang berusaha mengdopasi fitur yang dimilikinya. 

Google, sebagai raja internet pun ternyata atak mau tinggal diam. Ketika Apple merilis iPad Mini, muncullah Google Nexus 7. Harganya memang tidak sepadan (iPad Mini Rp 5 juta dan Nexus 7 Rp 2,8 juta), namun kedua merek besar ini layak dibandingkan. Komparasi keduanya dari segi desain layar, aksesori dan kemampuan internet adalah sebagai berikut.

Desain dan Layar

Layar Nexus 7 berukuran pas 7 inci, sedangkan iPad Mini 7,9 inci, perbedaan ini tidak terlihat jelas saat keduanya dioperasikan. 

Google menggandeng vendor Asus, tablet mereka terasa cantik dari sisi tampilan. Tombol menu yang disisipkan terasa fungsional, selain letaknya pas juga mudah digunakan. Sementara desain iPad Mini yang layak diperhatikan adalah pas digenggaman, juga rasio layar yang tetap 4:3 sehingga memungkinkan semua aplikasi iPad seri terdahulu bisa dijalankan di versi terbaru ini.

Aksesori

Google Nexus 7 tidak menyematkan kamera di bodi belakang tablet, juga tanpa slot memori eksternal. Namun, kejanggalan ini ditutupi oleh eksistensi memori internal 32 GB. Fitur multimedia lengkap, Google Play Music dilengkapi equalizer dan kemampuan memutar seluruh format video. Sebaliknya, iPad Mini dilengkapi kamera belakang 5 MP dan kamera depan 1,2 MP ditambah perekam video kualitas HD. Kekurangannya adalah tidak dilengkapi lampu flash dan memori eksternal. Menu multimedia lain tidak jauh beda dengan Nexus 7.

Internet

Sisi  unggulan keduanya dan nyaris sama, keduanya hanya bisa dijalankan akes WIFI (bukan oleh SIM card biasa). Dengan prosersor dual core 1 Ghz dan RAM 512 Mb di iPad Mini, menu internet tentu mudah dijalankan. Seperti SIRI, menu pencarian semacam Google Search, kini terasa lebih baik dari konten sebelumnya. Juga menu favorit yang siap memuaskan pemiliknya seperti Facebook, Twitter, iTunes, iBook dan App Store.

Nexus 7 hadir dengan sistem Android mutakhir, Jelly Bean, didukung prosesor 1,3 Ghz dan RAM 1 Ghz. Maka, fitur canggih seperti Google Asistant, Say it Offline, Google Now, dst penggunaannya terasa semakin lancar.

Thursday, November 29, 2012

Top 100 Global Thinkers

Sri Mulyani menyarankan mengunakan model Indonesia



Top 100 Global Thinkers atau seratus pemikir top dunia yang dilansir Foreign Policy periode November - Desember 2012 menempatkan Mantan Menteri Keuangan RI 2005 - 2010, Sri Mulyani sejajar dengan tokoh-tokoh dunia seperti Presiden AS Barack Obama, Aung San Suu Kyi, Hillary Clinton, Bill Gates, hingga George Soros.

Sebelumnya, Sri Mulyani juga masuk jajaran wanita berpengaruh versi Majalah Forbes. Dia juga pernah masuk dalam deretan wanita berpengaruh versi Majalah Foreign Policy edisi Mei - Juni 2012. Dalam daftar diberi judul "The Most Powerful Women You've Never Hear Of", Sri Mulyani berada pada urutan ke-18 dari 25 perempuan paling berpengaruh di dunia.

Sri Mulyani, saat menjabat Menteri Keuangan berhasil melakukan berbagai langkah yang dinilai membawa perubahan positif bagi Indonesia, tulis Majalah Foreign Policy, Selasa (27 November).  

Kiprah Sri Mulyani bisa dikatakan berada di "garis keras". Sebagai Menteri Keuangan Indonesia periode 2005 - 2010, banyak dihujani pujian untuk pemikiran reformasinya yang tangguh. Mulai dari memecat pejabat pajak yang mengorup penghasilan wajib pajak hampir empat kali lipat, sampai membantu 250 juta  penduduk Indonesia keluar dari krisis keuangan global dengan tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata enam persen.

Sri Mulyani pun dinilai mampu mempertahankan pertumbuhan ekonomi 6 persen di tengah krisis finansial global, dengan pemikiran sederhana, seperti pemotongan fiskal dengan beberapa kebijakan untuk mendorong pertumbuhan. Sementara peningkatan perdagangan, investasi, dan inovasi dalam negeri juga terus ditingkatkan.

Saat ini, Sri Mulyani menjadi satu-satunya wanita paling senior di Bank Dunia, yang menjajakan pemikirannya ke seluruh dunia. Sri Mulyani banyak menawarkan nasihat tentang pertumbuhan ekonomi bagi negara-negara berkembang untuk meniru keajaiban Indonesia. 

Menurut Sri Mulyani, Indonesia adalah negara yang memiliki pertumbuhan konsumer tercepat ketiga di dunia setelah Cina dan India. Bahkan, diperkirakan akan melampaui masyarakat Inggris dan Jerman, untuk menjadi negara ke tujuh terbesar ekonomi dunia pada 2030.

Pada sebuah pidato di Beijing bulan Maret 2012, Sri Mulyani memperingatkan bahwa kebangkitan Cina bisa dalam bahaya, kecuali diperbolehkan bersaing lebih dan lebih. Kemudian, mengenai utang Eropa, menurutnya, negara-negara seperti Yunani dan Spanyol harus mendapatkan neraca yang seimbang dalam membangun ekonomi mereka. Bahkan, Sri Mulyani menyarankan mengunakan model Indonesia.

Wednesday, November 28, 2012

Cara Mengatasi Pegal-Pegal

Vitamin B1 sering disebut sebagai vitamin antri stres.



Pegal-pegal adalah gangguan yang lumrah terjadi yang dialami banyak orang. Sebagian yang lain malah mengalami pegal-pegal begitu sering. Karena dianggap biasa, pegal-pegal jadi sering diabaikan. Meski pegal-pegal bukan gangguan kesehatan yang serius, namun berbagai aktivitas bisa terganggu dan produktivitas bisa menurun.

Salah satu penyebab terjadinya pegal-pegal bisa akibat kekurangan (defisiensi) vitamin B1 atau tiamin. Vitamin B1 merupakan salah satu dari vitamin B kompleks. Vitamin B1 berperan penting dalam metabolisme gula, karbohidrat, lemak dan protein menjadi energi. 

Gejala yang timbul akibat kekurangan vitamin B1 adalah tubuh pegal-pegal, karena metabolisme karbohidrat serta fungsi saraf terganggu. Sumber vitamin B antara lain beras merah, oat dan kacang pohon (kenari, dll).

Vitamin B merupakan vitamin yang larut dalam air, maka tidak dapat disimpan dalam tubuh sehingga harus dikonsumsi setiap hari. Secara teori, efeknya dalam tubuh bertahan selama 14-18 jam setelah dicerna. Gejala kekurangan vitamin yang larut dalam air jauh lebih cepat muncul dibandingkan gejala kekurangan vitamin larut lemak, umumnya gejala mulai terlihat dalam empat minggu.

Vitamin B1 menjaga fungsi otot dan sistem saraf, terutama sistem saraf perifer atau tepi (saraf selain otak dan tulang belakang). Vitamin B1 sering disebut sebagai vitamin antri stres, karena dapat meningkatkan sistem imun dan memperbaiki kemampuan peranan tubuh dalam kondisi stres.

Jika merasa asupan makanan sehari-hari kurang sumber vitamin B1, dianjurkan mengonsumsi suplemen vitamin B1. Namun, berkonsultasilah dengan dokter sesegera mungkin untuk mendapat petunjuk selengkapnya tentang suplemen vitamin B1 yang cocok untuk keluhan Anda. 

Tuesday, November 27, 2012

Mengapa Jual Beli UU?

MK tidak pernah menyebut kalau BP Migas itu korupsi.



Pembatalan sebagian pasal pada UU No. 22 Tahun 201 tentang Minyak dan Gas Bumi (UU Migas) oleh Mahkamah Konstitusi berujung pada pembubaran Badan Pelaksana Kegiatan Hulu Migas (BP Migas). Sesuai dengan bunyi Putusan MK, untuk sementara hingga UU baru dibentuk, fungsi BP Migas akan dijalankan oleh oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM). MK berharap agar proses pembuatan UU pengganti UU Migas nanti dirumuskan dengan baik demi kesejahteraan rakyat sesuai kosntitusi.

Keputusan yang dikeluarkan Majelis Hakim MK pada 13 November 2012 membuat pemerintah kalangkabut sebab pembubaran BP Migas itu dinilai akan membuat investor asing di bidang ini menjadi terhambat. Guna menghindari itu semua, pemerintah mengeluarkan Peraturan Presiden (Prepres) Nomor 95 Tahun 2012 tentang Pengalihan Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi yang ditandatangani Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono pada Selasa, 13 November 2012.

MK dibentuk tahun 2003, merupakan buah reformasi yang digulirkan sejak 1998. Sejak lahirnya MK, masyarakat pun berani dan sering melakukan gugatan atau uji materi terhadap sebuah UU yang dinilai tidak sesuai dengan konstitusi, yaitu UUD 1945. 

Ketua MK Mahfud MD menjelaskan pada konferensi pers seuasi menerima Kanselir Republik Federal Jerman Angela Merkel di Gedung Mahkamah Konstitusi, 17 Juli 2012, bahwa sejak 1945 sampai 2003, tidak ada undang-undang (UU) yang dibatalkan. Setelah 2003, MK menguji 460 UU yang diajukan berbagai kelompok dan masyarakat dan membatalkan 138 kali.  

Menurut Ketua MK Mahfud MD, ketidakbenaran UU selama ini disebabkan oleh beberapa hal. Pertama, karena political trade off, tukar menukar. Anda ingin ini, ingin itu, ayo komprominya begini. Kedua, karena jual beli, dikendalikan oleh luar dan dibeli. Saya pesan pasal ini, pasal itu, ini yang membuat ribut ketika diungkap MK, padahal itu fakta di pengadilan dari orang-orang yang dihukum dan sekarang sedang diadili. Ketiga, Tidak profesional, anggota DPR tidak faham latar belakangnya. (PR, 26 November 2012)

Mahfud MD menjelaskan, memang ada UU yang dulunya bagus namun ternyata dalam praktiknya menimbulkan jelek. Seperti UU Migas, dulu maunya bagus, tetapi ternyata menimbulkan inefisiensi luar biasa. Inefisiensi dalam bahasa hukum tatanegara saja, karerna dalam bahasa hukum pidana akan menjadi bahasa lain, menjadi bahasa korupsi. MK tidak pernah menyebut kalau BP Migas itu korupsi, karena yang boleh menyebut itu adalah KPK atau kejaksaan. Tetapi substansi pemborosan itu MK menyebutnya inefesiensi dan alasan pembatalan UU itu karena tidak sesuai dengan tujuan negara untuk menyejahterakan rakyat. Sumber daya alam yang dimiliki, tapi rakyat tidak kebagian apa-apa dan dirugikan terus.


Monday, November 26, 2012

Penyebab Buruh Tidak Sejahtera

Tuntutan buruh dinilai pengusaha terlalu tinggi 



Kapan buruh merasa sejahtera karena upahnya? Selama ini, buruh selalu ditempatkan sebagai pihak yang daya tawarnya rendah sedangkan pengusaha sebaliknya.

Tercapainya penetapan upah buruh selalu menempuh jalan berliku. Unjuk rasa berkali-kali dengan pengerahan anggota sampai puluhan ribu digelar untuk menekankan tuntutan kenaikan upah. Tentu aksi-aksi seperti itu tidak disukai kalangan pengusaha karena produksi menjadi terhenti.

Belum ditemukan penyebabnya, mengapa sengketa besaran upah antara buruh dan pengusaha di Indonesia tidak bisa diselesaikan secara tuntas. Memang beberapa kali tercapai kesepakatan, namun sifatnya hanya sementara yang mengakibatkan kerugian pada semua pihak.

Beberapa waktu lalu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengesahkan penetapan upah minimum kabupaten/kota Provinsi Jawa Barat melalui SK Gubernur Nomor 561/Kep.1405-Bansos/2012 di Bandung, Rabu malam (21/11), namun Aspindo menolaknya karena menilai cacat hukum. Alasannya, ada beberapa daerah yang merevisi nilai ajuan UMK tanpa menempuh prosedur yang benar.

Penetapan upah yang pada awalnya sudah disepakati berbagai pihak termasuk Dewan Pengupahan setempat, ternyata tidak bisa diterima oleh kalangan pengusaha, terutama kelas menengah ke bawah. Asosiasi Pengusaha Indonesia (Aspindo) telah sepakat untuk menempuh jalur hukum, sedangkan kalangan buruh meminta agar proses tersebut tidak ditempuh oleh pengusaha. Jika pengusaha menempuh prosedur hukum maka masalah penetapan upah buruh akan menjadi berkepanjangan.   

Dalam penetapan upah buruh, pemerintah berperan  untuk mempertemukan kepentingan kedua belah pihak agar terakomodasikan. Namun, selama ini pemerintah terkesan tidak netral dan justru ikut bermain. Terbukti dengan adanya sisi gelap yang tetap dibiarkan, yang oleh pengusaha biasa disebut biaya siluman dimana pengusaha harus membayar biaya-biaya tambahan kepada berbagai pihak, terutama saat menyelesaikan perizinan. 

Jika pemerintah bersikap tegas menghilangkan biaya-biaya siluman yang jumlahnya tidak sedikit, tentu persoalan upah buruh tidak akan rumit seperti sekarang. Pemerintah boleh menepis adanya biaya siluman ini, namun para pengusaha tentu mempunyai bukti-buktinya.

Pemerintah tidak boleh membiarkan sengketa upah buruh setiap waktu bisa dijadikan alasan terjadinya unjuk rasa buruh yang jelas-jelas merugikan semua pihak. Sebenarnya tidak ada hal baru dalam sengketa upah buruh. Tuntutan buruh dinilai pengusaha terlalu tinggi sehingga berat terpenuhi, sedangkan buruh merasa upah yang diterima selama ini tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup yang layak.

Iklim usaha yang aman dan nyaman menjadi hal yang tidak dapat ditawar lagi, hal ini hanya dapat dicapai dengan menerbitkan undang-undang perburuhan yang tidak asal jadi. Mungkinkah?

BACA JUGA :
Mengubah Udara Menjadi Bensin?
Paradoks Jokowi Sebagai Kearifan Lokal
Mengapa KPK dan DPR Tidak Sejalan di Mata Konstitu...
Mengenal Peradaban Suku Maya
Siapa Paling Bertanggungjawab Atas Bank Century?
Ramalan Hari Kiamat Tahun 2012?

Sunday, November 25, 2012

Mengubah Udara Menjadi Bensin?

Lebih jernih dan bersih dibanding dengan bahan bakar fosil.



Air Fuel Synthesis (AFS), perusahaan asal Inggris, mengembangkan sebuah teknologi yang mampu mengubah udara menjadi bensin. Hal tersebut dicapai dengan mengambil karbon dioksida dari udara dan hidrogen dari air, kemudian menggabungkan kedua elemen itu menjadi bensin.

Sejak Agustus lalu, AFS sudah mengaktifkan kilang berskala kecil  yang menghasilkan sekitar lima liter bensin dari CO2 dan uap air. Hingga sekarang, perusahaan yang berlokasi di Stockton-on tees, Inggris, masih bersandar pada jaringan listrik nasional sebagai sumber energi. Mereka berencana membuka kilang dengan skala lebih besar yang sudah memanfaatkan pembangkit listrik komersial dan mampu menghasilkan satu ton bensin perhari.

"Pada akhir tahun 2014, kami dapat memproduksi bensin menggunakan energi yang bisa di daur ulang dalam bisnis komersial asalkan mendapat dana yang dibutuhkan," kata CEO AFS Peter Harrison. (The Independent).

Peter menjelaskan bahwa bensin yang dihasilkan dapat langsung digunakan dalam kendaraan tanpa menambah zat aditif atau perangkat adafter. Walaupun memiliki wujud dan bau yang sama dengan bensin biasa, bensin kembangan AFS lebih jernih dan bersih dibanding dengan bahan bakar fosil.

Rencana awal AFS adalah menghasilkan cairan tambahan untuk meningkatkan performa kendaraan balap. Teknologi itu juga ideal untuk wilayah terpencil yang memiliki banyak sumber energi yang bisa di daur ulang, seperti surya, kincir angin, atau energi ombak, tetapi tidak memiliki cara untuk menyimpannya.

Saturday, November 24, 2012

Paradoks Jokowi Sebagai Kearifan Lokal

Kalau selama ini Jokowi selalu turun ke bawah, kapan akan naik ke atas?



Terpilihnya Jokowi sebagai Gubernur Jakarta merupakan sebuah paradoks. Paradoks yang ditolak dunia modern, namun bagi kearifan lokal justru menjadi kebenaran ultima.

Jokowi ibarat orang pedalaman yang ingin memimpin kota metropolitan. Jelas, cara pandang modern akan menolaknya karena paradoks. Hal yang mustahil dan dipastikan akan gagal. Namun, justru manusia paradoks ini yang dipilih rakyat. Lalu, siapa yang tidak waras? Tulis budayawan dan esais Jakob Sumardjo di sebuah kolom harian PR 21 November 2012.

Ketika menjabat Wali Kota Solo, Jokowi pernah berselisih dengan gubernurnya karena berani menentang rencana gubernurnya untuk suatu tindakan di kotanya. Sebagai bawahan berpembawaan paradoks, Jokowi menilai dirinya benar. Menurut pemikiran birokrasi modern, tindakannya salah karena tak mematuhi atasan.  

Setelah terpilih dan dilantik sebagai gubernur, Jokowi keluyuran masuk-keluar kampung kumuh dan terminal-terminal kotor untuk mengetahui jati dirinya sebagai pemimpin Jakarta. Tindakannya yang "tidak waras" ini sesuai dengan ajaran Raden Mas Panji Sosrokartono, kakak Raden Ajeng Kartini, yang menyatakan bahwa, "Belum menang kalau belum berani kalah, belum unggul kalau belum berani rendah, belum besar kalau belum mengaku kecil."

Terdapat alasan mengapa Jokowi menolak pengawalan-perintis menembus kemacetan kota Jakarta yang legendaris, yakni bagaimana Anda dapat mengurai kemacetan kalau Anda sendiri belum pernah merasakan jadi korban kemacetan? Pemimpin sejati adalah guru sejati. Anda menghayati arti kemacetan setelah kembali ke kantor gubernur.

Jakarta adalah mikro-Indonesia. Memerintah Jakarta sama rumitnya dengan memerintah Indonesia. Memerintah Jakarta dan Indonesia, kalau dijalankan seperti  pola raja-raja masa lampau, hukum dari atas (raja atau dewa atau bahkan Tuhan), yang terjadi adalah yang selama ini kita alami, peraturan memproduksi masalah, bukan memecahkan masalah. Hukum itu muncul dari bawah, dari konteks nyata, karena masalah itu memang nyata. Kalau selama ini Jokowi selalu turun ke bawah, kapan akan naik ke atas, karena golongan menengah dan atas itu rakyatnya pula.

Fenomena paradoks Jokowi diharapkan membawa angin segar kepemimpinan di Indonesia. Sejak zaman dahulu kala rakyat selalu dijajah oleh para pemimpinnya sendiri. Kehendak pemimpin itulah yang harus terjadi, bukan kehendak rakyat. Akibat tidak adanya pemimpin yang bertanya tentang apa yang dikehendaki, rakyat sering menggunakan kekuatan masing-masing untuk mencapai apa yang mereka inginkan. Bentrok antarkampung, antaragama, antarpelajar dan mahasiswa terjadi karena tidak adanya saluran menyampaikan keinginan dan kebutuhan mereka kepada otoritas yang mau mendengarkan.

Disarikan dari Pradoks Jokowi, Jakob Sumardjo, PR 21 November 2012

Friday, November 23, 2012

Mengapa KPK dan DPR Tidak Sejalan di Mata Konstitusi?

"Equality before the law, kedudukan semua orang sama di depan hukum,"



Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad, menegaskan adanya keterlibatan Wakil Presiden Boediono dalam kasus Bank Century. Namun, Abraham tidak menyebutkan peran Boediono secara detil. Abraham hanya menyebutkan, kalau peran Boediono pasti ada dalam pemberian Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek selaku gubernur Bank Indonesia. (PR, 22 November 2012).

Abraham menegaskan, KPK tidak pernah ragu memeriksa siapa pun walaupun yang bersangkutan menjabat sebagai wakil presiden. "Equality before the law, kedudukan semua orang sama di depan hukum," ujarnya.

Abraham membantah kesangsian bahwa KPK tidak mampu mengusut Boediono karena jabatannya sebagai wakil presiden. Abraham berpendapat, jika ingin memakai hak menyatakan pendapat terhadap Boediono, DPR tidak perlu menunggu KPK menetapkan Boediono sebagai tersangka. 

Sebagai klarifikasi pernyataannya terdahulu di depan Timwas Century, Abraham menegaskan, KPK tidak pernah menyebutkan bahwa KPK tidak mampu melakukan pengusutan dan pemeriksaan terhadap Wapres Boediono. Yang Ia sampaikan adalah dalam konteks ketatanegaraan dan konstitusi, bahwa DPR bisa saja langsung melakukan penyelidikan dan penyidikan tanpa harus menunggu penetapan tersangka terhadap Boediono oleh KPK kalau beraitan dengan hak menyatakan pendapat atau pemakzulan.

Menurut Abraham, DPR tidak perlu mendesak KPK untuk menetapkan Boediono sebagai tersangka. DPR bisa mengambil langkah sendiri tanpa harus menunggu KPK. "Konstitusi kita mengatakan, DPR dapat segera melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap Boediono tanpa harus menunggu penetapan tersangka dari KPK," ujar Abraham.

Sementara itu, anggota Tim Pengawas Bank Century DPR, Bambang Soesatyo, menganggap penanganan proses hukum Bank Century oleh KPK, khususnya terhadap Boediono, sudah selesai. Proses selanjutnya berada di DPR melalui mekanisme hak menyatakan pendapat (HMP), sebelum sampai ke Mahkamah Konstitusi. 

Thursday, November 22, 2012

Mengenal Peradaban Suku Maya

Suku Maya adalah kelompok suku yang tinggal di semenanjung Yucatan



Nama Suku Maya menjadi demikian terkenal sejak ramalan kiamat 2012 menjadi topik hangat dunia. Ramalan berdasarkan kalender Suku Maya itu memiliki perhitungan matematik yang masuk akal dan didukung pendapat-pendapat  ilmiah sejumlah ilmuwan. 

Suku Maya adalah kelompok suku yang tinggal di semenanjung Yucatan, Amerika Tengah yang berbatasan dengan Samudra Pasifik di sebelah barat, dan Laut Karibia di sebelah timur. Suku ini diakui dunia atas prestasi mereka dalam bidang arsitektur, seni, matematika dan ilmiah.

Mereka mampu membangun monumen batu dan piramida dengan desain konstruksi yang demikian rumit menggunakan rumus-rumus perhitungan yang tepat. Sementara, pada waktu itu, mereka belum mengenal segala peralatan modern yang dapat mempermudah pembangunan tempat-tempat pemujaan tersebut.

Peradaban Suku Maya Kuno berawal pada zaman es keempat, sekitar 60.000 tahun lalu. Waktu itu banyak air laut yang terperangkap di dalam es, sehingga permukaan laut masih rendah. Sebuah jembatan yang menghubungkan benua Asia dan Amerika kemudian dibangun di Selat Bering. Sebuah sumber menyebutkan,  bahwa manusia pertama kali mencapai Amerika Tengah pada 15.000 tahun lalu.

Pada 8.000 SM, iklim menghangat dan es mencair. Hal ini memungkinkan mereka mengonsumsi daging dan sayuran. Sejarah mencatat dari 8.0000 - 2.000 SM, penduduk Amerika Tengah menggantungkan hidup dengan bercocok tanam. Menjelang akhir periode ini, beberapa desa Suku Maya bermunculan, bersamaan dengan ditemukannya tembikar dan keramik.

Populasi Suku Maya berkembang pada periode praklasik, yaitu tahun 1500 - 300 SM, seiring pertumbuhan kota besar dan perkembangan Bahasa Suku Maya. Namun, Suku Maya mengalami kejayaan pada periode klasik (tahun 250 - 900 M). Mereka menghasilkan berbagai bentuk karya bangunan (Chicken Itza), pertanian (kanal drainase), sumur atau cenotes, serta di bidang pertanian jagung dan lateks.

Pada masa itu, Suku Maya menyempurnakan sistem kalender, bahasa tulis. Tulisan mereka menggunakan gambar dan simbol yang disebut glyph. Mereka juga meruntuhkan bangunan dan kuil lama untuk membangun kuil baru di atasnya. Berbagai peristiwa penting mereka rekam dalam ukiran, seperti yang dapat kita temukan di Quiriga, dekat Rio Dulce. Banyak pendapat mengemukakan bahwa peradaban Suku Maya memiliki kesamaan dengan peradaban Mesoamerika lain, yang disebabkan oleh tingginya interaksi dan difusi budaya.

Sekitar 650 SM, peradaban Teotihuacan yang memiliki pengaruh kuat terhadap kehidupan Suku Maya mengalami keruntuhan, sehingga Suku Maya mencoba mengatasinya dengan pengembangan seni, astronomi dan agama. Upaya ini berhasil, Suku Maya mampu mengukur orbit benda langit dengan tingkat akurasi luar biasa. Selain itu, mereka juga berhasil menciptakan karya-karya seni besar berbentuk gerabah dan giok.

Peradaban Suku Maya runtuh pada 750 M, dipicu oleh perubahan iklim tropis atau kekurangan bahan pangan. Pada 830 M, pembangunan kota berhenti, dan penduduk berangsur-angsur meninggalkan kota untuk tinggal di dataran yang lebih tinggi, tempat bahan makanan lebih mudah ditemukan. Kondisi yang masih bertahan hingga saat ini.

Bangsa Maya tidak pernah punah. Saat ini, Suku Maya dan keturunannya membentuk populasi yang masih mempertahankan tradisi dan kepercayaan, sebagai akulturasi dan ideologi yang diadaptasi sejak zaman Pra-Columbus dan pos pendudukan. Mereka masih menggunakan bahasa Maya. Pengaruh Maya dapat ditemukan hingga Meksiko Tengah, atau lebih dari 1000 km dari pusat peradaban Suku Maya. (Dari bebagai sumber).

BACA JUGA :
Siapa Paling Bertanggungjawab Atas Bank Century?
Ramalan Hari Kiamat Tahun 2012?
Hati-Hati Jajan Sembarangan!
Ketika Budaya Antri di Jalan Hilang
Tips Memilih Partner Bisnis
Bisnis Sesuai dengan Hobi
Tiga Pilar Menjaga Kesehatan

Wednesday, November 21, 2012

Siapa Paling Bertanggungjawab Atas Bank Century?

DPR tidak perlu lagi menyelidiki Boediono karena masih banyak kerjaan.



Sebagian besar Tim Pengawas Bank Century DPR mendesak untuk segera menggulirkan hak menyatakan pendapat (HMP) terhadap Wakil Presiden Boediono karena bekas orang nomor satu di Bank Indonesia itu dianggap sebagai orang yang paling bertanggungjawab dalam kasus Bank Century.

"HMP menjadi pilihan yang tidak bisa dihindari mengingat Ketua KPK Abraham Samad mengatakan lembaganya, sesuai ketentuan UUD 1945, tidak memiliki kewenangan melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap mantan Gubernur BI Boediono yang saat ini manjadi wakil presiden. Menurut Abraham, yang memiliki kewenangan itu justru DPR, melalui mekanisme HMP untuk dapat dibawa ke pengadilan Mahkamah Konstitusi," kata anggota Timwas Bank Century, Bambang Soesatyo, (PR, 21 November 2012).

KPK menaikkan status kasus Century dari penyelidikan ke penyidikan. Hal ini berdasar pada temuan perbuatan melawan hukum serta tindak pidana dalam proses pemberian fasilitas pendanaan jangka pendek sebesar Rp 683 miliar dan dana talangan senilai Rp 6,7 triliun kepada Bank Century.

Abraham Samad secara resmi mengumumkan dua pejabat BI, BM (Deputi bidang IV Pengelolaan Moneter Devisa BI) dan SCF (mantan Deputi IV bidang Pengawasan) sebagai tersangka. BM adalah Budi Mulya dan SCF adalah Siti Chalimah Fajriyah. Penetapan dua orang ini sebagai tersangka, mengecewakan DPR.     

Bambang mengemukakan kekecewaannya atas kinerja KPK, dalam rapat paripurna banyak disebut nama-nama seperti Boediono, Sri Mulyani, Miranda Gultom, dan lainnya, namun KPK baru mengarah pada dua orang saja.

Marzuki Ali menilai tidak perlu menyelidiki Boediono dalam kasus Century. Menurutnya, orang selalu mengarahkan ke Boediono dan baru mengarah pada dua deputi sambil mengabaikan deputi lain. DPR tidak perlu lagi menyelidiki Boediono karena masih banyak kerjaan.

Menurut Marzuki, keinginan menyelidiki Boediono dalam kasus Century hanya dimunculkan untuk menciptakan kepentingan tertentu. Marzuki menganggap tugas Timwas Century tidak perlu diperpanjang, sebab akan memperburuk suasana politik. 

Tuesday, November 20, 2012

Ramalan Hari Kiamat Tahun 2012?

Bagi umat Islam, kiamat merupakan peristiwa aksioma.



Kata "kiamat" merupakan serapan dari bahasa Arab. Awalnya, berasal dari kata qomma yaa kummul, qiamah yang berarti berdiri. Jadi yang dimaksud, yaumul qiayamah adalah hari kebangkitan dari dalam kubur.

Kehancuran alam sudah diprediksi oleh para ilmuwan karena dunia semakin renggang. Keterangan kerenggangan benda-benda angkasa ini sudah diterangkan dalam Al-Quran, surat 88, Al-Gasyiyah (hari pembalasan) ayat 17 dan 18. Dalam ayat ini disebutkan, "Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana diciptakan. Dan langit bagaimana ditinggikan?" Menurut Drs KH E Bahrul Hidayat, MA, Ketua Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII), yang dimaksud ditinggikan atau direnggangkan itu artinya antar benda-benda ini semakin lama semakin jauh. 

Fenomena ini pernah diteliti oleh para ilmuwan dengan menggunakan teleskop kolomark. Hasil penelitian itu menyebutkan, sekian puluh tahun kemudian jarak antar bintang bertambah jauh, tidak ada lagi tarik menarik satu sama lain dan tidak akan ada lagi yang disebut gaya gravitasi bumi. Jika antar benda tersebut sudah tidak ada gaya gravitasi, akan terjadi benturan di antara benda yang ada di bumi ini. 

Kehancuran total  yang disebut dalam Al-Quran disebut syaah. Namun, dalam Al-Quran tidak pernah dijelaskan tentang pastinya kapan atau kapan kiamat akan terjadi. Bagi umat Islam, kiamat merupakan peristiwa aksioma. Artinya, kebenaran tidak bisa dibantah, tetapi kapan itu terjadi, hanya Allah swt yang tahu.

Bahkan, dalam Alquran Surat Luqman, juga disebutkan ada lima perkara yang tidak bisa diprediksi manusia. Pertama, tentang kehancuran alam. Kedua, tentang posisi hujan akan turun di mana dan kapan terjadinya. Ketiga, proses terjadinya pertumbuhan janin di dalam rahim seorang ibu. Keempat, apa yang akan terjadi besok hari menimpa setiap orang. Terakhir, dimana, kapan, dan kenapa kita meninggal. Ini semua merupakan rahasia Allah swt.

Isu mengenai datangnya hari kiamat bukan baru kali ini terjadi. Pada 1806, penduduk Leeds Inggris dihebohkan oleh seekor ayam betina yang menelurkan sebutir telur bertuliskan "Yesus Kristus akan datang", yang bisa diartikan kiamat sudah dekat. Namun, terbukti telur itu merupakan rekayasa manusia. Kemudian seorang petani bernama William Miler dari New England meramalkan bahwa hari kiamat akan datang antara 21 Maret 1843 dan 21 Maret 1844. Banyak pengikutnya yang kemudian menjual atau menyumbangkan barang-barang milik mereka setelah mendengar ramalan itu.

Pada 1835, Joseph Smith dari Gereja Mormon mengumumkan bahwa hari kiamat akan terjadi pada 1891. Ramalan berikutnya menyebutkan bahwa bumi akan dipenuhi oleh gas beracun dari ekor Komet Halley yang melintasi bumi pada 1910. Lalu seorang pengkhotbah Pat Robertson menjamin bahwa pada 1982 akan terjadi "penghakiman pada dunia". Lima belas tahun kemudian, 39 anggota sekte "Heaven's Gate" melakukan aksi bunuh diri massal, setelah mendengar desas-desus tentang komet Hale-Bopp yang diikuti oleh sebuah pesawat alien.

Pada Maret 1995, Soko Asahara atau Aum Shinri Kyo di Jepang nekad meledakkan gas sarin di kereta api bawah tanah Tokyo, sehingga menewaskan 12 orang dan melukai lebih dari 3.000 orang. Latar belakang tindakan yang dilakukan Aum Shinri Kyo ini adalah kepercayaan bahwa kiamat akan datang pada saat itu.

Ramalan lain yang juga sempat menghebohkan dunia adalah ramalan Nostradamus yang berbunyi "The year 1999, seventh month/From the sky will come great king of terror". Setelah Juli 1999 berlalu tanpa kiamat, kekhawatiran prang-orang ternyata tidak berkahir. Jelang pergantian tahun 1999 ke 2000, banyak orang mengaku cemas bahwa komputer tidak bisa membedakan tahun 2000 dengan 1900, sehingga berakibat kehancuran mulai dari padamnya listrik, hingga bencana nuklir.

Richard Noone dalam bukunya yang berjudul 5/5/2000 Ice: The Ultimate Disaster meramalkan bahwa es di Antartika pada tanggal itu akan mencapai ketebalan tiga mil. Pada tanggal ini, bumi akan diselimuti es, sebagai tanda pergeseran Bumi menuju surga. Ramalan yang juga galal terbukti dikemukakan Ronald Weinland, dalam bukunya yang berjudul 2008 : God's Final Witnes. Dia menyebutkan bahwa ratusan juta orang akan mati pada akhir 2006, dan pada musim gugur 2008 Amerika Serikat tidak akan lagi menjadi negara adidaya.

Ramalan mengenai hari kiamat yang paling menghebohkan mungkin adalah ramalan Suku Maya tentang kiamat yang akan terjadi pada 21 Desember 2012. Perkiraan ini berdasarkan kepada apa yang mereka sebut sebagai kalender Hitungan Panjang Maya, yang merentang selama 5.125 tahun, dan berakhir pada 21 atau 23 Desember 2012.

Suku Maya percaya bahwa 21 Desember 2012 adalah puncak dari serangkaian peristiwa dari waktu ke waktu, yang mengarah pada kebangkitan spiritual utama dunia (kiamat 2012). Menurut mereka, masa depan yang terbentang setelah tanggal itu secara harfiah adalah sebuah dunia baru, ciptaan baru, atau kiamat.

Ketua Suku Maya Apolinario Chile Pixtun dan arkeolog Meksiko Guillermo Berbal mengatakan, "kiamat" adalah konsep Barat yang tidak meiliki kesamaan dengan kepercayaan Maya. Bernal menyebut ide seperti itu telah disisipkan pada Suku Maya oleh bangsa barat karena mitos mereka sendiri "lenyap".

Ramalan Suku Maya mendapat tanggapan beragam dari berbagai kelompok orang. Adrian Gilbert dan Maurice Cotterel dalam buku mereka yang berjudul The Mayan Prophecies mengatakan, akhir siklus besar yang disebut-sebut  Suku Maya merupakan puncak dari serangkaian siklus bintik matahari (sunspot cycles), yang akan menghidupkan magnet matahari. Dampak keberadaan medan magnet matahari terhadap bumi adalah gempa bumi dan banjir.

Monday, November 19, 2012

Hati-Hati Jajan Sembarangan!

Gejala kegemukan ini bila tidak segera diatasi bisa memicu penyakit lain



Kebiasaan jajan telah dilakukan oleh banyak kalangan, mulai dari orang kantoran, mahasiswa sampai anak sekolahan. Jajanan anak sekolah semasa kecil dulu, biasanya menjadi kenangan tersendiri. Ada harum manis, gulali, cokelat, permen dan sampai gorengan dengan penggemarnya masing-masing.

Hasil penelitian, jajanan sekolah sebagian besar terbuat dari bahan tepung dan minyak, tetapi kurang mengandung vitamin, mineral dan serat. Tepung merupakan sumber karbohidrat, dan jika terlalu banyak mengonsumsi tepung bisa menyebabkan kelebihan energi dan berdampak pada obesitas.

Jajan sembarangan sebenarnya sangat tidak dianjurkan untuk anak sekolah yang sebagian besar menghabiskan waktunya dengan duduk dan jarang berolahraga. Sebab, banyak makan makanan sumber energi dan jarang bergerak bisa membuat kegemukan, sebuah gejala yang sekarang lazim ditemui di lingkungan remaja kita. Gejala kegemukan ini bila tidak segera diatasi bisa memicu penyakit lain seperti insulin resisten, diabetes melitus hingga jantung koroner.

Maraknya iklan jajanan ringan di media masa juga dituding sebagai salah satu penyebab kurangnya selera makan anak-anak remaja terhadap sayuran dan buah-buahan. Untuk mengatasi hal tersebut, sarapan pagi semestinya menjadi raja makanan. Tentu saja dengan menempatkan nasi sebagai sumber karbohidrat ditambah dengan lauk pauk yang lengkap atau setidaknya terdiri dari satu protein hewani dan satu protein nabati, serta mengonsumsi buah dan sayur.

Membawa bekal dari rumah sebenarnya sangat menjamin keamanan, kesehatan dan kualitas gizi. Namun, kebanyakan orang tua saat ini lebih sering membekali siswa SMP dan SMA dengan uang jajan karena alasan kepraktisan, kesibukan dan lain-lain. Hal ini berbeda dengan ketika anak mereka masih SD, mereka cenderung menyiapkan bekal untuk dibawa ke sekolah agar mendapat asupan gizi yang seimbang melalui kebersihan dan keamanan makanan yang dikonsumsinya.

BACA JUGA :
Ketika Budaya Antri di Jalan Hilang
Tips Memilih Partner Bisnis
Bisnis Sesuai dengan Hobi
Tiga Pilar Menjaga Kesehatan
Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Franchise
Salah Kaprah tentang Tuberkulosis
Bagaimana Menolak Kantong Plastik?
Cara Mudah Membuat Blog dengan Blogger

Sunday, November 18, 2012

Ketika Budaya Antri di Jalan Hilang

Suara klakson bisa berarti tingkat kesabaran pengendara sudah habis



Klakson yang berbunyi bersahutan dengan nada marah atau tergesa-gesa di setiap perempatan lampu merah menandakan betapa orang di balik kemudi tidak terbiasa dengan budaya antri. Biasanya, lampu merah belum usai, pengendara sudah bergerak mendahului. Alasannya, menghindari kemacetan.

Gema suara klakson sudah menjadi suara musik pengiring dalam setiap perjalanan. Setiap hari jalanan selalu dilewati pengendara motor yang menjalankan kendaraannya seperti Valentino Rossi di lintasan balap, bedanya jika ada yang menghalangi, ia menekan tombol klakson.

Suara klakson bisa berarti tingkat kesabaran pengendara yang hampir habis. Bunyi klakson meski sama-sama bersuara nyaring, sering menimbulkan persepsi yang berbeda-beda walau umumnya bernada marah "woy awas....!!" atau "minggir dong...!!!" 

Kemacetan adalah salah satu ketidakmampuan kita untuk berhenti sejenak. Dengan mengantri sebenarnya kemacetan dapat dihindari, artinya menghormati pengguna jalan lain dan tanpa menyela dengan suara klakson yang mengisyaratkan ketergesa-gesaan akan membuat suasana jalan menjadi lebih bersahabat dan perjalananpun menjadi menyenangkan. 

Tidak ada artinya surplus waktu selama lima menit di jalanan  karena ngebut dan membahayakan diri sendiri dan keluarga. Mengingat bahwa ada keluarga yang menunggu di rumah mungkin akan membuat kita lebih waspada dan berhati-hati. Mengutamakan keselamatan adalah lebih utama daripada kecepatan.

BACA JUGA :
Tips Memilih Partner Bisnis
Bisnis Sesuai dengan Hobi
Tiga Pilar Menjaga Kesehatan
Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Franchise
Salah Kaprah tentang Tuberkulosis
Bagaimana Menolak Kantong Plastik?
Cara Mudah Membuat Blog dengan Blogger

Saturday, November 17, 2012

Tips Memilih Partner Bisnis

Carilah partner yang dapat dipercaya.



Kalau mau cepat berjalanlah sendiri, kalau ingin berjalan jauh pergilah bersama-sama. Demikian bunyi pepatah Arab yang mengisyaratkan bahwa bila kita melakukan bisnis seorang diri bisa memperoleh hasil lebih cepat tapi mungkin terbatas, sedangkan dengan bersama-sama hasil yang diperoleh bisa lebih banyak dan dapat dinikmati dalam waktu yang lebih panjang.

Berbisnis adalah upaya agar kita dapat memperoleh hasil lebih banyak dan menikmatinya untuk jangka waktu yang panjang. Berbisnis berarti Anda harus ber-partner. Namun, memilih partner bukanlah pekerjaan gampang. Ibarat mencari pendamping hidup yang akan dijadikan istri atau suami, mungkin itu padanannya. Karena, salah memilih partner, kelangsungan bisnis bisa terganggu. Partner bisa menjadi pondasi yang kokoh dan titik awal sukses perusahaan. Namun, partner juga bisa menjadi titik rapuh dan awal kegagalan.

Bisnis bergerak sangat cepat dan Anda harus dapat mengikutinya. Namun, untuk mencapai prestasi di usia senja lebih sulit sehingga ber-partner dengan anak yang masih muda dan sedang menuju puncak prestasi akan membawa Anda mencapai titik kulminasi kedua atau ketiga. 

Dalam menilai seseorang, melihat rapor atau catatan nilainya adalah hal penting. Bila rapor seorang anak rata-rata nilainya 8-9 dan berasal dari sekolah terkemuka, dapat disimpulkan bahwa ia anak yang cerdas. Namun, prestasi masa lalu bukanlah jaminan ia akan sebaik dan sesukses pada masa yang akan datang.

Sahabat atau teman dekat terkadang lebih dipercaya dari kerabat sendiri. Dengan bergaul setiap hari dalam waktu yang cukup lama, kita yakin bahwa teman dekat dapat dipercaya. Sahabat terkesan lebih mudah diajak ber-partner dalam bisnis daripada mengajak orang lain yang kita belum tahu karakternya. Benarkah demikian? Belum tentu juga. Berikut ini beberapa tips bagaimana memilih partner bisnis untuk Anda.

Pertama, cari tahu dan pahami keunggulannya.
Partner sebaiknya memiliki keunggulan atau kelebihan di bidang tertentu yang berbeda dengan Anda. Bila Anda menguasai masalah produski, carilah partner yang menguasai masalah  marketing. Anda punya ide cemerlang, partner punya modal dan akses ke perbankan. Anda menguasai masalah finansial, partner memiliki networking. Dengan demikian, Anda dan partner dapat saling mengisi dan melengkapi. Keahlian lain yang diperlukan dapat dilakukan dengan rekrutmen tenaga kerja.

Kedua, carilah partner yang dapat dipercaya.
Bisnis adalah kepercayaan. Maka, ber-partner-lah dengan orang yang Anda sudah tahu karakter, kelebihan dan kekurangannya luar dalam, termasuk hal etika dan moral serta nilai-nilai yang Anda anut selama ini. Bila ber-partner dengan  orang yang belum Anda kenal dengan baik, cari tahu tentang yang bersangkutan dari orang-orang yang selama ini banyak berhubungan dengannya. Bila ada referensi dari orang yang Anda percaya, lebih baik.

Ketiga, pahami kepribadiannya.
Kepribadian seseorang juga berpengaruh dalam bekerja  atau dalam hubungan dengan orang lain. Maka, pilih partner yang tipe kepribadiannya cocok dengan Anda.

Keempat, saling melengkapi.
Anda dan partner haruslah saling melengkapi. Bila Anda adalah seseorang dengan kepribadian tertutup (introvert), sebaiknya ber-partner dengan orang yang ekstrovert. Begitupun, bila Ada orang yang gampang mengeluarkan uang tanpa perhitungan (boros), seseorang yang pelit bisa dijadikan partner.  

Friday, November 16, 2012

Bisnis Sesuai dengan Hobi

Hobi apapun dapat ditekuni untuk pengisi waktu di hari tua.



Hobi adalah anugerah Tuhan yang diberikan kepada manusia agar hidupnya terasa indah dan menyenangkan. Apapun hobi tersebut, dapat ditekuni untuk pengisi waktu yang menyenangkan di hari tua. 

Sekarang setelah memasuki masa pensiun, cobalah merenungkan siapa tahu ada hobi atau bakat terpendam yang bisa menjadi tambang emas. Namun, sebelum memanfaatkan hobi sebagai bisnis, kita harus dapat menilai dan memilahnya dalam berbagai sisi, yaitu, biaya, risiko, peralatan, waktu dan persiapannya, serta hobi itu sendiri.

1. Biaya
  • Murah : mendengarkan musik, membaca buku, menulis.
  • Mahal : membeli lukisan dan benda-benda antik, pesiar.

2. Risiko
  • Risiko tinggi : bertualang, terjun payung, panjat tebing.
  • Risiko rendah : sepak bola, jogging.

3. Peralatan
  • Peralatan lengkap dan mahal : menyelam, reli mobil
  • Peralatan sederhana : menulis, melukis

4. Waktu dan persiapan
  • Tidak perlu waktu khusus : mencipta lagu, membuat puisi
  • Perlu waktu khusus : memancing, berselancar, dan berburu.

5. Aneka hobi 
  • Petualangan : mendaki gunung, memancing di laut, reli mobil.
  • Olahraga : balap mobil, bela diri, menyelam, sepeda gunung, panjat tebing, terjun payung dan berselancar.
  • Seni : akting, menyanyi, menari, mencipta lagu.
  • Keterampilan : menulis, melukis, memasak, memahat.
  • Traveling : mengunjungi belahan dunia lain dan mencicipi makanannya.
  • Kolektor : lukisan, mobil tua, sepeda motor tua.
  • Flora fauna : memelihara binatang, tanaman hias, dan lain-lain.

Bakat dan hobi sering berkaitan erat. Seperti pemain bola atau petenis, selain hobi sering orang yang bersangkutan memang berbakat sehingga bisa menjadi pemain dunia. Namun, tidak semua orang yang hobi melukis harus seperti Affandi yang menjadi pelukis kenamaan karena bakatnya, bahkan ada orang yang hobi dan bakatnya terpendam sampai dewasa.

Beberapa tokoh yang sukses karena mengembangkan hobi dan bakatnya di usia yang tidak lagi muda mungkin dapat menjadi inspirasi. Sebut saja Bondan Winarno, orang periklanan dan pernah mengisi Rubrik Kiat di Majalah Tempo, hobinya mencicipi makanan dan minuman di tempat yang dikunjunginya, baik di dalam maupun di luar negeri. Dari kegiatannya mencicipi makanan, dia bisa membuat beberapa masakan popular dari negeri yang pernah dikunjunginya. Bahkan hobinya itu mengantarnya menjadi pembawa acara kuliner di TV.

Nama lain yang juga mungkin menginspirasi, Hendrawan Nadesul, dokter yang hobi menulis sejak mahasiswa, pernah beberapa tahun buka praktek dokter, kemudian memutuskan menggeluti hobi dipadu dengan keahlian sebagai dokter, produktivitasnya kian menggebu dan sudah puluhan buku ditulisnya.


BACA JUGA :
Tiga Pilar Menjaga Kesehatan
Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Franchise
Salah Kaprah tentang Tuberkulosis
Bagaimana Menolak Kantong Plastik?
Cara Mudah Membuat Blog dengan Blogger
Dampak Kebijakan Down Payment Terhadap Kredit Sepe...
Mengenal Sisi Buruk Kuning Telur
Waspadai Iklan Obral TKI

Thursday, November 15, 2012

Tiga Pilar Menjaga Kesehatan

"High tech dalam dunia kedokteran, tidaklah sebagus bila Anda melakukan pencegahan."



Kesehatan merupakan faktor terpenting ketika Anda ingin terus melangkah dalam berbagai aktivitas. Tidak terkecuali bagi pensiunan sekalipun. Ketika Anda yakin mampu untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi diri Anda dan orang banyak, mengapa Anda harus ragu? Tetaplah optimis dan memang Anda mampu untuk itu!

Berikut ini tiga hal yang dapat menopang Anda agar tetap sehat jasmani, rohani, produktif dan bahagia. Disarikan dari Pensiunpreneur - Pensiun Sukses (Surasono I. Soebari, Jakarta, Penebar Plus, 2008).

1. Olahraga
Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) setelah melakukan riset panjang, pada tahun 2002 menelurkan konsep Healthy Eating Pyramid (Piramida Makan Sehat). Piramid terdiri dari 7 tingkat yang semakin ke atas tingkat konsuminya semakin sedikit.


Hal yang menarik dari piramida makan sehat, olahraga dikategorikan sebagai dasar (nomor 1) yang artinya harus selalu wajib dilakukan. Bagian di atasnya adalah menu padi-padian (nomor 2), sayuran dan buah-buahan (nomor 3), kacang-kacangan (nomor 4), ikan, unggas, telur (nomor 5), produk susu (nomor 6), dan daging merah, mentega, gula pasir, makanan yang manis-manis (nomor 7).

"Semakin lanjut usia seseorang, olahraga semakin menjadi keharusan," kata dr. Sadoso Sumosardjuno, Sp.KO (dokter sepesialis kesehatan olahraga).  Bagi mereka yang sehat, olahraga dapat meningkatkan kebugaran sehingga terhindar dari risiko penyakit seperti stroke, jantung koroner, asma, obesitas dan lain-lain.

Untuk menjaga kebugaran dan kesehatan, cukup oahraga selama 30-60 menit, lakukan 3 - 5 kali seminggu. Setiap berolahraga, gunakan rumus, usia + denyut jantung = 170. Misalnya, bila usia Anda sekarang 50 tahun, berolahragalah sampai denyut jantung 120 kali per menit (50 + 120 = 170). Perhitungan ini merupakan takaran yang dianggap pas atau terukur.

Olahraga yang dianjurkan adalah jalan kaki, bersepeda, dan renang. Agar tehindar dari cedera, lakukan pemanasan sebelum olahraga. Lakukan pula pendinginan setelah aktivitas olahraga selesai.

2. Gizi seimbang
Motto "4 sehat, 5 sempurna" (nasi, lauk pauk, sayur, buah, dan susu) hingga kini masih relevan. Semua kebutuhan tubuh akan karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral, serta zat-zat lain terpenuhi dengan pola makan 4 sehat 5 sempurna selama jumlah yang dikonsumsi seimbang dengan yang diperlukan tubuh. 

Menurut pakar nutrisi, bagi yang telah berusia 50 tahun ke atas, konsumsi makanan, dan minuman sebaiknya adalah sebagai berikut.
  • Kurangi karbohidrat (nasi, roti, serta makanan manis-manis seperti gula pasir dan lain-lain).
  • Kurangi makanan berlemak (daging merah, daging bebek, otak, goreng-gorengan, fast food, dan lain-lain).
  • Hindari rokok dan minuman beralkohol karena jelas-jelas dapat mengganggu kesehatan. Minum soft drink pun jangan terlalu sering.
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan yang kaya vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan tubuh.
  • Minum jus buah (apa saja) tanpa gula 1 gelas sehari sangat dianjurkan. Nangka dan durian sebaiknya dihindari karena mengandung gas.
  • Perbanyak minum air putih. Dianjurkan, sedikitnya kita minum 8 gelas atau 2 liter air putih sehari.

3. Gaya hidup sehat
Perkembangan ilmu dan teknologi dalam dunia kedokteran, berkembang sangat pesat. Namun, pemanfaatan teknologi kedokteran tidaklah murah, juga tidak dapat mengatasi semua penyakit atau gangguan kesehatan. "High tech dalam dunia kedokteran, tidaklah sebagus bila Anda melakukan pencegahan," ujar Prof. Dr. Hung Zhao Guang dari China yang mengambil studi  di North Western University, Chichago, AS, di bidang sicknes prevention.

Selain olahraga dan mengatur pola makan, Anda perlu menjalani gaya hidup sehat. Beberapa gaya hidup sehat adalah sebagai berikut.
  • Hidup teratur dalam kebersamaan keluarga.
  • Hindari kelelahan yang berlebihan.
  • Hindari stress, selalu optimis.
  • Hindari begadang, makan minum berlebihan, kurang gerak, minum obat tanpa petunjuk dokter, seks tidak sehat.
  • Tidur 6 - 8 jam per hari.
  • Check up rutin (1 - 2 kali setahun) untuk mengetahui kadar kolesterol, kesehatan organ jantung, paru-paru, lever, ginjal dan lain-lain.
  • Jalankan hobi.
  • Dekatkan diri kepada Sang Pencipta, banyak beramal dan beribadah.

Wednesday, November 14, 2012

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Franchise

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memulai bisnis franchise.


Franchise berasal dari bahasa Prancis, yang artinya bebas. Dalam dunia usaha, franchise atau waralaba adalah suatu bentuk kerja sama, dimana pemilik waralaba (franchisor) memberi izin kepada pihak penerima atau pembeli waralaba (franchisee) untuk menggunakan hak intelektualnya, dalam nama, merek dagang, produk, atau jasa dan sistem operasi usaha. Atas pemberian hak itu, pihak franchisor menerima franchise atau royalty fee atau lainnya dari pihak franchisee.

Franchise adalah model bisnis yang akan semakin populer di masa depan.  Pada akhir tahun 2000, angka penjualan bisnis franchise di bawah bendera McDonald's diperkirakan mencapai 40 milyar (dari 29 ribu outlet di seluruh dunia). Tahun 2006, diperkirakan 60 persen franchisor di Amerika Serikat memiliki outlet di luar negeri.

Sistem franchise biasanya dilakukan setelah sebuah perusahaan barang atau jasa, sukses membangun bisnis atau merek dan telah memiliki beberapa outlet. Hal yang ditawarkan selain izin menggunakan nama atau merek juga sistemnya (manajemen, keuangan, pelatihan, standar mutu, promosi dan lain-lain) yang telah teruji. Menurut penelitian, tingkat keberhasilan bisnis franchise jauh lebih tinggi, dibanding membangun merek atau bisnis sendiri.

Franchise yang ditawarkan beraneka ragam. Mulai dari bisnis makanan (kafe, restoran, ayam goreng, bakso, nakmi, burger, kebab, es krim, creepes); pendidikan (kursus bahasa Inggris, bimbingan belajar, kursus komputer, kursus matematika, TK, pra-sekolah, sekolah musik); jasa (cuci dan salon mobil, bengkel, studio foto, salon, salon untuk binatang piaraan, travel, laundry), ritel (toko eceran, toko mainan, toko produk khusus); kesehatan (apotek, klinik, kebugaran, pijat refleksi, spa), dan masih banyak lagi.

Hak franchise antara 3 - 5 tahun. Harganya ada yang jutaan rupiah, puluhan juta, ratusan juta sampai milyaran rupiah. Pembeli franchise (franchisee) dapat memilih, bisnis apa yang kira-kira cocok dan sesuai. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membeli franchise ada baiknya mempelajari terlebih dahulu kekurangan dan kelebihan bisnis franchise.

Kelebihan membeli franchise adalah sebagai berkut :

Bisnis bisa cepat dibuka.
Sejak Anda memutuskan membeli franchise tertentu sampai bisnis (outlet) dibuka, waktunya relatif singkat. Proses bisa lebih cepat bila franchisee sduah punya tempat (milik sendiri, kontrak, atau kredit bank) di lokasi yang cocok.

Sudah ada sistem.
Pembeli franchise tidak perlu mencari-cari atau merancang sistem (keuangan, kriteris SDM, peralatan atau teknologi, pasokan produk barang atau jasa atau bahan baku, menentukan harga jual, dan lain-lain. Franchisor (pemilik franchise) sudah menyiapkan semuanya. Pihak franchisee tinggal menjalankan sesuai petunjuk dan aturan main yang diberikan.

Adanya pelatihan.
Sebelum usaha dibuka, pihak franchisor biasanya melakukan pelatihan bagi franchisee atau orang yang ditunjuk. Training atau pelatihan sedemikian rupa sehingga begitu outlet dibuka, bisnis bisa langsung menggelinding seperti outlet lain yang sudah lama buka (suskes).

Menumpang nama besar dan sudah dikenal.
Membangun bisnis atau sebuah brand, perlu waktu lama. Dengan membeli franchise, pihak franchisee berhak menggunakan nama besar yang sudah dikenal luas dan terbukti sukses di pasar.

Risiko kecil.
Bisnis apapun memiliki risikonya sendiri. Termasuk bisnis franchise. Namun, dibanding membuka bisnis baru, risiko kegagalan bisnis franchise relatif lebih kecil.

Bisa untuk latihan
Membeli franchise dapat dimanfaatkan sebagai sarana latihan untuk nantinya membuka  bisnis sendiri. Banyak franchisor yang pada awalnya adalah franchisee.

Kekurangan bisnis franchise adalah sebagai berikut :

Membayar franchise fee.
Biaya ini harus dibayarkan atau dilunasi ketika terjadi kesepakatan antara pihak pembeli dan penjual franchise. Franchise fee berlaku untuk waktu 3, 5, 7 atau 10 tahun. Besarnya sangat bervariasi mulai dari jutaan rupiah, puluhan juta, ratusan juta sampai milyaran rupiah. Hal ini diluar investasi lain, seperti ruko atau bangunan. Bila membangun bisnis sendiri, uang ini dapat dijadikan modal.

Membayar royalty fee.
Royalty fee adalah jenis pembayaran yang harus dibayarkan setiap bulan kepada pihak franchisor. Besarnya bervariasi antara 2 - 10 persen. Rolaty fee  umumnya dihitung dari total pendapatan per bulan. Jadi, meski bisnis mungkin belum untung, royalty harus tetap dibayarkan.

Tidak bebas.
Adanya sistem dan aturan-aturan main yang harus diikuti, selain membantu dan memudahkan pembeli franchise ternyata di sisi lain membuat franchisee merasa dikekang atau tidak bebas. Bila ingin menambah atau mengubah menu yang dinilai lebih menjual seperti pada franchise makanan misalnya, harus dengan persetujuan pihak franchisor.

Pengawasan terus-menerus.
Untuk mencapai tujuan yang diinginkan, franchisor melakukan kontrol dan pengawasan berkesinambungan. Bahkan, dalam hal pendapatan atau keuntungan yang diperoleh, pihak franchisor tahu persis berapa jumlahnya. Franchisee sering merasa tidak nyaman karena dari hari ke hari berada dalam pengawasan dan merasa dimata-matai.

Tuesday, November 13, 2012

Salah Kaprah tentang Tuberkulosis

Sepertiga penduduk dunia terkena infeksi tuberkulosis.



Tuberkulosis bukanlah kata asing yang memaksa kita membuka kamus untuk mencari artinya, karena kita pernah menemui tetangga atau saudara yang menderita penyakit ini. Tuberkulosis masih menjadi masalah dunia, terutama di negara-negara berkembang. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa sekitar sepertiga penduduk dunia terkena infeksi tuberkulosis.

Pada tahun 1992 WHO telah mencanangkan tuberkulosis sebagai Global Emergency. Laporan WHO tahun 2004 menyatakan bahwa terdapat 8,8 juta kasus baru tuberkulosis pada tahun 2002, sepertiga penduduk dunia telah terinfeksi kuman tuberkulosis dan menurut regional WHO jumlah terbesar kasus ini terjadi di Asia Tenggara yaitu 33% dari seluruh kasus di dunia.

Indonesia berada dalam peringkat ketiga terburuk di dunia untuk jumlah penderita TB. Setiap tahun muncul 500 ribu kasus baru dan lebih dari 140 ribu lainnya meninggal. Seratus tahun yang lalu, satu dari lima kematian di Amerika Serikat disebabkan oleh tuberkulosis. (http://id.wikipedia.org/wiki/Tuberkulosis)

Anggapan masyarakat yang keliru tentang tuberkulosis selama ini perlu diluruskan agar mereka dapat dengan dengan bijak menyikapi penyakit Tb atau tuberkulosis. Hal ini penting, agar masyarakat juga dapat turut serta dalam pengentasan tuberkulosis terutama di Indonesia. 

Terdapat lima anggapan salah kaprah mengenai tuberkulosis yang harus diluruskan, diantaranya :

1. Tuberkulosis merupakan penyakit turunan.
Tuberkulosis bukan penyakit yang dapat diturunkan secara genetis layaknya penyakit hipertensi, asma, atau diabetes. Tuberkulosis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis melalui perantara udara. Udara dapat tercemar kuman Tb atau tuberkulosis dari percikan-percikan dahak yang dikeluarkan penderita Tb sat bersin, batuk, berbicara , atau berteriak.

2. Tuberkulosis hanya menyerang paru-paru.
Sebagian besar kuman Tb memang mengenai organ paru-paru. Namun, paru-paru bukanlah satu-satunya organ yang diserang. Organ lain yang lebih sering terserang adalah kelenjar getah bening, umumnya pada daerah leher dan risiko penularannya ke orang lain relatif kecil karena tidak di paru-paru, apalagi untuk tuberkulosis yang terjadi di organ dalam seperti tulang, abdomen, ginjal, otak dan sendi. Ciri utama Tb jenis ini adalah timbulnya benjolan yang kerap disertai rasa nyeri. 

3. Tb sama dengan flek atau paru-paru basah
Fleks atau paru-paru basah adalah istilah awam di dalam ilmu medis, tidak merujuk pada kelainan spesifik tertentu. Gambaran ini umumnya tampak dalam pemeriksaan foto toraks (rontgen). Standar nasional atau internasional  penentuan diagnosis Tb bukan berdasarkan pemeriksaan toraks, melainkan dengan pemeriksaan sputum (dahak). Pemeriksaan ini dilakukan tiga kali yang dilakukan dalam dua hari berbeda, dari pemeriksaan ini dapat diketahui adanya kuman Tb negatif atau positif. Pada sedikit kasus, diagnosis Tb tetap dapat ditegakkan berdasarkan hasil foto toraks ditunjang dengan pemeriksaan lainnya yang memunculkan dugaan kuat Tb.

4. Tb tidak dapat diobati
Tb merupakan penyakit yang dapat diobati sampai dengan tuntas. Obat yang harus diminum penderita Tb sudah terstandarisasi secara internasional dan tidak ada perbedaan antara Tb paru dengan ekstraparu. Karena sifat alami kuman M. Tb, pengobatan tuberkulosis membutuhkan waktu selama minimal enam bulan pengobatan untuk tuntas agar kuman Tb benar-benar tertekan sampai kadar yang sangat minimal dan tidak dapat menimbulkan kekambuhan di masa mendatang.

5. Penderita Tb harus dijauhi dan dikucilkan
Karena waktu pengobatan yang relatif lama, maka penderita Tb membutuhkan dukungan keluarga dan lingkungan sekitar, terutama dukungan moral. Agar komunikasi dapat tetap terjalin dengan aman tanpa resiko penularan, penderita Tb sangat dianjurkan memakai masker pelindung wajah ketika berinteraksi dengan  orang lain. Masker atau pelindung perlu digunakan sampai setidaknya dua minggu pengobatan. Setelah dua minggu, biasanya kuman Tb sudah tertekan sampai kadar yang diharapkan tidak menular kepada orang lain.

Monday, November 12, 2012

Bagaimana Menolak Kantong Plastik?

Sejumlah negara menyatakan perang terhadap penggunaan kantong plastik.


Laju pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II tahun 2012 mencapai 6,4 persen secara tahunan (year on year), yang tentu berdampak pada daya beli masyarakat Indonesia. Artinya, pertumbuhnan ekonomi ini secara tidak langsung mengatakan bahwa masyarakat Indonesia akan menyisihkan sebagian uangnya untuk kepentingan berbelanja di pasar tradisional maupun modern serta berdampak pada produksi sampah terutama sampah tas atau kantong plastik. 

Kantong plastik secara mudah dan gratis didapatkan masyarakat Indonesia saat berbelanja di toko-toko.  Dengan penggunaan rata-rata 2 kantong per hari, penggunaan tas atau kantong plastik di Indonesia mencapai sekitar 100 milyar setiap tahun atau menghabiskan 12 juta barel minyak bumi sebagai bahan dasar pembuatan plastik. 

Kantong plastik terbuat dari High Density Polyethylen (HDPE), yaitu polietilena thermoplastic yang terbuat dari minyak bumi, begitu pun dengan Low Density Polyethylene (LPDE). Dibutuhkan 1,75 kg minyak bumi untuk membuat 1 kg LPDE. Pada tahun 2007 volume produksi HPDE mencapai 30 ton. Adanya regulasi yang ketat untuk pengurangan kantong plastik jelas akan mengurangi ketergantungan kita terhadap minyak asing.

Pemerintah Cina, menurut NDRC (Komisi Pembangunan dan Reformasi Cina) berhasil menghemat 4,8 juta ton minyak bumi setara dengan 6,8 juta ton batu bara akibat pelarangan penggunaan kantong plastik di negaranya. Pelarangan ini mengakibatkan penurunan konsumsi 800.000 ton plastik sehingga masyarakat Cina saat ini banyak yang mengunakan tas berbahan kain yang dapat di daur ulang.

Kampanye "Bring Your Own Bag" yang digelar di Singapura pada April tahun 2007 telah berhasil menyelamatkan sekitar 100.000 kantong plastik pada hari pertama dan terjualnya 200.000 kantong non plastik yang dapat dipakai berkali-kali. Menurut jaringan supermarket NTUC Fairprice dan Cold Storage, mereka memotong jumlah kantong plastik hingga 60 persen.

Hong Kong mengampanyekan "No Plastic Bag Day" atau hari tanpa kantong plastik sejak 2006 yang diikuti 30 ritel besar dan LSM secara sukarela yang bertujuan mengurangi penggunaan kantong plastik. (China Daily News, 2006).

Sejumlah negara menyatakan perang terhadap penggunaan kantong plastik, seperti Cina mengeluarkan Rancangan Undang-Undang (RUU) untuk mengatasi masalah kantong plastik. Reaksi yang telah disiapkan, pelarangan penggunaan kantong plastik di departemen store. Demikian juga Irlandia dan Denmark yang telah menerapkan pajak kantong plastik pada 2002 dan sekarang telah menurunkan konsumsi penggunaan kantong plastik di negaranya sebanyak 90 persen. Semua kantong plastik yang digunakan di Irlandia adalah biodegradeable.

Amerika Serikat melarang penggunaan kantong plastik dan saat ini memiliki 24 komunitas anti plastik. Afrika Selatan melarang penggunaan kantong plastik pada 2003. Bangladesh melarang penggunaan kantong plastik sejak 2000 lalu, dan Kenya sejak 2007. Eritrea, Rwanda, dan Somalia mulai 2005. Tanzania melarang penggunaan kantong plastik pada 2006 dan Australia Selatan mulai 2009.