Monday, December 31, 2012

Ciri-Ciri Anak Berbakat

Bakat adalah sesuatu yang diminati anak, tetapi minat belum tentu merupakan bakat anak.



Seperti halnya intan, bakat seorang anak pun harus ditemukan lalu diasah dengan tekun untuk memperoleh bentuk berupa karya-karya bermanfaat dan bernilai tinggi. Masalahnya, tidak mudah mengenali bakat seorang anak. 

Bakat dalam pengertian bahasa yang umum adalah 'kelebihan atau keunggulan ilmiah yang melekat pada diri kita, dan menjadi pembeda antar kita dengan orang lain'. Menurut psikolog Hj. Fitriani F. Syahrul, M.Si, direktur Lembaga Pendidikan Anak Lentera Insan CDEC, Depok, Jawa Barat, "Bakat itu sesuatu yang ada 'di dalam', dan merupakan kecenderungan seseorang yang luar biasa. Seringkali, bakat diasosiasikan dengan minat."

Meski bakat sering diasosiasikan dengan minat, keduanya adalah sesuatu yang berbeda. Minat itu superficial, dipermukannya, dan dengan pengaruh lingkungan pun ia akan muncul. Maka, minat bisa kita jadikan pintu masuk untuk mengetahui bakat anak dengan melakukan observasi dan tes minat bakat. Dari tes itu akan diketahui, apakah minat tersebut juga merupakan  bakat anak atau bukan. Jadi, bakat adalah sesuatu yang diminati anak, tetapi minat belum tentu merupakan bakat anak.

Membicarakan bakat anak, biasanya ingatan kita melayang pada istilah 'anak berbakat' (gifted child). Saat kita mencermati dan mulai mengasah bakat anak, bisa saja kita menemukan 'keberbakatan' pada diri sang anak. Berikut ini ciri-ciri anak dengan 'keberbakatan' atau 'anak berbakat', mengacu pada informasi dari website Pusat Keberbakatan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia :

1. Lebih merepotkan dibanding anak lain. Anak berbakat biasanya kritis, banyak bertanya, susah diatur, punya rasa ingin tahu yang besar. Kadang membuat orang tua dan guru repot meladeninya.

2. Punya komitmen besar dan motivasi tinggi pada bidang yang disukai. Sejak kecil, anak berbakat biasanya selalu haus mencari bahan mengenai seluk beluk bidang yang disukainya itu, dan tidak bosan mempelajarinya.

3. Terus menerus mengembangkan kemampuannya. Anak berbakat mampu menemukan hal-hal baru, berimprovisasi, berkreasi, dan memberi sentuhan yang berbeda pada bidang yang disukai.

4. Kemampuan intelegensinya jauh di atas rata-rata. Anak berbakat sudah pasti anak yang cerdas, tapi belum tentu memiliki ranking tinggi di kelas. Sebaliknya, anak cerdas dan anak tinggi rankingnya di kelas belum tentu anak berbakat, karena mereka belum tentu punya komitmen besar dan kreativitas dalam bidang tertentu yang mereka minati.

Dari berbagai proses aktualisasi yang bisa dilakukan terhadap bakat, salah satunya ialah pengasahan (practising). Ted Williams, pemain bisbol AS, 1918-2002, menyampaikan, "People always told me that my natural ability and good eyesight were the reason for my succes as a hitter. They never talk about practice, practice, practice."

Sunday, December 30, 2012

Musik Klasik Baik Untuk Janin?

Enak didengar, kata kunci dalam memilih musik klasik.



Musik yang paling baik untuk janin, adalah musik klasik yang sepenuhnya 'klasik' bagi ibunya. Yakni musik dengan sederet karakteristik tertentu, plus disukai sang ibu.

Dalam terminologi musik, istilah 'musik klasik' merujuk pada karya-karya musik di Era Klasik yang dihasilkan pada abad 18, tepatnya antara tahun 1750-1820. Pada era ini terdapat beberapa komposer terkenal, antara lain Haydn, dan juga Mozart.

Istilah 'kalsik' sebenarnya mengacu pada minat baru bangsa Eropa terhadap keunggulan kebudayaan Yunani Kuno yang menekankan pentingnya kemurnian garis dan bentuk, serta simetri dan keseimbangan dalam seni dan arsitektur. Para komposer Era Klasik berusaha lebih menahan diri dan natural dalam membuat komposisi musik, sehingga musik yang dihasilkan tidak mengandung emosi yang berlebihan serta lebih 'menyenangkan' di telinga pencinta musik.

Penelitian oleh dokter, psikolog dan pendidik dari Prancis di era 1980-an, menunjukkan suara ibu dan musik klasik bisa merangsang otak dan janin. "Stimulasi musik klasik bisa diberikan  sejak janin berusia empat bulan saat syaraf janin sudah memberikan respons terhadap stimulasi suara," ungkap dr Karel Staa.

Popularitas musik klasik Barat sebagai musik terbaik untuk ibu hamil dan janin terangkat berkat dua hal, yaitu kuatnya budaya riset di masyarakat Barat dan kuatnya aliran arus informasi dari Barat ke Timur yang ditunjang dominasi media massa Barat. Sementara, musik-musik lokal yang juga memiliki keunggulan (enak didengar, menentramkan) seperti gending Jawa atau Sunda jarang terangkat karena nyaris tak tersentuh penelitian dan pemberitaan media.

Bagi sebagian orang, musik lokal pun banyak yang klasik, dalam arti memiliki keunggulan dan kualitas terbaik; murni, simetris, seimbang, sederhana, anggun, tidak mengandung emosi berlebihan, dan enak di dengar. Enak didengar, adalah kata kunci dalam memilih musik klasik untuk Anda dengarkan selama hamil. 

Apapun musik kalsik pilihan Anda, baik Barat atau Timur, yang terpenting saat mendengarkan musik kondisi ibu harus rileks dan tenang. Pasalnya, detak jantung ibu  berpengaruh pada janin. Bila ibu tenang, detak jantung ibu akan normal dan janin juga akan tenang, begitu juga sebaliknya.

BACA JUGA :
Bagaimana Menerima Anak Yatim di Rumah?
Bahaya Infeksi Menular Seksual dan Pencegahannya
Rahasia Awet Muda Dengan Buah Manggis
Ada Siapa di Balik Kasus Hambalang?
Perbedaan LCD dan TFT
Pola Transportasi di Jakarta

Saturday, December 29, 2012

Bagaimana Menerima Anak Yatim di Rumah?

Merawat mereka atau menyerahkannya ke panti asuhan?


Ketika kita merencanakan atau memutuskan untuk mengadopsi atau memelihara anak yatim yang sama sekali tidak ada, atau sangat jauh hubungan kekerabatannya, biasanya secara mental dan fisik kita sudah siap. Namun, suasana akan berbeda bila anak yatim itu keponakan kita yang mendadak ditinggalkan mati orang tuanya.

Secara mental dan fisik, mungkin kita sekeluarga tidak siap. Pilihan sulit demikian memaksa, merawat mereka atau menyerahkannya ke panti asuhan?

Menerima anak yatim di rumah kita, bukanlah tugas ringan. Pasangan kita dan anak-anak harus menyiapkan diri masing-masing baik secara fisik atau pun mental. Harus ada penjelasan kepada setiap anggota keluarga tentang adanya anggota keluarga yang baru. 

Dalam keadaan demikian, tidak bisa dipastikan siapa yang paling berat menyesuaikan diri. Anak-anak sering dianggap yang paling tidak siap menghadapi perubahan mendadak, secara fisik harus berbagi kamar tidur, meja belajar atau mainan dengan sepupu yatim mereka. Secara mental pun, mereka harus rela berbagi kasih sayang kita. 

Sebenarnya yang paling berat menyesuaikan diri dengan keponakan yatim adalah kita sebagai orang dewasa. Bagaimanapun, keponakan yatim itu kini menjadi tanggung jawab kita sepenuhnya dan kita harus memperlakukan mereka sama baiknya dengan memperlakukan anak kandung.

Keputusan dengan cepat diambil, keponakan yatim itu sudah di depan pintu rumah dan bahkan sudah bersama Anda. Apa yang sebaiknya Anda lakukan? Boleh jadi Anda akan mendapat masukan dari sana-sini yang menganjurkan ini-itu. Namun, tidak ada salahnya Anda mengindahkan empat larangan berikut ini :

Pertama, jangan percaya mitos.
Banyak mitos beredar seputar anak adopsi (anak asuh yang bukan anak biologis, termasuk keponakan yatim), diantaranya bahwa anak adopsi akan menjadi orang dewasa yang bermasalah. Dawn Davenport, ahli adopsi dari Amerika Serikat menegaskan, "banyak anak adopsi yang berhasil."  Mitos lain, bahwa kita tidak bisa mencintai anak adopsi (keponakan yatim) sebagaimana kita mencintai anak kandung sendiri. Menurut Davenport, cinta tidak memandang ada tidaknya hubungan biologis. Cinta tumbuh melalui pengasuhan, perawatan dan berbagi kehidupan bersama.

Kedua, jangan membeda-bedakan.
Ketika Anda mengistimewakan anak kandung, anak Anda akan merasa derajatnya lebih tinggi dibanding sepupu yatimnya. Sebaliknya keponakan yatim berpotensi menjadi anak minder, tak percaya diri, dan yang terburuk ; pendendam. Namun, jika Anda mengistimewakan sang keponakan yatim, anak-anak kandung Anda akan iri dan membenci sepupu yatimnya.

Ketiga, jangan lupa mencintai dan memberi tanggung jawab.
Setiap anak memerlukan reassurance bahwa mereka disayang dan berarti bagi orang tuanya, kata penulis buku Surprised by Remarriage, Gingger Kolbaba. Demikian juga dengan keponakan yatim Anda. Maka, dengarkan secara aktif apa yang mereka katakan. Biarkan mereka melihat dan merasakan bahwa anak kandung dan keponakan tidak dibedakan dalam soal cinta, kasih sayang dan perhatian. Selain itu, keponakan yatim juga harus diberi tanggung jawab, sama seperti anak kandung kita. Tanggung jawab akan mengajarkan anak-anak nilai-nilai yang diperlukan saat mereka dewasa. Anak-anak yang tidak pernah diberi tanggung jawab akan tumbuh menjadi anak yang lemah, tak mau berusaha, dan mungkin suka melanggar peraturan.

Keempat, jangan dimasukkan ke hati.
"Kalau ibu dan ayah masih ada, pasti aku boleh......", atau "Bundaku tidak pernah marah karena akut tidak membereskan tempat tidur". Mendengar kalimat itu, Anda mungkin terpancing dan kalau bisa ingin teriak, "Pergi sana susul orang tuamu." Maka siapkan hati untuk tidak menyimpan ucapan-ucapan semacam itu, biarkan kalimat itu cuma numpang lewat. 

Friday, December 28, 2012

Bahaya Infeksi Menular Seksual dan Pencegahannya

Tanda-tandanya tidak selalu ada di kelamin. 



Infeksi Menular Seksual (IMS) adalah infeksi yang sebagian besar menular lewat hubungan seksual dengan pasangan yang sudah tertular. Hubungan seks ini termasuk hubungan seks lewat liang senggama, lewat mulut (oral) atau lewat dubur (anal). 

Istilah lain untuk IMS adalah penyakit kelamin atau penyakit kotor. Namun, ini hanya menunjuk pada penyakit yang ada di kelamin. 

Istilah Infeksi Menular Seksual lebih luas maknanya, karena menunjuk pada cara penularannya. Tanda-tandanya tidak selalu ada di kelamin. Tanda-tandanya juga ada di alat penglihatan, mulut, saluran pencernaan, hati, otak dan bagian tubuh lainnya. Sebagai contoh, HIV/AIDS dan Hepatitis B yang menular lewat hubungan seks, tetapi penyakitnya tidak bisa dilihat dari alat kelaminnya. Artinya, alat kelamin masih tampak sehat meskipun orangnya membawa bibit penyakit ini.

Ada banyak sekali jenis IMS, beberapa diantaranya yang paling penting adalah : GO atau kencing nanah, Klamidia, Herpes Kelamin, Sifilis atau raja singa, Jengger ayam, Hepatitis, dan HIV/AIDS. Sedangkan bahaya IMS adalah membuat kita sakit-sakitan, menyebabkan mandul, bisa merusak penglihatan-otak dan hati, bisa ditularkan pada bayi, bisa menyebabkan kita mudah tertular HIV, dan IMS tertentu seperti HIV dan Hepatitis B dapat menyebabkan kematian.

Cara mencegah IMS pada orang dewasa terutama adalah dengan tidak membiarkan darah atau cairan kelamin orang lain masuk ke dalam tubuh kita. Pencegahan Penularan lewat seks dapat mengikuti langkah ABC seperti berikut :

Absen dari seks, atau tidak berhubungan seks sama sekali sehingga tidak ada cairan kelamin yang masuk ke dalam tubuh. Ini sama dengan Pantang Seks atau Puasa Seks saat jauh dari pasangan.

Berlaku saling setia, atau berhubungan hanya dengan seseorang yang dapat dipastikan yang hanya berhubungan dengan kita saja kalau sudah menikah atau kita tidak bisa berpantang seks.

Cegah infeksi dengan menggunakan kondom sewaktu berhubungan seks. Bila kita tidak dapat memastikan kesetiaan pasangan kita, atau tidak tahu apakah ia pernah menerima transfusi darah, tato, suntikan dengan jarum tidak steril, gunakan kondom. Juga bila kita tidak bisa setia kepada pasangan kita. Gunakan kondom untuk hubungan seksual baik lewat liang senggama, lewat mulut maupun lewat dubur.

Selain pencegahan dengan langkah ABC, ada pencegahan dengan cara seperti mencegah masuknya transfusi darah tambahan yang belum diperiksa kebersihannya dari IMS ke dalam tubuh kita, berhati-hati waktu menangani segala hal yang tercemar oleh darah segar, dan mencegah pemakaian alat-alat tembus kulit yang tidak suci hama atau tidak steril. Misalnya jarum suntik, alat tao, alat tindik dan sejenisnya yang bekas dipakai orang lain. Jarum suntik yang baru biasanya masih dalam plastik dan dibuka di hadapan kita.

Kita bisa terkena IMS kapan pun melalui hubungan seks yang tidak aman. Yang dimaksud tidak aman adalah hubungan seks lewat liang senggama tanpa kondom (zakar masuk ke vagina atau liang senggama), hubungan seks lewat dubur (zakar masuk ke dubur), seks oral (zakar dimasukkan ke mulut tanpa zakar ditutupi kondom).

Selama ini ada anggapan keliru tentang penularan IMS di masyarakat umum. Tidak benar kalau IMS ditularkan lewat cara : duduk di samping orang yang terkena IMS, menggunakan WC Umum, Bekerja terlalu keras, menggunakan kolam renang umum, memegang gagang pintu, dan salaman dengan penderita IMS.

Semoga tulisan ini membuat kita waspada dan bijaksana dalam menjalani hidup. Tahun Baru 2013 sudah diambang pintu, sambutlah dengan suka cita dan bermartabat. Selamat Tahun Baru 2013.

BACA JUGA :
Rahasia Awet Muda Dengan Buah Manggis
Ada Siapa di Balik Kasus Hambalang?
Perbedaan LCD dan TFT
Pola Transportasi di Jakarta
Meraih Sukses dengan Senam Otak Sederhana
Tiga Kelompok Usia Lanjut

Thursday, December 27, 2012

Rahasia Awet Muda Dengan Buah Manggis

Kulit manggis mengandung Xanthone, penyembuh kanker payudara.



Manggis dikenal sebagai ratu buah karena rasanya yang manis, lezat dan lembut. Penelitian badan-badan pengobatan dunia menunjukkan bahwa buah manggis memiliki banyak khasiat dan secara langsung menyembuhkan penyakit.  

Radikal bebas masuk melalui makanan yang dikonsumsi dan merupakan penyebab utama penyakit jantung, stroke, kanker dan sebagainya. Menurut Dr. Sam Walters, Naturopath (Master dalam bidang Biologi Sains sepesialis nutrisi), antioksidan adalah kunci utama dalam mencegah penyakit. 

Penelitian terbaru menemukan bahwa 1 dari 4 rakyat Amerika Serikat mengidap kanker, dan 1 dari 5 akan meninggal pada usia dini. Solusi dari masalah tersebut, pencegahan dengan mendetoksifikasi logam berat menggunakan buah manggis. Diketahui kulit manggis mengandung Xanthone, penyembuh kanker payudara, kanker paru-paru, kanker perut, leukemia dan lain-lain.

Menurut Dr. Ir. Raff Paramawati dari Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian, yang paling utama manggis adalah bagian kulit karena memiliki daya antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Konsumsi manggis secara rutin membuat awet muda karena antioksidan super berfungsi menjaga serta memperbaiki sel-sel tubuh kita yang rusak dan menjadi lebih baik. 

Dr. Berna Elya, Peneliti Departemen Farmasi Universitas Indonesia, antioksidan manggis terdapat pada kulitnya yang bernama Xanthone, kadarnya bisa mencapai 123,97 mg per ml. Khasiat Xanthone bukan hanya antioksidan, tetapi juga anti kanker. Meski tabir misteri keampuhan buah manggis telah terkuak, namun di negeri leluhurnya Indonesia, manggis belum banyak dimanfaatkan. 

Wednesday, December 26, 2012

Ada Siapa di Balik Kasus Hambalang?

"Air bah tidak akan muncul seandainya pintu air tidak dibuka."



Tulisan ini mencoba meresume wawancara khusus Rizal Mallaranggeng dengan VIVAnews, yang dimuat  dengan judul menarik "Kami Akan Bongkar Kekuatan Besar di Balik Hambalang." (VIVnews, 25 Desember 2012). 

Kasus korupsi pembangunan Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON)  yang direncanakan dibangun di tanah seluas 312 ribu hektar lebih di Desa Hambalang, Kabupaten Bogor dan diproyeksikan memakan anggaran Rp2,58 triliun, menempatkan mantan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Andi Alfian Mallarangeng, 49, dan Andi Zulkarnain "Choel" Mallarangeng, 46, kakak-beradik ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka.

Rizal Mallaranggeng, doktor ilmu politik lulusan Ohio State University, AS, mengatakan, “Setelah saya baca berbagai dokumen, termasuk hasil audit investigasi BPK, dan bicara dengan sejumlah pihak, jelas ada kekuatan besar di balik Hambalang. Kami akan bongkar!"

Pangkal kasus Hambalang menurut Rizal, dua menteri terkait, Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng dan Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, tidak menandatangani pengajuan dana Proyek Hambalang, tapi dana tetap dicairkan Menteri Keuangan. Pengajuan dana Hambalang tidak ditandatangani Menpora selaku Pengguna Anggaran (PA), tapi hanya ditandangani Sekretaris Kemenpora Wafid Muharram, selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA). 

Rizal meminjam istilah, air bah tidak akan muncul seandainya pintu airnya tidak dibuka. Penyelidikan berawal dari pertanyaan sederhana, siapa yang menarik pintu air itu? Menurutnya, ini pertanyaan penting untuk menguak kasus Hambalang. Prinsipnya: follow the money, dari sumbernya. Penjaga tertinggi pintu air Hambalang adalah Menteri Keuangan Agus Martowardojo, dan untuk anggaran dibantu Anny Ratnawati, Wakil Menteri Keuangan yang ketika itu menjabat Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan. 

Terjadi pelanggaran terhadap Peraturan Menteri Keuangan No. 56/2010 dan Peraturan Menteri PU No. 45/2007, dua menteri belum teken, dana sudah cair. Kenapa? Karena itu kita harus terus bertanya kepada Menkeu Agus dan Anny Ratnawati, siapa yang bertanggung jawab? Mereka tidak boleh serampangan, sebab mereka mengelola total Rp 1.500 triliun uang negara. 

Dalam kasus Hambalang, pihak yang selalu berhubungan dengan Anny Ratnawati adalah Wafid Muharram (saat itu Sekretaris Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga) dan Deddy Kusdinar (Kepala Biro Keuangan dan Rumah Tangga Kemenpora). Mereka bersama staf yang berhubungan dengan Agus Martowardojo dan Anny di Kementerian Keuangan. 

Ada tiga fakta yang membimbing hasil penyelidikan Rizal dkk. Pertama, soal korespondensi antara Kemenpora dan Kemenkeu. Terjadi surat menyurat secara intensif pada tahun 2010, tapi tidak satu pun ada surat yang ditandatangani Andi Mallarangeng sebagai Menpora.

Kedua, Wafid dan Deddy diatur dan diarahkan dari kantor Ditjen Anggaran yang waktu itu dipimpin Anny Ratnawati.

Ketiga, Menteri Agus Martowardojo mestinya sangat mudah memahami peraturan di kementeriannya sendiri. Anehnya, tidak sekali pun Agus Martowardojo menanyakan kepada Andi Mallaranggeng soal pengajuan anggaran tahun jamak (multiyears) yang belum ditandatangani Menpora itu. Padahal, semestinya tinggal angkat telepon atau menanyakan langsung saat bertemu di rapat kabinet. Apalagi, surat menyurat antara Kemenpora dan Kemenkeu sangat intensif dalam tiga bulan terakhir di tahun 2010. 

"Kita hanya bisa memahami ini semua, jika mengerti konteks besarnya, " kata Rizal.  Menurutnya, tidak mungkin Wafid dan pegawai-pegawai Anny bisa menentukan sendiri anggaran sebesar ini. Hak anggaran dipegang DPR. Karena itu, dalam kasus ini jelas ada dinamika khusus dengan DPR, di mana fraksi terbesarnya adalah Demokrat. Saat anggaran Hambalang dibahas di DPR siapa Ketua Fraksi Demokrat? Siapa yang jadi Bendahara Umum Demokrat? (Anas Urbaningrum dan Muhammad Nazaruddin).

Dalam kasus Hambalang ini ada dalang yang belum terungkap, karena di Proyek Hambalang ini ada tanah yang bertahun-tahun sertifikatnya tidak selesai-selesai, tiba-tiba selesai begitu saja. Jangan lupa di sini juga ada peran Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Joyo Winoto yang merupakan teman dekat Anny Ratnawati dan dari dulu berada dalam lingkaran inti Presiden SBY. Jangan juga dilupakan bahwa Anny itu anak buah Joyo di Brighton Institute, lembaga think tank SBY. Itulah sebabnya yang mengambil sertifikat dari BPN bukan Wafid dan timnya, tapi Ignatius Mulyono, anggota Fraksi Partai Demokrat di DPR RI, yang sudah secara terbuka mengaku diperintah langsung petinggi Partai Demokrat.

Kalau mau lihat potret besarnya, menurut Rizal : ada partai baru berkuasa, mengusai eksekutif. Kalau kakinya belum kuat, kekuasaannya tentu gampanag goyah. Tapi, kalau baru berkuasa mau cari uang banyak di swasta tentu susah. Paling gampang di perusahaan negara, perusahaan pelat merah, karena paling gampang diatur. Di negeri ini ada 100 BUMN lebih, dengan aset Rp10 ribu triliun. Maka itu, dimainkan lah BUMN ini.

Lihat saja, kalau tender, semua perusahaan BUMN yang dapat. Kontraktor Hambalang itu konsorsium Adhi Karya dan Wijaya Karya, dua-duanya BUMN. Dan Adhi Karya dan Wijaya ini tidak mengerjakan proyek Hambalang sendiri. Mereka ternyata mirip broker proyek saja. Setelah menang tender, mereka mensubkontrakkan pekerjaan ke 55 perusahaan lain, total senilai Rp 482,5 miliar. 

Di level pelaksana proyek Hambalang, yang paling bertanggung jawab di tingkat hilir, otaknya adalah Muhammad Arifin. Dia konsultan pelaksana sejak awal. Dia yang membuat harga satuan barang jadi begitu tinggi. Di ujungnya adalah PT Dutasari Citra Laras (DCL), perusahaan sub kontraktor terbesar di Proyek Hambalang yang dipimpin Mahfud Suroso dan istri Anas Urbaningrum. Menjadi  catatan, Mahfud adalah juga teman baik Anas. PT Dutasari ini mendapat proyek mechanical electrical, nilainya total sebesar Rp 295 miliar. Menurut audit BPK, di sini terjadi dugaan korupsi besar-besaran. 

Perusahaan sub kontraktor terbesar kedua adalah PT Global Daya Manunggal milik Herman Prananto, yang mendapat pekerjaan fondasi dengan nilai kontrak Rp 127 miliar. Jadi, PT Dutasari dan PT Global merupakan subkontraktor untuk 87 persen dari keseluruhan nilai subkontrak proyek sebesar Rp 482,5 miliar.

Terdapat kejanggalan ketika Pak Herman Prananto menyatakan bahwa Adhi Karya masih menunggak pembayaran sebesar Rp 50 miliar kepada dia. Padahal, untuk Mahfud sudah dibayar lunas semua. Sangat aneh, karena dalam pekerjaan konstruksi, yang harus dilunasi duluan adalah pekerjaan fondasi. Pekerjaan kabel dan listrik biasanya dibayar belakangan.

Tuduhan tersangka korupsi terhadap Andi Mallarangeng dari KPK, jika melihat dari hasil audit investigasi BPK tanggal 30 Oktober 2012, dia dikaitkan dengan proses pencairan uang muka Proyek Hambalang. BPK menyatakan, “Karena proses persetujuan kontrak tahun jamak menyalahi ketentuan, maka kontrak induk tidak boleh terjadi, … [maka sisa uang muka yang belum terpakai] yaitu sebesar Rp 116,9 miliar merupakan indikasi kerugian negara.”

Tuduhan kerugian negara, merupakan konstruksi konseptual, bukan konstruksi faktual. Karena hal ini bisa dimentahkan oleh dua hal. Pertama, pihak yang paling bertanggung jawab adalah yang membuka “pintu air”. Andi Mallaranggeng tidak menandatangani pengajuan dana Hambalang, tapi kenapa diloloskan Kementerian Keuangan? Yang kedua, kontraktor sudah menyerahkan bank guarantee ke pemerintah yang bisa dicairkan setiap saat, sehingga sisa uang muka Rp 116,9 miliar itu tidak hilang sama sekali. Jadi, apanya yang merugikan negara?

Proyek Hambalang sebenarnya kasus lama, dimulai pada tahun 2003-2004, sejak Kemenpora masih Dirjen Olahraga di bawah Depdiknas, terus berlanjut di masa Menpora sebelumnya Adhyaksa Dault, di mana Wafid Muharram sudah menjadi Sekretaris Kemenpora.

Berdasarkan dokumen-dokumen yang ada, anggaran Rp 2,5 triliun itu sudah ditetapkan sebelum Andi Mallaranggeng jadi Menpora . Semua hal soal Hambalang sudah diputuskan, semua sudah di-set, mulai dari anggaran, rencana pembangunan, pengurusan sertifikat, sampai pemenang tender. Semua proses yang berlangsung di masa Andi Mallarangeng jadi Menpora adalah bagian dari proses yang sudah direncanakan sebelum dia jadi Menpora.

Begitu Andi jadi menteri, dia langsung dipaparkan oleh Wafid cs. rencana pembangunan Hambalang dengan anggaran Rp 2,5 triliun itu. Nilainya tidak pernah bertambah di masa Andi Mallarangeng. Sebagai Menpora,  Andi Mallaranggeng hanya memberikan arahan normatif seputar peruntukan gedung; jangan dibuat terlalu mewah, sebaiknya ada amphitheater, dan sejenisnya. Semua teknis anggaran dan pembangunan sudah diatur sebelumnya. 

Sebagai contoh, tertera di dokumen hasil audit BPK, bahwa pada Februari-April 2009, sebelum Andi Mallarangeng dilantik sebagai Menpora, sudah ada tiga surat dari Kemenpora meminta bukti pelepasan hak atas tanah dari Pak Probosutedjo sebagai pemilik sebelumnya. Sedangkan Andi Mallaranggeng baru dilantik jadi Menpora 22 Oktober 2009. Sialnya, begitu jadi menteri dia langsung terjebak di tengah-tengah mafia proyek dan mafia anggaran yang sudah mengincar Hambalang sejak lama.

Wisma Proklamasi 41 (kantor Rizal Mallaranggeng) akan menjadi data center kasus Hambalang. Rizal mempersilakan untuk dimanfaatkan pers, blogger, dan siapapun yang ingin sama-sama mendalami dan mengungkapnya. Kata Rizal, "Saya akan selidiki terus. Saya akan bikin “KPK swasta” untuk membongkar korupsi Hambalang ini … hahaha."

Sumber : VIVAnews, Wawancara Khusus, Hadi Suprapto. 

Tuesday, December 25, 2012

Perbedaan LCD dan TFT

LCD yang diproduksi saat ini dibuat dengan TFT


Liquid Crystal Display atau LCD diciptakan sebagai alternatif untuk menampilkan CRT (cathode ray tube) yang besar dan tebal. LCD lebih hemat energi, tipis, dan ringan. Tapi terdapat kendala pada model LCD pendahulunya,  mereka terlalu lemah untuk menampilkan CRT. Sebagai bentuk pengulangan, bentuk LCD dengan metode tradisional dirancangan untuk meningkatkan kinerja tampilannya. Solusi yang ditemukan berupa TFT atau Thin Film Transistor. Alih-alih metode tradisional diproduksi transistor silikon dalam bentuk wafer, elemen TFT dibenamkan langsung ke substrat kaca.

Metode baru untuk memproduksi layar mengalami beberapa perbaikan langsung. TFT memungkinkan untuk mengurangi crosstalk antara piksel individu menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam kualitas gambar. Crosstalk adalah ketika sinyal dari piksel yang berdekatan mempengaruhi pengoperasian pixel. Hal ini menyimpangkan kecerahan pixel, sehingga menjadi terang atau lebih redup. 

TFT menjadi pemecah masalah, atau setidaknya masalah itu diminimalkan, masalah yang melekat pada LCD yang membuatnya tidak dapat digunakan untuk banyak aplikasi. Layar LCD digunakan untuk merespon waktu gerakan yang sangat tinggi dan itu tidak mampu menghasilkan gambar yang bergerak cepat. Masalah ini membuat game dan menonton film menjadi tidak menarik. 

Elemen transistor kecil di layar TFT membutuhkan sejumlah kecil daya untuk mengubah kemampuannya. Diperlukan daya rendah yang langsung ditanamkan untuk menghasilkan respon waktu yang lebih cepat. Dilakukan pengembangan terus pada layar TFT, sehingga respon waktu menjadi lebih rendah dan lebih rendah sampai LCD hampir kompetitif dengan CRT terhadap waktu respon.

TFT begitu sukses sehingga menjadi standar dalam memproduksi layar LCD. Hari ini, semua LCD yang dibuat dibangun dengan TFT. Bahkan layar baru yang  sedang dikembangkan menggunakan LED masih menggunakan lapisan TFT untuk memunculkan display. TFT mungkin benar-benar diganti di masa depan dengan teknologi tinggi, tetapi untuk sekarang, itu adalah hal yang paling dominan dalam semua LCD.

Ringkasan:

1. LCD adalah jenis display menggunakan transistor untuk membuat gambar sementara TFT adalah salah satu metode untuk menciptakan sebuah LCD

2. Alih-alih dari proses pembuatan semikonduktor tradisional, elemen TFT langsung dibenamkan ke substrat yang biasanya terbuat dari kaca

3. Displays yang dibuat dengan TFT menghasilkan gambar yang lebih baik dan kurang rentan terhadap crosstalk dibandingkan dengan LCD tradisional

4. Elemen TFT memerlukan jumlah daya yang lebih kecil untuk mengaktifkan yang memungkinkan citra ulang ke layar lebih cepat

Monday, December 24, 2012

Pola Transportasi di Jakarta

Jadi, salah siapa kalau Jakarta macet?


Transportasi merupakan aspek penting yang menopang kelancaran pergerakan manusia, barang, dan jasa yang mendorong pertumbuhan kawasan. Namun, transportasi pun menimbulkan masalah seperti terjadinya kemacetan lalu lintas di beberapa kota besar. Akibatnya, laju pertumbuhan kota yang diharapkan menjadi tersendat.

Terjadinya kemacetan lalu lintas umumnya disebabkan oleh : 

(1). Terbatasnya daya tampung jalan akibat jumlah panjang jalan dan jumlah kendaraan bermotor yang tidak seimbang. 
(2). Jumlah pengguna kendaraan pribadi yang proporsinya jauh lebih besar daripada kendaraan umum. 
(3). Terjadi ketimpangan fungsi kota, akibat tidak berjalannya konsep planologis dalam perencanaan kota. (4). Sulitnya pengembangan infrastuktur kota akibat kendala pengadaan lahan bagi kepentingan umum. 
(5). Terbatasnya fasilitas pendukung berupa gedung dan taman parkir, baik di pinggiran kota maupun dalam kota, 
(6). Masih rendahnya disiplin pengguna kendaraan bermotor yang kurang menghiraukan kondisi dan keberadaan rambu lalu lintas.

Tidak dapat dihindari, kebijakan rekayasa lalu lintas yang berkaitan dengan pembatasan penggunaan kendaraan pribadi, harus juga ditopang oleh pelayanan transportasi yang memadai, seperti ketersediaan kendaraan umum yang aman, nyaman dan murah. Penyediaan pasilitas parkir yang memadai di tempat-tempat keramaian umum, atau pada titik yang dapat menimbulkan kerawanan kemacetan lalu lintas merupakan suatu keharusan.

Pembatasan penggunaan kendaraan pribadi dengan menerapkan pola "3 in 1" di DKI Jakarta, ternyata setelah dievaluasi secara seksama, belum dapat mengatasi masalah kemacetan lalu lintas, atau mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Bahkan penerapan pola tersebut akan ditinjau ulang. Kemudian Gubernur DKI Joko Widodo, telah mencanangkan mulai bulan Maret 2013 akan diberlakukan pola nomor ganjil-genap untuk penggunaan kendaraan pribadi.

Selain banjir yang menjadi langganan tahunan, Jakarta ternyata punya langganan harian berupa kemacetan lalu lintas. Bukan Jakarta kalau tidak macet. Jadi, salah siapa kalau Jakarta macet?

Kemarin, Om-nya anak-anak yang di Bekasi telpon, kalau mau ajak anak-anak berlibur ke sini jangan pada tanggal merah atau hari besar atau Sabtu-Minggu, nanti waktunya habis di jalan. Mungkin itu juga alasan yang membuat mereka enggan bertandang ke Sukabumi, karena bisa seharian di jalan dalam kemacetan lalu lintas.

Jadi, tahun baru bagusnya kemana ya?

Sunday, December 23, 2012

Meraih Sukses dengan Senam Otak Sederhana

Sebelum mulai aktifitas otak kita harus diaktifkan terlebih dahulu.

Ternyata kita mempunyai cara yang unik dan kadar tertentu untuk belajar atau mempelajari sesuatu. Sebelum mulai aktifitas, otak kita harus diaktifkan terlebih dahulu agar siap menerima rangsang dan memberikan respon.

Bagaimana cara meng“on kan” otak kita? Berikut ini langkah-langkah aktivasi otak sederhana seperti disampaikan Lestari Danardana pada PLPG Rayon 135, Universitas Pakuan Bogor.

Langkah 1:

Minum segelas air, putarkan air itu dalam mulut dengan menggerakkan lidah kita dari kiri ke kanan perlahan-lahan dan nikmati saat-saat air itu turun ke bahagian tekak kita, telan perlahan-lahan.


Langkah 2 :

Berdiri tegak

Letakkan tangan kanan di bawah tulang selangka

žLetakkan tangan kiri di pusat

žBentukkan huruf “C” menggunakan ibu jari dan jari telunjuk
tangan kanan dan tekan sedikit di bahagian bawah tulang selangka, Gosokkan perlahan-lahanž

Tangan kiri , letakkkan di atas pusat

žLakukan selama 20 - 30 saat

Tukar kedudukan tangan,




Langkah 3 :


  • Bergerak untuk mengaktifkan otak Anda, gerakkan menyilang kaki kanan sentuh tangan kiri dan sebaliknya
  • Lakukan pada bagian depan dan belakang
  • Lakukan selama 30 detik

Langkah 4 :

  • Relaks dan bersikap positif
  • Duduk tegak di kursi, lunjurkan kaki ke depan
  • Silangkan kaki, kaki kiri di atas, kaki kanan di bawah
  • Silangkan kedua tangan ke depan, genggam tangan, pastikan jari kiri di atas jari kanan
  • Bawa genggaman tangan itu ke dada Anda dengan gerakan memutar ke dalam dan bernafas perlahan-lahan.
  • Pejamkan mata, dan coba dengar bunyi nafas Anda.
  • Saat ,menarik nafas sentuhkan lidah ke langit-langit mulut Anda, dan lepaskan saat menghembus nafas
  • Lakukan selama 30 detik


Sudah siapkah Anda? Mari kita mulai aktivitas hari ini dengan riang gembira! Semoga sukses selalu!

BACA JUGA :
Tiga Kelompok Usia Lanjut
Cara Menelepon di BBM
Reformasi Aturan Pensiun PNS
Misteri Jatuhnya Sukhoi Superjet 100
Kemegahan Istana Maimun di Medan
Aturan Parkir Menurut Lebar Jalan

Saturday, December 22, 2012

Tiga Kelompok Usia Lanjut

Pertanyaanya, kita masuk kelompok mana?



Akhir bekerja dan berkarir yang ditempuh selama puluhan tahun adalah pensiun. Pensiun sebagai masa menikmati hari tua bersama pasangan yang selama ini mendampingi. Anak-anak sudah selesai sekolah, sudah bekerja dan hidup mandiri. 

Pensiunan selain memiliki dana pensiun, idealnya pasti punya sejumlah aset berupa rumah, villa, kebun, kendaraan bermotor, tabungan, deposito (rupiah atau dolar), dan apapun yang pantas dimiliki. Aset yang telah dimiliki terus meningkat nilainya, sementara anak dan menantu tanpa diminta rajin mentransfer uang. 

Siapa yang tidak ingin berada dalam kondisi "Kecil dimanja-manja, muda foya-foya, dewasa bersuka ria, tua kaya raya, mati masuk surga?", tulis Surasono I. Soebari dalam bukunya Pensiun Preneur.

Sayangnya tidak semua dari kita mendapat berkah kehidupan seperti itu. Jumlah orang yang masih belum beruntung jauh lebih banyak dari yang mendapat berkah hidup berkecukupan. Pertanyaanya, kita masuk kelompok mana?

Terdapat tiga kelompok pensiunan atau usia lanjut bila ditinjau dari kondisi finansial, yaitu mapan, setengah mapan dan kurang mapan. Seperti apa sosok pensiunan atau usia lanjut usia di kelompok itu?

Kelompok mapan 

Bila Anda dan keluarga dapat menikmati hasil kerja puluhan tahun dalam kondisi lebih dari cukup, Anda harus bersyukur. Hidup makmur dengan sejumlah aset dan investasi yang terus berkembang tentu sangat membahagiakan. Kebahagiaan semakin lengkap dengan ditunjang oleh anak-anak yang sudah berkeluarga dan hidup mandiri. Inilah saatnya memperbanyak amal, bersyukur dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Kelompok setengah mapan

Dalam kondisi setengah mapan pun, Anda tetap harus bersyukur, meski tidak seperti orang lain yang bisa jalan-jalan ke luar negeri, pergi haji, umroh, atau melakukan ziarah spiritual. Hal terpenting, Anda dan keluarga berada dalam kondisi sehat. Meski anak-anak belum 100 persen mandiri, setidaknya gambaran masa depan mereka untuk kelanjutan studi dan karir tidak mengkhawatirkan. Masih banyak orang-orang yang jauh di bawah Anda, dengan melihat mereka Anda akan lebih bersyukur dalam kondisi sekarang.

Kelompok kurang mapan

Uang dan kekayaan bukan segalanya dan selama ini Anda sudah terbiasa hidup sederhana. Jadi, tidak ada yang perlu dipersalahkan bila di masa senja Anda bertahan hidup sederhana. Kebahagiaan hakiki sesungguhnya menjalani hidup lurus, tidak macam-macam dan tidak menyusahkan orang lain, itulah alasan  yang membuat Anda tetap harus beryukur. Masih banyak waktu untuk memperbaiki keadaan.

BACA JUGA :
Cara Menelepon di BBM
Reformasi Aturan Pensiun PNS
Plus Minus Kartu Kredit
Bagaimana Memahami Aturan Korupsi?
Misteri Seputar Peringkat Korupsi Indonesia
Ancaman Pemutusan Hubungan Kerja di Akhir 2012?

Friday, December 21, 2012

Cara Menelepon di BBM

Percakapan telepon dapat dilakukan secara multitasking.



Karena menyadari bahwa BBM menjadi banyak alasan orang Indonesia membeli BB dan juga tahu suka yang gratisan, maka Research In Motion (RIM) memperbaharui versi BlackBerry Messengger/BBM mereka. Lahir BBM versi 7 yang memiliki  menu dapat menelepon memakai BBM. 

Pengguna BBM minimal versi 6 dapat melakukan upgrade ke versi 7 terlebih dahulu tanpa biaya instalasi sebelum melakukan percakapan telepon. Namun, syaratnya kedua pengguna harus berada alam jaringan WiFi atau ada di layanan nirkabel tesebut.

Percakapan telepon dapat dilakukan secara multitasking, artinya bisa sambil tetap BBM dengan yang lain, periksa pos-el, browsing, dan lainnya. Hal ini karena menu BBM Voice sudah kompatibel dengan aksesori semacam hansfree bluetooth.

Setelah Anda mengupgrade ke versi terbaru, langkah awal percakapan adalah melakukan koneksi ke BB ID, yakni pos-el yang didaftarkan ke RIM kemudian pastikan perangkat sudah tersambung ke WiFi. Kemudian pilih kontak yang dikehendaki (indikatornya ada logo BBM Voice di sebelah kanan atas layar). Bila indikator logo berwarna abu-abu, artinya lawan bicara tidak terkoneksi ke WiFi, namun bila warna hijau artinya siap dihubungi. Tekan icon call untuk melakukan panggilan. Jika ingin sambil BBM-an, tekan open chat di susut kanan bawah layar. 

Hal yang paling menarik, seluruh fitur tersebut tidak ada tarif tambahan. Cobalah sekarang juga!

Thursday, December 20, 2012

Reformasi Aturan Pensiun PNS

Aturan Pensiun PNS masih mengacu pada Undang-Undang No. 11 Tahun 1969.


Wacana soal sistem pensiun diberikan sekaligus saat ini berkembang di kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dikabarkan bahwa saat pensiun seorang PNS golongan 2, akan mendapatkan Rp 500 juta, golongan 3 mendapatkan Rp 1 miliar, dan golongan 4 sebesar Rp 1,5  miliar dengan masa kerja 20 tahun ke atas. Uang sebanyak itu diberikan sebagai pengganti sistem pensiun yang selama ini berjalan diberikan setiap bulan (pay as you go). Wacananya, untuk kebijakan pensiun ke depan diberikan sekaligus (fully funded).

Sebenarnya pemerintah sampai sekarang belum membuat kebijakan baru terkait pemberian dana pensiun. Memang, sejak tahun 1969 hingga saat ini aturan yang mengatur tentang pensiun PNS masih mengacu pada Undang-Undang No. 11 Tahun 1969. Namun, konsideran yang dijadikan rujukan undang-undang ini justru telah tiga kali berubah seiring dengan perkembangan situasi sosial dan politik.

Selama ini terjadi banyak kekeliruan dalam praktik penyelenggaraan program pensiun dan program tunjangan hari tua bagi PNS. Hal ini sebagai pembiaran yang pada akhirnya menyulitkan bagi penyelenggara program pensiun maupun pemberi kerja, yaitu pemerintah ataupun penerima kerja atau PNS.   

Kesalahan yang paling banyak disoroti ialah anggapan tentang peran PT Taspen, karena ada ketidaktegasan dan tidak diikutinya prinsip perasuransian dalam penyelenggaraan program pensiun dan program tunjangan hari tua bagi PNS, kurang transparansi dalam pelaporan penyelenggaraan program pensiun dan program tunjangan hari tua. PT Taspen, selama ini hanya berperan tidak lebih sebagai juru bayar uang pensiun.

Masalah lain, komitmen dan kejelasan dalam pelaksanaan metode pembiayaan pensiun dan implementasi program pensiun menjadikan beban pembiayaan pensiun yang semakin membengkak. Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono pernah mengatakan, porsi untuk dana pensiun PNS hingga kini mencapai Rp 60 triliun. Sekitar Rp 50 triliun diambil dari APBN sedangkan sisanya diambil dari premi PNS tersebut. Setiap tahun naik kurang lebih Rp 5 triliun beban pensiun. Ke depan jika dibiarkan, akan menjadi beban berat bagi APBN.  

Sepertinya, reformasi aturan pensiun cukup strategis dan mendesak untuk segera dilakukan. Reformasi sistem pensiun PNS setidaknya harus berasaskan keadilan bagi peserta pensiun serta memperhatikan keberlanjutan fiskal di masa depan. Selain itu, tidak ada manipulasi dalam penghitungan formula manfaat pensiun yang akan diterima peserta pensiun.

Wednesday, December 19, 2012

Misteri Jatuhnya Sukhoi Superjet 100

Pilot mengobrol sehingga mengabaikan Terrain Awareness Warning System (TAWS).



Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) belum lama ini mengungkap penyebab terjadinya peristiwa naas kecelakaan pesawat Sukhoi Superjet 100 di Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, 29 Mei 2012. Ternyata, pesawat yang sedang melakukan penerbangan promosi itu tidak dilengkapi informasi wilayah Bogor, termasuk keberadaan Gunung Salak. 

Dalam penerbangan tersebut terdapat 45 orang, terdiri dari 2 pilot, 1 navigator, 1 flight test engineer, dan 41 penumpang yang terdiri dari 4 orang personel dari Shukoi Civil Aircraft Company (SCAC), 1 orang personel dari pabrik mesin pesawat (SNECMA) dan 36 orang tamu undangan yang terdiri dari 34 orang warga negara Indonesia, 1 warga Amerika Serikat, dan 1 orang warga Perancis. 

KNKT pun menyimpulkan penyebab jatuhnya pesawat Sukhoi RRJ-95B beregistrasi 97004 Superjet 100 pada 9 Mei 2012 lalu, disebabkan dugaan pilotnya sedang mengobrol. Kondisi tersebut dinilai sebagai faktor manusia (human factor) dan bukan kesalahan pilot (human error). 

“Harusnya pilot itu konsentrasi. Tetapi pilot mengobrol sehingga mengabaikan Terrain Awareness Warning System (TAWS). Para pilot seharusnya diberi pelajaran mengenai hal itu. Kalau direktur bisa ke kokpit harus ada batasannya,” kata Ketua KNKT Tatang Kurniadi di Jakarta (18 Desember 2012). 

Menurut Tatang, 38 detik sebelum pesawat itu menabrak Gunung Salak. TAWS memberikan peringatan berupa suara “terrain a head pull up” (medan di depan naik) diikuti dengan enam kali peringatan suara “avoid terrain” (hindari medan). Pilot In Command mematikan TAWS tersebut, karena berasumsi peringatan-peringatan tersebut akibat database yang bermasalah. 

Tujuh detik menjelang menabrak gunung, sempat terdengar peringatan suara “landing gear not down” (roda pendaratan tidak turun) dari sistem peringatan pesawat. Peringatan “landing gear not down” aktif apabila pesawat berada pada ketinggian kurang dari 800 kaki di atas permukaan tanah dan roda pendarat belum turun. 

Dikemukanan, pada pukul 14.26 WIB, pilot meminta izin untuk turun ke 6.000 kaki serta membuat orbit ke kanan. Petugas Jakarta Approach mengizinkannya, tujuannya agar pesawat tidak terlalu tinggi untuk proses pendaratan di Halim Perdanakusumah dengan menggunakan landasan 06. 

Duta Besar Rusia untuk Indonesia Mikhail Yurievich Galuzin mengakui, hasil investigasi penyebab jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 di Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat merupakan laporan objektif dan seimbang. Menurutnya, laporan tersebut merupakan hasil kerjasama efektif dan konstruktif antara Rusia dan Indonesia, Komite Aviasi Antarnegara, Kementerian Industri dan Perdagangan Rusia, Kemenhub, KNKT, dan lain-lain. Kesimpulan dan isi laporannya sudah diterima semua pihak yang terlibat, seperti Rusia, Indonesia, Amerika Serikat, dan Prancis, untuk penyempurnaan sistem-sistem keselamatan penerbangan.

BACA JUGA :
Kemegahan Istana Maimun di Medan
Aturan Parkir Menurut Lebar Jalan
Kepribadian Bayi Menurut Bulan Kelahiran
Plus Minus Kartu Kredit
Pentingnya Mitigasi Dalam Pembangunan
Akankah Kurikulum 2013 Lebih Baik?
Bagaimana Memahami Aturan Korupsi?
Misteri Seputar Peringkat Korupsi Indonesia

Tuesday, December 18, 2012

Kemegahan Istana Maimun di Medan

Istana Maimun, dulunya adalah pusat Kerajaan Deli.



Istana Maimun yang terletak di Jalan Brigjen Katamso, Medan, saat ini menjadi salah satu istana paling indah yang masih bisa dikunjungi sebagai saksi sejarah kesultanan di Indonesia. Istana Maimun, dulunya adalah pusat Kerajaan Deli.

Istana Maimun terdiri dari dua lantai dengan ketinggian 14,40 meter yang dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian utama, sayap kiri dan sayap kanan. Istana Maimun memiliki 30 ruangan, belum termasuk kamar mandi, gudang, dapur, dan penjara di lantai bawah. Bangunan utama di dominasi oleh warna kuning.

Singgasana Sultan Deli terdapat di ruang tengah atau balairung seluas 412 meter persegi. Balairung digunakan untuk acara penobatan Sultan Deli atau agenda tradisional lain termasuk acara-acara keislaman. Selain itu, di balairung Sultan juga menerima sanak saudara dan keluarga pada hari libur Islam.

Istana Maimun dibangun oleh Sultan Makmun Ar-Rasyid Perkasa Alamsyah dengan seorang arsitek berkebangsaan Italia pada 1888. Waktu pengerjaannya menghabiskan waktu 3 tahun dengan biaya kurang lebih 1 juta gulden. Istana Maimun diresmikan 18 Mei 1891.

Singgasana Sultan Deli diterangi lampu kristal bergaya Eropa. Pengaruh yang sama  juga terlihat pada perabotan istana seperti kursi, meja, toilet, lemari dan pintu menuju balairung. Beberapa bahan bangunan pun diimpor dari Eropa seperti ubin lantai, marmer dan teraso.

Pola arsitektur dari daratan Eropa seperti Belanda dan Spanyol mempengaruhi desain pintu dan jendela yang tinggi dan lebar. Pengaruh Belanda bahkan terlihat dari prasasti marmer di depan tangga yang ditulis dalam huruf latin dalam bahasa Belanda.

Selain budaya Eropa, budaya Islam juga terlihat memberi pengaruh pada bentuk kurva atau arcade di beberapa bagian atap istana. Kurva berbentuk kapal terbalik yang dikenal dengan Persia Curve sering dijumpai pada bangunan di kawasan Timur Tengah, Turki, dan India. 

Lokasi Istana Maimun sangat mudah dicapai karena berada ditengah kota Medan. Dari Bandara Polonia jarak tempuhnya 10 km, dari Pelabuhan Belawan sekitar 28 km. Istana Maimun terbuka untuk umum setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB.


Monday, December 17, 2012

Aturan Parkir Menurut Lebar Jalan

Kecelakaan akibat parkir yang tidak teratur sering meminta korban.



Parkir kendaraan bermotor menjadi masalah serius di beberapa kawasan perkotaan. Masalah parkir dapat berupa tidak seimbangnya volume kendaraan dengan ruas jalan sampai rebutan lahan oleh pengelola parkir yang bisa terdiri dari pengelola parkir pemerintah, parkir swasta dan  parkir liar. 

Penggunaan ruas jalan untuk ruang parkir kendaraan berdampak langsung pada kemacetan lalu lintas bahkan dapat menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Kecelakaan akibat parkir yang tidak teratur sering meminta korban baik kendaraan yang diparkir atau pengguna jalan lainnya. 

Perilaku pengemudi kendaraan bermotor sangat menentukan keselematan di jalan. Oleh karena itu, pengguna jalan dituntut untuk waspada agar tidak berperilaku yang mengakibatkan masalah dalam pergerakan kendaraan. Pengemudi kendaraan bermotor harus mengacu pada peraturan dalam memanfaatkan ruas jalan untuk parkir.

Terdapat dua bentuk parkir kendaraan bermotor di jalan, yaitu sejajar atau membentuk sudut 0 derajat atau menurut arah lalu lintas. Parkir kendaraan bermotor sejajar atau dengan sudut 0 derajat hanya diterapkan pada jalan yang memiliki lebar total minimal 5,3 meter untuk jalan satu arah dan 7,8 meter untuk jalan dua jalur.

Parkir lainnya ialah dengan membentuk sudut parkir 30 derajat, 45 derajat, 60 derajat dan 90 derajat. Parkir bersudut 30 derajat dapat diterapkan pada ruas jalan lebar total minimal 7,4 meter. Kemudian parkir pada jalan terdiri dari dua jalur bersudut 30 derajat lebar jalannya total minimal 9,9 meter.

Parkir 45 derajat dapat dilakukan pada jalan satu arah dengan lebar total minimal 8,8 meter. Sementara pada jalan dua lajur, parkir dengan sudut 45 derajat lebar jalannya minimal 11,4 meter.  

Parkir 60 derajat dapat dilakukan di jalan satu arah lebar jalan total minimal 9,9 meter. Untuk jalan dua lajur parkir 45 derajat total lebar jalan minimal 12,4 meter.

Parkir 90 derajat pada jalan satu arah, lebar jalan total minimal 10,8 meter. Parkir pada jalan dua arah dengan sudut 90 derajat total minimal lebar jalan 13,3 meter.

Semoga pengetahuan tentang tata cara parkir berdasar lebar jalan ini dapat melindungi keselamatan Anda dan kendaraan bermotor juga pengguna jalan lain. Atau, Anda berminat menjadi pengelola parkir? Semoga sukses!

BACA JUGA :
Kepribadian Bayi Menurut Bulan Kelahiran
Plus Minus Kartu Kredit
Pentingnya Mitigasi Dalam Pembangunan
Akankah Kurikulum 2013 Lebih Baik?
Bagaimana Memahami Aturan Korupsi?
Misteri Seputar Peringkat Korupsi Indonesia
Ancaman Pemutusan Hubungan Kerja di Akhir 2012?

Sunday, December 16, 2012

Kepribadian Bayi Menurut Bulan Kelahiran

Anda bisa memahami watak dan tabiat mereka



Bulan kelahiran biasanya diingat seseorang sebagai penanda kapan waktu ulang tahunnya. Bulan kelahiran selain mempengaruhi kecerdasan bayi juga mempengaruhi kepribadian seseorang.

Bila saat ini rumah tangga Anda baru saja diramaikan oleh kehadiran Si Buyung atau Si Upik, ada baiknya anda mengintip sifat dan kepribadian mereka berdasarkan bulan kelahiran berikut ini. Walau tidak 100 persen benar, setidaknya Anda bisa memahami watak dan tabiat mereka sehingga dapat beradaptasi dengan mahluk baru di tengah-tengah Anda yang lebih banyak menuntut untuk difahami dan dimengerti. 

Selamat datang Buyung dan Upik di rumah Anda, dan inilah tentang mereka berdasarkan bulan kelahirannya. 

-------------BAYI  JANUARY --------------------


Cantik / tampan. Suka berdandan. Mudah bosan. Rewel. Jarang menunjukkan emosi. Membutuhkan waktu untuk kembali ketika terluka ... Sensitif. Membumi. Keras kepala.


----------BAYI FEBRUARY --------------------

Dapat berpikir abstrak. Mencintai realitas dan abstrak. Cerdas dan pintar. Mengubah kepribadian. Menarik. Terseksi dari semua orang. Temperamental. Pendiam, pemalu dan rendah hati. jujur dan setia. Bertekad untuk mencapai tujuan. Mencintai kebebasan. Memberontak ketika dibatasi. Mencintai agresivitas. Terlalu sensitif dan mudah terluka. Benar-benar mudah marah tetapi tidak suka menunjukkannya. Tidak suka hal-hal yang tidak perlu. Mencintai teman-teman tapi jarang menunjukkannya. Horny. Berani dan keras kepala. Ambisius. Menyadari impian dan harapan. Berpandangan jeli. Mencintai hiburan dan rekreasi. Romantis luar dalam.  Percaya takhayul dan menggelikan. Boros. Mencoba belajar untuk menunjukkan emosi. 

-----------------BAYI MARET --------------------

Kepribadian menarik. seksi. Pemalu dan diliputi kasih sayang. Rahasia. Tentu jujur, murah hati dan simpatik. Cinta damai dan ketenangan. Peka terhadap orang lain. Pencium yang hebat. Mudah marah. Mudah percaya. Menghargai dan kebaikan kembali. Hampir tidak menunjukkan emosi.  Cenderung memendam perasaan. Jeli dan suka menilai orang lain.


------------------BAYI APRIL------------------- 

Ramah tamah dan suka mengorbankan diri. Lucu dan humoris. Keras kepala. Sangat latah. Tenang dan dingin namun simpatik. Bersangkutan dan rinci. Setia. Apakah bekerja dengan baik dengan orang lain. Sangat percaya diri. Sensitif. Sikap Positif. Berpikir murah hati. baik memori. Pintar dan berpengetahuan luas. Suka mencari informasi baru. Mampu untuk menghibur setiap orang dan / atau membuat mereka tertawa. Mampu memotivasi diri sendiri dan orang lain. Memahami. Senang berkeliling. Hyper .. Berkepribadian ceria. Rahasia. Laki / perempuan gila. Mencintai olahraga, musik, waktu luang dan bepergian .. Sistematis .. Hott namun memiliki otak. 

-----------------BAYI MEI -----------------

Keras kepala dan keras hati. Berkemauan keras dan sangat termotivasi. Tajam pikiran. Mudah marah. Menarik orang lain dan suka jadi pusat perhatian. Memiliki perasaan yang mendalam. Indah secara fisik dan mental. Berpikir seperti orang kantoran. Tidak ada motivasi. Pemalu terhadap lawan jenis. Mudah menghibur. Sistematik (otak kiri). suka mimpi. Kuat kewaskitaan. Penyakit biasanya pada telinga dan leher. baik imajinasi. Penampilan fisik baik. Lemah bernapas. mencintai sastra dan seni ... Suka bepergian. benci berada di rumah. Gelisah. Tidak memiliki banyak anak. Pekerja keras. Semangat tinggi. 


------------BAYI JUNI -------------

Anda punya kepribadian yang terbaik dan merupakan kesenangan mutlak untuk menjadi pusat perhatian. Anda suka bertemu orang baru dan keluar rumah. Anda genit dan sangat menarik perhatian. keren yang fasik. Hal ini juga lebih dari kemungkinan bahwa Anda memiliki koleksi catatan besar. Anda memiliki selera besar dalam film, dan mungkin suatu hari menjadi aktor terkenal / aktris, Anda berbakat untuk itu! 

----------------BAYI JULI --------------

Menyenangkan. Misterius. Sulit untuk mengerti dan dipahami. Tenang kecuali gembira atau tegang. Bangga diri. Memiliki reputasi. mudah menghibur. Jujur. Prihatin penduduk perasaan. Bijaksana. Ramah. Didekati. Emosional temperamental dan tidak terduga. Moody dan mudah sakit. Cerdas dan gemerlapan. Tidak dendam. Memaafkan tapi tidak pernah lupa. tidak suka hal-hal yang masuk akal dan tidak perlu. Panduan lain secara fisik dan mental. sensitif dan bentuk-bentuk tayangan hati-hati. merawat dan mencintai ... Memperlakukan orang lain sama. Kuat rasa simpati. Waspada dan tajam .. menghakimi orang melalui pengamatan. Pekerja keras. tidak ada kesulitan dalam belajar. Suka sendirian. selalu merenung tentang masa lalu dan teman-teman lama. menunggu teman. Tidak pernah mencari teman. tidak agresif kecuali diprovokasi. Mencintai untuk dicintai. mudah terluka tapi butuh lama untuk pulih. 


------------BAYI AGUSTUS ---------------

Berpribadi gampangan . mengambil risiko. Tertarik pada makanan. tidak ada kontrol diri. baik hati. percaya diri. keras dan riuh. SANGAT dendam. mudah bergaul dengan dan bicara. suka berbicara dan bernyanyi. mencintai musik. pelamun. mudah terganggu. benci tidak dipercaya. Imajinasi BESAR. suka akan dicintai. benci belajar. membutuhkan "seseorang". merindukan kebebasan. memberontak saat ditahan atau dibatasi. hidup dengan "tidak ada rasa sakit tidak ada keuntungan" peduli. selalu tersangka. main-main. misterius. "charming" atau "indah" untuk semua orang. keras kepala. penasaran. independen. berkemauan keras. pejuang. 


------------BAYI SEPTEMBER ---------------

Aktif dan dinamis. Misterius. Memendam perasaan. Anda tidak akan pernah tahu apa yang terjadi di kepala mereka, kecuali tergesa-gesa memberi penilaian. Decisive dan dipilih tetapi cenderung menyesal. Menarik dan sayang diri sendiri. Mentalitas yang kuat. Suka jadi pusat perhatian. Diplomatik. Menghibur, ramah dan memecahkan masalah orang banyak. Selalu sibuk mencari cara untuk meringankan masalah dunia, tetapi selama ini mereka cenderung mengabaikan dirinya sendiri. Dekat dan sayang orang harus memastikan bahwa mereka tidak lupa dirinya sendiri sepenuhnya sementara merawat orang lain sepanjang waktu. Berani dan tak kenal takut. Petualang. Mencintai dan peduli. Ramah tamah dan murah hati. Biasanya Anda memiliki banyak teman. Menikmati bercinta. Emosional. Keras kepala. Punya ingatan yang baik. Bergerak, memotivasi diri sendiri dan orang lain. Suka perjalanan dan mengeksplorasi. Kadang-kadang seksi dalam cara yang hanya kekasih mereka dapat mengerti. 

---------------BAYI OKTOBER-------------------

Suka ngobrol. Mencintai orang yang mengasihi mereka. Senang menjadi pusat perhatian. Memiliki kecantikan luar dalam. Selalu berpura-pura. Sering marah. Memperlakukan teman-teman lebih penting. berani dan tidak kenal takut. Selalu membuat hubungan baru pertemanan .. Mudah terluka, tapi pulih dengan mudah. Pelamun. Berpendirian. Sering tidak peduli untuk mengendalikan emosi. Tidak mudah ditebak. Sangat pintar, tapi pasti terpanas dan terseksi dari semua orang. 

---------------BAYI NOVEMBER--------------------

Dipercaya dan setia. Sangat bergairah dan berbahaya. Tahu bagaimana bersenang-senang. Seksi dan misterius. Setiap orang tertarik ke Anda luar dan dalam dan berkepribadian bebas. Suka bercanda, tapi penyimpan rahasia. sangat emosional dan kadang-kadang temperamental. Mudah bertemu orang baru dan sangat sosial dalam kelompok. tak kenal takut dan independen. Dapat menampung mereka sendiri. Menonjol dalam kerumunan. Dasarnya sangat cerdas. Biasanya, laki-laki terbesar lahir di bulan ini. 

---------------BAYI DESEMBER---------------

Jujur dan lurus- paling tampan dari semua orang ...  lebih baik dari semua yang lahir di lain bulan!  Setia dan murah hati. Patriotik. kompetitif dalam segala hal. Aktif dalam permainan dan interaksi. Sabar dan tergesa-gesa. Ambisius. berpengaruh dalam organisasi. Menyenangkan dengan. Mudah diajak bicara, meskipun sulit untuk memahami. Berpikir jauh dengan visi,  Mudah dipengaruhi oleh kebaikan. Sopan dan lembut. Memiliki banyak ide-ide. Sensitif. Aktif pikiran. Ragu-ragu, cenderung menunda-nunda. Pemilih dan selalu menginginkan yang terbaik. Temperamental. Lucu dan humoris. suka lelucon. Terampil berdebat. Selalu ada seseorang dipikirannya. Latah. Pelamun. Ramah. Tahu bagaimana menjalin pertemanan. Bertahan. Mampu menunjukkan karakter satu orang / jenis orang. Dapat dicintai. Mudah sakit. Mudah terserang pilek. mencintai musik. cantik / tampan. suka berdandan. Mudah bosan. Rewel. jarang menunjukkan emosi. 

Jadi, yang manakah Bayi Anda?

Saturday, December 15, 2012

Plus Minus Kartu Kredit

Gunakanlah kartu kredit dengan bijaksana

Kartu kredit bagaikan pedang bermata dua bila dipandang dari sudut perencanaan keuangan. Ketika kartu kredit digunakan sebagaimana fungsinya, ia bisa membantu kita menyelesaikan transaksi secara cepat.

Namun harus dipertimbangkan, kartu kredit adalah peminta bunga terbesar dalam dunia keuangan, sekitar 40 persen per tahun. Sesuai dengan namanya, kartu kredit adalah kartu yang memberikan kredit bagi konsumen yang menggunakannya.

Jika kartu kredit digunakan untuk transaksi bisnis yang keuntungannya melebihi bunga kartu kredit, utang kita adalah utang pasif, karena secara logika kita mampu membayar utang kartu kredit itu secepatnya. Sedangkan, ketika kita menggunakan kartu kredit untuk memberi barang konsumtif yang mengalami denominasi ata penurunan nilai setelah dipakai, utang kartu kredit yang kita punya adalah utang aktif dan makin membesar ketika kita tidak segera melunasinya. 

Kartu kredit akan terasa berguna bagi pengguna yang sering bepergian, mempermudah transaksi pemesanan moda tranportasi dan akomodasi. Di zaman internet seperti sekarang, banyak transaksi untuk mobilitas dilakukan lewat situs web dan pembayarannya menggunakan kartu kredit. 

Terlepas dari plus minus penggunaan kartu kredit tersebut, berikut ini ringkasan aturan terkait dengan kartu kredit yang termuat dalam Surat Edaran Bank Indonesia yang mulai diberlakukan Juni 2012. 

Batas umur: Minimal 21 tahun atau minimal 18 tahun bila sudah menikah, yang diberlakukan mulai 1 Januari 2013. 

1. Batas Gaji Nasabah : Minimal Rp 3 juta, berlak 1 Januari 2013. 
2. Batas Bunga : 3 persen per bulan, berlaku 1 Januari 2013. 
3. Plafon Pinjaman : Tiga kali gaji, berlaku 1 Januari 2013. 
4. Kartu Tambahan : Umur minimal 17 tahun atau sebelum 17 tahun tapi sudah menikah. 
5. Waktu Penagihan : Diatur cara penagihan dan jadwal penagihan. 
6. Penggunaan PIN : minimal enam digit, berlaku 1 Januari 2013. 

Gunakanlah kartu kredit dengan bijaksana dengan menghindari belanja konsumtif. Tidak ada salahnya memiliki kartu Visa dan Mastercard dengan saldo kredit yang tinggi, simpan untuk digunakan sewaktu-waktu di saat darurat. 

Kredit dapat membuat pemiliknya mendapatkan kredibilitas di mata pihak lain karena tidak semua orang bisa dipercaya untuk mendapatkan kartu kredit. Daya ungkit seperti ini menjadi gengsi tersendiri, bergaya walau berhutang boleh-boleh saja asal kita disiplin dalam penggunaan kartu kredit.

BACA JUGA :
Pentingnya Mitigasi Dalam Pembangunan
Akankah Kurikulum 2013 Lebih Baik?
Bagaimana Memahami Aturan Korupsi?
Misteri Seputar Peringkat Korupsi Indonesia
Ancaman Pemutusan Hubungan Kerja di Akhir 2012?
Cara Maria Selena Mengatasi Pro Kontra Miss Univer...
Lima Skor Tertinggi Indeks Persepsi Korupsi

Friday, December 14, 2012

Pentingnya Mitigasi Dalam Pembangunan

Apakah pembangunan harus menimbulkan bencana? 



Mitigasi adalah serangkaian upaya mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik, penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi bencana. Undang-Undang No. 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana secara tertulis mensyaratkan mitigasi sebagai proses yang harus dilakukan dalam setiap perencanaan pembangunan.

Fenomena aktual saat ini, tidak terlihat adanya upaya peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana seiring proses pembangunan yang terus berlangsung. Pembangunan infrastruktur maupun fasilitas komersial sering kali dilakukan dengan upaya mitigasi yang sangat minimal. Jalan, perumahan, dan mal dibangun tanpa banyak mempertimbangkan ke mana air disalurkan. Banyak pabrik dibangun tanpa pengolahan air limbah. Akibatnya, terjadi limpasan air mengalir di jalan dan rumah warga, limbah dibuang begitu saja ke sungai-sungai yang kemudian menjadi bencana bagi masyararakat.

Undang-Undang No. 24 Tahun 2007 menyebutkan, bahwa pemerintah bertanggung jawab terhadap tiga bentuk, yaitu bencana alam, bencana non alam, dan bencana sosial. Bencana alam antara lain berupa gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan, dan tanah longsor. Bencana non alam antara lain berupa gagal teknologi, gagal modernisasi, epidemi dan wabah penyakit. Sedangkan bencana sosial adalah bencana yang diakibatkan oleh manusia yang meliputi konflik sosial antar kelompok atau antar komunitas masyarakat, dan teror.

Sebagian bencana yang muncul harus diakui merupakan salah satu risiko pembangunan. Banjir di beberapa kota besar Indonesia dan ditemukannya sungai beracun adalah dampak dari pembangunan selama ini. Kemudian timbul pertanyaan, apakah pembangunan harus menimbulkan bencana? 

Hampir setiap hari di musim hujan seperti sekarang, masalah yang dihadapi dari tahun ke tahun selalu itu-itu saja, seperti banjir di kota besar seperti Bandung dan Jakarta misalnya. Meski hujan adalah fenomena alam yang tidak bisa disalahkan begitu saja dalam bencana karena kita tidak dapat mengatur musim, namun eskalasi bencana belakangan ini harus mendapat perhatian lebih serius. Kita tentu tidak ingin menghadapi masalah berulang tanpa upaya mengatasinya.

Pemerintah dalam membuat kebijakan, menggunakan wewenang, mengelola anggaran, mengawasi pengembangan tata ruang semestinya tidak malah menimbulkan bencana. Ketidakmapanan dan bencana yang muncul akibat fenomena alam biasa yang terjadi saat ini seharusnya menjadi cermin bagi pemerintah untuk memperbaiki kinerja dalam mengemban amanah rakyat. Tanggung jawab terhadap bencana, bukan saja ketika bencana itu sudah terjadi, namun juga dalam bentuk perencanaan dan mitigasi.

BACA JUGA :
Akankah Kurikulum 2013 Lebih Baik?
Bagaimana Memahami Aturan Korupsi?
Misteri Seputar Peringkat Korupsi Indonesia
Ancaman Pemutusan Hubungan Kerja di Akhir 2012?
Cara Maria Selena Mengatasi Pro Kontra Miss Univer...
Lima Skor Tertinggi Indeks Persepsi Korupsi
Aturan Pemakzulan Pejabat