Wednesday, January 16, 2013

Mengenal Jenis Buah Durian Jawa Barat

Buah yang berbau khas ini banyak digemari masyarakat.



Buah durian adalah buah yang paling disukai para penggemar buah-buahan. Provinsi Jawa Barat sebagai sentra buah durian memiliki berbagai macam jenis buah durian. Pembudidayaannya banyak dilakukan di Bogor, Sukabumi, Sumedang, Kuningan dan Majalengka.

Jenis-jenis pohon durian yang banyak di tanam di Jawa Barat, kombinasi antara plasma nutpah lokal, luar daerah, maupun varietas impor. Berikut ini sejumlah produk buah durian asal Jawa Barat yang mempunyai nama di pasaran.

1. Si gandaria
Durian sigandaria awalnya berasal dari sebuah pohon tua yang tumbuh pada sebidang tanah seluar sekitar 600 meter persegi di Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi. Diduga karena struktur tanahnya yang berbeda, durian-durian yang dihasilkan pada pohon itu rasanya lebih manis, daging lebih besar, warna daging agak kemerahan, memiliki rasa yang khas, berdaging lebih tebal dan agak gembos dengan kandungan air sedikit, dan lain-lain.  Harga durian gandaria di pasaran bisa mencapai Rp 100.000 - Rp 150.000 per butir untuk yang bersekala kualitas baik. 

2. Si otong
Durian asli asal sentra produksi Kabupaten Sumedang, Kabupaten Kuningan, dan Kabupaten Bogor. Berukuran relatif kecil dengan duri agak mengerucut, warna daging agak kekuningan dan agak tebal, kering, minim lemak, tekstur halus, dan sangat manis. Durian si otong ini dikembangkan produksinya di Thailand melalui rekayasa genetik menjadi durian monthong.

3. Matahari
Durian jenis ini dikenal paling banyak terdapat di Cimanggu, Kabupaten Bogor. Buahnya bulat panjang dengan warna hijau kecoklatan, dagingnya lumayan tebal, banyak lemak, agak kering, tekstur halus, aroma kurang tajam, namun manis. Durian matahari tergolong memiliki duri yang besar dan runcing.

4. Durian Hepe
Durian Hepe kebanyakan ada di Cileungsi, Kabupaten Bogor. Buahnya agak lonjong, dengan kulit buah agak rapat. Daging buah agak kekuningan, tekstur halus tetapi tebal, agak kering, berlemak, sangat wangi dan manis.

5. Durian Bokor
Durian asal Kabupaten Majalengka yang terkenal sebagai durian aden, istilah setempat kepada mereka yang disebut gegeden atau juragan. Berkulit buah hijau kekuningan, warna daging buah kuning, cukup tebal, kering, harum dan lumayan manis. 

Menurut Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Jawa Barat, pengembangan populasi usaha pohon durian di Jawa Barat, menggunakan bibit bersertifikasi. Pengembangan bibit-bibit buah durian bersertifikat, terutama lokal, dilakukan melalui Balai Pengawasan Sertifikasi Benih (BPSB) Jawa Barat di Ciganitri, Bandung dan Balai Pengembangan Benih Hortikultura dan Aneka Tanaman (BPBHAT) di Pasir Banteng, Jatinangor, Sumedang. 

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.