Tuesday, January 15, 2013

Cara Mengatasi Insomnia

Penyebab umum insomnia biasanya karena merasa stress.



Kita semua pernah mengalami insomnia atau kesulitan tidur. Namun biasanya hanya bersifat sementara. Gangguan ini menjadi masalah bila terjadi setiap malam.

Setiap orang mempunyai kebutuhan waktu tidur yang berbeda. Sebagian orang cukup dengan hanya tidur 4-5 jam setiap malam, sedang yang lain perlu paling tidak 8 jam. Insomnia bukan berarti berapa lama waktu tidur, tetapi lebih mengarah pada kualitas tidur : seberapa jauh dapat beristirahat dengan tidur tersebut.

Gejala-gejala insomnia yang mudah dikenali pada sebagian orang, sukar untuk tidur dan sampai lama tidak bisa memejamkan mata. Pada sebagian lagi mudah tertidur tetapi selalu bangun terlalu pagi dan tidak bisa tidur lagi. Kemudian pada beberapa orang sering terbangun di malam hari dan karena itu menjadi ngantuk di siang hari.

Penyebab umum insomnia biasanya karena merasa stress di rumah atau di tempat kerja. Perubahan pola hidup karena Anda baru pindah ke rumah baru, lingkungan yang ramai dan tidak nyaman untuk tidur juga merupakan penyebab insomnia secara umum, selain penyakit yang menyebabkan nyeri, sesak nafas atau sering buang air kecil, pertambahan usia dan cemas serta depresi.

Dengan mengetahui penyebab umum insomnia, Anda dapat mulai menata kebiasaan tidur yang baik dengan mengupayakan jam tidur yang rutin, upayakan untuk pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam. Pastikan tempat tidur nyaman dan suhu ruangan sesuai yang dikehendaki. Jangan memikirkan masalah dan kegiatan sehari-hari. Serta melakukan latihan ringan pada sore hari. Namun, jangan melakukan latihan sebelum tidur.

Bila semua upaya sudah ditempuh dan ternyata masih tidak bisa tidur, jangan hanya berbaring dan mencemaskannya. Bangun dan baca buku atau dengarkan musik yang lembut atau minum susu hangat. Kemudian kembali berbaring di tempat tidur.

Dalam kondisi seperti ini, Anda harus menghindari tidur siang. Hindari juga terlalu banyak minum kopi, rokok, dan alkohol pada jam tidur. Bahkan, Anda jangan makan terlalu banyak sebelum tidur.

Sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter bila insomnia berlangsung terus setiap malam atau mulai mengganggu kerja atau aktifitas harian. Dokter bisa membantu menemukan penyebab insomnia dan akan mengobati seperlunya. Jangan minum obat tidur tanpa nasihat dokter. Obat tersebut mungkin akan mengurangi sedikit keluhan, tetapi penggunaan yang rutin dan jangka lama bisa menyebabkan ketagihan.

BACA JUGA :
Mengenal Peraturan Pemerintah tentang Tembakau
Ketika Pajak Tidak Adil
Cara Indonesia Menghukum Koruptor
Alasan RSBI Harus Bubar
Penyebab Penyakit dan Pencegahannya
Bagaimana Resolusi Dunia 2013?
Sejauh Mana Implementasi UU Pengelolaan Sampah?
Media Sosial, Primadona "Si Penggoda"

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.