Wednesday, January 30, 2013

Kebiasaan Sehari-hari yang Menambah Berat Badan

Banyak yang kita lakukan begitu saja tanpa menyadarinya.


Mungkin selama ini Anda heran mengapa berat badan selalu bertambah dari waktu ke waktu, bahkan mengalami kesulitan mengelola berat badan. Hal ini bisa saja disebabkan gaya hidup selama ini dan atau mungkin juga karena makanan tertentu. 

Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, banyak yang kita lakukan begitu saja tanpa menyadarinya. Sampai akhirnya kita bermasalah dengan metabolisme tubuh. Apa saja kebiasaan buruk penyumbang berat badan itu? Baca terus, untuk meningkatkan kewaspadaan dari naiknya berat badan yang tidak diinginkan.

Pertama : Kurang tidur


Jika Anda kehilangan waktu tidur atau kurang cukup tidur, kemungkinan Anda akan menambah berat badan. Hal ini terjadi karena orang-orang yang kurang tidur cenderung merasa lapar bahkan andai mereka makan makanan lengkap. Nafsu makan dalam tubuh Anda diatur oleh hormon yang disebut kortisol yang disekresikan selama tidur. Jika Anda tidak tidur dengan cukup baik, sistem keseimbangan anda akan menggiring Anda merasa lapar dan akhirnya mengambil kalori lebih dari yang Anda butuhkan. Efek samping lain dari kurang tidur adalah peningkatan penyimpanan lemak dalam tubuh. Jadi, pastikan Anda pergi tidur tepat waktu dan dapatkan 8 jam waktu istirahat.

Kedua : Asupan Alkohol

Banyak orang melepas lelah setelah seharian bekerja keras dengan minum segelas atau dua gelas di pub lokal. Meskipun hal ini dapat menurunkan tingkat stres turun atau membuat pikiran terasa ringan untuk sementara waktu, konsumsi alkohol menambah kalori yang dikonsumsi. Jadi, cobalah untuk menghindarinya, kecuali jika Anda benar-benar perlu minum. Minum untuk pergaulan memang memiliki manfaat, salah satunya adalah menaikan berat badan yang tidak perlu.

Ketiga : Tidak sarapan


Sarapan adalah makan yang paling penting untuk hari itu. Setelah tidur semalaman, adalah penting untuk mendapatkan bahan bakar untuk tubuh Anda. Jangan tidak makan sama sekali, metabolisme berawal dari gigi yang mengunyah dan setiap makanan yang dikonsumsi nantinya berpotensi untuk menambah berat badan Anda. Segera, setelah Anda berada di luar tempat tidur pastikan Anda mendapatkan sarapan bergizi tinggi seperti sereal dan buah-buahan segar.

Keempat : Tidak menghitung berapa banyak kita makan


Jumlah makanan sama pentingnya dengan kualitas makanan. Hanya karena makan siang telah disajikan, itu tidak berarti Anda harus makan segala sesuatu yang diletakkan di atas meja.

Demikian juga, jangan berhenti makan hanya ketika Anda merasa kenyang. Makan berlebihan menyebabkan gangguan pencernaan yang parah yang mengakibatkan penambahan berat badan di semua tempat yang salah. Makanlah dalam porsi kecil beberapa kali sepanjang hari daripada makan satu kali dalam porsi besar.


Kelima : Tidak olah raga


Kebiasaan ini seharusnya tidak usah dipikir lagi, tapi tetap saja harus disebutkan ya? Bangkit dari sofa itu, matikan TV dan lakukan latihan. Olahraga, berolahraga di gym atau hanya berjalan-jalan adalah cara terbaik untuk membakar kelebihan kalori. Anda akan tampak semakin baik dan merasa lebih percaya diri. Ini adalah hal-hal kecil yang kita lakukan yang akhirnya menentukan jenis gaya hidup yang kita jalani. 


Jika Anda menemukan diri Anda melakukan beberapa kesalahan seperti yang disebutkan dalam artikel ini, tidak pernah ada kata terlalu terlambat untuk membalikkan keadaan. Sebuah upaya sadar dan sedikit disiplin diri akan membuat  Anda kembali ke jalur dalam waktu singkat.

2 comments:

  1. kurang tidur ternyata membuat berat badan bertambah ya..

    ReplyDelete
  2. hal yg sepele tapi susah minta ampun ngerjainnya,,

    ReplyDelete

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.