Tuesday, January 22, 2013

Waspadai Kenaikan Harga Setelah Banjir Surut

Menjaga stabilitas harga komoditas di Jakarta menjadi sangat penting artinya.



Banjir di Kota Jakarta dalam beberapa terakhir telah menghentikan distribusi bahan-bahan pokok utama seperti beras, sayur-mayur, buah-buahan serta daging sapi dan ayam, menuju Jakarta atau melewati Jakarta menuju daerah lain. 

Terhentinya pasokan komoditas ke Jakarta dan terganggunya perdagangan dari Jawa ke Sumatra dan sebaliknya walau hanya beberapa hari, dapat menyebabkan turunnya harga komoditas di daerah penghasil  akibat suplai barang yang melimpah. Para pengusaha harus menanggung kerugian karena untuk barang-barang yang mudah busuk tidak dapat disimpan. 

Setelah banjir besar yang merendam Jakarta surut, jalur distribusi ke Jakarta akan lancar kembali. Namun, distribusi komoditas strategis yang dibutuhkan warga Jakarta diperkirakan akan membuka peluang bagi spekulan dengan mempermainkan stok dan harga. Jika hal ini dibiarkan, masyarakat yang sudah terkena musibah banjir, harus menyediakan anggaran ekstra untuk belanja bahan-bahan pokok.

Upaya yang harus dilakukan Pemerintah Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta dalam beberapa hari ke depan ialah memperlancar pasokan bahan-bahan pokok sekaligus menjaga harga-harga tetap stabil. Tentunya upaya tersebut harus didukung pula oleh produsen, distributor, dan pengusaha lainnya yang berempati dengan penderitaan warga Jakarta.

Menjaga stabilitas harga komoditas di Jakarta menjadi sangat penting artinya. Kenaikan harga yang tiba-tiba di Jakarta tentu akan berefek ke naiknya harga komoditas lain yang dapat merembet ke daerah lain. Semoga tidak ada pihak-pihak yang memanfaatkan surutnya banjir di Jakarta untuk meraup keuntungan pribadi. 

BACA JUGA :
Benarkah Jakarta Salah Urus?
Penyebab Terjadinya Banjir
Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak
Garuda Bebas Digunakan
Memahami Karakteristik Generasi Z
Mengenal Jenis Buah Durian Jawa Barat
Mengenal Peraturan Pemerintah tentang Tembakau
Ketika Pajak Tidak Adil
Cara Indonesia Menghukum Koruptor

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.