Thursday, January 10, 2013

Penyebab Penyakit dan Pencegahannya

Mencegah adalah lebih baik daripada mengobati.



Kita pasti pernah terserang penyakit baik yang ringan maupun yang berat. Penyakit yang menyerang kita tentu ada penyebabnya, ada yang berasal dari dalam tubuh dan ada yang berasal dari luar tubuh. 

Untuk mengetahui cara terbaik dalam mencegah dan mengobati penyakit tentu kita harus tahu penyebab dasar dari penyakit yang menyerang diri kita. Para dokter di rumah sakit atau klinik pengobatan biasanya menganalisa suatu penyakit dengan mengetahui berbagai penyebabnya. Setelah itu, ditentukanlah obat yang harus diberikan pada penderita.

Setiap orang dapat mencegah agar tidak terjangkit suatu penyakit di lingkungan keluarga atau di lingkungan masyarakat. Tindakan paling tepat adalah dengan mempraktekkan gaya hidup sehat dan menghindari substansi-substansi yang membahayakan tubuh. Mencegah adalah lebih baik daripada mengobati, kata pepatah kuno.

Mengetahui penggolongan beberapa penyakit dan penyebab yang berhubungan erat dengan penyakit akan membuat kita semakin waspada dan tetap bisa menjalankan pola hidup sehat. Semoga informasi sekilas berikut ini bermanfaat untuk Anda dan orang-orang tercinta (dari berbagai sumber).

1. Penyakit Turunan
Penyakit turunan disebabkan oleh gen-gen cacat yang dipindahkan dari orang tua kepada anak-anak atau cacat yang ditimbulkan oleh obat atau virus pada waktu hamil. Contohnya : mongolisme, penyakit jantung bawaan, kencing manis, tekanan darah tinggi.

2. Penyakit Menular
Penyakit yang disebabkan oleh mikro organisme seperti bakteri, virus atau jamur yang tidak tampak oleh mata biasa. Mereka sanggup memproduksi secara cepat di dalam jaringan atau sel-sel normal tubuh manusia misalnya TBC, typus, sipilis, polio, campak.

3. Penyakit Parasit
Berkaitan dengan penyakit-penyakit infeksi yakni kondisi yang disebabkan oleh organisme hidup yang berlipat ganda dalam tubuh yang mengacaukan fungsi tubuh. Biasanya kegiatannya lebih luas dan rumit. Golongan penyakit ini biasanya disebabkan oleh malaria, cacingan, trichinosis, amubiasis.

4. Keracunan bahan kimia dan alergi
Kondisi yang disebabkan unsur kimia atau rusaknya jaringan organ tubuh tertentu, juga substansi tertentu seperti bahan kimia, debu, cuaca atau zat tertentu pada hewan dan tumbuhan. Tubuh memproduksi reaksi alergik dengan zat-zat tersebut pada orang yang lemah daya tahan tubuhnya. Penyebabnya bisa karbon monoksida (CO), timah, karbon tetrachloride, bisa ular, asma, tembakau, alkohol, ulat bulu, serbuk bunga, dan lain-lain.

5. Cedera dan kecelakaan
Kekejaman fisik atau benturan dapat merusak tubuh seperti tulang patah, jaringan tubuh terkoyak, api, air, panas, air keras dan kilat atau petir dapat membuat tubuh cedera. Contoh luka karena berbagai sebab antara lain tenggelam, terbakar, tertusuk, tersabet, tergilas, dan lain-lain.

6. Kekacauan mekanis
Gangguan pada fungsi tubuh yang berhubungan dengan keabnormalan struktural. Contohnya, benda asing berada dalam saluran pernapasan, hernia, kandungan turun, hewan masuk telinga.

7. Kekacauan gizi dan metabolisme
Penyakit ini disebabkan karena kukurangan gizi, kelenjar endoktrin tidak berfungsi dan gangguan metabolisme lainnya. Biasanya mudah terlihat pada orang yang kekurangan gizi dan vitamin, obesitas atau kegemukan, pirai, kencing manis.

8. Penyakit mental
Kondisi yang mempengaruhi pikiran apakah itu akibat dari pikiran terganggu, kerusakan jaringan otak, tensi emosional, stress, dan tekanan psikologis lainnya. Contoh penyakit ini antara lain hysteria, depresi, scizophrenia, alkoholisme, gila atau edan.

9. Pertumbuhan baru, ganas atau jinak
Tumor dari berbagai jaringan tubuh. Biasanya dipicu adanya kanker seperti paru-paru, payudara, kandung kemih, tumor pada kulit dam berbagai kanker pada jaringan tubuh.

10. Bahaya degeneratif dan pembuluh darah
Penyakit yang disebabkan darah tidak normal dan kondisi-kondisi yang berhubungan dengan kemerosotan jaringan, suatu akibat dari keadaan tubuh yang sudah semakin tua. Contoh : osteoarthritis, serangan jantung, penyakit parkinson.

11. Bahaya ekologi dan lingkungan
Penyakit yang diakibatkan pencemaran udara, air, kebisingan, cahaya dan manusia itu sendiri. Contoh : penyakit yang berhubungan dengan asap mesiu, asap pabrik, pembuangan limbah, kehilangan pendengaran, asbestos.

12. Pola hidup tidak sehat
Penyakit akibat dilanggarnya aturan kesehatan secara umum, pola makan dan pola hidup tidak sehat seperti penat, stress, insomnia, encok, kehilangan kegesitan dan stamina, batuk, kelelahan psikis, stroke dan lain-lain.

13. Penyakit masyarakat
Penyakit yang satu ini perlu penanganan semua pihak untuk memberantasnya, seperti korupsi, narkoba, terorisme, kriminal dan lain-lain.

BACA JUGA :
Bagaimana Resolusi Dunia 2013?
Sejauh Mana Implementasi UU Pengelolaan Sampah?
Media Sosial, Primadona "Si Penggoda"
Pentingnya Makan Bersama Bagi Anak
Ada Kepentingan Asing di Pilgub Jabar?
Panduan Mencari Tempat Penitipan Anak
Pertolongan Pertama Pada Campak

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.