Wednesday, January 9, 2013

Bagaimana Resolusi Dunia 2013?

Indonesia hanya berharap tidak terjadi kegaduhan politik saja pada 2013.



Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi tahun 2005, Resolusi berarti Putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berupa tuntutan tentang suatu hal. Pengertian lain resolusi adalah ketetapan hati. Itu adalah kebulatan tekad untuk mengambil sikap, melakukan tindakan, serta menunjukkan perilaku baru yang berbeda dengan yang sudah-sudah. Lazimnya yang baru ini lebih baik daripada yang dulu. 

Tahun Baru sering dipakai untuk menetapkan resolusi bagi diri sendiri. Sebuah resolusi biasanya lahir dari sebuah perenungan panjang yang mendalam seraya memohon perkenan Tuhan agar kita diberi-Nya kemauan keras dan ketegaran iman untuk mengatasi kelemahan kita. Agar kita tak tergelincir oleh godaan untuk menyimpang dari resolusi kita.

Bukan hanya orang per orang yang boleh membuat resolusi, pemerintah di suatu negara atau kota pun kerap melontarkan resolusinya yang ingin diraih di tahun yang akan dilalui. Seperti Pemerintah Cina yang akan meluncurkan wahana antariksa Chang'e Three ke Bulan pada pertengahan 2013. Chang'e Three rencananya akan mengorbit, mendarat di bulan, dan mengirim hasil penelitiannya ke Bumi. Jika berhasil, proyek ini adalah pendaratan pertama Cina di Bulan yang juga berarti naiknya status Cina di dunia internasional, dari negara miskin menjadi negara super power.

Negara tetangga, Singapura, pada 2013 akan menerapkan inovasi terbaru penggunaan waktu atau stopwatch yang akan membatasi waktu mandi seseorang maksimal selama lima menit. Penggunaan pengatur waktu ini merupakan strategi untuk menekan penggunaan air rumah tangga di Singapura dari 153 liter per hari menjadi 147 liter pada 2020 mendatang. Pemerintah Singapura berharap 9 liter air bisa dihemat setiap warga dengan memotong satu menit waktu mandinya. Rencananya, 90.000 pengatur waktu digital akan dicoba terlebih dahulu di sekolah dan komunitas masyarakat. Selain itu, akan diperkenalkan pula shower dance, sejenis tarian mandi untuk mengajarkan bagaimana warga dapat mandi dengan nyaman selama lima menit.

Kroasia, pada Juli 2013 akan menjadi anggota ke 28 Uni Eropa, menyusul Slovenia yang telah bergabung pada 2004. Kroasia akan menjadi negara kedua dari enam republik bekas Yugoslavia. Semua nagara lain bekas Yugoslavia yaitu Bosnia, Kosovo, Macedonia, Montenegro dan Serbia pun sedang mengupayakan keanggotaan mereka.

Gambia akan membangun rumah sakit dengan 1.111 ranjang, yang memberikan obat herbal untuk penderita AIDS. Pemerintah Gambia bermaksud mengobati 10.000 pasien HIV-AIDS setiap enam bulan melalui obat alamiah. Penderita HIV-AIDS di Gambia mencapai dua persen dari 1,8 juta penduduk.

Concord kota kecil di negara bagian Massachusetts, Amerika Serikat, melarang penjualan air minum dalam kemasan dengan satuan lebih kecil dari 1 liter. Aturan ini resmi berlaku sejak 1 Januari 2013. Tujuan aturan ini untuk mengurangi tingkat buangan sampah plastik dan memasyarakatkan penggunaan air minum dari keran umum. Denda sebesar US$25 (Rp 241.000) bagi siapa saja yang ketahuan menjual  air kemasan untuk kedua kalinya, kemudian meningkat menjadi US$50 (Rp 482.000) untuk pelanggaran berikutnya.

Bagaimana dengan resolusi Indonesia? Sepertinya pemerintah Indonesia hanya berharap tidak terjadi kegaduhan politik saja pada 2013, seperti yang disinggung oleh Wakil Presiden Boediono beberapa waktu lalu.

Banyak kalangan menilai 2013 akan lebih gaduh dari tahun 2012. Berbagai kasus hukum, berbagai kasus politisi dalam pencitraannya, atau kasus lama seperti Century, Hambalang dan lainnya yang belum tuntas akan menambah gaduh politik selain kasus hukum baru yang melibatkan politisi dan kalangan elite lainnya ketika Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melanjutkan proses penyidikannya.

BACA JUGA :
Sejauh Mana Implementasi UU Pengelolaan Sampah?
Media Sosial, Primadona "Si Penggoda"
Pentingnya Makan Bersama Bagi Anak
Ada Kepentingan Asing di Pilgub Jabar?
Panduan Mencari Tempat Penitipan Anak
Pertolongan Pertama Pada Campak
Tips Menjadi Orang Tua Tunggal
Cara Mengatasi Rasa Minder

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.