Friday, January 4, 2013

Panduan Mencari Tempat Penitipan Anak

Seorang anak dilayani 100 persen oleh satu pengasuh seperti di rumah.



Tahun ketiga usia anak adalah pertengahan masa balita - masa keemasan perkembangan anak yang di dalamnya terjadi pencapaian luar biasa. Tentunya bila anak berada dalam pengasuhan dan pengasuh yang tepat. Sayangnya, Anda tidak mempunyai banyak waktu untuk selalu berada di samping si kecil karena tuntutan pekerjaan.

Seperti dua tahun pertama dan dua tahun ke depan, Anda berharap si kecil pun mendapatkan pengasuhan terbaik yang bisa Anda berikan. Namun, ketika Anda tidak dapat memutuskan siapa individu yang bisa dipercaya mengasuh si kecil seperti yang Anda harapkan, TPA yang berpengalaman dan terpercaya mungkin jawabannya.

Day nursery, atau day care center, atau tempat penitipan anak prasekolah (TPAP), adalah institusi pengasuhan anak yang disediakan bagi orang tua bekerja. Berbeda dengan TPA biasa yang terbuka bagi anak di atas 5 tahun, TPAP dikhususkan bagi anak usia balita (maksimal 5 tahun). Di TPAP, anak batita bisa  berinteraksi dengan anak lain yang berbeda usia, tanpa harus terinjak atau terdorong oleh anak-anak besar. 

Menurut Lesia Oesterreich, family life extension specialist dari Iowa State University, anak usia 2 tahun adalah anak independen. Mereka suka bilang "Punyaku", "Tidak", dan "Aku bisa!". Sebagian waktunya untuk mengeksplorasi, mendorong, menarik, menumpahkan dan menyentuh. Anak usia 2 tahun juga sangat percaya diri, sekaligus sangat terikat pada pengasuhnya. Selain itu, mereka biasanya tertarik pada anak-anak lain, hanya saja belum pandai mengungkapkan afeksinya secara layak (mau memeluk jadinya menyikut, mau mengelus pipi jadinya menampar). (dari situs National Network for Children Care)

Di TPAP, seorang anak dilayani 100 persen oleh satu pengasuh seperti di rumah, sehingga anak bisa menjajal kemandiriannya ditunjang oleh fasilitas bermain yang lebih banyak serta area bermain yang lebih luas dibanding di rumah. Selain itu, anak bisa lebih banyak berlatih mengungkapkan afeksinya terhadap anak lain.

Sebelum memutuskan TPAP mana yang akan Anda pilih, berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan dalam waktu yang relatif singkat sesuai keterbatasan waktu yang Anda miliki.
  1. Buatlah daftar TPAP di wilayah Anda, lengkapi dengan informasi alamat, nomor telepon, syarat dan biaya pendaftaran, batasan usia, fasilitas serta aturan-aturan khusus yang penting. Kumpulkan informasi dari dari orang tua, saudara, taman, tetangga, media cetak atau buku telepon.
  2. Sementara menunggu informasi terkumpul, buatlah daftar kebutuhan anak dan keinginan Anda. Dalam hal ini Anda harus memahami sifat-sifat dasar anak. Apakah ia seorang pemalu yang harus selalu didorong-dorong untuk mencoba hal-hal baru? Apa minatnya? Sebesar apa kebutuhan mendapat perhatian secara individu? Apa ia mudah lelah jika diajak bepergian? Atau tambahan keinginan Anda seperti, ingin anak belajar sopan santun, lebih aktif bergerak, atau mencintai membaca buku.
  3. Segera susun kriteria TPAP yang menurut Anda penting begitu daftar TPAP dan daftar kebutuhan dan keinginan selesai.
  4. Bermodal daftar kriteria TPAP, cari rekomendasi dari orang tua, saudara, teman atau tetangga. Beritahu mereka kriteria TPAP yang Anda inginkan. Lalu, buat juga daftar rekomendasi TPAP.
  5. Segera hubungi TPAP yang direkomendasikan lewat telepon. Tanyakan informasi-informasi umum tapi penting, seperti : kualitas pengasuh dan staf, rasio pengasuh berbanding jumlah anak, jumlah anak yang diasuh di sana sekarang, program, aturan dan kebijakan, biaya masuk, siapa pemasok makanan dan lain-lain. Gunakan kepekaan rasa Anda, mana yang klop, nyambung dan enak diajak berbicara. Buat juga daftar kandidat TPAP.
  6. Buat kunjungan ke kandidat terkuat TPAP bersama si kecil. Gunakan momen ini untuk melihat seberapa besar respons anak terhadap lingkungan TPAP. Cek secara langsung informasi yang Anda dapat dari orang tua, saudara, teman, tetangga dan lainnya. Apa fasilitas yang tertuang di brosur benar adanya? Dan yang tak kalah penting, apa petugas menyapa tiap anak dengan ramah?

2 comments:

  1. titipkan ama yang paling deket dengan rumah kita bila ada penitipan anak, setidaknya sering lewat dan tau kondidinya

    ReplyDelete

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.