Tuesday, February 12, 2013

Peristiwa Pengeboman Jembatan Karangresik

Perjuangan warga Ciamis dalam mengusir Belanda


Setelah kemerdekaan Republik Indonesia diproklamasikan pada tahun 1945, tidak berarti perjuangan melawan penjajah Belanda berakhir. Perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan serta mencegah kembalinya kekuasaan kolonial kenyataannya terus berlangsung.

Seperti perjuangan hebat warga Ciamis dalam mengusir penjajah Belanda yang tercermin dalam pertempuran di Karangresik dan perang di Cikoneng. Peperangan di Karangresik tercatat dalam sejarah sebagai Peristiwa Pengeboman Jembatan Karangresik pada tahun 1948.

Saat itu, pasukan Belanda yang datang dari timur Ciamis mau masuk ke Tasikmalaya dengan tujuan menguasai wilayah Tasikmalaya. Mengetahui rencana tersebut, para pejuang setempat bersembunyi di dekat jembatan Karangresik untuk memberi  kejutan kepada Belanda.

Penyergapan terhadap pasukan Belanda oleh para pejuang menyebabkan banyak tentara Belanda yang mati dan mereka harus mundur ke daerah Sindangkasih. Dari tentara Belanda yang mati, para pejuang mendapat tambahan senjata.

Pasukan Belanda yang bertahan di Pengkolan Sindangkasih secara tak terduga mendapat serangan dari laskar rakyat yang turun dari Gunung Cupu. Pasukan Belanda semakin tersudut dan korban berjatuhan semakin banyak. Pejuang yang berada di Karangresik pun terus menyerang sampai akhirnya pasukan Belanda meninggalkan daerah itu dan membatalkan rencana masuk ke Tasikmalaya.

Beberapa hari kemudian, informasi kekalahan pasukan Belanda di Karangresik membuat marah pimpinan mereka. Belanda menurunkan pesawat tempur dan menggempur daerah Karangresik dan Sindangkasih dari udara.

Jembatan Karangresik dibom pasukan Belanda. Namun, saat terjadi pengeboman pasukan pejuang sudah meninggalkan daerah itu. 

Sampai sekarang, bekas jembatan sepanjang kurang lebih 70 meter yang putus karena dibom itu masih ada.  Fondasi penyangga atau penahan jembatan yang ada di bibir sungai Citanduy yang memisahkan wilayah Ciamis dan Tasikmalaya masih terlihat. 


BACA JUGA :
Pentingnya Audit Lingkungan Hidup
Cara Menjernihkan Minyak Goreng
Rehabilitasi Pecandu Narkotika di Pondok Inabah
Tradisi Memuja Cao Kung Kong
Foto-foto Bumi dari Seorang Astronot
Mengapa Zat Psikoaktif Berbahaya Bagi Manusia?
Alasan KPK Membidik Politisi Pengusaha
Moon Base, Hunian Masa Depan

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.