Wednesday, February 13, 2013

Pentingnya Pakta Integritas

Pakta integritas merupakan ikrar untuk mencegah KKN.



Langkah penyelamatan partai politik melalui pakta integritas seperti yang dilakukan di Partai Demokrat merupakan sesuatu yang baru. Selama ini, pakta integritas lebih ditujukan bagi ara pejabat publik, termasuk para pegawai negeri sipil (PNS), dan juga pegawai yang bekerja di badan usaha milik negara (BUMN).

Pakta integritas, kini bahkan  ada di perusahaan-perusahaan swasta dan sejumlah organisasi. Pakta integritas Partai Demokrat terdiri dari 10 poin yang harus dijalankan oleh kader dan para pejabat utamanya dalam menjalankan tugas dan kewajiban. Hampir sebagian besar uraian pakta integritas tersebut berkaitan dengan masalah korupsi.

Sesungguhnya pakta integritas bagi partai politik sangat penting dan diperlukan. Meski partai politik berfungsi sebagai sarana komunikasi politik, sosialisasi politik, sarana rekrutmen politik dan pengatur konflik, namun dalam bekerjanya harus berlandaskan kekuatan etika dan moral. Jadi semestinya, tanpa menunggu adanya kasus suap dan korupsi, partai-partai politik harus sudah menandatangani pakta integritas itu sejak awal.

Pakta integritas seharusnya bukan sekedar formalitas belaka, karena merupakan ikrar yang harus dilaksanakan untuk mencegah kolusi, korupsi dan nepotisme. Meski merupakan sistem ekstra yudicial, namun masih dalam kerangka hukum yang berlaku, baik peraturan pemerintah maupun Undang-Undang anti korupsi. 

Dengan penandatanganan pakta integritas, partai politik yang akan bersaing dalam Pemilu 2014 diharapkan mampu menjauhkan diri dari KKN termasuk suap. Saat ini Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia menempati posisi ke-118 dari 176 negara yang disurvei Transparency Internasional. Skor Indonesia 32 sama dengan Republik Dominika, Ekuador, Mesir dan Madagaskar. Meski peringkat ini turun dibanding tahun lalu, peringkat 100 dari 182 negara, namun KPK mencatat selama enam tahun terakhir korupsi Indonesia merugikan negara Rp 39,3 trilyun.

Photo : DPD Partai Demokrat se-Indonesia tandatangani Pakta Integritas. (dok.detikcom)

BACA JUGA :
Peristiwa Pengeboman Jembatan Karangresik
Pentingnya Audit Lingkungan Hidup
Rehabilitasi Pecandu Narkotika di Pondok Inabah
Foto-foto Bumi dari Seorang Astronot
Mengapa Zat Psikoaktif Berbahaya Bagi Manusia?
Alasan KPK Membidik Politisi Pengusaha

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.