Monday, February 25, 2013

Siapa Pemenang Pilkada Jawa Barat?

Kemenangan kandidat adalah kemenangan rakyat dalam pemilu.



Sesuai daftar pemilih yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat, sekitar 32,5 juta pemilih menyalurkan hak pilih mereka pada hari Minggu, 24 Februari 2013. Dari sejumlah angka pemilih tersebut nantinya masih harus dihitung lagi berapa suara yang tersalurkan dan berapa persen yang tidak menyalurkan hak suara karena memilih menjadi golongan putih. 

Proses penghitungan suara secara cepat (quick count) kini menjadi hal lumrah dalam era terbuka yang didukung kemajuan teknologi komunikasi. Berdasarkan hitungan cepat Pilkada Jawa Barat (Jabar), angka tertinggi diraih oleh Ahmad Heriyawan (Aher) dan Dedi Mizwar, mengalahkan pasangan lainnya termasuk Rieke dan Dede Yusuf. Perhitungan cepat tersebut sudah memiliki keakuratan data,  namun, dalam kerangka demokrasi yang sejati penghitungan suara formal secara manual tetap dilakukan KPU Jawa Barat sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

Fokus perhatian semua warga Jawa Barat pasca pemilihan umum adalah siapa pasangan kandidat yang meraih suara terbanyak. Kemenangan kandidat dengan perolehan suara terbanyak adalah bentuk lain kemenangan rakyat dalam pemilu, kemenangan yang akan menjadi tanggung jawab bagi kandidat peraih suara terbanyak untuk memenuhi harapan rakyat sebagaimana janji-janji yang telah disampaikan ketika kampanye.

Kemenangan dalam proses demokrasi politik, tidak tepat bila dirayakan dengan euforia oleh siapapun yang meraihnya. Kemenangan tersebut justru menjadi amanah yang telah diberikan oleh rakyat. Rakyat tentu akan kecewa bila ternyata amanah yang diberikan kemudian dikhianati. 

Siapapun yang menang dalam pemilu harus menjadi pemimpin di atas semua golongan. Para elite politik dituntut menjaga etika berpolitik, yang menang tidak menjadi sombong serta meremehkan kandidat yang lebih kecil raihan suaranya, kemudian yang kalah secara legawa menerima apapun hasilnya.

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.