Sunday, February 17, 2013

Mobil Masa Depan Dikendalikan Lewat iPad

Mobil ini  berjalan sendiri sepanjang rute yang sudah dikenalnya.



Masih ingat mobil Kitt David Hasselhoff dalam serial TV Knight Rider di era 1980-an? Mobil yang dapat mengemudikan dirinya sendiri dalam film fiksi ilmiah tersebut segera bisa dioperasikan untuk bepergian maupun ke sekolah. 

Para ilmuwan kini telah menciptakan sebuah mobil robot yang dikendalikan oleh sebuah tablet iPad. RobotCar, secara khusus diadaptasi dari mobil listrik Nissan Leaf, yang memiliki kamera kecil dan laser yang dipasang di bagian chassis-nya. 

Ketika mobil dikendarai secara manual, laser dan kamera yang terpasang akan bertindak sebagai mata, memetakan model 3D dari sekitarnya, yang kemudian disimpan dalam komputer. Mobil ini kemudian dapat mengingat jalanan, yang memungkinkan untuk berjalan sendiri sepanjang rute yang sudah dikenalnya.

Seorang sopir akan diminta melalui iPad pada dashboard, apakah ingin mengaktifkan autopilot, lewat sentuhan layar, dan kemudian mobil akan mengambil alih kendali.

Sebuah laser di bawah bemper depan akan memindai arah perjalanan sekitar 13 kali per detik untuk mengantisipasi hambatan, seperti pejalan kaki, pengendara sepeda, atau mobil lainnya, hingga jarak 164 kaki di depan dan sudut pandang 85 derajat.

Mobil akan memperlambat  kecepatan dan bahkan berhenti secara terkendali jika mendapati rintangan. Pengemudi juga dapat menginjak pedal rem, seperti dalam sistem cruise control saat ini, untuk mendapatkan kembali kendali dari komputer setiap saat.

Menurut tim dari Universitas Oxford, teknologi RoboCar bisa dipasang di mobil yang ada dalam waktu 15 tahun. Para ilmuwan di balik sistem ini mengatakan, teknologi ini jauh lebih unggul dari navigasi satelit konvensional karena jauh lebih presisi, dan mobil tidak perlu referensi satelit untuk mengetahui keberadaanya.

Pimpinan Proyek Profesor Paul Newman, dari Universitas Oxford, mengatakan bahwa teknologi tersebut akan sangat berharga bagi pengemudi yang melakukan rute tetap, seperti ke tempat kerja atau ke sekolah (dailymail.co.uk).

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.