Monday, February 18, 2013

Kamar Bung Karno di Lapas Pariwisata Sukamiskin

Meski tak terbukti bersalah, Soekarno tetap dijebloskan ke Sukamiskin.




Dalam catatan sejarah, Presiden Soekarno pernah mendekam di penjara Sukamiskin pada tahun 1930. Ia divonis empat tahun penjara oleh persidangan Landraad Bandung (Gedung Indonesia Menggugat sekarang). Pembelaannya di persidangan yang berjudul "Indonesie Klaagt Aan" atau "Indonesia Menggugat" membuat marah pemerintahan Belanda. 

Meski tak terbukti bersalah, Soekarno tetap dijebloskan ke Sukamiskin. Ia menghuni kamar nomor 233 Blok Timur lantai 2 yang sekarang diberi nomor TA 01 (Timur Atas 01). Letaknya paling ujung di tingkat 2, persis dekat tangga menuju lantai 2.

Kamar yang dihuni Soekarno sedikit lebih luas dari kamar-kamar lainnya yang hanya berukuran 2 x 1,5 meter. Di kamar tersebut ada sebuah ranjang lipat besi yang menempel pada tembok penjara yang kokoh. Di bawah ranjang terdapat toilet duduk, sehingga untuk buang hajat besar atau kecil ranjang tersebut harus dilipat terlebih dahulu dan untuk keperluan membersihkannya disediakan keran di sudut kiri tembok. 

Di kamar ini ada meja kecil dekat jendela yang menghadap halaman timur Lapas Sukamiskin. Selain itu ada perlengkapan lain seperti lemari gantung dan rak buku kecil. Sejumlah buku karangan Bung Karno dipajang berjejer di rak buku sebagai penanda bahwa ruangan ini sebagai tempat bersejarah, sebagai bagian dari saksi perjalanan kemerdekaan bangsa Indonesia. 

Anda dapat berkunjung ke Lapas Sukamiskin setelah meminta izin terlebih dahulu kepada Kanwil Hukum dan HAM Jawa Barat di Jalan Jakarta, Kota Bandung. Minimal rombongan yang berkunjung sebanyak 10 orang. 

Lapas Sukamiskin disremikan menjadi Lapas Pariwisata pada 22 Juni 2010. Selanjutnya, Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Sukamiskin diputuskan sebagai Lembaga Pemasyarakatan Cagar Budaya dan Pendidikan sesuai Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI, Nomor : M.HH-...OT.0301 Tahun 2012.  

Dengan berkunjung ke Lapas Sukamiskin bersama anak-anak, Anda dapat mengajari mereka sejarah bagaimana perjuangan bangsa Indonesia di satu sisi, dan sisi lainnya belajar jika berbuat kriminal pasti akan dipenjara. 

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.