Tuesday, March 19, 2013

Bawang di Antara Kartel dan Spekulan

Sistem pedagang kartel, dimulai saat pedagang menyembunyikan bawang.



Terjadinya kenaikan harga bawang akhir-akhir ini terjadi diduga akibat beberapa hal yang tidak logis, di antaranya adanya sistem perdagangan kartel termasuk peran spekulan yang mempermainkan komoditas tersebut. Tersendatnya distribusi impor salah satu hal yang harus segera ditelusuri penyebabnya, pasalnya hampir 90 persen kebutuhannya masih mengandalkan pasokan impor.

Praktek kartel dalam komoditas impor bawang putih dan bawang merah menyebabkan harga bawang melonjak. Hal ini dapat diamati dari data Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH), bahwa 50 persen kuota impor bawang putih dikuasai kartel atau asosiasi 21 perusahaan dari 131 perusahaan yang mendapatkan izin RIPH. Sistem pedagang kartel, dimulai saat pedagang menyembunyikan bawang, lalu bandar mencari barang untuk dijual pada distributor kemudian pada pengecer.

Selain kartel bawang, muncul dugaan adanya permainan spekulan dalam komoditas bawang, karena pelaku paham situasi pasar, sehingga kapan tarik dan kapan ulur tahu persis. Hal ini juga didukung situasi pertumbuhan ekonomi yang sangat tinggi di atas 6 persen, mendongkrak pertumbuhan konsumsi perkapita sehingga realitas demand lebih tinggi dari suplpy.

Sambil menanti UU Antiperdagangan Kartel, setidaknya pemerintah dapat menstabilkan harga bawang yang sudah menjadi kebutuhan pokok melalui intervensi pasar,  baik melalui kebijakan harga maupun ketersediaan komoditas agar cukup ada di pasaran. Selanjutnya, menangkap para koruptor perdagangan impor, meningkatkan subsidi pertanian, dan bila menteri pertanian tidak dapat menstabilkan harga padanya diberi kesempatan untuk turun jabatan.

Para spekulan harus dijerat dengan UU Pangan N0. 18 Tahun 2012 yang berkaitan dengan spekulan harga, bahwa seseorang yang dengan sengaja melakukan penimbunan dan menyebabkan harga pangan tinggi serta merugikan masyarakat, dapat diberikan sanksi administrasi, denda, dan pidana. 


No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.