Thursday, March 21, 2013

Dextro, Mabuk dan Perkosaan

Ciri obat yang mengandung DMP biasanya berlabel DM.



Dextromethorphan atau dextro (DMP), adalah obat batuk over the counter (OTC) yang disetujui penggunaannya pertama kali pada tahun 1958. OTC artinya dapat dibeli secara bebas tanpa resep dan hanya boleh dijual di toko obat berizin.

Ciri obat yang mengandung DMP biasanya berlabel DM. Manfaat utama DMP adalah menekan batuk akibat iritasi tenggorokan dan saluran napas bronkhial, terutama pada batuk pilek. Dosis yang dianjurkan pada pengobatan batuk berkisar 15 mg sampai 30 mg yang diminum 3 kali per hari. Penggunaan dextro dalam dosis ini, relatif aman dan efek samping jarang terjadi.

Kini, dextro sebagai obat batuk telah disalahgunakan dan dikonsumsi remaja untuk mabuk dengan dikonsumsi dalam jumlah banyak sekali minum. Sangat miris membaca berita, seorang gadis di daerah Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya,  telah dicabuli enam pemuda yang sebelum aksinya telah mencekoki sang gadis sampai mabuk dengan dextro. Pelaku juga diketahui mengkonsumsi obat yang sama sebelum memperkosa sang gadis. Kemudian kasus perkosaan lain juga dialami seorang pelajar SMP di Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, dicabuli empat pemuda mabuk setelah mengonsumsi dextro.

Pemerintah, bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Dinas Kesehatan, legislatif dan tokoh agama harus duduk satu meja untuk membahas masalah ini sebelum dampak salah guna obat batuk ini menjadi bom waktu bagi generasi muda.

BACA JUGA :
Kiat Memahami Sustainability
Bawang di Antara Kartel dan Spekulan
Kenangan dari Training for Trainers ESD
Penyebab Hilangnya Kesejahteraan Spiritual
Mengapa Menghindari Pajak?
Mengapa Perlu Sekolah Sobat Bumi?
Belajar Soal Perempuan dari Kerala dan Finlandia

2 comments:

  1. Harus dilakukan pengawasan yang lebih efektif dari instansi yang berwenang terhadap obat-obatan yang berpotensi untuk di salah gunakan. kalau bisa obat tanpa resep itu dikembalikan lagi dengan menggunakan resep agar peluang penyalah gunaan bisa diminimalisir

    ReplyDelete
  2. di mana perusahaannya dmp????

    ReplyDelete

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.