Saturday, March 2, 2013

Waspadai Kondisi Rem Kendaraan

Peran rem kendaraan tidak dapat dianggap sepele.




Rem kendaraan adalah bagian yang harus tetap dijaga fungsinya. Kelalaian perawatan pada bagian rem kendaraan dapat menjadi sumber kecelakaan di jalan raya yang juga dapat mengakibatkan jatuhnya korban jiwa.

Faktor penyebab terjadinya kecelakaan selain rem kendaraan yang tidak berfungsi yaitu perilaku pengguna jalan terutama pengemudi kendaraan bermotor yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas, faktor kendaraan yang tidak lain jalan, kondisi jalan dan juga faktor cuaca. 

Sumber malapetaka yang paling dominan di jalan raya adalah sikap lalai pengemudi dalam menjalankan kendaraan, kemudian faktor kendaraan yang salah satu komponennya tidak berfungsi dengan baik yaitu rem blong.

Teknologi dunia otomotif kini semakin canggih dengan peningkatan kemampuan mesin dan komponen lain yang erat kaitannya dengan pengoperasian kendaraan. Kecanggihan mesin kendaraan dalam hal kecepatan tentu juga diimbangi dengan kecanggihan rem untuk mengurangi dan menghentikan laju kendaraan dalam waktu yang relatif cepat.

Kondisi kelaikan rem kendaraan akan mengalami penurunan bila perilaku pengemudi sering mengabaikan batas kecepatan yang diperbolehkan dan terlalu sering melakukan pengereman mendadak. Akibat perlakuan seperti ini pada kendaraan yang tidak diikuti pemeriksaan dan perawatan kendaraan yang kontinyu mengakibatkan rem blong baru diketahui ketika kendaraan beroperasi.

Peran rem kendaraan tidak dapat dianggap sepele. Komponen untuk mengurangi kecepatan dan menghentikan laju kendaraan tersebut harus tetap dalam kondisi prima selama kendaraan dioperasikan. Perubahan sekecil apapun yang dirasakan dari rem kendaraan harus segera disikapi oleh pengemudi agar selama kendaraan beroperasi tidak menjadi sumber masalah.

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.