Friday, March 15, 2013

Mengapa Perlu Sekolah Sobat Bumi?

Upaya mewujudkan masyarakat yang peduli pembangunan berkelanjutan.



Program "Pendidikan untuk Semua" Sekolah Sobat Bumi merupakan salah satu program yang mendukung keberlanjutan pembangunan untuk menjawab tantangan permasalahan hidup di masa depan yang semakin kompleks. Maka, institusi sekolah dituntut memberikan kesempatan warga negara untuk memperoleh pendidikan yang lebih baik, selain dituntut menciptakan pendidikan yang layak karena sekolah merupakan tumpuan harapan bangsa ini dalam menciptakan warga negara yang mengerti tanggung jawabnya dalam mengisi pembangunan Indonesia secara berkelanjutan.

Bersekolah saja tidaklah cukup untuk menghadapi sederet masalah hidup seperti penurunan kualitas lingkungan, bencana yang silih berganti akibat ulah manusia maupun bencana alam, banyaknya produk kimia ilegal dalam sandang dan pangan, banyaknya pelanggaran hukum dan hak asasi manusia (HAM), intrik perebutan kekuasaan yang tersamar, korupsi yang merajalela, tersingkirnya Hak Perempuan dan Anak, dan lunturnya kebanggaan dan penurunan tanggung jawab sebagai warga negara Indonesia.

Kini, bangsa Indonesia memerlukan sarana yang bukan hanya dapat memintarkan, namun juga mencerdaskan sekaligus memberikan pencerahan yang dapat menumbuhkan kembali semangat patriotisme dan nasionalisme. Upaya ini dilakukan pemerintah dengan mengadaptasi Education for Sustainable Development (ESD) dalam berbagai kebijakan pendidikan nasional, meski belum terinformasi dengan baik ke seluruh pelosok Indonesia. 

Konsep ESD sebagai upaya mewujudkan "masyarakat yang peduli pembangunan berkelanjutan", memerlukan bantuan dan kepedulian semua pihak, bukan hanya kepedulian Masyarakat Sekolah (Kepala Sekolah, Guru, Staf, Orang Tua Murid dan Peserta Didik), namun juga kepedulian Pemerintah, kalangan Swasta, dan Lembaga Swadaya Masyarakat. 

Berbagai aspek pendukung keberhasilan menuju Sekolah berbasis ESD (the whole school od ESD) merupakan integrasi dari Penyempurnaan Kebijakan Sekolah, Penyempurnaan Program Kurikulum dan Pembelajaran, Peningkatan Kualitas Guru dan SDM Sekolah, dan Peningkatan Partisipasi dan Kepedulian Masyarakat terhadap Sekolah.

Kebijakan sekolah merupakan prioritas pertama dan bernilai penting yang harus mendukung proses pembelajaran yang mengedepankan nilai-nilai karakter, etika, moral, disiplin, tanggung-jawab, peduli pada sesama dan lingkungan, serta bepihak pada anak (ramah anak).  

Program kurikulum dan pembelajaran dalam sekolah ESD disesuaikan agar dapat mengoptimalkan sarana dan prasarana yang dimiliki sebagai media pembelajaran ESD. Selain itu, program kurikulum di sekolah dikembangkan dengan mengadaptasi prinsip-prinsip Education for Sustainable Development (ESD) yang seharusnya menjadi bagian integral kurikulum (sesuai Permendiknas 22, 23 dan Standar Proses).

Peningkatan kualitas Guru juga penting, karena keberlanjutan program Sekolah ESD terletak pada kesadaran Guru dalam mengimplementasikan konsep  ESD di dalam kelas maupun dalam penulisan Silabus dan RPP. Diharapkan hasilnya nampak pada kemampuan peserta didik dalam memahami pelajaran yang disampaikan Guru di kelas, memiliki pemahaman holistik (dampak cooperatif learning), perubahan nilai-nilai (values) ke arah yang lebih aik serta berjiwa welas asih dan demokrasi yang tinggi.

Tanggung jawab pendidikan dan keberlanjutan bukan hanya menjadi tanggung jawab sekolah dan guru saja namun juga menuntut adanya partisipasi Pemerintah, Pihak Swasta melalui Program Corporate Social Responsibility (ESD atau Sekolah Sobat Bumi merupakan Program Pertamina Foundation), Lembaga Swadaya Masyarakat, selain pastisipasi orang tua dan masyarakat.


BACA JUGA :
Belajar Soal Perempuan dari Kerala dan Finlandia
Siapa Calon Presiden 2014?
Kapan Harus Minum Obat Kuat?
Tidak Ada Masalah antara TNI dan POLRI?
Ketika Gelar Doktor Dipertanyakan
Bangau Bluwok Semakin Terancam Punah
Pentingnya Menggali Potensi Anak Sejak Dini
Pesta Demokrasi Untuk Siapa?
Mengapa Calon Gubernur Bank Indonesia Ditolak?
Bagaimana Menjadi Pemimpin Bermoral?

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.