Wednesday, March 20, 2013

Kiat Memahami Sustainability

Keberlanjutan berarti suatu proses dapat berjalan terus menerus.




Bumi adalah sebuah sistem yang butuh penyeimbangan antara Sosial, Lingkungan, dan Ekonomi agar dapat hidup berkelanjutan. Bagi umat manusia, keberlanjutan berarti mendapat kebutuhan dari Bumi yang sudah diciptakan sedemikian rupa, dalam wujud kebutuhan udara bersih, air bersih, makanan, dan minuman. Tentunya itu akan membuat manusia sangat senang, sedangkan bila tidak demikian berarti ketidak-berlanjutan.

Kebutuhan kita akan udara bersih, air bersih, makanan, dan minuman, meningkat seiring dengan peningkatan penduduk dunia. Tetapi kemampuan Bumi untuk memenuhi seluruh umat manusia terus menurun akibat gaya hidup kita. Manusia sangat bergantung pada sebuah sistem, tapi dalam perjuangan kita untuk mencapai kesejahteraan, manusia justru merusak sistem itu : lingkungan.

Keberlanjutan adalah berarti suatu proses dapat berjalan terus menerus. Bahwa sesuatu dapat berjalan dengan independen dan tak akan ada habisnya. Namun, saat ini kita terancam dalam ketidak-berlanjutan tersebut.

Bagaimana menguhubungkan ketiga pilar Lingkungan, Sosial, dan Ekonomi untuk menyadarkan akan kebutuhan pembangunan berkelanjutan? Untuk menguatkan pemahaman kita akan masalah keberlanjutan atau “Sustainability”, film animasi sederhana berikut dapat membantu.



Mari belajar dari Negara Swedia yang mengartikan keberlanjutan dengan 4 prinsip sederhana, 

Prinsip 1 : Mengurangi kebutuhan kita akan sumber daya fosil.

Prinsip 2 : Mengurangi kebutuhan kita akan bahan kimiawi berbahaya.

Prinsip 3 : Mengurangi kebutuhan kita yang menyebabkan kerusakan lingkungan.

Prinsip 4 : Memastikan bahwa pemenuhan kebutuhan kita pribadi tidak menghalangi manusia lain untuk memenuhi kebutuhan mereka.


No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.