Jumat, 22 Maret 2013

Kiat Menang Tender tanpa KKN

Tender, sebuah kata yang mengundang konotasi negatif.



Tender, sebuah kata yang mengundang konotasi negatif. Umumnya, yang terbayang secara otomatis begitu mendengar kata tender, sistem yang rawan praktek kolusi dan nepotisme. Benarkah selalu demikian?

Sebelum muncul Layanan Pengadaan Barang/Jasa Secara Elektronik (LPSE) di tahun 2008, harus diakui bahwa dalam sebuah tender pemenang dengan spesifikasi perusahaan tertentu sudah terkunci sejak awal karena adanya praktek kolusi oknum aparat. Hal lain yang kerap muncul, perusahaan tertentu mengerjakan sebuah tender yang dikerjakan pemenang lain karena adanya ketidak transparanan. 

LPSE mempermudah keikut sertaan sebuah perusahaan dalam tender pemerintah, tanpa harus bersaing dengan ormas kepemudaan yang kadang-kadang sudah menguasai kantor pemerintah penyelenggara tender di masa lalu. Kini, perusahaan dapat meng-upload dokumen dari meja kerja. Seluruh dokumen, cukup diunggah sehingga kontak langsung dengan panitia lelang lebih minim. Hal ini, memunculkan rasa adil karena rekanan dalam jumlah banyak membuat tawaran tender pemerintah tidak lagi bisa mengarah ke vendor tertentu.

LPSE yang dikoordinasi Dinas Komunikasi Infortmatika Jawa Barat, berbasis sistem online, memungkinkan pengusaha dimana pun mendaftar jadi peserta dan secara transparan masyarakat dapat melihat mengapa sebuah perusahaan dapat menang. Tahapan proses dimulai dari daftar, verifikasi, lelang, pengumuman pemenang, dan sanggah pun diinformasikan melalui website LPSE yang bernama SPSE. 

Hingga awal 2013, sudah 26 kota dan kabupaten di Jawa Barat menggunakan perangkat LPSE dengan perincian 17 kota atau kabupaten sudah mengoperasikan sendiri (sistem provider) dan 9 daerah masih menumpang sistem LPSE Jabar. Sistem provider antara lain Kota Bandung, Kota Banjar, Kota Tasikmalaya, Kota Cimahi, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Cirebon, Kab. Bogor, Kab. Bekasi, Kab.  Bandung, Kab. Tasikmalaya, Kab. Cirebon, Kab. Majalengka, Kab. Kuningan, Kab. Sumedang dan Kab. Indramayu.

1 komentar:

  1. setelah menang tender dimintain duit ga sama oknum pemilik pekerjaan? biasanya sih minta bagian juga tuh si kampret..

    BalasHapus

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.