Saturday, March 16, 2013

Mengapa Menghindari Pajak?

"Pajak ditarik untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat".



James Madison, mantan Presiden Amerika Serikat, mengatakan, "Kekuasaan untuk memajaki rakyat dan kekayaannya adalah penting bagi eksistensi pemerintahan". Senada dengan pernyataan tersebut, di Indonesia kita mendengarnya dalam bahasa yang halus, "pajak ditarik untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat".

Pemerintahan tidak akan eksis tanpa adanya pajak. Dari pajak, para birokrat, pejabat, pegawai negeri, guru, tentara dan polisi mendapat gaji untuk melayani masyarakat. Namun sayangnya, kesadaran bahwa uang gaji para birokrat dan pejabat berasal dari pajak masih harus sering diingatkan.

Di Indonesia, kampanye kesadaran pajak baru sampai pada sisi kewajiban masyarakat dan belum pada hak masyarakat. Bila orang di luar negeri, bisa berteriak marah di kantor polisi atau kantor pemerintahan jika tidak mendapat pelayanan yang baik, maka di Indonesia, masyarakat memilih mengeluarkan biaya tambahan untuk mendapatkan layanan standar.

Kesadaran pajak menjadi lemah karena pajak dipahami sebagai sesuatu untuk kepentingan orang lain. Menurut Russel B Long, Senator AS, kesadaran pajak yang benar, terjadi ketika manfaatnya terasa bagi masyarakat. 

Masyarakat pembayar pajak tidak cukup hanya diberi teladan membayar pajak oleh para pejabat pemerintah pusat hingga daerah seperti yang dilakukan baru-baru ini. Kampanye kesadaran membayar pajak harus menyentuh sisi lain selain kewajiban membayar, yaitu  kesadaran masyarakat untuk merasakan manfaat nyata pajak "pembangunan dan kesejahteraan", dan kesadaran birokrat dan aparat pemerintahan. 

Jika masih ada sebagian besar aparat kita tidak malu bermewah-mewah dengan uang pajak, jangan harap teladan membayar pajak dari para pejabat akan diikuti. Bahkan bisa jadi, rakyat yang harus dikejar untuk menggenjot pemasukan pajak jumlahnya akan terus bertambah. Menurut data, masyarakat yang membayar pajak masih berkisar 50-an persen.

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.