Sunday, April 14, 2013

Mengenal Olah Raga Fitnes

Selain memiliki tubuh bugar juga akan terlihat macho.



Olah raga fitnes kini sudah menjadi gaya hidup sebagian besar masyarakat perkotaan. Fitnes hanya sekedar hobi pada awalnya, kemudian eksis menjadi bagian dari olah raga yang semakin digemari dan menjadi industri yang semakin diminati. Kompetisi Body Building dan Body Contest pun meramaikan industri ini.

Fitnes salah satu jenis olahraga yang memiliki manfaat besar bagi kesehatan. Dengan melakukan fitnes, selain memiliki tubuh bugar juga akan terlihat macho.

Fitnes terdiri dari beberapa jenis latihan yang memiliki kegunaan masing-masing, yaitu Latihan Beban dan Latihan Kardio. Pada Latihan Beban, digunakan beban sebagai alat bantu untuk meningkatkan kontraksi. Otot yang menerima beban akan mengalami tekanan hingga sampai titik kelelahan tertentu. 

Latihan Beban digolongkan berdasarkan beban yang digunakan, yaitu Beban Tubuh, Beban Bebas, dan Beban Alat. 
  1. Beban Tubuh dengan menggunakan tubuh sendiri sebagai beban baik secara sebagian maupun keseluruhan. 
  2. Beban Bebas menggunakan pemberat bebas seperti barbel ataupun dumbell. 
  3. Beban Alat menggunakan alat mekanik ataupun elekteronik yang dihubungkan dengan pemberat yang bertujuan sebagai penyokong yang memudahkan pengguna dalam mengontrol pemberat tersebut.
Latihan beban dapat dibedakan berdasarkan otot yang akan dilatih, seperti otot dada, otot punggung, otot perut (otot pectoral). 

Latihan Kardio dalam fitnes membantu proses pemangkasan lemak tubuh agar definisi otot terlihat tajam dan pada saat yang bersamaan menjaga massa otot secara optimal. Latihan Kardio akan memaksa tubuh membakar kalori yang tersimpan jika dilakukan di pagi hari dengan perut kosong. 

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.