Tuesday, April 16, 2013

Menghemat Biaya Perawatan Kesehatan

Informasi kesehatan harus tersedia kapan saja dan di mana saja.



Lembaga-lembaga perawatan kesehatan menghadapi tekanan besar untuk mengurangi biaya dan memperbaiki perawatan kesehatan di tahun-tahun mendatang. Diketahui, biaya perawatan kesehatan di AS mencapai 14 persen dari pendapatan bruto ($1,4 trilyun per tahun). Sejalan dengan menuanya populasi, persentase ini akan naik terus. Jika tren ini berlanjut, pada tahun 2050 ketika usia Anda 70 tahun dan membutuhkan perawatan kesehatan bagi diri Anda, biaya perawatan kesehatan dapat mengonsumsi sepertiga dari pendapatan bruto AS, dan biaya perawatan kesehatan Anda sendiri dapat menjadi terlalu besar untuk ditanggung. 

Sistem Teknologi Informasi (TI) dapat membantu mangatasi berbagai masalah seperti berikut, meski terdapat penolakan atasnya, sebagian besar karena akibat biaya awal yang besar dan sebagian lagi karena hasil penolakan para ahli medis :
  • Rumah sakit hanya menghabiskan 2,5 persen dari anggaran TI, sementara industri lainnya menghabiskan tiga hingga empat kali dari persentase tersebut.
  • Hanya 28 persen dari berbagai ahli medis menggunakan komputer untuk mengakses informasi pasien.
  • Lebih dari 40 persen waktu kunjungan ke dokter dihabiskan untuk mencari informasi.
  • Hampir setengah dari semua informasi pasien yang penting hilang ketika dokter membutuhkannya.
Terdapat dua sistem TI yang dapat mengatasi masalah ini, yaitu sistem eletronic medical records (EMR) dan sistem computerized physician order-entry (CPOE). Tujuan dari sistem EMR adalah meniadakan kertas. Selain itu EMR akan membantu mencegah kesalahan, menegakkan standar, membuat para perawat kesehatan bekerja lebih efisien, menyederhanakan penyimpanan catatan, serta memperbaiki perawatan pasien. Sistem ini mendigitalkan semua catatan kertas, termasuk berbagai gambar seperti sinar X, CT scan, dan MRI scan. 

Setelah sistem EMR terpasang, tahap berikutnya adalah sistem CPOE. Sistem CPOE memungkinkan seorang dokter meminta prosedur pengobatan, pengujian lab, dan radiologi. Dokter tersebut mendapat pemberitahuan otomatis mengenai berbagai hasilnya.

Informasi kesehatan harus tersedia kapan saja dan di mana saja. Diperlukan sistem instalasi nirkabel agar sejalan dengan sistem EMR dan CPOE. Sistem nirkabel rumah sakit biasanya melibatkan poin akses nirkabel di bangsal pasien, fasilitas pengobatan, dan di koridor-koridor di mana pasien dan dokter melaluinya. Laptop di atas kereta berpindah dari satu tempat tidur ke tempat tidur lainnya jika dibutuhkan agar para dokter dan perawat dapat mengakses catatan medis serta memerintahkan berbagai pengujian serta pengobatan dari mana saja lokasi mereka. Laptop selama ini mengganti PC berjaringan yang ada di berbagai pos perawat serta lokasi lainnya. Tablet dan PDA nirkabel dapat melengkapi laptop.

Ada sebuah rumah sakit yang menggunakan teknologi informasi dengan hasil sangat baik. Pada tahun 2003, Maimonides Medical Center (maimonidesmed.org) di Brooklyn, NY, menyelesaikan implementasi sistem EMR dan CPOE yang canggih dengan koneksi nirkabel. Kini, setiap dokter Maimonide menggunakan peranti lunak untuk memerintahkan pengobatan dan pengujian. Satu dari tiap  lima resep obat ditandai oleh sistem tersebut jika ada potensi masalah, alergi atau pengaruh obat yang negatif. Rata-rata perputaran waktu untuk administrasi obat ke pasien rawat inap kini telah dipangkas dari 5 jam menjadi 90 menit. 

Di Maimonides Medical Center, para ahli medis menerima semua laporan dari bagian radiologi secara online dalam 24 jam (sebelumnya membutuhkan waktu 5 hari), dan mereka tidak lagi harus memerintahkan ulang pengujian untuk sekitar 15 catatan film yang sebelumnya hilang. Pendapatan Maimonides mengalami peningkatan $50 juta, dan para petugas rumah sakit menghubungkan hal ini dengan sistem TI yang baru tersebut. Selain itu, biaya tahunan asuransi mal praktik telah turun satu juta dolar, penghematan ini juga disebabkan oleh sistem TI baru tersebut.


Sumber : S.D Scalet, Saving Money, Saving Lives, CIO Magazines (1 Agustus 2003)

BACA JUGA :
Mengenal Sistem Informasi Rumah Sakit
Pentingnya Penyelenggaraan Rekam Medis
Cara Mudah Membuat Blog dengan Blogger

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.