Friday, April 5, 2013

Pohon Gendruwo Penghasil Biodiesel

Sumber bahan baku produk energi alternatif.



Bila mendengar pohon gendruwo, pasti yang terlintas dalam benak kita adalah sebuah pohon besar angker yang dihuni mahluk halus sejenis dedemit. Kesampingkan dulu pikiran negatif seperti itu, pasalnya di Solo ada pohon yang dipromosikan sebagai pohon gendruwo, nama lain untuk menyebut pohon Pranajiwa atau Kepuh (Sterculia foetida Linn). 

Saat ini, pohon gendruwo dipromosikan sebagai sumber bahan baku produk energi alternatif yang belum termanfaatkan. Buah pohon ini diketahui mengandung zat aditif biodiesel dan berhasil dikembangkan pada hutan lindung di Kabupaten Wonogiri, Sragen, Boyolali, Grobogan, dan Blora.

Dr Ir Endang Yuniastuti, dosen Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, mengemukakan bahwa pohon gendruwo memiliki multifungsi. Selain sebagai tanaman penghijauan untuk konservasi lahan dan hidrologi, buahnya dapat menghasilkan biodiesel, dapat digunakan untuk bahan baku kosmetika, sabun, pelembut kain dan lain-lain.

Pada tahun 2008 Dr Endang, meneliti sejenis tanaman keras yang biasanya tumbuh liar di pemakaman sehingga dinamakan pohon gendruwo. Hasil penelitian menunjukkan, buah gendruwo mengandung minyak nabati berupa asam lemak yang disebut asam sterkulat. Asam lemak ini dapat digunakan untuk ramuan kosmetika, sabun, cat, plastik dan lain-lain. Asam sterkulat dapat juga digunakan sebagai zat aditif biodiesel karena memiliki titik tuang 10 derajat Celcius menjadi 11,25 derajat Celcius.

Pohon gendruwo merupakan salah satu spesies tanaman Indonesia yang berasal dari Afrika Timur, Asia Tropis, dan Australia. Tinggi pohon gendruwo dapat mencapai 30 meter, tumbuh di Taman Nasional Komoda, Pulau Komodo, merupakan habitat burung langka dan dilindungi "kakatua jambul kuning".

Sumber : PR, 5 April 2013
Sumver gambar : www.flickr.com

BACA JUGA :
Jabatan Rangkap Presiden Melanggar Etika Politik?
Pilkada Langsung Mencederai Demokrasi?
Penyebab Pengajaran PKn Diacuhkan Siswa
Beda Kesalahan dan Kejahatan Jabatan

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.