Monday, May 20, 2013

Kapan Harga BBM Bersubsidi Naik?

Pro dan kontra menyambut rencana naiknya harga BBM bersubsidi.



Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pernah menyatakan, pemerintah akan menaikan harga BBM bersubsidi segera setelah dana kompensasi atas dampak kenaikan harga BBM kepada rakyat miskin siap dan tersedia. Rencana menaikkan BBM bersubsidi ini bahkan sudah direstui pimpinan DPR. Kendati demikian, hingga kini belum ada persetujuan mengenai pemberian bantuan tunai sebagai bentuk kompensasi.

Wacana kenaikan harga BBM bersubsidi disertai kompensasi untuk rakyat miskin yang berkembang beberapa pekan terakhir sengaja dikembangkan pemerintah untuk melihat reaksi masyarakat. Namun  berdasarkan hal itu setidaknya kita bisa menduga skenario apa yang akan berkembang ketika Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) akan membahas Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2013, dimana salah satu poin penting yang akan diputuskan adalah soal pengurangan subsidi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dan kompensasi rakyat miskin.

Skenario pertama pembahasan RAPBN-P 2013, DPR menyepakati harga BBM bersubsidi naik dan empat bentuk kompensasi atas dampak kenaikan harga BBM tetap tersedia untuk rakyat miskin. Kedua, DPR menyetujui harga BBM bersubsidi tetapi hanya menyetujui  satu atau dua bentuk kompensasi dana untuk rakyat miskin. Ketiga, DPR membatalkan kenaikan harga BBM bersubsidi.

Pro dan kontra menyambut rencana naiknya harga BBM bersubsidi. Bila harga BBM bersubsidi naik (premiun dan solar), tentu akan berdampak pada penurunan daya beli masyarakat akibat pendapatannya tidak bertambah. Bagaimana kelak DPR akan menyikapi hal ini? Sekarang saja ketika rencana kenaikan harga BB bersubsidi baru digaungkan, harga-harga bahan baku dan sejumlah kebutuhan pokok sudah langsung menyesuaikan harga. 

Solusi terkini kondisi serba mengambang seperti ini, pemerintah dan DPR harus tegas agar pembahasan kenaikan harga BBM bersubsidi tidak berlarut-larut. Pelaku usaha membutuhkan kepastian menjalankan bisnisnya dan masyarakat juga perlu kepastian agar bisa menyusun anggaran pendapatan dan belanja keluarga. 

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.