Wednesday, May 1, 2013

Apa Tuntutan Buruh Bada Hari Buruh?

Sebagai upaya merekonstruksi dan menyadarkan pentingnya relasi kerja.



Tradisi setiap 1 Mei, para buruh atau pekerja sedunia di belahan mana pun bersatu padu menyuarakan tuntutan dan inspirasinya. Esensi gerakan mereka berkutat dalam lingkaran normatif memperjuangkan hak-hak mendasar dalam relasi kerja dengan para pemilik modal  (pengusaha). Keinginan dan harapan yang terus dikumandangkan dalam berbagai bentuk perjuangan dan perlawanan, termasuk unjuk rasa yang dilakukan pada Hari Buruh Internasional (May Day).

Isu utama yang diusung sejumlah elemen serikat pekerja pada hari buruh 1 Mei 2013 antara lain, (1) Penegakan hukum ketenagakerjaan, (2) Masalah iuran jaminan hari tua (JHT) dalam ketentuan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, (3) Penambahan parameter kehidupan hidup layak (KHL), dan (4) Penolakan atas upah murah dan outsourcing.

Sampai kapan gerakan kaum buruh terus bergulir menempatkan para pemilik modal sebagai objek? Pernahkah para elite buruh melakukan evaluasi efesiensi dan efektivitas terhadap gerakan buruh sebagai gerakan perubahan sosial selama ini? 

Unjuk rasa akan semakin bermakna jika para buruh semakin menyadari posisi yang berdampingan dan bersinergi dengan pengusaha, bukan menempatkan pengusaha sebagai lawan. Sudah semestinya unjuk rasa tidak ditempatkan sebagai strategi perjuangan kelas, tetapi sebagai upaya merekonstruksi dan menyadarkan akan pentingnya relasi kerja yang harmonis dan sinergis untuk mencapai kemajuan bersama.

Sering terjadi, tarik ulur kepentingan selama ini berujung pada konflik sosial yang anarkis dan saling merugikan. Gerakan buruh akhirnya hanya menjadi sebuah simbol tak berarti, kecuali hanya sekedar karnaval sosial. Meski para buruh sebenarnya bukan menuntut perubahan identitas untuk menjadi pengusaha, tetapi hanya ingin menegaskan bahwa masih banyak hak-hak mendasar mereka yang belum terwujud secara manusiawi dalam lingkungan kerjanya.

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.