Monday, May 27, 2013

Pemerintah Gamang Soal Kenaikan Harga Minyak

Mengapa hingga sekarang pemerintah tidak berani menaikkan harga BBM bersubsidi?



Tidak adanya keputusan yang jelas mengenai naik atau tidaknya harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, telah menambah ketidakpastian di tengah masyarakat, terutama kalangan pengusaha. Meski sudah banyak pihak yang menyuarakan agar harga BBM segera dinaikkan, pemerintah masih gamang mengambil keputusan yang akan membuat rakyat, terutama masyarakat menengah ke bawah yang akan merasakan dampaknya.

Mengapa hingga sekarang pemerintah tidak berani menaikkan harga BBM bersubsidi? Padahal, berdasarkan UU, pemerintah dapat menaikkan harga BBM tanpa harus meminta persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI). Mengapa jika UU memperbolehkan seperti itu, lantas pemerintah mengembalikan persoalan kenaikan harga BBM bersubsidi itu ke DPR lagi? 

Banyak pihak yang akhirnya mempertanyakan apa maksud Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengulur-ulur waktu untuk memputuskan menaikkan harga BBM bersubsidi. Bukankah setelah pertemuan di Cipanas pada pertengahan April 2013, pemerintah memutuskan merencanakan menaikkan harga BBM setelah peringatan hari buruh pada 1 Mei 2013?

Meski masalah BBM merupakan masalah ekonomi (subsidi meningkat dan APBN tertekan), namun keputusan menaikannya sangat syarat dengan keputusan politis. Semua masih ingat, turunnya Presiden Soeharto dari kedudukannya (21 Mei 1998) karena diawali dengan keputusannya menaikkan harga BBM, yang kemudian membuat rakyat marah, melakukan demonstrasi yang berujung  pada huru-hara.

Alasan pemerintah belum memutuskan untuk menaikkan harga BBM bersubsidi, karena belum membicarakan dengan DPR, terutama menyangkut kompensasi kepada kaum miskin yang akan merasakan dampak langsung kenaikan itu.  Kelak rakyat miskin akan diberikan Bantuan Langsung Sementara Masyaerakat (BLSM) Rp 150.000 per bulan selama empat sampai lima bulan. 

Apakah benar pemerintah memutuskan menaikkan harga BBM bersubsidi pada bulan Juni 2013? 

1 comment:

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.