Saturday, May 4, 2013

Jurnalis Warga Tidak Berkompetensi?

Wartawan adalah orang yang secara teratur melaksanakan kegiatan jurnalistik. 



Citizen journalism atau jurnalis warga sedang menjamur dan mendapat tempat tersendiri di masyarakat. Berita atau opini yang dibuat oleh masyarakat dalam bentuk reportase dikirimkan langsung ke media baik online, cetak atau televisi.

Kata jurnalistik, secara etimologi berarti suatu karya seni dalam hal membuat catatan tentang peristiwa sehari-hari, memiliki keindahan yang dapat menarik perhatian khalayak (Rustadi S, 2010). Sedangkan kegiatan jurnalistik adalah kegiatan mengambil data, dan menginformasikan data yang sudah diproses menjadi karya seni kepada publik sebagai berita yang baik. Sayangnya, tahap proses ini sering diabaikan karena keterbatasan pengetahuan tentang jurnalistik.

Maraknya jurnalisme warga karena adanya wadah yang dapat menampung hasrat masyarakat yang ingin mengekspresikan dirinya, seperti media online. Bisa jadi masyarakat pengguna media online ini tidak menyadari atau bahkan tidak mengetahui adanya istilah citizen journalism selain tahu ada tempat yang bebas untuk memberikan informasi kepada siapapun.

Istilah jurnalisme warga lahir dari kepentingan pihak-pihak tertentu yang sepertinya mengabaikan dampak yang akan diberikan, seperti tidak adanya jaminan kredibilitas berita yang diberikan oleh warga. Masalahnya, warga tidak terikat dengan suatu instansi media tertentu atau Kode Etik Jurnalistik (KEJ) yang harus dipatuhi seorang jurnalis secara individual atau pun dalam komunitas.

Sejauh ini kedudukan jurnalisme warga masih mengambang karena belum ada tanggapan atau kejelasan dari Dewan Pers tentang posisi jurnalisme warga. Dewan Pers, harus dapat menindaklanjuti lembaga-lembaga yang menyelenggarakan pelatihan-pelatihan jurnalisme warga. Sementara menurut Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 mengenai pers, wartawan adalah orang yang secara teratur melaksanakan kegiatan jurnalistik. 


Ilustrasi : wartakota.tribunnews.com

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.