Sunday, May 5, 2013

Antara Kaderisasi Parpol dan Jalan Pintas

Partai selalu tidak siap dalam setiap pemilu. 




Kaderisasi partai politik bertujuan mematangkan seseorang atau kader sebelum diterjunkan dalam pertempuran politik. Seorang kader harus melewati sejumlah tahapan dan pengalaman sesuai ketentuan partai, termasuk pendalaman  ideologi agar kader tersebut mampu menerapkan aspirasi rakyat sesuai tujuan utama partai.

Persiapan maupun pertempuran parpol menjelang Pemilu memang tidak mudah. Tidak heran bila partai politik banyak yang memilih jalan pintas dengan menggandeng artis demi mendulang suara seperti pada 2004 dan 2009. 

Jika tujuan mengedepankan artis demi pemenangan pemilu, artinya kinerja partai politik patut dipertanyakan. Bukankah internal parpol seharusnya berfungsi untuk melakukan kaderisasi?

Partai selalu tidak siap dalam setiap pemilu. Prospeknya jauh dari harapan ketika tahapan kualifikasi kader sudah bermasalah, seperti administrasi, substansi dan yang terpopuler DCS (daftar calon sementara).

Proses perekrutan calon anggota legislatif (caleg) yang mengutamakan tokoh populer seperti artis selama ini belum mampu mengubah hasil kerja partai politik. Namun tetap saja, partai politik memilih jalan pintas dengan menggandeng artis demi mendulang suara. 

Ilustrasi : politik.news.viva.co.id

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.