Friday, May 17, 2013

E-KTP Boleh Difotokopi

Ada rencana untuk mengubah masa berlaku e-KTP dari lima tahun menjadi seumur hidup.



Masalah e-KTP mengemuka setelah Kemendagri mengeluarkan Surat Edaran Mendagri Nomor 471.13/1826/SJ tanggal 11 pril 2013 tentang pemanfaatan e-KTP dengan menggunakan card reader. Isi surat itu melarang e-KTP difotokopi. Surat edara itu membuat publik bingung, karena banyak e-KTP yang sudah difotokopi.

Larangan memfotokopi e-KTP dikeluarkan bukan lantaran kualitas cipnya rendah atau mudah rusak., karena sebenarnya e-KTP yang diterapkan di Indonesia sudah memenuhi standar internasional. Larangan dikeluarkan untuk menghindari atau mencegah rusaknya cip e-KTP dalam jangka waktu panjang. Soalnya ada rencana untuk mengubah masa berlaku e-KTP dari lima tahun menjadi seumur hidup lewat perubahan UU Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administari Kependudukan.

Cip e-KTP tidak bisa dilihat dari luar atau disebut cip nirsentuh. Beda dengan cip kartu kredit atau SIM card (subscriber identify module) yang bisa dilihat. Teknologi yang dipakai dalam e-KTP adalah contactless card. Teknologi ini memakai gelombang radio untuk berkomunikasi.

Teknologi contactless card pada e-KTP beroperasi pada frekuensi 13,56 MHz. Teknologi NFC juga beroperasi pada frekuensi yang hampir sama. Inilah yang memungkinkan perangkat dengan teknologi NFC bisa mengetahui keberadaan cip di e-KTP. Meski bisa mengetahui keberadaan cip, perangkat dengan teknologi NFC tidak akan dapat membaca data yang tersimpan dalam e-KTP.

E-KTP dirancang secara khusus dan dilengkapi dengan fitur keamanan sehingga hanya bisa dibaca oleh perangkat pembaca e-KTP. Saat ini, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi terus mengembangkan perangkat pembaca e-KTP yang dilengkapi dengan modul biometrik sidik jari.

Publik tidak usah bingung, karena pemerintah sudah memastikan tak masalah kalau e-KTP akan difotokopi. Hasil kesimpulan rapat Komisi II DPR dengan Kementerian Dalam Negeri di Jakarta (Kamis, 16 Mei 2013) Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau e-KTP boleh difotokopi dan cip dalam e-KTP tidak akan rusak saat difotokopi. (PR, 17 Mei 2013).  

Ilustrasi : pontianak.tribunnews.com

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.