Saturday, May 25, 2013

Makanan Tradisional Menjelang MEA 2015

Banyak hal baik dari berbagai usaha makanan asing.



Kini eksistensi makanan khas daerah semakin terancam seiring makin derasnya pengaruh budaya dari luar Indonesia. Berbagai makanan berbau asing diperkenalkan dan banyak penggemarnya. Akankah makanan khas Indonesia akan bertahan?

Makanan khas atau tradisional semestinya dapat bertahan karena memiliki pasar tersendiri bila dibanding makanan yang berasal dari luar negeri. Makanan khas telah memiliki kedekatan citarasa dengan masyarakat setempat dan ini salah satu keuntungan bagi para pengusaha di bidang makanan khas.

Kehadiran makanan yang berbau asing adalah peluang untuk meningkatkan kualitas makanan khas, terutama dari sisi penyajian. Banyak hal baik dari berbagai usaha makanan asing, salah satunya yang patut ditiru para pengusaha makanan khas Indonesia adalah adalah jeli melakukan analisis dan terus mencari peluang. 

Dalam rangka tetap eksis, kini tidak aneh bila ditemukan sejumlah makanan khas Indonesia dijual dengan cara-cara unik dan sebagian mengadopsi teknik penjualan makanan asing. Terlebih dalam rangka menyambut hadirnya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada tahun 2015 mendatang, para pelaku usaha kuliner terutama makanan khas Indonesia terus bersiap diri dan berupaya meningkatkan kualitas.


Ilustrasi : ragamkebudayaanindonesia.wordpress.com

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.