Tuesday, May 7, 2013

Apa Beda Town House dan Kluster?

Rumah berkonsep town house memiliki 3-4 lantai, disusun berdempet. 



Perkembangan terkini perumahan di Indonesia, baik di pusat kota atau pinggiran kota, banyak yang mengusung konsep town house. Secara selintas, kawasan perumahan yang mengusung konsep town house ditandai dengan susunan rumah yang berderet, serta mengarah lebih vertikal. 

Rumah berkonsep town house pada awalnya muncul dalam kerangka memanfaatkan lahan yang masih ada di kawasan perkotaan. Pemanfaatan lahan kosong yang semakin jarang, bila pun ada harganya bisa sangat mahal.

Dalam beberapa literatur, hal yang membedakan antara perumahan berkonsep town house dan kluster adalah dalam jumlah unit rumahnya. Bila unit mencapai ratusan, disebut kluster, sedangkan town house jumlahnya jauh lebih kecil. Keduanya sama-sama memiliki ciri menempati suatu luasan areal tertentu, cenderung mengusung ekslusivitas, karena tidak setiap orang bisa leluasa memasuki area tersebut.

Di negara asalnya, Amerika Serikat, rumah berkonsep town house memiliki 3-4 lantai, disusun berdempet. Bedanya dengan apartemen, satu unit apartemen dipakai oleh banyak orang, sedangkan rumah town house dipakai oleh satu orang. Rumah berkonsep town house berdesain rumah yang disusun secara vertikal dan berderet, tanpa ada pemisahan lingkungan menjadi lebih tertutup seperti pada kawasan kluster.

Di Indonesia, perkembangan kawasan berkonsep town house menjadi lebih menyerupai kawasan berkonsep kluster, di dalamnya terdapat pos pengamanan, fasilitas olah raga dan taman, serta mengarah ke ekslusivitas lingkungan. Munculnya kerancuan konsep town house dan kluster ini karena dipengaruhi perkembangan strategi pemasaran suatu pengembang berskala besar yang membuat perumahan dengan jumlah yang mencapai ratusan untuk memaksimalkan keuntungan.

Peminat rumah berkonsep town house yang lebih condong ke kluster di Indonesia sangat tinggi bila dilihat dari proyeksi kependudukan, dimana kelas menengah baru tumbuh cukup signifikan. Kalangan menengah, seperti pasangan suami-istri, banyak yang bekerja dan cenderung mencari ketenangan setelah tenggelam seharian dalam rutinitas pekerjaan. 

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.