Thursday, June 6, 2013

Ada KRL di Bandung?

Kota Bandung akan memiliki jaringan kereta listrik (KRL).



Indonesia dan Prancis menyepakati kerja sama Urban Railway Transport Development dalam rangka pengembangan kereta di Indonesia. Program ini akan dilakukan di 6 kota besar di Indonesia yakni Jakarta, Bandung, Solo, Yogyakarta, Surabaya dan Medan.

Menurut Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono, kota Bandung merupakan salah satu kota terpadat di Indonesia. Maka, Bandung menjadi kota pertama dari proyek pinjaman Prancis untuk pembangunan perkeretaapian di 6 kota di Indonesia.

Kota Bandung akan memiliki jaringan kereta listrik (KRL) menyusul kota-kota lainnya seperti Jabodetabek dan Yogyakarta. Proyek yang diberi nama Bandung Urban Railway Transport Development dan Eletrification Padalarang-Cicalengka Line Project, membutuhkan dana sebesar Rp 1,71 triliun yang didanai dari pinjaman pemerintah Prancis sebesar 157 juta dolar AS. 

Proyek ini akan dilaksanakan tahun 2013 dengan penyusunan amdal dan tender consulting service, tahun 2014 dilakukan basic design dan tender kontruksi, dan tahun 2015 dilakukan kontruksi fisik dengan waktu sekitar 30 bulan. 

Bambang Susantono menilai, banyak manfaat yang akan didapat dengan adanya kerjasama Indonesia-Prancis, salah satunya penghematan BBM, dan memperkuat intrastruktur perkeretaapian. 

Ilustrasi : metro.news.viva.co.id

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.