Wednesday, June 5, 2013

Kartu Jampeltas Bagi Penderita Talasemia

Penderita talasemia sering mengalami gejala serupa anemia.




Talasemia adalah penyakit kelainan darah dimana sel darah merah mengalami kerusakan 3-4 kali lebih cepat dibandingkan dengan sel darah normal. Jika seseorang terkena penyakit ini, usaha yang harus dilakukan adalah mempertahankan hidup. Caranya, transfusi darah secara teratur dan mengonsumsi obat untuk mengurangi kandungan zat besi dalam tubuh.

Penderita talasemia sering mengalami gejala serupa anemia, yaitu lemah, letih dan lesu. Sayangnya orang tua sering tidak menyadari anaknya menderita talasemia, tahu-tahu sudah parah. Sebenarnya ada ciri-ciri yang dapat diwaspadai sebagai antisipasi, seperti fisik berwajah mongoloid, mengalami gejala penyakit kuning, pertumbuhan tubuh terganggu, dan perut membesar.

Kebanyakan penderita talasemia berasal dari keluarga tidak mampu. Saat ini jumlah penderita mencapai 5.500 orang, lebih dari 60 persennya berasal dari keluarga tidak mampu. Dari jumlah sebanyak itu, 40 persennya berasal dari Jawa Barat. 

Menurut Ketua Umum Yayasan Thalasemia Indonesia, Rini Amaludin, upaya untuk mempertahankan hidup bagi pasien talasemia terhitung mahal. Biaya yang harus dikeluarkan, rata-rata antara Rp 7 juta sampai Rp 10 juta tiap bulan. Namun pemerintah telah mengeluarkan keputusan bahwa semua pengobatan itu digratiskan. Melalaui keputusan Menteri Kesehatan RI No. 1109/menkes/Per/VI-2011, pasien talasemia mendapat jaminan pelayanan kesehatan talasemia atau Jampeltas. Masaslah transfusi darah dan obat yang harus diminum penderita talasemia tak harus dibayar oleh pasien.

Pengobatan bagi penderita talasemia baik dari keluarga miskin maupun mampu sudah digratiskan, caranya penderita memeriksakan diri ke dokter di rumah sakit, lalu meminta surat keterangan bahwa yang bersangkutan menderita talasemia. 

Surat rekomendasi dari dokter harus disampaikan ke Yayasan Thalasemia Indonesia (YTI), nanti penderita akan diberi kartu jaminan oleh Yayasan Thalasemia Indonesia (YTI). Pasien pemegang kartu Jampletas boleh mendapat transfusi darah gratis setiap bulan dan mendapat pengobatan talasemia.


Ilustrasi : thalasemia.org

BACA JUGA :
Kapan Warisan Utang Berakhir?
Sekolah BLUD Pengganti RSBI?
Apa Tujuan Regenerasi Politik?
Solusi Mengatasi Inflasi Akibat Kenaikan Harga BBM...
Kekuatan Uang Dalam Pilkada
Pemerintah Gamang Soal Kenaikan Harga Minyak
Mengenal Ragam dan Cara Kerja Alat Kontrasepsi

1 comment:

  1. Talasemia sangat menakutkan. Mari menjaga anak kita agar tidak terserang Talasemia dengan memberikan dukungan pada sistem pertahanan tubuhnya

    ReplyDelete

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.