Thursday, February 28, 2013

Mengapa KPK Tidak Menahan Tersangka?

Ketika KPK memutuskan untuk menahan atau tidak menahan adalah wewenang penyidik.



Kendati Anas Urbaningrum bersikeras menyatakan tidak bersalah, sikapnya untuk mengikuti proses hukum di KPK setelah dirinya ditetapkan sebagai tersangka korupsi, layak kita hormati. Anas diduga terlibat dalam kasus suap pembangunan Pusat Pelatihan, Pendidikan, dan Sekolah Olah Raga Nasional di Bukit Hambalang, Kabupaten Bogor. 

Sejak Anas Urbaningrum disebut-sebut M Nazaruddin terlibat dalam kasus Hambalang, jalan penetapan Anas sebagai tersangka sangat panjang berliku. Namun, ketika copy dokumen yang diduga surat perintah penyidikan (sprindik) yang menyebutkan Anas sebagai tersangka beredar di tangan media, jalan panjang itu  mendekati titik akhir berupa sebuah tanya, apakah KPK akan menahan politikus muda itu?

Selama ini, KPK kerap menempuh langkah penahanan terhadap tersangka korupsi. Namun, KPK tidak melakukan penahanan dan bahkan tanpa penjelasan dalam kasus mantan Menteri Pemuda dan Olah Raga Andi Mallaranggeng.

Ketika KPK memutuskan untuk menahan atau tidak menahan adalah wewenang penyidik. Saat penyidik menahan tersangka, dalil yang dipakai sesuai dengan Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) adalah kekhawatiran tersangka mengulangi perbuatannya, melarikan diri, atau menghilangkan barang bukti. Jadi, ketika KPK tidak menahan tersangka, tidak berarti institusi itu berlaku diskriminasi atau pilih kasih.

Karena Anas Urbaningrum ditetapkan sebagai tersangka, pada saatnya ia akan disidangkan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) karena KPK tidak memiliki kewenangan untuk mengenularkan surat pemberitahuan penghentian penyidikan (SP3) suatu perkara yang tersangkanya telah ditetapkan. Dalam persidangan itu, Anas dan kuasa hukumnya bisa melakukan perlawanan hukum. Anas dan penyidik KPK bisa saling berargumentasi untuk meyakinkan majelis hakim dengan bukti-bukti.

Apakah Anas akan berbicara terbuka dan jujur soal kasus tersebut sesuai janjinya saat jumpa pers? KPK tidak berwenang memutuskan Anas bersalah atau tidak. Soal fakta, barang  bukti, dan keterangannya nanti apakah akan memberatkan dirinya atau malah tidak mengandung unsur-unsur delik pidana korupsi, majelis hakim yang akan menilainya.

Meskipun selama ini sudah ditetapkan sejumlah tersangka, masih terbuka kesempatan bagi KPK untuk menetapkan tersangka lain. Siapa pun yang bermasalah dengan hukum tidak perlu mengedepankan cara pengecut dan tidak terpuji dengan kabur ke luar negeri, atau melakukan kekerasan lewat pengerahan masa.

BACA JUGA :
Poligami Bukan Inti Ajaran Islam
Langkah Penting Sebelum Membeli Properti
Siapa Pemenang Pilkada Jawa Barat?
Siapa Kelompok Golongan Putih?
Mencari Pemimpin Prorakyat Bagai Beli Kucing Dalam...
Ancaman Kejahatan Seks Dunia Maya
Waspadai Konflik Komunal dan Horizontal
Apakah Elektabilitas Hasil Survei atau Opini?
Industri Politik Paling Menjanjikan?

Wednesday, February 27, 2013

Poligami Bukan Inti Ajaran Islam

Poligami tidaklah selalu bermanfaat, meskipun pada batas tertentu di perbolehkan.



Pada sebagian masyarakat Muslim, termasuk Indonesia, para lelaki berpoligami bukan karena semata-mata ingin mengikuti sunah nabi, namun karena penganut patriarki sejati. Para pria penganut patriarki sering menjadikan ayat tentang pembolehan poligami dalam Alquran (An-Nisa : 3) sebagai pembenaran, meskipun keluar dari koteksnya. 

Poligami yang dilakukan Nabi pada zamannya adalah untuk mengangkat derajat wanita, karena saat itu lelaki lazim beristri banyak, bukan hanya di Tanah Arab, tetapi juga di berbagai wilayah di luar Arab. Bahkan sebelum era Islam, poligami lazim di kalangan bangsa-bangsa Ibrani, Yunani, Mesir kuno, Persia, Romawi, Nasrani, India kuno, Babilonia dan tempat-tempat lainnya. 

Konteks lain, pada zaman Nabi, jumlah perempuan lebih banyak daripada jumlah pria, karena suami-suami mereka meninggal di medan perang. Tujuan poligami di saat itu bukan hanya untuk melindungi kaum wanita tetapi juga untuk menyantuni anak-anak mereka yang yatim. 

Kini tidaklah lazim bagi seorang pria, pemimpin negara sekalipun, untuk menikah dengan puluhan perempuan. Namun, poligami masih diperbolehkan, terutama dalam keadaan darurat seperti istri mengalami sakit permanen sehingga tidak dapat melayani suaminya, atau mandul.

Sebagian orang berpendapat bahwa poligami diperbolehkan karena nafsu lelaki yang jauh lebih besar daripada istrinya. Argumen mereka, daripada berzina lebih baik menikah secara sah. Namun, poligami juga akan kehilangan esensinya jika secara serta merta seorang pria dalam keluarga yang bahagia menikah lagi dengan perempuan lain yang lebih muda dan menarik. Apalagi sambil meninggalkan anak-anaknya yang merasa bahwa ayah mereka telah menghianati ibunya.

Poligami bukan inti ajaran Islam, sementara monogami juga bukanlah suatu dosa. Sebagian ulama berpendapat, dalam konteks sekarang, poligami sekedar mubah, bukan sunah, bahkan bisa menjadi haram jika niatnya salah. Masih banyak sunah Nabi yang jauh lebih penting untuk dilaksanakan.

Sahabat sekaligus menantu Nabi, Ali bin Abi Thalib, tidak melakukan poligami atas perintah Nabi. Nabi tidak tega hati putrinya, Fatimah, tersakiti. Nabi mengingatkan di mimbar masjid, "Apa yang menyakiti Fatimah berarti menyakitiku juga."

Poligami tidaklah selalu bermanfaat, meskipun pada batas tertentu di perbolehkan. Ketika Muhammad diutus menjadi Rasul, banyak pria Arab (jahiliyah) yang mempunyai sepuluh istri, seperti Ghailan bin Salamah dan Mas'ud bin Amir di kalangan bani Tsaqif (Muhammad As Syarif, 2012). Namun, saat itu Nabi tidak memerintahkan untuk mengambil satu istri dan menceraikan sisanya, melainkan boleh memiliki maksimal empat istri, asalkan sang suami bisa berlaku adil (jika tidak bisa adil, satu istri saja). 


Tuesday, February 26, 2013

Langkah Penting Sebelum Membeli Properti

Terdapat tiga hal yang harus diperhatikan saat membeli properti.



Masyarakat Indonesia dewasa ini semakin peduli terhadap kepemilikan properti baik sebagai tempat hunian bahkan menjadi investasi jangka panjang. Banyak alasan kenapa masyarakat lebih menyukai rumah tapak (landed house) dibandingkan dengan apartemen.  Selain faktor harga, terdapat faktor lain seperti psikologis, investasi, sosial dan budaya. 

Bagi Anda yang tertarik melakukan investasi jangka panjang dalam bentuk properti, terdapat tiga hal utama yang harus diperhatikan  saat akan melakukan pembelian properti, yakni lokasi, harga yang ditawarkan pengembang, dan potensi properti untuk bisa disewakan kembali.

Lokasi menjadi faktor penting pertama karena tingkat kemacetan lalu lintas semakin hari semakin meningkat. Hal ini mendorong banyak orang mencari akses yang lebih mudah ke tempat kerja dan sekolah atau lembaga pendidikan anak-anak mereka.

Selain lokasi, hal penting berikutnya adalah harga. Hal ini dinilai penting terutama karena saat ini tingkat harga baik dalam hal residensial maupun unit perkantoran menjadi semakin mahal di beragam kota di kawasan Asia seperti Hongkong.

Bila warga Indonesia tertarik untuk berinvestasi sektor properti di luar negeri seperti di negara Singapura, Australia dan Malaysia, maka warga Malaysia lebih tertarik membeli di negara Australia, Singapura dan Inggris. Sementara warga Singapura lebih memilih di Malaysia, Australia dan Inggris. Kemudian warga Hongkong lebih memilih negara Cina, Inggris dan Australia.


Monday, February 25, 2013

Siapa Pemenang Pilkada Jawa Barat?

Kemenangan kandidat adalah kemenangan rakyat dalam pemilu.



Sesuai daftar pemilih yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat, sekitar 32,5 juta pemilih menyalurkan hak pilih mereka pada hari Minggu, 24 Februari 2013. Dari sejumlah angka pemilih tersebut nantinya masih harus dihitung lagi berapa suara yang tersalurkan dan berapa persen yang tidak menyalurkan hak suara karena memilih menjadi golongan putih. 

Proses penghitungan suara secara cepat (quick count) kini menjadi hal lumrah dalam era terbuka yang didukung kemajuan teknologi komunikasi. Berdasarkan hitungan cepat Pilkada Jawa Barat (Jabar), angka tertinggi diraih oleh Ahmad Heriyawan (Aher) dan Dedi Mizwar, mengalahkan pasangan lainnya termasuk Rieke dan Dede Yusuf. Perhitungan cepat tersebut sudah memiliki keakuratan data,  namun, dalam kerangka demokrasi yang sejati penghitungan suara formal secara manual tetap dilakukan KPU Jawa Barat sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

Fokus perhatian semua warga Jawa Barat pasca pemilihan umum adalah siapa pasangan kandidat yang meraih suara terbanyak. Kemenangan kandidat dengan perolehan suara terbanyak adalah bentuk lain kemenangan rakyat dalam pemilu, kemenangan yang akan menjadi tanggung jawab bagi kandidat peraih suara terbanyak untuk memenuhi harapan rakyat sebagaimana janji-janji yang telah disampaikan ketika kampanye.

Kemenangan dalam proses demokrasi politik, tidak tepat bila dirayakan dengan euforia oleh siapapun yang meraihnya. Kemenangan tersebut justru menjadi amanah yang telah diberikan oleh rakyat. Rakyat tentu akan kecewa bila ternyata amanah yang diberikan kemudian dikhianati. 

Siapapun yang menang dalam pemilu harus menjadi pemimpin di atas semua golongan. Para elite politik dituntut menjaga etika berpolitik, yang menang tidak menjadi sombong serta meremehkan kandidat yang lebih kecil raihan suaranya, kemudian yang kalah secara legawa menerima apapun hasilnya.

Sunday, February 24, 2013

Siapa Kelompok Golongan Putih?

Political disaffection dipicu oleh semakin meningkatnya perilaku buruk politisi.



Minggu, 24 Februari 2013, warga Jawa Barat melakukan pemilihan gubernur baru. Harapan semua, bahwa pemilihan gubernur akan selesai satu putaran, atas pertimbangan penghematan anggaran dan agar gubernur terpilih dapat segera bekerja.

Memilih dan memilah gubernur dan wakilnya dengan cerdas ternyata tidak semudah membalikan telapak tangan. Kelima pasangan calon gubernur dan wakilnya memang sudah menawarkan program serta mengharap rakyat memilihnya. Selama kampanye berlangsung, semua calon percaya dapat menyelenggarakan pemerintahan yang baik dan program-programnya akan dilaksanakan secara optimal.

Pemilihan gubernur Jawa Barat dibayangi munculnya kembali golongan putih. Catatan pilgub Jabar 2008, golput mencapai 9.130.604 suara (32,6 persen), melebihi perolehan suara gubernur terpilih Ahmad Heryawan dan pasangannya yang meraih 7.287.647 suara. Diperkirakan pada pemilihan kali ini golongan putih akan meningkat mendekati 45 persen. 

Penyebab munculnya golongan putih menurut banyak pengamat ialah karena hilangnya kepercayaan pada sistem politik atau political disaffection, lunturnya kepercayaan terhadap pembangunan sebagai sarana kesejahteraan, kejenuhan terhadap janji-janji kampanye, dan apatis dengan kelemahan birokrasi.

Political disaffection dipicu oleh semakin meningkatnya perilaku buruk politisi yang dapat kita saksikan setiap malam melalui tayangan televisi atau media cetak pada keesokan harinya. Pemilihan langsung yang telah banyak mengorbankan banyak waktu, dana, dan tenaga ternyata hanya melahirkan kaum pemuja harta yang tamak. 

Tidak adanya informasi yang cukup tentang hasil evaluasi laporan pertanggungjawaban gubernur setiap tahun menjadi salah satu penyebab hilangnya kepercayaan terhadap pembangunan yang di jalankan. Apa yang telah dilakukan gubernur selam lima tahun terakhir sangat penting sebagai dasar pijakan bagi publik untuk membuat putusan politik.

Janji-janji kampanye selama ini sudah menjadi sesuatu yang menjemukan. Publik telah jenuh mendengar bagaimana para calon gubernur melemparkan program diluar jangkauan keuangan daerah dan kewenangan seorang gubernur. Pembohongan demi pembodohan terus berjalan sebagai bagian memuluskan jalan.

Alasan lain menjadi golput dapat juga karena tidak menerima kartu pemilih. Bagi yang tidak menerima, namun ada keinginan untuk memilih dapat melakukan pengaduan dan bila sebaliknya maka mereka akan apatis.

Menjadi golput juga sebenarnya sebuah pilihan, walau MUI telah menyatakan haram untuk golput  melalui Ijtima Ulama sebagai respon atas usulan Ketua MPR  yang saat itu dijabat Hidayat Nurwahid. Menghadapi kelompok golput tidak cukup diatasi dengan sikap represif atau mengeluarkan fatwa haram. Mengakhiri tulisan ini, sudahkah para kandidat membangun kepercayaan publik seperti yang seharusnya?


BACA JUGA :
Mencari Pemimpin Prorakyat Bagai Beli Kucing Dalam...
Ancaman Kejahatan Seks Dunia Maya
Waspadai Konflik Komunal dan Horizontal
Apakah Elektabilitas Hasil Survei atau Opini?
Industri Politik Paling Menjanjikan?
Kamar Bung Karno di Lapas Pariwisata Sukamiskin
Mobil Masa Depan Dikendalikan Lewat iPad
10 Fakta Menarik tentang Barack Obama

Saturday, February 23, 2013

Mencari Pemimpin Prorakyat Bagai Beli Kucing Dalam Karung

Pemilihan gubernur adalah bagian dari pemilu sebagai momen pesta demokrasi.



Perekrutan calon legislatif (caleg) oleh partai politik untuk mendongkrak elektabilitas selama ini selalu menempuh cara instan, yaitu dengan sekedar mengakomodasi kalangan artis walau tidak sedikit caleg dari kalangan artis bahkan tidak memiliki kualitas dan kapasitas yang memadai. Padahal, perekrutan politik adalah persoalan serius dan mendasar bagi hadirnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) partai politik yang handal dan mumpuni. 

Agar selalu laku, partai politik harus selalu tampil berkilau dalam persepsi dan imajinasi publik sehingga partai politik nampak tidak lebih dari sebuah produk industrial. Publik hanya diperlukan sebagai konsumen politik yang hanya diperlukan ketika partai politik perlu dukungan, walau publik pada hakekatnya adalah konstituen politik.

Kejenuhan publik menghadapi pemilu atau pemilukada menjadikan pesta demokrasi seolah hanya milik para kandidat dan pendukungnya. Demokrasi berubah ekslusif tidak menyentuh masyarakat dan perjuangan menyuarakan aspirasi berhenti ketika pemilu usai. Hal ini terlihat dari jumlah suara pemenang yang lebih sedikit dibandingkan dengan suara golput.

Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat yang akan diadakan 24 Februari mendatang, diharapkan menjadi jalan perubahan di tengah masyarakat ke arah yang lebih baik. Fakta jumlah penduduk yang masih berada di bawah garis kemiskinan di Jawa Barat per September 2011 bertambah menjadi 4.650 orang atau meningkat 0,05 persen dari hasil pendataan Maret 2011 yang dilakukan BPS. Dari fakta ini publik bisa melihat bagaimana kinerja gubernur yang lama sehingga kemiskinan meningkat di tahun berikutnya?

Dana kampanye yang akan dikeluarkan untuk Pilgub Jawa Barat mencapai Rp 700 milyar untuk satu kali putaran, bila harus dua putaran tentu harus mengeluarkan dana Rp 1,4 trilyun. Dana kampanye yang besar membuat para calon gubernur dan calon wakil gubernur (cagub dan cawagub) mencari sokongan dana dari pihak lain, seperti pengusaha. Bagi pengusaha, ini adalah peluang bagi kepentingannya. Adanya campur tangan pihak kapitalis ini berpotensi melahirkan pemimpin atau penguasa yang tidak prorakyat. Dikhawatirkan kelak mereka akan terlalu sibuk melayani kepentingan kapitalis karena politik balas jasa.

Pemilihan gubernur adalah bagian dari pemilu sebagai momen pesta demokrasi. Demokrasi menempatkan kedaulatan di tangan rakyat meski pada prakteknya kepentingan rakyat menjadi nomor sekian setelah kepentingan lain. Salahkah bila rakyat berandai-andai, andai dana sebesar pemilihan gubernur sebesar itu digunakan untuk memperbaiki infrastruktur pendidikan, memperbaiki jalan, dan hal-hal lain yang dibutuhkan rakyat dan lebih bermanfaat?

Pemilihan gubernur Jawa Barat 24 Februari 2013, semoga bukan ajang membeli kucing dalam karung karena publik terbuai iklan dalam kemasan yang menarik. Paling tidak masih ada sisi lain yang bisa digunakan sebagai acuan penilaian, bagaimana latar belakang keluarga, pekerjaan, karier politik, dan apa yang sudah mereka berikan untuk bangsa dan negara ini. Selamat memilih dan memilah dengan cerdas!


Friday, February 22, 2013

Ancaman Kejahatan Seks Dunia Maya

Ancaman kejahatan internet lebih mengkhawatirkan.



Sejumlah bukti sejarah peradaban manusia beberapa diantaranya terkait seks komersial dalam bentuk apapun. Seperti dalam kisah folkore tentang empat pionir pekerja seks yakni Lilith, Naamah, Agrat Bath Mahlat, dan Eishet Zenumin yang berlanjut pada kehadiran sejumlah kuil pekerja seks komersial di pinggir Sungai Eufrat dan Tigris.

Prostitusi pernah menjadi bagian gaya hidup masyarakat borjuis Eropa di abad pertengahan, terutama zaman renaissance. Sehingga di abad ke 16 - 17, aktivitas perdagangan seks dilarang akibat menjamurnya penyakit kelamin.

Seiring bergulirnya waktu dan kecerdasan umat manusia, ragam prostitusi modern kini bergulir ke dalam dunia maya yang efeknya jauh lebih berbahaya. Menurut Journal of Adolescent 27 tahun 2010, bahwa 29 persen kejahatan seks via internet diawali melalui jejaring sosial semacam Facebook dan Twitter.

Sebagai bagian tren global, kantor berita BBC pada tahun 2008 mengungkap, prostitusi di dunia diperkirakan telah melibatkan 40 juta orang, legal di 22 negara, serta diprediksi 1 daro 10 pria dunia (mayoritas berumur 35 - 44 tahun) menggunakan jasa situs pengelola seks komersial. 

Seiring pertumbuhan tren digital di dunia, sergapan prostitusi tak dapat dihindari di internet. Scott Cunighman, akademisi Baylor University, Amerika Serikat, mengungkapkan motivasi di balik prostitusi online adalah guna menjangkau masyarakat lebih luas yang potensial sekaligus memunculkan efek promo mulut ke mulut serta menciptakan kesan premium dengan masuk layanan situs web. (Prostitution 2.0 : The Changing Face of Sex Work).

Ancaman kejahatan internet lebih mengkhawatirkan, terutama bagi yang berani memutuskan bertemu langsung dengan kawan baru yang dikenalnya di internet. Sekedar bahan renungan bahwa internet mengancam putra-putri kita, berikut ini data ancaman seks dunia maya bagi anak di Amerika Serikat :
  • 90 persen anak usia 8 -16 tahun di Amerika pernah melihat situs porno.
  • 71 persen remaja di Amerika berpose sensual untuk dikirim kepada pacarnya.
  • 70 persen anak berusia 8- 18 di Amerika tidak sengaja masuk situs porno di internet ketika mencari bahan ajar untuk pekerjaan rumah mereka.
  • 44 persen remaja di Amerika membuka portal yang tidak di setujui orangtuanya, hanya 28 persen orangtua yang sadar akan hal ini.
  • 22 persen remaja perempuan di Amerika mengaku berfoto-video semi-telanjang atau telanjang utuk diunggah di internet.
  • Pengakses terbesar konten porno di Amerika adalah anak usia 12 - 17 tahun.

Wednesday, February 20, 2013

Waspadai Konflik Komunal dan Horizontal

Presiden menggaris bawahi bahwa Pemilu 2014 akan lebih kompetitif dan panas.



Walau Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 masih jauh di depan, namun aroma persaingan dan pertentangan antarsesama perserta pemilu mulai terasa hangat dan cenderung memanas. Bahkan banyak kalangan yang mengkhawatirkan persaingan tersebut berujung pada konflik horizontal di tingkat akar rumput. Tentu hal ini harus bisa diantisipasi oleh semua pihak yang terkait.

Sebuah prosesi suksesi kepemimpinan politik memang wajar menyajikan aroma persaingan. Namun, sudahkah masyarakat faham bahwa persaingan tersebut tidak boleh menjalar ke luar ranah politik, apalagi berujung pada eskalasi sosial? 

Masyarakat sebagai bagian terpenting dari pemilu adalah penentu kepemimpinan nasional dan keterwakilannya di parlemen. Tanpa rakyat, pesta demokrasi lima tahunan itu sungguh tidak berarti. Namun, tingginya tingkat partisipasi masyarakat dapat mendorong tingkat interaksi yang berpotensi menimbulkan gesekan dan konflik di masyarakat akibat keinginan yang berbeda.

Terjadinya konflik komunal dan horizontal patut diwaspadai dan semua pihak terkait diminta jangan lengah dan harus mencegah konflik tersebut, begitu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengingatkan saat sidang kabinet (18 Februari 2013). Presiden minta agar Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2013 tentang "Penanganan Gangguan Dalam Negeri" tetap dijalankan. Jika konflik tidak bisa dicegah, banyak kerugian akan diderita, baik nyawa manusia maupun harta benda.

Presiden menggaris bawahi bahwa Pemilu 2014 akan lebih kompetitif dan panas karena tidak ada calon petahana. Semua kontestan akan berjuang lebih keras untuk menang. Namun, semua pihak dituntut menjalankan pemilu secara damai. Pemilu boleh panas tetapi harus tertib, teduh dan damai. Bagaimanapun, kriteria keberhasilan pemilu juga dilihat dari cara menyelenggarakan, menggelar, dan membuat pesta demokrasi yang baik dan berkualitas.

Kepolisian RI (Polri) juga memprediksi berbagai kerawanan, termasuk konflik komunal dan horizontal, pada 2014 akan meningkat yang disebabkan suhu politik yang kian memanas. Kapolri menegaskan pentingnya menjaga keamanan untuk mewujudkan pemilu yang tertib dan aman karena setiap pemilu selalu menimbulkan kerawanan. Keamanan pemilu ini harus benar-benar diperhatikan. Hal tersebut akan memiliki efek sosial dan mengganggu sistem demokrasi yang sedang dibangun.

Dalam dua bulan pertama tahun 2013, kasus konflik komunal menunjukkan penurunan. Namun, ini bukan jaminan bahwa sepanjang tahun ini tidak akan terjadi konflik lagi. Polri mencatat, selain disebabkan suhu politik yang kian memanas, terdapat empat pemicu konflik di luar pemilu, yakni terbatasnya akses masyarakat di bidang agraria, sengketa kepemilikan tanah akibat tumpang tindihnya izin, kesenjangan ekonomi, kemudian diperparah oleh hiruk-pikuk pertarungan kepentingan elite politik.

Apakah Elektabilitas Hasil Survei atau Opini?

Independensi lembaga survei terkait dengan pemilihan kepala daerah patut dipertanyakan.



Harus diakui bahwa fenomena angka-angka yang dikeluarkan lembaga survei yang dikemas dalam nilai popularitas dan nilai elektabilitas yang tinggi sangat mengesankan baik bagi masyarakat maupun kandidat gubernur atau wakil gubernur. Hasil survei tersebut seolah-olah sudah menempatkan seseorang sebagai pemenang dalam pertarungan pemilihan kepala daerah.

Apakah betul angka-angka tersebut merupakan hasil  dari survei lapangan atau hanya sekedar menggiring opini publik? Selanjutnya, sampai sejauh mana lembaga survei jujur dengan hasil surveinya atau mereka bagian dari kepentingan kandidat?

Independensi lembaga survei terkait dengan pemilihan kepala daerah patut dipertanyakan, masyarakat awam tidak memiliki akses langsung dengan data dari masing-masing lembaga survei tersebut karena dianggap sebagai data rahasia dan hanya untuk kepentingan kandidat yang membayarnya. Bahkan, kandidat itu sendiri pun tidak pernah mendapat data mentahnya, semua sudah dikemas menjadi informasi. Kemudian rekomendasi yang disampaikan kepada kandidat bukan pendekatan politik atau tindakan politik melainkan hanya saran bagaimana membuat flyer sebanyak-banyaknya kalau bisa ratusan ribu sampai jutaan eksemplar.

Lembaga survei tentu saja selalu menggunakan bungkus profesionalisme dalam menjelaskan angka-angka hasil surveinya. Namun, semua angka-angka tersebut ada satu cara ketika lembaga survei tidak bisa disalahkan, yaitu dengan mengangkat persentase yang belum memilih.

Lembaga survei politik seharusnya melakukan survei politik tidak saja menjelang even pemilu dan pemilukada saja jika memang ingin masuk dalam industri politik demokratis. Paling tidak, para lembaga survei dapat merujuk ke Gallup Pooling di Amerika yang secara rutin melakukan survei-survei politik secara independen dan kredibel. Terpenting dari semua itu, lembaga survei mampu menjaga kredibilitas dan profesionalitas, menjalankan kerja secara independen dengan melakukan proses survei secara transparan dan akuntabel baik sisi pembiayaan maupun hasil surveinya. 

BACA JUGA :
Industri Politik Paling Menjanjikan?
Kamar Bung Karno di Lapas Pariwisata Sukamiskin
Mobil Masa Depan Dikendalikan Lewat iPad
10 Fakta Menarik tentang Barack Obama
Mengenal Oscar Pistorius Sang Blade Runner
Benarkah Sprindik Bocor?
Pentingnya Pakta Integritas
Peristiwa Pengeboman Jembatan Karangresik

Tuesday, February 19, 2013

Industri Politik Paling Menjanjikan?

Banyak biaya yang dikeluarkan dalam pengelolaan partai politik.



Kita sering mendengar istilah membeli kapal politik, politik dagang sapi, hasil survei politik, dan elektabilitas politik setiap menghadapi perhelatan pemilihan kepala daerah. Kosa kata itu muncul sebagai gejala masif industri politik demokrasi.

Kapital yang dikeluarkan untuk industri politik dapat mengalahkan kapital seluruh industri riil dan finansial di Indonesia. Cobalah menghitung mulai biaya pelibatan usaha spanduk dan kaus sablon, pembagian sembako, pembagian uang ratusan ribu rupiah untuk keluarga yang dikunjungi, iklan politik di media cetak dan elektronik, konsultasi politik dan jual beli partai politik atau jual beli KTP (Kartu Tanda Penduduk) agar dapat turut serta dalam kontestasi pemilu.

Keseluruhan industri politik demokrasi selama ini melibatkan berbagai perusahaan atau perorangan terbuka yang sahamnya dipegang kaum cukong, anggota parlemen, pemerintah dan organisasi masa. Hal ini karena industri politik demokrasi merupakan industri yang paling berkembang di Indonesia dan sekaligus paling menjanjikan dan paling membangkrutkan.

Industri politik demokrasi adalah industri paling gila dengan tingkat loyalitas dan penghianatan dalam porsi yang sama besar dimana setiap pelakunya memiliki kerelaan yang tinggi dalam aduan. Sebab, dalam setiap perhelatan pemilihan seseorang yang masih menyandang status "bakal calon" harus mengeluarkan banyak modal untuk sosialisasi sampai mendapat kepastian dirinya akan naik status menjadi "calon".

Keseluruhan proses penjaringan "bakal calon" hingga menjadi "calon" dilaksanakan oleh para elite partai politik hanya dengan melihat kemampuan kapital yang dimiliki oleh para peminatnya. Rakyat hanya ditempatkan dalam posisi menerima apa yang terjadi, dalam analogi rakyat terlalu bodoh untuk memahami sesuatu. 

Menurut Walter Lippman, keadaan di mana demokrasi berfungsi dengan baik selalu terdapat kelas masyarakat. Kelas pertama adalah mereka yang memegang peran aktif dalam menjalankan hubungan-hubungan umum. Mereka adalah para ahli yang menganalisis, melaksanakan, mengambil keputusan, dan menjalankan segala hal di bidang politik, ekonomi dan sistem ideologi. Kelas kedua dalam mayoritas populasi adalah massa yang bodoh yang tak dapat dibiarkan memutuskan segala sesuatu sehingga harus selalu digiring agar dapat menentukan pilihan yang tepat.

Dalam industri politik, rakyat hanya diizinkan meminjamkan kekuatannya kepada salah satu "calon" yang lebih ditetapkan oleh para "pemilik kapal politik". Rakyat hanya digunakan mengikrarkan "kami ingin Anda menjadi pemimpin kami". 

Jika definisi demokrasi adalah pemerintah dari rakyat oleh rakyat yang seluruh prosesnya melibatkan rakyat, yang terjadi sekarang adalah oligarki dari persekongkolan antara partai politik dan para pemilik modal yang menggerakkan roda industri politik demokrasi.

Pada prakteknya, rakyat hanya menunggu foto siapa yang layak mereka pajang sebagai "kelayakan" untuk dipilih. Kemudian, rakyat menunggu rasionaliasi korupsi yang akan terjadi setelah pesta demokrasi selesai. Itukah sesungguhnya apa yang disebut pemilu itu?

Monday, February 18, 2013

Kamar Bung Karno di Lapas Pariwisata Sukamiskin

Meski tak terbukti bersalah, Soekarno tetap dijebloskan ke Sukamiskin.




Dalam catatan sejarah, Presiden Soekarno pernah mendekam di penjara Sukamiskin pada tahun 1930. Ia divonis empat tahun penjara oleh persidangan Landraad Bandung (Gedung Indonesia Menggugat sekarang). Pembelaannya di persidangan yang berjudul "Indonesie Klaagt Aan" atau "Indonesia Menggugat" membuat marah pemerintahan Belanda. 

Meski tak terbukti bersalah, Soekarno tetap dijebloskan ke Sukamiskin. Ia menghuni kamar nomor 233 Blok Timur lantai 2 yang sekarang diberi nomor TA 01 (Timur Atas 01). Letaknya paling ujung di tingkat 2, persis dekat tangga menuju lantai 2.

Kamar yang dihuni Soekarno sedikit lebih luas dari kamar-kamar lainnya yang hanya berukuran 2 x 1,5 meter. Di kamar tersebut ada sebuah ranjang lipat besi yang menempel pada tembok penjara yang kokoh. Di bawah ranjang terdapat toilet duduk, sehingga untuk buang hajat besar atau kecil ranjang tersebut harus dilipat terlebih dahulu dan untuk keperluan membersihkannya disediakan keran di sudut kiri tembok. 

Di kamar ini ada meja kecil dekat jendela yang menghadap halaman timur Lapas Sukamiskin. Selain itu ada perlengkapan lain seperti lemari gantung dan rak buku kecil. Sejumlah buku karangan Bung Karno dipajang berjejer di rak buku sebagai penanda bahwa ruangan ini sebagai tempat bersejarah, sebagai bagian dari saksi perjalanan kemerdekaan bangsa Indonesia. 

Anda dapat berkunjung ke Lapas Sukamiskin setelah meminta izin terlebih dahulu kepada Kanwil Hukum dan HAM Jawa Barat di Jalan Jakarta, Kota Bandung. Minimal rombongan yang berkunjung sebanyak 10 orang. 

Lapas Sukamiskin disremikan menjadi Lapas Pariwisata pada 22 Juni 2010. Selanjutnya, Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Sukamiskin diputuskan sebagai Lembaga Pemasyarakatan Cagar Budaya dan Pendidikan sesuai Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI, Nomor : M.HH-...OT.0301 Tahun 2012.  

Dengan berkunjung ke Lapas Sukamiskin bersama anak-anak, Anda dapat mengajari mereka sejarah bagaimana perjuangan bangsa Indonesia di satu sisi, dan sisi lainnya belajar jika berbuat kriminal pasti akan dipenjara. 

Sunday, February 17, 2013

Mobil Masa Depan Dikendalikan Lewat iPad

Mobil ini  berjalan sendiri sepanjang rute yang sudah dikenalnya.



Masih ingat mobil Kitt David Hasselhoff dalam serial TV Knight Rider di era 1980-an? Mobil yang dapat mengemudikan dirinya sendiri dalam film fiksi ilmiah tersebut segera bisa dioperasikan untuk bepergian maupun ke sekolah. 

Para ilmuwan kini telah menciptakan sebuah mobil robot yang dikendalikan oleh sebuah tablet iPad. RobotCar, secara khusus diadaptasi dari mobil listrik Nissan Leaf, yang memiliki kamera kecil dan laser yang dipasang di bagian chassis-nya. 

Ketika mobil dikendarai secara manual, laser dan kamera yang terpasang akan bertindak sebagai mata, memetakan model 3D dari sekitarnya, yang kemudian disimpan dalam komputer. Mobil ini kemudian dapat mengingat jalanan, yang memungkinkan untuk berjalan sendiri sepanjang rute yang sudah dikenalnya.

Seorang sopir akan diminta melalui iPad pada dashboard, apakah ingin mengaktifkan autopilot, lewat sentuhan layar, dan kemudian mobil akan mengambil alih kendali.

Sebuah laser di bawah bemper depan akan memindai arah perjalanan sekitar 13 kali per detik untuk mengantisipasi hambatan, seperti pejalan kaki, pengendara sepeda, atau mobil lainnya, hingga jarak 164 kaki di depan dan sudut pandang 85 derajat.

Mobil akan memperlambat  kecepatan dan bahkan berhenti secara terkendali jika mendapati rintangan. Pengemudi juga dapat menginjak pedal rem, seperti dalam sistem cruise control saat ini, untuk mendapatkan kembali kendali dari komputer setiap saat.

Menurut tim dari Universitas Oxford, teknologi RoboCar bisa dipasang di mobil yang ada dalam waktu 15 tahun. Para ilmuwan di balik sistem ini mengatakan, teknologi ini jauh lebih unggul dari navigasi satelit konvensional karena jauh lebih presisi, dan mobil tidak perlu referensi satelit untuk mengetahui keberadaanya.

Pimpinan Proyek Profesor Paul Newman, dari Universitas Oxford, mengatakan bahwa teknologi tersebut akan sangat berharga bagi pengemudi yang melakukan rute tetap, seperti ke tempat kerja atau ke sekolah (dailymail.co.uk).

Saturday, February 16, 2013

10 Fakta Menarik tentang Barack Obama

Dia adalah seorang murid yang baik ketika ia masih kecil.


Barack Obama - Presiden Amerika Serikat. Di negara di mana rasisme sangat kental, ia terpilih sebagai presiden AS meskipun berkulit hitam. Tentu saja perjalanan untuk mencapai puncak tidak mudah bagi Obama, tapi dia melakukan segalanya begitu sempurna. Dia adalah seorang murid yang baik ketika ia masih kecil dan dibesarkan hanya oleh ibunya. Orang pada umumnya tahu banyak hal tentang Obama tapi mengenalnya secara mendalam dan benar, itu tidak mudah.


10) Obama telah menggunakan obat-obatan. Ketika ia masih muda, ia mencoba Marijuana dan Kokain. Pandangannya tentang hal itu sekarang adalah bahwa ia tidak bangga akan hal itu dan menyebutnya kesalahan.




9) Obama tidak suka es krim. Ketika ia masih muda, ia bekerja di sebuah toko es krim Baskin-Robbins. Kebenciannya akan es krim berawal dari sana.



8) Obama menyukai dan telah membaca semua buku Harry Potter. Setiap kali ia pulang, ia membaca nya untuk putrinya yang tertua Malia di malam hari.




7) Obama mencintai arsitektur. Jika bukan politisi, dia akan menjadi seorang arsitek. Dia menyukainya sejak ia masih kecil dan selalu memberikan perhatian khusus ke arah itu.




6) IQ Obama adalah 143. IQ rata-rata orang kebanyakan adalah sekitar 90 sampai 115. "Anak Berbakat" adalah sekitar 115-125. "Anak Cerdas Istimewa" adalah sekitar 125-140 dan yang berada di atas 140 umumnya dikenal sebagai memiliki potensi "Genius".




5) Obama diberi penghargaan Grammy pada tahun 2006 untuk rekaman kata-kata terbaik yang diucapkan. Itu untuk buku versi audionya Dreams From My Father.




4) Obama lahir di Hawaii tapi pergi ke Indonesia dengan ibunya setelah orangtuanya bercerai. Dia makan daging anjing, daging ular dan belalang panggang sana.



3) Obama, sebelum mencalonkan diri sebagai presiden, berjanji pada istrinya bahwa ia akan berhenti merokok setelah pemilu dimulai. Ia gagal untuk melakukannya.



2) Obama membawa patung Maria dan anak kecil dan gelang milik seorang tentara di Irak dengan harapan mendapat keberuntungan sepanjang waktu.



1) Menurut Obama, kebiasaan terburuknya adalah memeriksa blackberry nya terus-menerus untuk memeriksa kabar baru.




BACA JUGA :

Friday, February 15, 2013

Mengenal Oscar Pistorius Sang Blade Runner

Saya tak pernah menganggap diri saya cacat.



Pada hari Valentine, dini hari, Reeva Steenkamp (30) mengendap-endap ke rumah Oscar Pistorius di Silverwoods, Pretoria, Provinsi Guateng, Afrika Selatan. Malang baginya, rencana memberi kejutan bagi kekasihnya itu berubah menjadi tragedi. Pistorius mengira yang mengendap-endap itu adalah maling dan menembaknya. Steenkamp tewas dengan luka tembak di lengan dan kepala.

Saat ini, Pistorius ditahan dan sidang perdananya langsung digelar di Pretoria, Kamis (14 Februari) pagi. Dia didakwa dengan pasal pembunuhan.

Pistorius adalah seorang atlet pemberi motivasi banyak orang di dunia, khususnya dari kalangan difabel. Oscar Pistorius adalah atlet tanpa kaki yang punya kecepatan lari sama dengan atlet normal. Hanya karena terganjar aturan, dia tidak dapat berkompetisi lari untuk atlet normal.

Oscar Pistorius dijuluki "Blade Runner", pada Olimpiade Paralimpik 2012 dia adalah peraih medali emas untuk cabang olah raga lari 4 x 100 estafet dan 400 meter. Pada tahun 2012, majalah Time menetapkannya sebagai 100 tokoh berpengaruh di dunia.

Oscar Pistorius tak pernah menganggap dirinya cacat meski kedua kakinya diamputasi sejak bayi, dia bertekad untuk berlomba pada kejuaraan atletik dunia atau Olimpiade bersama atlet normal lain. Dalam buku biografinya yang berjudul Blade Runner, dia menulis, "Saya tak pernah menganggap diri saya cacat. Saya memang punya keterbatasan, tapi semua orang punya itu. Dan, seperti yang lainnya punya banyak talenta, saya juga demikian."

Sebagai atlet yang sejak lahir tidak memiliki fibula (kaki), Pistorius menggunakan dua kaki palsu dari bahan serat karbon yang dirancang sedemikian fleksibel sehingga kemampuannya menyamai kaki asli manusia.

Desain kaki palsu Pistorius itu dinamakan "Cheetah Flex Foot", yang merupakan kaki protestik untuk para penyandang cacat kaki tungkai bawah. Dengan kaki protestik itu, penderita cacat dapat berjalan bahkan berlari fleksibel bila dibanding dengan kaki buatan biasa. Perancang Cheetah Flex-Foot ini adalah Van L Philip. Dia berhasil menciptakan kaki buatan itu setelah terinspirasi oleh anatomi kaki cheetah yang berbentuk "L".

BACA JUGA :
Benarkah Sprindik Bocor?
Pentingnya Pakta Integritas
Peristiwa Pengeboman Jembatan Karangresik
Pentingnya Audit Lingkungan Hidup
Cara Menjernihkan Minyak Goreng
Rehabilitasi Pecandu Narkotika di Pondok Inabah

Thursday, February 14, 2013

Benarkah Sprindik Bocor?

KPK harus semakin memperkuat diri dan menunjukkan profesionalisme kerja.



Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi sorotan publik terkait beredarnya dokumen yang diduga surat perintah penyidikan (sprindik) atas nama Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum. Situasi sulit yang dihadapi KPK ini sangat kental dengan aroma politis sehingga menempatkan KPK pada situasi tersandera.

Dokumen yang diduga sprindik, yang hanya ditanda tangani tiga pimpinan KPK, yakni Abraham Samad, Zulkarnain, dan Adnan Pandu Praja telah tersebar di media sejak Jumat (8 Februari 2013). Dalam dokumen yang diduga sprindik itu tertulis bahwa KPK telah mengeluarkan penyidikan kasus Hambalang atas tersangka Anas Urbaningrum selaku anggota DPR periode 2009 - 2014. Anas Urbaningrum dijerat pasal penyuapan, yakni Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 11 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.  

KPK kini sedang mengusut bocornya sprindik itu karena berpotensi menghambat proses penyelidikan dan penyidikan di KPK. Juru Bicara KPK Johan Budi menegaskan, tidak ada sprindik atas nama Anas Urbaningrum yang dikeluarkan oleh lembaganya. Apabila pembocor sprindik itu berasal dari internal KPK, maka ia akan terkena sanksi karena melanggar kode etik.

KPK kembali diuji apakah eksistensi lembaga antirasuah itu benar-benar independen atau seperti yang dikhawatirkan banyak pihak selama ini, juga tidak lepas dari intervensi kelompok-kelompok kepentingan tertentu. Menurut anggota Komisi III Fraksi PPP Ahmad Yani, harus segera dilakukan audit sebagai parameter apakah KPK melakukan kerjanya secara maksimal dan terlepas dari kepentingan manapun.

KPK hingga saat  ini masih mendapat kepercayaan publik, sebagai lembaga yang sangat sepesifik karena dipimpin figur-figur khusus yang independen, berintegritas, dan teruji moralnya. Sebagai garda terdepan perbaikan kehidupan berbangsa negeri ini, KPK harus semakin memperkuat diri dan menunjukkan profesionalisme kerja. Jangan ada lagi kesan seolah-olah ada ketidakompakan di jajaran pimpinan KPK secara kolegial.

Wednesday, February 13, 2013

Pentingnya Pakta Integritas

Pakta integritas merupakan ikrar untuk mencegah KKN.



Langkah penyelamatan partai politik melalui pakta integritas seperti yang dilakukan di Partai Demokrat merupakan sesuatu yang baru. Selama ini, pakta integritas lebih ditujukan bagi ara pejabat publik, termasuk para pegawai negeri sipil (PNS), dan juga pegawai yang bekerja di badan usaha milik negara (BUMN).

Pakta integritas, kini bahkan  ada di perusahaan-perusahaan swasta dan sejumlah organisasi. Pakta integritas Partai Demokrat terdiri dari 10 poin yang harus dijalankan oleh kader dan para pejabat utamanya dalam menjalankan tugas dan kewajiban. Hampir sebagian besar uraian pakta integritas tersebut berkaitan dengan masalah korupsi.

Sesungguhnya pakta integritas bagi partai politik sangat penting dan diperlukan. Meski partai politik berfungsi sebagai sarana komunikasi politik, sosialisasi politik, sarana rekrutmen politik dan pengatur konflik, namun dalam bekerjanya harus berlandaskan kekuatan etika dan moral. Jadi semestinya, tanpa menunggu adanya kasus suap dan korupsi, partai-partai politik harus sudah menandatangani pakta integritas itu sejak awal.

Pakta integritas seharusnya bukan sekedar formalitas belaka, karena merupakan ikrar yang harus dilaksanakan untuk mencegah kolusi, korupsi dan nepotisme. Meski merupakan sistem ekstra yudicial, namun masih dalam kerangka hukum yang berlaku, baik peraturan pemerintah maupun Undang-Undang anti korupsi. 

Dengan penandatanganan pakta integritas, partai politik yang akan bersaing dalam Pemilu 2014 diharapkan mampu menjauhkan diri dari KKN termasuk suap. Saat ini Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia menempati posisi ke-118 dari 176 negara yang disurvei Transparency Internasional. Skor Indonesia 32 sama dengan Republik Dominika, Ekuador, Mesir dan Madagaskar. Meski peringkat ini turun dibanding tahun lalu, peringkat 100 dari 182 negara, namun KPK mencatat selama enam tahun terakhir korupsi Indonesia merugikan negara Rp 39,3 trilyun.

Photo : DPD Partai Demokrat se-Indonesia tandatangani Pakta Integritas. (dok.detikcom)

BACA JUGA :
Peristiwa Pengeboman Jembatan Karangresik
Pentingnya Audit Lingkungan Hidup
Rehabilitasi Pecandu Narkotika di Pondok Inabah
Foto-foto Bumi dari Seorang Astronot
Mengapa Zat Psikoaktif Berbahaya Bagi Manusia?
Alasan KPK Membidik Politisi Pengusaha

Tuesday, February 12, 2013

Peristiwa Pengeboman Jembatan Karangresik

Perjuangan warga Ciamis dalam mengusir Belanda


Setelah kemerdekaan Republik Indonesia diproklamasikan pada tahun 1945, tidak berarti perjuangan melawan penjajah Belanda berakhir. Perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan serta mencegah kembalinya kekuasaan kolonial kenyataannya terus berlangsung.

Seperti perjuangan hebat warga Ciamis dalam mengusir penjajah Belanda yang tercermin dalam pertempuran di Karangresik dan perang di Cikoneng. Peperangan di Karangresik tercatat dalam sejarah sebagai Peristiwa Pengeboman Jembatan Karangresik pada tahun 1948.

Saat itu, pasukan Belanda yang datang dari timur Ciamis mau masuk ke Tasikmalaya dengan tujuan menguasai wilayah Tasikmalaya. Mengetahui rencana tersebut, para pejuang setempat bersembunyi di dekat jembatan Karangresik untuk memberi  kejutan kepada Belanda.

Penyergapan terhadap pasukan Belanda oleh para pejuang menyebabkan banyak tentara Belanda yang mati dan mereka harus mundur ke daerah Sindangkasih. Dari tentara Belanda yang mati, para pejuang mendapat tambahan senjata.

Pasukan Belanda yang bertahan di Pengkolan Sindangkasih secara tak terduga mendapat serangan dari laskar rakyat yang turun dari Gunung Cupu. Pasukan Belanda semakin tersudut dan korban berjatuhan semakin banyak. Pejuang yang berada di Karangresik pun terus menyerang sampai akhirnya pasukan Belanda meninggalkan daerah itu dan membatalkan rencana masuk ke Tasikmalaya.

Beberapa hari kemudian, informasi kekalahan pasukan Belanda di Karangresik membuat marah pimpinan mereka. Belanda menurunkan pesawat tempur dan menggempur daerah Karangresik dan Sindangkasih dari udara.

Jembatan Karangresik dibom pasukan Belanda. Namun, saat terjadi pengeboman pasukan pejuang sudah meninggalkan daerah itu. 

Sampai sekarang, bekas jembatan sepanjang kurang lebih 70 meter yang putus karena dibom itu masih ada.  Fondasi penyangga atau penahan jembatan yang ada di bibir sungai Citanduy yang memisahkan wilayah Ciamis dan Tasikmalaya masih terlihat. 


BACA JUGA :
Pentingnya Audit Lingkungan Hidup
Cara Menjernihkan Minyak Goreng
Rehabilitasi Pecandu Narkotika di Pondok Inabah
Tradisi Memuja Cao Kung Kong
Foto-foto Bumi dari Seorang Astronot
Mengapa Zat Psikoaktif Berbahaya Bagi Manusia?
Alasan KPK Membidik Politisi Pengusaha
Moon Base, Hunian Masa Depan

Monday, February 11, 2013

Pentingnya Audit Lingkungan Hidup

Kawasan Bogor, Puncak dan Cianjur merupakan daerah resapan air.



Kerusakan lingkungan akibat desakan pembangunan di Jakarta maupun di sekitarnya termasuk kawasan Bogor, Puncak, dan Cianjur (Bopunjur) yang merupakan hulu sungai Ciliwung adalah penyebab terjadinya banjir lima tahunan di Jakarta. Karena terlena dengan banjir musiman atau kiriman, maka kerusakan lingkungan tersebut kurang mendapat perhatian yang serius. Baru semua tersentak kesadarannya ketika terjadi banjir dahsyat tanggal 17 Januari 2013 di Jakarta, kawasan Bundaran Hotel Indonesia sampai Istana Presiden terendam banjir. 

Kawasan Bogor, Puncak dan Cianjur merupakan daerah resapan air yang harus terus dijaga kelestariannya. Bahkan pemerintah sudah membuat peraturan melalui Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2008 tentang Penataan Ruang Kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak, Cianjur (Jabodetabekpunjur). 

Pada pasal 2 Perpres tersebut menjelaskan tujuan dibuat Peraturan Presiden, yaitu terwujudnya peningkatan fungsi lindung terhadap tanah, air, udara, flora dan fauna dengan ketentuan tingkat peresapan air hujan dan tingkat pengaliran air permukaan menjamin tercegahnya bencana banjir dan ketersediaan air sepanjang tahun bagi kepentingan umum.

Sayangnya, Perpres yang menginstruksikan untuk melindungi kawasan air serta mempertimbangkan kembali jika ada seseorang yang ingin mendirikan bangunan di areal itu, terutama di kawasan Puncak, seakan-akan tidak digubris. Faktanya semakin banyak pembangunan rumah maupun villa di puncak. Padahal menurut Undang-Undang No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup diatur tentang sanksi bagi orang yang karena kelalaiannya mengakibatkan kerusakan lingkungan hidup dan diancam dengan pidana penjara makasimal 3 (tiga) tahun dan pidana denda maksimal Rp 3.000.000.000,00 (tiga miliar rupiah).

Kini sudah saatnya dilakukan audit lingkungan hidup atas pembangunan yang kian marak di kawasan Puncak. Audit ini bertujuan meninjau kembali keberadaan bangunan-bangunan yang ada di daerah Puncak agar tidak terjadi lagi kerusakan lingkungan hidup yang menyebabkan terjadinya bencana alam, berupa longsor maupun banjir. 

Setelah audit lingkungan dilakukan dengan baik, segera cabut izin dan bongkar sejumlah bangunan di kawasan Puncak yang tidak sesuai peruntukannya. Selanjutnya, mewajibkan pemilik bangunan mengembalikan lagi fungsi lingkungan hidup dengan cara menanam kembali pohon di atas bekas bangunan itu. 

Semoga banjir yang melanda Jakarta pada Januari 2013 membuka kesadaran kita akan pentingnya memelihara lingkungan hidup. 


Sunday, February 10, 2013

Cara Menjernihkan Minyak Goreng

Arang aktif menyerap berbagai kotoran dan tingkat kerusakan minyak jelantah.


Kita sering mendengar informasi bagaimana menjernihkan minyak goreng atau jelantah yang dilakukan penjual gorengan atau pembuat kue donat. Mereka bisa memasukan plastik atau lilin ke dalam minyak goreng dengan alasan agar minyak lebih awet, minyak tidak cepat hitam, dan makanan lebih renyah, meski jelas membahayakan kesehatan.

Sebenarnya, untuk menjernihkan kembali minyak jelantah kita dapat menggunakan arang aktif. Arang aktif adalah arang yang telah diproses sehingga memiliki daya serap tinggi, bisa berasal dari tempurung kelapa, kayu atau lainnya. Arang aktif bisa di beli di pasar swalayan.

Arang aktif menyerap berbagai kotoran dan tingkat kerusakan minyak jelantah. Selain membersihkan minyak secara fisik, arang aktif menyerap substansi kimia yang rusak sehingga minyak dapat digunakan kembali. Caranya : panaskan minyak, cemplungkan arang dan diamkan beberapa saat. Jika minyak sudah bersih, angkat arang, dan minyak siap untuk digunakan menggoreng.

Cara lain membersihkan minyak jelantah ialah dengan menggunakan perasan buah mengkudu. Tumbuklah satu buah mengkudu, amir sarinya, campur ke minyak jelantah dan biarkan 5 - 10 menit. Kemudian, panaskan pada suhu 50 derajat (api kecil) dan saring. 

Bila sulit mendapatkan mengkudu, bisa juga menggunakan sekepal nasi yang di cemplungkan pada minyak jelantah yang dipanaskan. Cara terakhir ini walau bisa menjernihkan minyak, namun tidak memperbaiki struktur kimianya.

Saturday, February 9, 2013

Rehabilitasi Pecandu Narkotika di Pondok Inabah

Inabah, yang berarti kembali ke jalan yang benar.



Pondok Pesantren Suralaya, Kecamatan Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya, sudah lama terkenal karena  kemampuannya menangani anak-anak yang kecanduan narkoba. Upaya ini dirintis oleh Almarhum Abah Anom sejak tahun 1980 dengan membuat pondok khusus untuk menangani korban narkoba bernama pondok Inabah, yang berarti kembali ke jalan yang benar. 


Dikutif dari www.suralaya.org, Inabah adalah istilah yang berasal dari Bahasa Arab anaba-yunibu (mengembalikan) sehingga inabah berarti pengembalian atau pemulihan, maksudnya proses kembalinya seseorang dari jalan yang menjauhi Allah ke jalan yang mendekat ke Allah. Istilah ini digunakan pula dalam Al-Qur’an yakni dalam Luqman surat ke-31 ayat ke-15, Surat ke-42, Al-Syura ayat ke-10; dan pada surat yang lainnya.

Abah Anom menggunakan nama inabah menjadi metode bagi program rehabilitasi pecandu narkotika, remaja-remaja nakal, dan orang-orang yang mengalami gangguan kejiwaan. Konsep perawatan korban penyalahgunaan obat serta kenakalan remaja adalah mengembalikan orang dari perilaku yang selalu menentang kehendak Allah atau maksiat, kepada perilaku yang sesuai dengan kehendak Allah atau taat.

Dari sudut pandang tasawuf orang yang sedang mabuk, yang jiwanya sedang goncang dan terganggu, sehingga diperlukan metode pemulihan (inabah). Metode inabah baik secara teoretis maupun praktis didasarkan pada Al-Qur’an, hadits dan ijtihad para ulama, Metode ini mencakup :

Mandi.
Lemahnya kesadaran anak bina akibat mabuk, dapat dipulihkan dengan mandi dan wudlu. Mandi dan wudlu akan mensucikan tubuh dan jiwa sehingga siap untuk 'kembali' menghadap Allah Yang Maha Suci. 
Makna simbolik dari wudlu adalah: mencuci muka, mensucikan bagian tubuh yang mengekspresikan jiwa; mencuci lengan, mensucikan perbuatan; membasuh kepala, mensucikan otak yang mengendalikan seluruh aktifitas tubuh; membasuh kaki, dan mensucikan setiap langkah perbuatan dalam hidup.

Sholat.
Anak bina yang telah di bersihkan atau disucikan melalui proses mandi dan wudlu, akan dituntun untuk melaksanakan sholat fardhu dan sunnah sesuai dengan metode inabah. Tuntunan pelaksanaan sholat fardhu dan sunnah sesuai dengan ajaran islam dan kurikulum ibadah yang dibuat oleh Abah Anom.

Talqin Dzikir.
Anak bina yang telah pulih kesadarannya diajarkan dzikir melalui talqîn dzikr. Talqin dzikir adalah pembelajaran dzikir pada qalbu. Dzikir tidak cukup diajarkan dengan mulut untuk ditirukan dengan mulut pula, melainkan harus dipancarkan dari qalbu untuk dihunjamkan ke dalam qalbu yang di talqin. Yang dapat melakukan talqin dzikir hanyalah orang-orang yang qalbunya sehat (bersih dari syirik) dan kuat (berisi cahaya ilahi).

Pembinaan.
Anak bina ditempatkan pada pondok inabah guna mengikuti program Inabah sepanjang 24 jam. Kurikulum pembinaan ditetapkan oleh Abah Anom mencakup mandi dan wudlu, shalat dan dzikir, serta ibadah lainnya.


Awalnya, ada dua pondok yaitu inabah 1 untuk santri putra dan inabah 2 untuk santri putri. Dalam perkembangannya, pondok Inabah berkembang sampai ke luar negeri seperti Malaysia dan Singapura. Saat ini terdapat 31 inabah, yang 22 diantaranya ada di dalam negeri.

Biasanya, satu panti rehabilitasi menampung 40 hingga 100 orang santri yang datang dari berbagai daerah. Mereka yang mondok diobati hatinya agar kembali ke jalan yang benar dengan zikir dan cara lainnya. Lama pemulihan berkisar antara 40 hari hingga 6 bulan, tergantung tingkat kecanduannya terhadap narkoba. Cara yang digunakan untuk pemulihan dari narkoba yaitu dengan mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa.

Metode yang selama ini di pakai di Inabah, berupa kegiatan bimbingan yang diawali pada pukul 2.00. Saat itu, semua santri yang berada di Inabah harus bangun. Mereka mandi tengah malam. Setelah itu berwudu, lalu salat Tahajud, dan salat sunah lainnya.

Setelah salat sunah, mereka semua membaca doa-doa dan berzikir untuk mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa. Kegiatan itu berlangsung hingga salat subuh. Kemudian kegiatan pagi, membaca Alquran, lalu makan dan berolah raga. Pukul 9.00, santri harus salat Duha, lalu berdoa secara khusus.

Kegiatan siang hari biasanya diisi sesuai minat, ada yang bermain bola, memberi pakan ikan, dan lainnya sebagai pengusir rasa jenuh. Memasuki Zuhur, mereka kembali salat dan berzikir serta menghapal doa-doa.

Kegiatan magrib setelah salat, bimbingan khusus dari pimpinan Inabah berupa ceramah, dialog, atau lainnya. Dilanjutkan dengan membaca Alquran dan hapalan doa-doa sampai pukul 21.00. Setelah itu, santri dapat beristirahat karena pada pukul 2.00 mereka akan dibangunkan untuk melakukan Tahajud bersama.

Sebenarnya mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Sebagian besar korban narkoba adalah karena pergaulan dan pengaruh lingkungan. Maka, orang tua harus benar-benar memantau perkembangan dan lingkungan tempat anak-anak bergaul. Ada beberapa ciri anak-anak atau remaja yang mulai kecanduan narkotika, diantaranya sering pulang malam dan lebih banyak mengurung diri di kamar, mulai berbohong pada orang tua dan matanya merah serta layu.