Tuesday, January 17, 2017

Tahun 2017 Bagi Greenpeace Indonesia?



Tahun 2017 adalah tahun tantangan sekaligus harapan bagi aktifis Greenpeace Indonesia. Jalan yang akan tidak mudah dilalui dalam kurun satu tahun di depan.

Masih hangat dalam ingatan kita, tahun 2016 adalah tahun yang penuh dengan kejutan. Dunia terkejut dengan terpilihnya Donald J. Trump sebagai Presiden Amerika Serikat. Selain kejutan dan momen-momen penting selama tahun 2016, ada juga peristiwa yang mungkin tidak kita tahu atau tidak kita sadari seperti bahwa tahun 2016 adalah tahun terpanas yang pernah tercatat di Bumi.

Berdasar catatan NASA, tahun 2016 adalah tahun terpanas. Hal yang mungkin tidak terlalu kita sadari, karena tahun lalu Indonesia sedang mengalami kemarau basah karena fenomena La Nina. Hal ini menjadi indikator tantangan perubahan iklim yang semakin nyata. 

"Tahun 2016 juga merupakan tahun yang penuh semangat, meskipun tantangan persoalan lingkungan semakin berat. Tahun lalu kita membuktikan bahwa dengan bersama-sama kita mampu menciptakan kemenangan. Mulai dari kemenangan gugatan Koalisi Melawan Limbah di sungai Citarum, aksi 12 jam di PLTU Cirebon, hingga kemenangan gugatan sengketa keterbukaan informasi kehutanan." Tulis Leonard Simanjuntak - Kepala Greenpeace Indonesia kepada seluruh aktifis Greenpeace melaui email pribadinya.
Dalam email tersebut selanjutnya Leonard Simanjuntak menampaikan tentang banyaknya momen spesial kampanye lingkungan yang terjadi selama 2016. Momen-momen tersebut dapat dibaca selengkapnya di sini: Delapan momen spesial tahun 2016!

"Ada banyak momen spesial yang terjadi di tahun 2016 dan satu pelajaran penting yang kami petik: tak ada satu pun kemenangan yang bisa tercapai tanpa dukunganmu. Hanya dengan bersama, bahu membahu kita mampu menggerakkan perubahan." Tulis Leonard Simanjuntak di bagian lain emailnya. 

Leonard Simanjuntak menutup emailnya dengan kalimat, "Saat ini kita telah memulai menjalani tahun 2017: tahun tantangan dan harapan. Belajar dari 2016, hanya dengan keyakinan dan kebersamaan kita mampu mengubah tantangan menjadi harapan, dan harapan menjadi kenyataan."


No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.