Thursday, January 26, 2017

Para Dewa Kembali Setelah Imlek



Perayaan Tahun Baru Imlek hanya tinggal beberapa hari lagi. Beragam tradisi jelang malam pergantian tahun menjadi rutinitas yang tak terlewatkan, mulai dari membersihkan kelenteng, memasang lilin, lampion dan memandikan patung dewa. 

Tradisi memandikan patung dewa sudah menjadi tradisi yang berlangsung selama ratusan tahun. Konon tradisi memandikan patung dewa adalah bentuk rasa hormat kepada para dewa dan leluhur. Ritual memandikan atau membersihkan patung dewa dimaknai sebagai proses membersihkan hati dan pikiran manusia.

Tahun ini, pada tanggal 21 Januari 2017 para dewa kembali ke nirwana. Tradisi meyakini, saat para dewa kembali ke langit dan meninggalkan patung sebagai tempat mereka bersemayam, maka itulah saat untuk memandikan patung.

Memandikan patung dewa harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Semua peralatan seperti handuk, tempat pemandian, dan sikat yang digunakan harus baru. Patung dimandikan dengan air bersih dan rupa-rupa bunga. Sebelum proses memandikan patung dewa, dilaksanakan sembahyang.

Selesai dimandikan, patung dewa dikembalikan pada posisi semula. Para dewa akan kembali lagi dan turun ke bumi setelah Imlek selesai. 

Berdasarkan perhitungan tanggal menurut kalender Tiongkok, para dewa akan kembali lagi tanggal 31 Januari 2017. Di kalender tertera, Tepekong Ciu Kung Kong (dewa-dewi) turun (ke bumi).

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.