Friday, January 13, 2017

MEMAHAMI KESEHATAN MATA

HAL UMUM SEPUTAR KESEHATAN MATA





Kapan terkahir Anda melakukan pemeriksaan kesehatan? Lazimnya kita baru akan diminta menghubungi laboratorium setelah kita mengalami gangguan pada kesehatan. Referensi hasil analisa tentang kesehatan kita akan menyatakan Normal, Abnormal Sedang, Abnormal Ringan, Abnormal Berat tergantung kondisi mata saat itu.

Saya dan Istri pernah menghadiri acara Donor Darah yang diselenggarakan oleh Panitia Tahun Baru Islam 1437H di kommplek tempat kami tinggal. Diantara fasilitas yang disediakan panitia adalah cek up kesehatan. Dari hasil pemeriksaan kesehatan dilakukan saya memimta print outnya. 

Salah satu yang bisa saya bagi adalah hal yang berkaitan dengan kesehatan mata. Sebelum kita benar-benar harus berusuran dengan dokter mata ada baiknya pemahaman tentang Kesehatan Mata ditingkatkan. Ambil sebuah cermin rias dan perhatikan Mata Anda. Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda ketahui seputar mata adalah :

1.    Kantung di Bawah Mata


Kantung dibawah mata bisa merupakan variasi bentuk dari kelopak mata bawah, pelebaran jaringan subkutan, otot yang melekat pada tulang sekat mata, pembesaran jaringan lemak mata.


2. Kerutan Kolagen Sekitar Mata

Kerutan tersebut timbul akibat longgarnya serat-serat penyusun kolagen. Kolagen sendiri merupakan jaringan ikat yang sangat diperlukan kulit untuk mempertahankan kekuatan dan elastisitasnya.


3. Lingkaran Hitam Sekitar Mata

Lingkaran hitam sekitar mata biasanya disebabkan karena mata lelah, tidur terlalu lama, faktor emosional, penuaan, penurunan kecepatan aliran vena pada mata, kadar oksigen yang rendah dalam sel-sel darah dikulit mata, kandungan CO2 yang tinggi dalam darah vena di mata, timbunan toksin sekitar mata, serta faktor pigmen kulit.


4. Sumbatan Pembuluh Getah Bening

Terdiri dari dua sebab, yaitu primer (tidak diketahui penyebabnya) dan sekunder. Penyebab sekunder diantaranya karena peradangan, trauma mata setelah terapi penyinaran, kanker.


5. Kulit Mata Kendur

Kulit mata kehilangan elastisitasnya karena serat-serat kolagen mengalami degradasi setiap kurun waktu tertentu. Selain karena elastisitas kulit yang menurun, sagging juga bisa disebabkan karena kandungan lemak subkutan berkurang.


6. Pembengkakan

Disebabkan karena gangguan sirkulasi darah dan retensi air dalam kulit di sekitar mata.


7. Aktivitas Sel Mata 

Aktifitas sel mata dalam proses yang fisioligis dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya suhu udara. Suhu udara yang terlalu rendah atau tinggi dalam waktu yang lama dapat menyebabkan sel mati.


8. Kelelahan Visual.

Kelelahan visual yang terlibat dalam pekerjaan dekat atau studi, karena penggunaan yang berlebihan dari visi akibat kelelahan mata. Penyakit terjadi di dekat-dalam pekerjaan presisi, kerja komputer atau pencahayaan cukup dan menderita miopia, hyperopia, lampu tua dan kesalahan bias lain dan orang-orang lemah. Pasien dengan gejala yang biasa adalah: penglihatan kabur, beberapa tidak bisa menulis atau membaca, mata kering, pusing, nyeri, dan mual bahkan parah dan muntah-muntah. 


Perbanyak berkedip, terutama jika tengah membaca, menghadapi layar computer atau menonton tv lebih dari 1 jam. Berkedip akan membantu mengeluarkan lubricating tears. Jika perlu istrahatkan mata sejenak. Tujuan: agar bola mata cukup mendapat waktu untuk membasahi secara menyeluruh oleh lubricating tears. Kurangi paparan asap/debu yang berlebihan. Gunakan kaca mata (hitam) jika beraktifitas di luar ruangan dalam cuaca panas, banyak debu atau asap.


No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.