Saturday, February 4, 2017

Mengapa Jokowi dan SBY Dilarang Bertemu?

Teladan Komunikasi Yang Tertunda


Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. (ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo)


Kapan presiden RI Joko Widodo dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono akan bertemu? Pertemuan mereka saat ini dinilai mendesak dan penting terutama untuk merespon situasi politik di Jakarta yang tensi komunikasi politiknya kian memanas menjelang Pilkada.

"Sayang sekali saya belum punya kesempatan dengan Presiden Jokowi," kata SBY dalam konferensi pers di Wisma Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu, 1 Februari 2017.

"Kan saya sudah sampaikan bolak balik, waktunya akan diatur dan bisa tetapi kalau ada permintaan," ujar Jokowi, di Jakarta Convention Center, Kamis, 2 Februari 2017.

Dua pernyataan di atas menggambarkan betapa sulitnya mereka untuk bertemu. Alangkah indahnya bila bangsa ini menyaksikan ketika kedua tokoh ini bertemu disaksikan seluruh rakyat Indonesia melalui media massa saling menyapa penuh kehangatan dengan tertawa riang ala Jokowi dan ala SBY, sebagai simbol nonverbal betapa tokoh bangsa kita menunjukkan kebersamaan dan persatuan kepada seluruh rakyat Indonesia.

Sudah lama kita menunggu teladan komunikasi yang disampaikan kedua tokoh pada seluruh rakyat Indonesia, bukan sekedar berbalas pantun politik yang sama sekali tidak memberi pendidikan politik dan nilai demokrasi lagi bagi rakyat. 

SBY bisa saja saja datang langsung menemui Jokowi seperti warga negara pada umumnya dengan mengikuti prosedur yang berlaku di istana, atau Jokowi berkunjung ke Cikeas menemui SBY sebagai perilaku komunikasi kenegarawanan?

Seperti diketahui sebelumnya presiden ketiga RI BJ Habibie dan juga wakil presiden ke-6 Republik Indonesia Tri Sutrisno menyampaikan surat resmi terkait dengan permohonan untuk beraudiensi dengan Presiden Joko Widodo. Surat permohonan tersebut kemudian ditindaklanjuti dan ditentukan waktu yang tepat bagi pertemuan keduanya dengan Jokowi yang terlaksana pada tanggal 19 Januari 2017 lalu.

Sampai hari ini, siapapun yang ingin bertemu Presiden pasti tidak sulit. Jokowi angat berbeda dengan presiden-presiden terdahulu. Bahkan seorang anak kecil pun dilayani untuk bicara dengan Jokowi.

Diketahui, SBY mengaku ingin sekali bertemu dan berbicara blakblakan dengan Presiden Joko Widodo. Namun, keinginannya itu tak kunjung terkabul karena, menurut SBY, dilarang oleh dua-tiga orang di sekitar Presiden Jokowi.

Jika pertemuan itu terjadi, SBY mengaku akan membicarakan ihwal isu yang kaitannya dengan aksi damai umat Islam pada 4 November 2016, serta rencana pengeboman hingga makar.

Juru Bicara Presiden, Johan Budi Sapto Pribowo, meminta SBY membuka kepada publik siapa sebenarnya orang yang menghalangi dia bertemu Presiden Jokowi. Johan menjelaskan, selama ini Jokowi bisa bertemu dengan siapa saja, dan tidak akan ada yang bisa menghalanginya.

"Sekarang era terbuka, saya sarankan sama Pak SBY, disebut saja siapa yang menghalangi," kata Johan, saat ditemui di Gedung Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis 2 Februari 2017.

Sebelumnya, Presiden keenam RI ini mengaku, sejak awal mendapatkan informasi bahwa Jokowi memang hendak bertemu dengannya. Namun entah kenapa hal itu tak terjadi lantaran beberapa figur di belakang Jokowi justru melarangnya.

"Dalam hati saya, hebat juga kalau presiden bisa dilarang bertemu dengan saya," ujarnya. 

Wakil Presiden, Jusuf Kalla, menganggap wajar keinginan Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono, untuk bertemu Presiden Joko Widodo. Dia menyarankan sebaiknya pertemuan kedua tokoh itu usai pilkada serentak pada 15 Februari 2017.

"Pak Jokowi pasti menerimanya. Setidak setelah tanggal 15 (Februari 2017)," kata Kalla di Jakarta pada Jumat, 3 Februari 2017.

Kalla menjelaskan pertemuan setelah 15 Februari agar tidak mengganggu pilkada, terutama Pilkada DKI Jakarta. "Supaya tidak menjadi isu politik," katanya.

Dengan kondisi politik yang sedikit memanas sekarang, dia meminta semua pihak bisa menahan diri agar tidak memperkeruh suasana. (Viva)

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.