Tuesday, January 31, 2017

Ada Permainan Politik Di Balik OTT KPK?



Pada Agustus 2013, tanpa seleksi yang transparan dan melibatkan publik, SBY mengangkat Patrialis menjadi hakim MK. Proses pemilihan Patrialis dianggap tidak transparan dan tidak membuka peluang bagi masyarakat untuk turut menyumbangkan pendapat.

Padahal, berdasarkan Pasal 19 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2003 tentang Mahkamah Konstitusi diatur mengenai pencalonan hakim konstitusi secara transparan dan partisipatif.

Keputusan Presiden No 87/P Tahun 2013 tentang pengangkatan Patrialis juga digugat dan akhirnya dibatalkan oleh Pengadilan Tata Usaha Negara. Kemudian SBY mengajukan banding, banding SBY dimenangkan oleh Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara dan dikuatkan kembali di tingkat Mahkamah Agung.

"Tentu saja kita curiga ada unsur politik saat itu. Tetapi tak ada gunanya karena tak punya bukti yang bisa ditunjukkan. Melengganglah Patrialis di MK karena keberhasilan ngototnya SBY itu," kata Mahfud (Kompas)

Mahfud mengakui, secara hukum, SBY memang tak bisa diminta tanggung jawab apa pun atas penangkapan Patrialis.

Patrialis ditangkap setelah diduga menerima suap senilai 20.000 Dollar AS dan 200.000 Dollar Singapura, atau senilai Rp 2,15 miliar. Pemberian dari pengusaha impor daging Basuki Hariman tersebut diduga agar Patrialis membantu mengabulkan gugatan uji materi yang sedang diproses di MK.

Perkara gugatan yang dimaksud yakni, uji materi nomor 129/puu/XII/2015 terkait Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Uji materi itu kini memasuki tahap akhir. Basuki Hariman mengakui, ia memberi uang ke Kamaludin, orang dekat Patrialis. Uang itu diberikan karena Kamaludin membantu mempertemukannya dengan Patrialis. Namun, Basuki mengaku yakin uang tersebut tidak sampai ke Patrialis.

Sementara, Patrialis membantah menerima suap. Ia justru merasa dizalimi oleh KPK. Baik Patrialis, Basuki Hariman, dan Kamaludin saat ini sudah ditetapkan sebagai tersangka KPK dan ditahan.

Terkait masalah tersebut, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menilai tertangkapnya hakim MK Patrialis Akbar tidak bisa dilepaskan dari tanggung jawab moral Presiden kelima RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sebab, pada saat itu, SBY-lah yang menunjuk Patrialis sebagai hakim MK. Bahkan, penunjukan Patrialis saat itu terkesan dipaksakan.

Lucu ya? Ini ibarat main injit-injit semut, Injit-injit semut merupakan lagu anak-anak yang berasal dari daerah Jambi. Lagu ini biasa dinyanyikan untuk mengiringi anak-anak bermain. Permainannya sangat sederhana, yaitu dengan mencubit punggung tangan temannya.

Jika temannya merasa sakit, maka tangannya naik keatas dan balik mencubit. Begitu seterusnya. Nah, bagi yang paling tahan dengan cubitan, dia akan memenangkan permainan. (Satujam)

Permainan serupa injit-injit semut ada juga di Jawa Barat. Paciwit-ciwit lutung merupakan Lagu Permainan Sunda yang dinyanyikan oleh perempuan atawa laki-laki tiga orang atau empat orang. Caranya saling mencubit punggung tangan, menyusun ke atas sambil menyanyi paciwit-ciwit lutung menurut irama lagu. Lagunya seperti ini: Paciwit-ciwit lutung Si lutung pindah ka luhur atau Lagu lainnya: Paciwit-ciwit lutung Si lutung pindah ka tungtung. (Wikipedia) 

Apapun nama permainan itu, sepertinya enak juga dimainkan dalam ranah politik seperti di jaman yang tidak menentu ini dan terbukti dimainkan banyak orang. Permainan yang tidak berksedudahan bila dimainkan bersama. Paciwit-ciwit lutung si lutung pindah ka luhur….paciwit-ciwit lutung si lutung pindah ka tungtung…. Sampai kapan? Entahlah….

Monday, January 30, 2017

Donald Trump Membuat Sensasi?



Kebijakan imigrasi Donald Trump, Presiden ke-45 AS telah mengeluarkan perintah eksekutif yang melarang pemegang paspor dari tujuh negara yakni Iran, Irak, Suriah, Sudah, Somalia, dan Yaman, masuk ke wilayah Negeri Paman Sam. Trump seolah menutup mata dari fakta sejarah imigrasi di Amerika Serikat bahwa sejak tahun 1600-an, ketika pemukim pertama dari Eropa tiba di 'Dunia Baru' (New World) dan menempati area di Pantai Timur. 

Fakta sejarah itu diingatkan kembali oleh Mark Zuckerberg, "AS adalah bangsa para imigran, dan kita harus bangga karenanya." Tulis Mark Zuckerberg dalam laman Facebooknya, seperti dikutip dari NPR, Senin (30/1/2017).

Bos Facebook itu mengatakan, nenek moyangnya berasal dari Jerman, Austria, dan Polandia. Sementara, orang tua sang istri, Priscilla adalah pengungsi dari China dan Vietnam.

"Seperti banyak dari Anda, saya khawatir terkait dampak perintah eksekutif yang baru-baru ini ditandatangani Presiden Trump," kata Zuckerberg.

Ia menambahkan, pemerintah AS memang harus menjaga agar negara dan rakyatnya aman.

"Namun, sebaiknya kita melakukannya terhadap mereka yang nyata menghadirkan ancaman," kata Zuckerber.

Kebijakan Donald Trump juga ditentang CEO Apple, Tim Cook, "Apple tak akan pernah ada tanpa imigrasi, apalagi untuk berkembang dan berinovasi dengan cara yang akan kita lakukan."

Dalam pesan kepada para stafnya, Cook mengaku memahami kekhawatiran mereka terkait kebijakan imigrasi baru pemerintahan Donald Trump. "Saya berbagi keprihatinan dengan Anda semua. Itu bukanlah kebijakan yang kami dukung."

Sergey Brin, salah satu pendiri raksasa mesin pencari Google turut serta dengan para pengunjuk rasa lainnya di Bandara Internasional San Francisco pada Sabtu malam 28 Januari 2018 setelah Presiden Donald Trump mengeluarkan perintah eksekutif terkait dengan imigrasi.

Kepada wartawan The Verge, Brin mengatakan kehadirannya adalah sebagai kapasitas pribadi dan tak mau memberikan komentar. Namun, kepada Forbes, Brin mengatakan, "Saya berada di sini karena saya adalah pengungsi." Demikian dilansir dari The Verge, pada Minggu (29/1/2017).

Keluarga Brin beremigrasi dari Uni Soviet ke Amerika Serkat pada tahun 1979 menghindari eksekusi terhadap Yahudi. Pendiri Google lainnya, Sundar Pichai juga imigran. (Liputan6)

Kepala eksekutif Google, Sundar Pichai menulis memo pada para pegawainya, mengingatkan bahwa perintah eksekutif Donald Trump bisa mencegah setidaknya 187 karyawan Google yang lahir di luar AS memasuki Negeri Paman Sam.

Ia juga meminta staf yang bepergian ke luar negeri untuk secepatnya pulang.

"Sangat menyakitkan melihat dampak secara personal terkait perintah eksekutif tersebut pada para kolega kami," kata Pichai.

"Kami kecewa atas dampak perintah tersebut dan setiap proposal yang dapat membatasi tim Google dan keluarga mereka, atau menciptakan hambatan bagi bakat-bakat besar masuk ke AS."

Dean Garfield, CEO Industry Technology Information Council mengatakan, keputusan Donald Trump sekonyong-konyong dikeluarkan tanpa peringatan. " Memicu ketidakpastian untuk berbagai macam orang, termasuk karyawan dalam sektor teknologi." (Liputan6)

Kehijakan Trump juga menegaskan bahwa 500.000 pemegang kartu hijau Amerika dari negara-negara ini - Iran, Irak, Libya, Somalia, Sudan, Suriah dan Yaman - akan disetujui untuk masuk kembali hanya atas dasar kasus per kasus. Jika mereka sedang di AS, mereka pemegang kartu hijau akan diminta untuk berkonsultasi dengan pemerintah sebelum bepergian ke luar negeri. (Huffingtonpost)

Apapun yang terjadi ke depan terkait negeri Paman Sam ada di tangan Donald Trump. Donald Trump mungkin hanya ingin menarik perhatian dunia dengan kebijakannya yang sepektakuler. Atau mungkin Donald Trump ingin lepas dari bayang-bayang Barack Obama sehingga membuat kebijakan yang seolah-mencari sensasi. 

Kebijakan imigrasi Donald Trump bila benar hanya sekedar mencari sensasi, telah berhasil memicu demontrasi dan membuat mata dunia menatap kembali wajah Amerika Serikat tepat ke mata Donald Trump. Selanjutnya apa lagi yang akan kau lakukan Trump? Masih ada Freeport di Indonesia, ayo mainkan Trump. 

Sunday, January 29, 2017

Mengenal Grasi Untuk Antasari Azhar




Pengabdian 22 tahun di kejaksaan mengantarkannya menjadi Ketua Komisi Pemberantas Korupsi (KPK). Ia menjadi ketua KPK pertama dari perwakilan jaksa. Kehadirannya menjadi ancaman bagi para koruptor yang tak pernah tersentuh hukum. 

Banyak koruptor masuk kerangkeng KPK. Namanya makin popular seiring keberadaan lembaga baru ini yang menjadi harapan masyakarat untuk memberantas korupsi yang sudah terjadi di mana-mana. Sayang, dua tahun berjalan, ia justru masuk tahanan karena pembunuhan. Kariernya pun langsung jatuh.Ia diberhentikan dari jabatannya. (VIVA)

Presiden Joko Widodo mengabulkan grasi yang diajukan terpidana kasus pembunuhan, Antasari Azhar. Grasi itu dikabulkan melalui keputusan presiden (keppres). Kepres itu juga berisi pengurangan masa hukuman Antasari selama enam tahun.  (Kompas

Antasari merupakan eks terpidana perkara pembunuhan bos PT Putra Rajawali Bantaran Nasrudin Zulkarnain dengan vonis 18 tahun penjara.

Mantan Ketua KPK itu sudah menjalani kurungan fisik selama tujuh tahun enam bulan.

Sementara total remisi yang dia peroleh ialah selama empat tahun enam bulan. Dengan demikian, total masa pidana yang sudah dijalani ialah 12 tahun.

Presiden Jokowi kemudian memberikan grasi berupa pengurangan hukuman selama enam tahun penjara. Dengan demikian, ia dinyatakan bebas murni. (Kompas

Bagi Antasari Azhar, permohonan grasinya yang dikabulkan presiden Joko Widodo memiliki arti yang sangat luas, bukan hanya untuk dirinya. “Sekecil apapun usaha yang kita lakukan dan berhasil, harus kita syukuri. Grasi ini memiliki makna buat saya, keluarga dan bangsa Indonesia,” kata Antasari Azhar (Pikiran Rakyat, 26/1/2017)

Pakar hukum Yusril Ihza Mahendra mengapresiasi grasi yang diberikan pemerintah kepada Antasari Azhar. Namun dia menilai, grasi demi hukum lebih pantas diberikan pemerintah kepada Antasari ketimbang grasi biasa karena permohonan Antasari.

Grasi demi hukum adalah istilah untuk grasi yang diberikan presiden bukan untuk mengintervensi kepada badan peradilan tetapi untuk membebaskan hukuman seseorang karena hanya jalan itu yang bisa diambil untuk membebaskannya dari ketidak adilan yang terjadi dalam proses peradilan. “Grasi yang diberikan presiden tampaknya bukan grasi demi hukum tetapi grasi biasa atas permohonan terpidana,” kata Yusril Ihza Mahendra.

Meski Yusril menghargai grasi yang diberikan presiden, namun dia menilai grasi itu terlambat diberikan. Apalagi Antasari saat ini sudah bebas bersyarat pasca menjalani separuh tahanannya. “Waktu selama itu telah memberikan penderitaan yang luar biasa kepada beliau,” ucap Yusril.

Seperti diketahui, pada 10 November 2016 Antasari meninggalkan LP Tangerang dengan status bebas bersyarat sejak ditahan pada Mei 2009, Antasari divonis 18 tahun penjara oleh PN Jakarta Selatan setelah dinyatakan terbukti membunuh Nasrudin Zulkarnaen, Direktur Putra Rajawali Banjaran, Antasari melalui kuasa hukumnya mengajukan banding, kasasi, serta peninjauan kembali, tetapi ia tetap dihukum.

Saturday, January 28, 2017

Upaya KPK Memperbaiki IPK?



Skor Indek Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia pada 2016 lalu meningkat satu angka dari tahun sebelumnya, yakni dari 36 menjadi 37. Namun kenaikan ini dinilai belum menunjukkan upaya pemberantasan korupsi yang signifikan. Perlu upaya lebih untuk menangani korupsi di bidang politik, hukum hingga bisnis. (Muhammad Irfan - Pikiran Rakyat, 26/1/2017).

"Peningkatan skor CPI (Coruption Perception Index) lambat karena pemberantasan korupsi selama ini hanya fokus pada sektor birokrasi sedangkan reformasi birokrasi hanya menyumbang rata-rata satu poin setiap tahun, " kata Sekjen Transparancy Indonesia Dadang Trisasaongko dalam peluncuran IPK Indonesia Tahun 2016, di Jakarta (Rabu, 25/1/2017)

Menurut Dadang, konsistensi pembenahan di sektor publik tersebut tidak akan membuahkan hasil jika tidak dibarengi dengan langkah nyata semua pihak untuk mendorong penguatan integritas bisnis di sektor swasta. Pengalaman di berbagai negara menunjukkan bahwa kombinasi strategi ini akan mempercepat terwujudnya pemerintahan yang bersih dan iklim usaha yang kondusif.

Dari 176 negara yang dihitung IPK-nya, saat ini peringkat Indonesia masih di peringkat 90, turun dua peringkat dari tahun sebelumnya. Sementara untuk regional masih bertahan di peringkat 15 seperti tahun sebelumnya. IPK Indonesia hanya bisa menyalip Thailand (35) yang selalu berada di atas Indonesia sejak lima tahun terkahir namun belum mengungguli Malaysia (49), Brunei (58) dan Singapura (85).

Skor IPK atau IPC merupakan perhitungan indeks yang memperlihatkan seberapa besar persepsi korupsi di negara tersebut dihitung dengan skor 0 - 100. Angka 0 menunjukkan negara sangat korup sementara 100 memperlihatkan negara yang sangat bersih dari korupsi.

Pada IPK tahun 2016, dari 176 negara yang menempati peringkat teratas diantaranya Denmark (90), Selandia Baru (90), Finlandia (89), Sementara yang terndah adalah Yaman, Sudan, Libya (7), Suriah (13), Korea Utara (12), Sudan Selatan (11), dan Somalia (10).

Upaya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menangani korupsi di bidang hukum kembali memperlihatkan kinerjanya yang luar biasa. KPK berhasil menangkap tangan hakim konstitusi, Patrialis Akbar, di Hotel Grand Indonesia pada Rabu (25/1/2017) pukul 21.30. Patrialis Akbar diduga menerima suap 20.000 dolar AS dan 200.000 dolar Singapura terkait dengan uji materi UU Nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan. 

Penangkapan Patrialis Akbar mejadi prahara kedua setelah Akil Mochtar yang mencoreng profesi hakim dalam lembaga pengawal konstitusi. "Ditengah usaha banyak pihak dalam membenahi dunia peradilan, integritas profesi hakim kembali tercoreng akibat perbuatan tidak patut segelintir oknum," kata Juru Bicara Komisi Yudisial Farid Wajdi di Jakarta (26/1/2017)

Bisakah KPK memperbaiki skor IPK? Bangsa Indonesia sangat berharap banyak pada lembaga ini. Semoga kedepan akan banyak lagi kasus tangkap tangan serupa. 




Thursday, January 26, 2017

Para Dewa Kembali Setelah Imlek



Perayaan Tahun Baru Imlek hanya tinggal beberapa hari lagi. Beragam tradisi jelang malam pergantian tahun menjadi rutinitas yang tak terlewatkan, mulai dari membersihkan kelenteng, memasang lilin, lampion dan memandikan patung dewa. 

Tradisi memandikan patung dewa sudah menjadi tradisi yang berlangsung selama ratusan tahun. Konon tradisi memandikan patung dewa adalah bentuk rasa hormat kepada para dewa dan leluhur. Ritual memandikan atau membersihkan patung dewa dimaknai sebagai proses membersihkan hati dan pikiran manusia.

Tahun ini, pada tanggal 21 Januari 2017 para dewa kembali ke nirwana. Tradisi meyakini, saat para dewa kembali ke langit dan meninggalkan patung sebagai tempat mereka bersemayam, maka itulah saat untuk memandikan patung.

Memandikan patung dewa harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Semua peralatan seperti handuk, tempat pemandian, dan sikat yang digunakan harus baru. Patung dimandikan dengan air bersih dan rupa-rupa bunga. Sebelum proses memandikan patung dewa, dilaksanakan sembahyang.

Selesai dimandikan, patung dewa dikembalikan pada posisi semula. Para dewa akan kembali lagi dan turun ke bumi setelah Imlek selesai. 

Berdasarkan perhitungan tanggal menurut kalender Tiongkok, para dewa akan kembali lagi tanggal 31 Januari 2017. Di kalender tertera, Tepekong Ciu Kung Kong (dewa-dewi) turun (ke bumi).

Wednesday, January 25, 2017

Nominasi Piala Oscar 2017


Pada hari Selasa lalu, Academy of Motion Picture Arts and Sciences mengumumkan nominasi untuk penganugrahan Annual Academy Awards ke 89.

Piala Oscar adalah penghargaan final dan terbesar dalam satu musim pertunjukkan, yang berpuncak pada semua kemewahan perhelatan besar dan glamor tentang Hollywood.

Setelah menyapu bersih Golden Globes pada bulan January dengan tujuh piala, “La La Land” memimpin dengan 14 nominasi ― mengungguli rekor sebelumnya yang diraih “All About Eve” pada 1950 dan “Titanic” pada 1997. Sedangkan, “Arrival” dan “Moonlight” masing-masing memperoleh delapan nominasi, diikuti oleh “Manchester by the Sea,” “Lion” dan “Hacksaw Ridge,” masing-masing meraih enam nominasi.


Daftar nominasi selengkapnya seperti berikut: 

Best Picture

“Arrival”
”Fences”
”Hacksaw Ridge”
”Hell or High Water”
”Hidden Figures”
”La La Land”
”Lion”
”Manchester by the Sea”
”Moonlight”

Best Director

Denis Villeneuve, “Arrival”
Mel Gibson, “Hacksaw Ridge”
Damien Chazelle, “La La Land”
Kenneth Lonergan, “Manchester by the Sea”
Barry Jenkins, “Moonlight”

Best Actress

Emma Stone, “La La Land”
Natalie Portman, “Jackie”
Ruth Negga, “Loving”
Meryl Streep, “Florence Foster Jenkins”
Isabelle Huppert, “Elle”

Best Actor

Casey Affleck, “Manchester by the Sea”
Andrew Garfield, “Hacksaw Ridge”
Ryan Gosling, “La La Land”
Viggo Mortensen, “Captain Fantastic”
Denzel Washington, “Fences”

Best Supporting Actress

Viola Davis, “Fences”
Naomie Harris, “Moonlight”
Nicole Kidman, “Lion” 
Octavia Spencer, “Hidden Figures” 
Michelle Williams, “Manchester by the Sea”

Best Supporting Actor

Mahershala Ali, “Moonlight”
Jeff Bridges,”Hell or High Water”
Lucas Hedges, “Manchester by the Sea”
Dev Patel, “Lion”
Michael Shannon, “Nocturnal Animals”

Best Adapted Screenplay

“Arrival”
”Fences”
”Hidden Figures”
”Lion”
”Moonlight”

Best Original Screenplay

“Hell or High Water”
”La La Land”
”The Lobster”
”Manchester by the Sea”
”20th Century Women”

Best Foreign Language Film

“Land of Mine,” Martin Zandvliet, Denmark
”A Man Called Ove,” Hannes Holm, Sweden
”The Salesman,” Asghar Farhadi, Iran
”Tanna,” Bentley Dean, Martin Butler, Australia,
”Toni Erdmann,” Maren Ade, Germany 

Best Documentary Feature

“Fire at Sea”
“I Am Not Your Negro”
“Life, Animated”
”13th”
“O.J.: Made in America”

Best Animated Feature

“Kubo and the Two Strings”
”Moana”
”My Life as a Zucchini”
”The Red Turtle”
”Zootopia” 

Best Film Editing

“Arrival”
”Hacksaw Ridge”
”Hell or High Water”
”La La Land”
”Moonlight”

Best Original Song

“Audition (The Fools Who Dream),” “La La Land”
“Can’t Stop the Feeling,” “Trolls”
“City of Stars,” “La La Land”
“The Empty Chair,” “Jim: The James Foley Story”
“How Far I’ll Go,” “Moana”

Best Original Score

“Jackie”
”La La Land”
”Lion”
”Moonlight”
”Passengers” 

Best Cinematography

“Arrival,” Bradford Young
”La La Land,” Linus Sandgren
”Silence,” Rodrigo Prieto
”Lion,” Grieg Fraser
”Moonlight,” James Laxton

Best Costume Design

“Allied”
”Fantastic Beasts and Where to Find Them”
”Florence Foster Jenkins”
”Jackie”
”La La Land” 

Best Makeup and Hairstyling

“A Man Called Ove”
”Star Trek Beyond”
”Suicide Squad”

Best Production Design

“Arrival”
”Fantastic Beasts and Where to Find Them”
”Hail, Caesar!”
”La La Land”
”Passengers”

Best Sound Editing

“Arrival”
”Deepwater Horizon”
”Hacksaw Ridge”
”La La Land”
”Sully” 

Best Sound Mixing

“Arrival”
”Hacksaw Ridge”
”La La Land”
”Rogue One”
”13 Hours”

Best Visual Effects

“Rogue One”
”The Jungle Book”
”Doctor Strange”
”Deepwater Horizon”
”Kubo and the Two Strings”

Best Short Film, Live Action

“Ennemis Intérieurs”
”La Femme et le TGV”
”Silent Nights”
”Sing”
”Timecode”

Best Short Film, Animated

“Blind Vaysha”
”Borrowed Time”
”Pear Cider and Cigarettes”
”Pearl”
”Piper”

Best Documentary, Short Subject

“Extremis”
”4.1 Miles”
”Joe’s Violin”
”Watani: My Homeland”
”The White Helmets” 

Academy Awards ke 89, Jimmy Kimmel sebagai hos, disiarkan secara live pada stasiun TV ABC  pada pukul 8:30 p.m. tanggal 26 Februari 2017.

Sumber : HuffPost



Tuesday, January 24, 2017

Komite Sekolah Penerima Sumbangan?



Slogan sekolah gratis yang selalu didengung-dengungkan selama ini rupanya akan semakin sulit direalisasikan setelah terbit kebijakan Muhadjir Effendy melaui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 75 Tahun 2016. Spanduk bertuliskan “Sekolah Bebas Pungutan” yang banyak terpasang di setiap SD dan SMP negeri akan berganti menjadi “Sekolah Penerima Sumbangan”.

Sebenarnya peran serta masyarakat dalam meningkatkan kualitas pendidikan sudah berjalan sejak lama. Dahulu orangtua dan guru bergabung dalam suatu wadah bernama POMG (Persatuan Orang Tua Murid dan Guru) sampai akahirnya POMG dibubarkan pada tahun 1974, berganti nama menjadi BP3 (Badan Pembantu Penyelenggara Pendidikan).

Setelah itu muncul era Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), terjadi perubahan yang dilandasi komitmen, kesadaran, dan kesiapan membangun budaya mutu. Demi terciptanya suatu masyarakat sekolah yang kompak dan sinergis, Komite Sekolah lahir sebagai eujud kebersamaan yang dibangun melalui kesepakatan sesuai SK Mendiknas Nomor 044/U/2002.

Komite Sekolah secara mandiri mewadahi peran serta masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu, pemerataan dan efisiensi pendidikan. Komite Sekolah juga merupakan lembaga nonprofit dan nonpolitis yang dibentuk berdasarkan musyawarah yang demokratis oleh para pemangku kepentingan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan.

Komposisi anggota Komite Sekolah terdiri dari unsur orangtua yang anaknya masih aktif bersekolah sebanyak 50%, tokoh mayarakat 30% dan pakar pendidikan 20%. Dari komposisi tersebut terlihat dukungan masyarakat masih dibutuhkan untuk dalam pengembangan sekolah. Namun sayang dalam Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 potensi alumni tidak terakomodasi. 

Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 lebih detail mengatur terntang peran Komite Sekolah dalam penggalangan dana dari masyarakat. Pungutan dilarang karena berpotensi terjadinya pemaksaan dalam penyamarataan dalam pembayaran, tanpa mempertimbangkan kemampuan peserta didik. 

Sumbangan yang dibenarkan adalah yang bersifat sukarela dengan mempertimbangakan kriteria :

Pertama, besaran sumbangan tidak boleh sama, yaitu yang kaya bisa menyumbang sebanyak-banyaknya dan yang miskin dibebaskan.

Kedua, waktunya tidak mengikat, yaitu bisa dibayarkan kapan saja.

Ketiga, tidak ada sanksi bagi yang tidak ikut menyumbang.


Sumbangan sukarela harus mempunyai batasan yang jelas mengenai prosedur penggunaan dan maksimal besarannya. Jangan ada lagi proyek dadakan untuk melegalkan sejumlah pungutan tertentu. Honor guru dan pegawai PNS, serta beberapa pejabat sekolah tidak boleh dibebankan kepada orangtua karena sudah mendapat gaji dari negara.

Memperhatikan alokasi dana pendidikan sebesar 20%, biaya investasi dan operasional sekolah sepatutnya menjadi tanggungjawab pemerintah. Orang tua murid hanya menanggung biaya personal seperti makan/minum, jajan dan transfor. 

Komite Sekolah adalah mitra sejajar kepala sekolah yang berfungsi untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Maka pengangkatan pengurus komite sekolah tidak ditetapkan melalui keputusan kepala sekolah melainkan oleh pejabat yang lebih tinggi di atasnya.

Komite Sekolah jangan menjadi alat untuk mengumpulkan uang dari orang tua seperti BP3. Komite Sekolah harus tetap apada koridor utamanya yaitu sebagai pemberi pertimbangan (advisory agency), pendukung kegiatan (supporting agency), pengontrol kebijakan (controlling agency), dan mediator pada saat diperlukan.

Monday, January 23, 2017

Masih Ada Sekolah Gratis?



Polemik berkembang di media sosial terkait dengan isu kebijakan sekolah gratis akan dicabut oleh pemerintah. Benarkah? 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menegaskan program wajib belajar 12 tahun akan terus berjalan dan negara tetap memenuhi kewajibannya untuk menggratiskan biaya pendidikan dasar, yakni tingkat SD dan SMP.

Saat ini, pemerintah tengah gencar-gencarnya mengalokasikan anggaran untuk memperkecil kesenjangan akses pendidikan kalangan kurang mampu. Sehingga untuk siswa-siswa kurang mampu tak hanya gratis tetapi juga memperoleh tambahan dana melalui Program Indonesia Pintar (PIP) dengan instrumen Kartu Indonesia Pintar (KIP). 

Peningkatkan kualitas pendidikan digali melalui potensi masyarakat yang akan berpartisipasi dalam pendidikan melalui komite sekolah. Biaya pendidikan yang disalurkan melalui Bantuan Operasional Sekolah (BOS), saat ini masih bersifat terbatas untuk memenuhi kebutuhan minimum sekolah. Maka diperlukan alokasi anggaran pemerintah daerah dan partisipasi masyarakat agar sekolah-sekolah semakin kuat dan berkualitas.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah bukan untuk mewajibkan penarikan dana dari orang tua siswa tetapi untuk menggali dana dari luar, seperti alumni, CSR, maupun individu dan unsur masyarakat lain yang tidak mengikat.

“Permendikbud tentang komite sekolah dimaksudkan untuk mendorong partisipasi masyarakat untuk memajukan pendidikan. Aturan ini dibuat untuk semakin memperjelas peran komite sekolah. Apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan, termasuk mengenai penggalangan dana pendidikan. Bukan untuk mewajibkan pungutan,” terang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy.

"Sejak dulu SMA dan SMK memang tidak gratis. Kalau ada sejumlah daerah yang tidak mewajibkan biaya pendidikan di pendidikan menengah itu bisa saja. Penetapan iuran SPP itu memang kewenangan provinsi atau daerah dan sekolah," tuturnya.

Thursday, January 19, 2017

Bagaimana Pencuri Pecah Kaca Mobil?

BAGAIMANA MENGHINDARI PENCURIAN PECAH KACA MOBIL?



Kejahatan muncul akibat adanya kesempatan untuk berbuat jahat. Pencurian dengan modus memecah kaca akhir-akhir ini kembali mengintai. Oleh karena itu berhati-hatilah menaruh barang berharga di dalam mobil ketika Anda harus meninggalkan mobil itu untuk beberapa saat di pinggir jalan. Walaupun pintu mobil sudah terkunci rapat, saat ini pencuri hanya dengan bermodal pecahan busi dan air ludah dapat menjebol kaca mobil dengan mudah. 

Video berikut ini ilustrasi bagaimana penjahat menjebol kaca mobil untuk mengambil laptop, HP atau barang berharga lain yang ditinggal di mobil. 

Bagaimana trik untuk menghindari agar tidak jadi korban Pencurian Pecah Kaca Mobil?

Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Heru Pranoto mengatakan, kelompok pencuri pecah kaca beraksi sangat cepat. Sehingga mudah bagi mereka untuk kabur bila ada yang memergoki aksi mereka. "Mereka memecahkan kaca dengan pecahan busi yang diberi air terlebih dulu," kata Heru di Mapolda Metro.

Hanya dengan melempar pecahan busi yang basah itu kepermukaannya, kaca mobil langsung pecah menjadi serpihan-serpihan halus. Kemudian pelakupun bebas mengambil barang-barang berharga yang ada didalam mobil korban. 

Ia menerangkan, kaca mobil yang tertutup rapatlah yang bisa dipecahkan dengan metode itu. "Pintu kaca mobil rapat semua, dipukul dengan pecahan busi bekas yang dibasahi bisa pecah," tutur Heru. 

Ia menghimbau masyarakat untuk tidak menutup rapat kaca mobil ketika diparkir. Dengan memberi sedikit ruang pada kaca mobil, metode pemecahan kaca seperti itu tidak bekerja. "Kalau dikasih rongga sedikit, kaca justru tidak pecah," ujar Heru. 

Komplotan pencuri pecah kaca banyak mengincar mobil yang parkir di pinggir jalan. Mobil incaran biasanya terlihat dari luar menyimpan benda-bena berharga seperti laptop, hp, perhiasan dan lain-lain

Wednesday, January 18, 2017

Pengaruh Peredaran Darah di Jantung dan Otak Bagi Kesehatan?



Peredaran darah pada jantung dan otak manusia memegang peranan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup seseorang. Banyak penyakit yang berhubungan erat dengan peredaran darah tapi terlambat untuk di ketahui. 

Upaya-upaya untuk meraih hidup sehat dengan berbagai cara ditawarkan kepada kita selaku target pasar, mulai dari produk-produk makanan kesehatan, vitamin dan suplemen, sampai ke kegiatan di pusat-pusat kebugaran dan bahkan alat-alat pendukung penunjang kesehatan bagi yang sudah terlanjur terpapar suatu penyakit. 

Mengetahui sejak dini setiap permasalahan yang berhubungan dengan peredaran darah tentu akan mengurangi dampak resiko terpapar penyakit yang disebabkan oleh kelainan pada sistem peredaran darah atau kualitas darah yang kita miliki.

Hal-hal yang berhubungan dengan darah, peredarannya dan penyakit yang mungkin timbul adalah seperti berikut :

Kekentalan Darah: 

Viskositas berhubungan dengan kekentalan cairan, makin tinggi viskositas suatu cairan maka makin sulit molekul dari cairan tersebut untuk bergerak. Bila hal ini terjadi pada molekul darah, maka tentu saja aliran darah akan terganggu. Akibatnya dapat terjadi peningkatan resistensi pembuluh darah, gangguan sirkulasi oksigen dalam darah dan akhirnya timbul penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah. Viskositas darah yang tinggi mempunyai resiko terhadap timbulnya penyakit-penyakit cerebro-kardiovaskuler seperti stroke, infark jantung, penyakit jantung koroner, dan sebagainya. 

Kristal Atau Plak Kolesterol: 

Bila terjadi kelebihan kolesterol di dalam darah, kolesterol ini akan menempel pada dinding pembuluh darah membentuk plak sehingga pembuluh darah mulai menyempit. Proses ini disebut juga aterosklerosis. Ketika kadar kolesterol telah normal kembali, plak pada dinding pembuluh darah tidak otomatis hilang, tetapi tetap menempel di sana. Bila suatu saat kadar kolesterol naik kembali, kelebihan kolesterol ini akan menempel lagi pada dinding pembuluh darah, sehingga plak semakin tebal dan pembuluh darah semakin menyempit. Suatu saat, pembuluh darah dapat tersumbat. Bila ini terjadi di jantung, akan terjadi serangan jantung. Bila terjadi di otak, akan terjadi stroke. 

Ada beberapa orang yang sedikit sekali mendapat asupan kolesterol tetapi kadar kolesterol dalam darahnya ternyata tinggi, hal itu dimungkinkan pada penderita penyakit-penyakit seperti hipotiroidisme, diabetes mellitus, sirosis biller, pankreatektomi, kehamilan trimester III, stres berat, hiperilpoproteinemia dan sindrom nefrotik. Dapat juga disebabkan oleh obat pil kb, epinefrin, fenotiazin, vitamin A dan D, sulfonamide dan fenitoin. 

Lemak Darah: 

Lemak adalah segolongan senyawa hidrofobik (tidak larut dalam air) yang sangat penting untuk penyimpanan bahan pembakaran, untuk membentuk struktur membran, sebagai hormon, sumber energi, sumber asam lemak esensial (asam linoleat dan linolenat), alat angkut vitamin larut lemak, penghemat protein, memberi rasa kenyang dan kelezatan, sebagai pelumas, untuk memelihara suhu tubuh dan pelindung organ tubuh. 


Hambatan Pembuluh Darah: 

Berhubungan dengan perubahan diameter pembuluh darah yang mempengaruhi aliran darah yang disertai perubahan viskositas darah. Makin tinggi tahanan suatu pembuluh darah, maka viskositas darah didalamnya juga akan meningkat. 

Kelenturan Pembuluh Darah: 

Adanya plak/kristal kolesterol pada dinding pembuluh darah dapat menyebabkan elastisitas pembuluh darah menjadi berkurang, akibatnya darah yang mengalir didalamnya akan terhambat. Begitu juga dengan tekanannya. Maka untuk mengalirkan darah yang terhambat tersebut dibutuhkan tekanan yang lebih tinggi dibanding sebelumnya. Dengan demikian, pembuluh darah yang kaku menjadi salah satu faktor resiko timbulnya hipertensi. 

Kebutuhan Darah Otot Jantung: 

Untuk menjaga kesinambungan kerja jantung secara maksimal atau adekuat, maka jantung harus mendapatkan pasokan darah (nutrisi) yang adekuat pula. Apabila pasokan atau aliran darah ke jantung mengalami penurunan atau tidak seimbangnya antara kebutuhan darah yang di butuhkan jantung dengan pasokan darah yang di alirkan ke jantung, maka jantung akan mengalami gangguan yang dinamakan dengan jantung iskemia, dan apabila pasokan/aliran darah mengalami hambatan atau sumbatan, maka jantung akan mengalami gangguan yang dinamakan serangan jantung atau acute miocardiac infraction. 

Volume Darah Yang Diserap Oleh Otot Jantung: 

Perfusi pada miokardial dipengaruhi oleh keadaan pembuluh koroner. Meningkat terutama saat jantung bekerja lebih keras seperti saat olah raga, demam, ketakutan atau cemas) 

Konsumsi Oksigen Otot Jantung: 

Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan oksigen dalam jantung antara lain sebagai berikut:
(1) Denyut jantung
(2) Kontraktilitas otot jantung (kekuatan kontraksi/gerakan otot jantung).
(3) Durasi kontraksi otot jantung 

Jumlah Darah Yang Dipompa Jantung Setiap Kali Kontraksi: 

Faktor-faktor yang mempengaruhi:
(1) Kuat-lemahnya kontraktilitas miokard
(2) Besarnya pengisian ventrikel (ruang jantung bawah)
(3) Hambatan/resistensi dalam pembuluh darah perifer
(4) Gerakan dinding ventrikel. 

Tahanan Ejeksi Dari Bilik Kiri Jantung: 

Merupakan indikator kekuatan dari saluran keluar ventrikel/bilik kiri (saluran menuju pembuluh aorta). 

Kekuatan Efective Bilik Kiri Jantung: 

Menggambarkan kekuatan kontraksi pada ventrikel kiri jantung untuk memompa darah menuju aorta. Dipengaruhi oleh: tingkat pengisian ventrikel, volume darah dalam sirkulasi, status fungsional miokard, suplai darah dan oksigen dalam miokard. 

Elastisitas Pembuluh Darah Koroner: 

Faktor-faktor yang membuat elastisitas arteri Koroner menurun diantaranya: lemak darah tinggi, merokok, diabetes mellitus, obesitas, tekanan darah tinggi, kurangnya aktivitas fisik, kelelahan psikis, riwayat keluarga penyakit jantung koroner, pemakaian kontrasepsi oral, dan sebagainya. 

Tekanan Arteri Koroner Dalam Merembeskan Darah: 

Dipengaruhi oleh tekanan diastolik dan tekanan atrium, serambi kiri. Tekanan perfusi koroner dibawah normal merupakan tanda adanya iskemia miokard akibat kurangnya oksigen yang masuk ke jantung.Iskemia miokard bila berlanjut dapat menyebabkan infark miokard (kematian jaringan) 

Elastisitas Pembuluh Darah Otak: 

Elastisitas pembuluh darah otak menurun akibat penyempitan pembuluh darah yang biasanya disebabkan adanya arterosklorosis (karena timbunan plak/thrombus dari lemak, kolesterol atau racun). Bila keadaan ini berlanjut, maka tekanan darah dapat meningkat, meningkatkan resiko pembuluh darah pecah, sehingga rentan terhadap pendarahan otak. 

Pasokan Darah Ke Jaringan Otak: 

Suplai darah ke otak dipengaruhi oleh arteri otak atau arteri pada leher (arteri karotis). Penyakit cerebrovaskular dapat dibagi menjadi dua kategori menurut sifat mereka, yaitu penyakit serebrovaskular iskemik (sumbatan) dan penyakit serebrovaskular hemoragik (perdarahan). 70% - 80% pasien dengan kasus penyakit serebrovaskular iskemik disebabkan karena penyempitan pembuluh darah arteri otak. Penyakit serebrovaskular hemoragik terutama disebabkan oleh tekanan darah tinggi, malformasi vaskular kongenital, serta pecahnya pembuluh darah. Pasien sering menunjukkan peningkatan tekanan intrakranial, disorientasi dan gejala lainnya. 



Tuesday, January 17, 2017

Tahun 2017 Bagi Greenpeace Indonesia?



Tahun 2017 adalah tahun tantangan sekaligus harapan bagi aktifis Greenpeace Indonesia. Jalan yang akan tidak mudah dilalui dalam kurun satu tahun di depan.

Masih hangat dalam ingatan kita, tahun 2016 adalah tahun yang penuh dengan kejutan. Dunia terkejut dengan terpilihnya Donald J. Trump sebagai Presiden Amerika Serikat. Selain kejutan dan momen-momen penting selama tahun 2016, ada juga peristiwa yang mungkin tidak kita tahu atau tidak kita sadari seperti bahwa tahun 2016 adalah tahun terpanas yang pernah tercatat di Bumi.

Berdasar catatan NASA, tahun 2016 adalah tahun terpanas. Hal yang mungkin tidak terlalu kita sadari, karena tahun lalu Indonesia sedang mengalami kemarau basah karena fenomena La Nina. Hal ini menjadi indikator tantangan perubahan iklim yang semakin nyata. 

"Tahun 2016 juga merupakan tahun yang penuh semangat, meskipun tantangan persoalan lingkungan semakin berat. Tahun lalu kita membuktikan bahwa dengan bersama-sama kita mampu menciptakan kemenangan. Mulai dari kemenangan gugatan Koalisi Melawan Limbah di sungai Citarum, aksi 12 jam di PLTU Cirebon, hingga kemenangan gugatan sengketa keterbukaan informasi kehutanan." Tulis Leonard Simanjuntak - Kepala Greenpeace Indonesia kepada seluruh aktifis Greenpeace melaui email pribadinya.
Dalam email tersebut selanjutnya Leonard Simanjuntak menampaikan tentang banyaknya momen spesial kampanye lingkungan yang terjadi selama 2016. Momen-momen tersebut dapat dibaca selengkapnya di sini: Delapan momen spesial tahun 2016!

"Ada banyak momen spesial yang terjadi di tahun 2016 dan satu pelajaran penting yang kami petik: tak ada satu pun kemenangan yang bisa tercapai tanpa dukunganmu. Hanya dengan bersama, bahu membahu kita mampu menggerakkan perubahan." Tulis Leonard Simanjuntak di bagian lain emailnya. 

Leonard Simanjuntak menutup emailnya dengan kalimat, "Saat ini kita telah memulai menjalani tahun 2017: tahun tantangan dan harapan. Belajar dari 2016, hanya dengan keyakinan dan kebersamaan kita mampu mengubah tantangan menjadi harapan, dan harapan menjadi kenyataan."


Monday, January 16, 2017

BAGAIMANA MENGHINDARI BANK RIBA?



"Bagaimana Indonesia bisa maju masyarakatnya kalau perekonomian kita sangat Ribawi?", tanya seorang Nurdin dari Aceh Timur kepada Khairuddin Budiman saat menikmati Sanger di Vojoel Kupie Perlak.

Sejak tahun 1980 sampai sekarang bunga deposito Indonesia berkisar 6% s.d 8%. Melihat data Bank di Indonesia hanya BNI yang di bawah 6%, sisanya bermain di atas 6% semua. Di kawasan Asia, Indonesia masih tinggi dibanding Malaysia (4%), Filipina (1,7%), Taiwan (4,7%), Brunai Darussalam (0,3%). Bahkan negara Yahudi Israel tidak terlalu riba (1,1%), Jepang (0,1%), German (0%), US (0%). Kita hanya kalah riba dari negara-negara Afrika seperti Uganda (14%), Ghana (21%).

Akibatnya, masyarakat yang kaya jadi tidak produktif. Lebih memilih menyimpan uang di Bank dan tinggal menikmati bunganya per bulan. Atau jangan-jangan pemerintah di daerah juga demikian? Menyimpan dulu uang-uang dari pusat sebelum disalurkan ke pegawai? Jumlah yang tidak sedikit, coba hitung 6,4% kali berapa milyar untuk gaji pegawai yang terlambat di bulan Januari 2017 atau Tunjangan Sertifikasi Guru yang kadang juga tidak tepat waktu.

Masyarakat di Jepang, US, dan German, memilih bekerja daripada mengandalkan deposito uang di Bank. Dengan bunga sebesar 0,1% mereka mendapatkan apa? Akibatnya mereka jadi produktif, daripada berharap bunga deposito membeli ternak lalu pelihara, membeli lahan lalu kelola atau emas sebagai simpanan yang stabil.

"Kapan kita bisa seperti Saudi Arabia yang tidak punya deposito?", tanya Khairuddin Budiman memulai diskkusi dengan sebuah pertanyaan. Ada yang berpendapat karena uang mereka Dinar tidak tergantung dari sistem perbankan yang riba itu. 

Menurut Satria Dharma Saudi Arabia juga menggunakan sistem perbankan yang sama dengan dunia lain. Sila baca ini. https://www.export.gov/article.

Mata uang Saudi Arabia adalah Riyal bukan Dinar. Ada beberapa negara yang mata uangnya Dinar seperti Irak, Yordania, Kuwait. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Dinar, Satria Dharma menegaskan.

"Salah satu transaksi non uang kertas di Saudi Arabia adalah Dinar, yang sistemnya sangat stabil karena bukan uang kertas yang kira-kira setiap 5 - 6 tahun harus didaur. Untuk sistem kurs, rupiah harus konversi dulu ke riyal biar bisa beli korma di Arab hehehe...", kata Khairuddin Budiman sambil terkekeh.

Diskusi seputar Bank Riba berlanjut terus....

Saturday, January 14, 2017

RECTOVERSO PADA RUPIAH MENGUNDANG MULTI TAFSIR?

BENARKAH ADA GAMBAR TERLARANG PALU ARIT DI UANG RUPIAH?


Rupiah merupakan salah satu lambang kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Uang Rupiah ditandatangani bersama oleh Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Keuangan Republik Indonesia. Sehinga sudah sepantasnya bila masyarakat senantiasa menghormati dan memperlakukan uang Rupiah dengan baik.

Uang Kertas Pecahan Rp. 20.000, Rp. 50.000 dan Rp. 100.000 memiliki fitur sekuriti yang lebih tinggi dibandingkan uang kertas pecahan lainnya. Pencetakan dua pecahan ini memerlukan ketelitian khusus dan menggunakan mesin off-set simultan yang mampu mencetak gambar depan dan belakang secara bersamaan dengan tingkat presisi yang tinggi. Dengan teknik ini dapat dihasilkan unsur pengamanan rectoverso, yakni dua gambar yang berbeda di dua sisi berlawanan tetapi apabila diterawang membentuk suatu kesatuan gambar yang utuh. Proses pencetakan dua pecahan ini juga menggunakan teknik cetak intaglio yang akan memberikan hasil cetak timbul pada permukaan kertas uang.

Berikut ini uang gambar Uang Kertas Pecahan Rp. 20.000, Rp. 50.000 dan Rp. 100.000, dikutif dari www.peruri.co.id :



Uang kertas pecahan Rp. 20.000 memiliki dominasi warna hijau dengan gambar utama tokoh pahlawan nasional Oto Iskandar Muda sedangkan pada bagian belakang bergambar pemetik teh di perkebunan. Uang kertas ini memiliki beberapa fitur pengaman, yaitu : Gambar berupa logo BI yang dapat berubah warna apabila dilihat dari sudut tertentu, latent image tulisan BI dan benang pengaman yang berbentuk seperti anyaman yang akan memendar di bawah sinar ultraviolet



Uang kertas pecahan Rp. 50.000 memiliki dominasi warna biru dengan gambar utama bagian muka adalah tokoh pahlawan Indonesia yang berasal dari Bali I Gusti Ngurah Rai. Pada bagian belakang uang terdapat gambar salah satu destinasi wisata di Pulau Bali yaitu Danau Beratan dengan Pura Ulundanu. Pada uang kertas ini terdapat tanda air/watermark bergambar sama dengan bagian muka dan blind code yang diperuntukkan bagi orang berkebutuhan khusus.



Uang pecahan Rp. 100.000 memiliki desain gambar utama tokoh proklamasi Indonesia Ir. Soekarno dan H. Mohammad Hatta di bagian muka dan Gedung DPR/MPR RI di bagian belakang dengan dominasi warna merah. Dalam pencetakan pecahan ini menggunakan teknik cetak intaglio dimana hasil cetakannya akan memunculkan elemen halus sampai tebal yang memberikan kesan kasar apabila diraba. Pecahan ini memiliki unsur pengamanan yang paling tinggi dibanding pecahan lainnya.

Benarkah ada gambar palu arit di uang RI seperti yang dikemukakan Ketua FPI, Habib Rizieq yang akan melaporkan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo ke Mabes Polri terkait dugaan lambang palu arit di mata uang Rupiah?

Menanggapi informasi dan penafsiran yang berkembang di media akhir-akhir ini yang menyatakan bahwa uang Rupiah memuat simbol terlarang palu dan arit, Gubernur Bank Indonesia Agus D.W Martowardojo menjelaskan bahwa uang RI tidak memuat simbol terlarang palu arit. 

Gambar yang dipersepsikan oleh sebagian pihak sebagai simbol palu dan arit merupakan logo Bank Indonesia yang dipotong secara diagonal sehinggan membentuk ornamen yang tidak beraturan. Gambar tersebut merupakan gambar saling isi (rectoverso), yang merupakan bagian dari unsur penhgaman uang rupiah.

Gambar rectoverso dicetak dengan teknik khusus sehingga terpecah menjadi dua bagian di sisi depan dan belakang lembar uang, dan hanya dapat dilihat utuh bila diterawang. Rectoverso umum digunakan sebagai salah satu unsur pengaman berbagai mata uang dunia, mengingat rectoverso sulit dibuat dan memerlukan alat cetak khusus.

"Di Indonesia, rectoverso telah digunakan sebagai unsur pengaman Rupiah sejak tahun 1990-an. Sementara logo BI telah digunakan sebagai rectoverso uang Rupiah sejak tahun 2000," jelasnya. (www.merdeka.com)

Friday, January 13, 2017

MEMAHAMI KESEHATAN MATA

HAL UMUM SEPUTAR KESEHATAN MATA





Kapan terkahir Anda melakukan pemeriksaan kesehatan? Lazimnya kita baru akan diminta menghubungi laboratorium setelah kita mengalami gangguan pada kesehatan. Referensi hasil analisa tentang kesehatan kita akan menyatakan Normal, Abnormal Sedang, Abnormal Ringan, Abnormal Berat tergantung kondisi mata saat itu.

Saya dan Istri pernah menghadiri acara Donor Darah yang diselenggarakan oleh Panitia Tahun Baru Islam 1437H di kommplek tempat kami tinggal. Diantara fasilitas yang disediakan panitia adalah cek up kesehatan. Dari hasil pemeriksaan kesehatan dilakukan saya memimta print outnya. 

Salah satu yang bisa saya bagi adalah hal yang berkaitan dengan kesehatan mata. Sebelum kita benar-benar harus berusuran dengan dokter mata ada baiknya pemahaman tentang Kesehatan Mata ditingkatkan. Ambil sebuah cermin rias dan perhatikan Mata Anda. Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda ketahui seputar mata adalah :

1.    Kantung di Bawah Mata


Kantung dibawah mata bisa merupakan variasi bentuk dari kelopak mata bawah, pelebaran jaringan subkutan, otot yang melekat pada tulang sekat mata, pembesaran jaringan lemak mata.


2. Kerutan Kolagen Sekitar Mata

Kerutan tersebut timbul akibat longgarnya serat-serat penyusun kolagen. Kolagen sendiri merupakan jaringan ikat yang sangat diperlukan kulit untuk mempertahankan kekuatan dan elastisitasnya.


3. Lingkaran Hitam Sekitar Mata

Lingkaran hitam sekitar mata biasanya disebabkan karena mata lelah, tidur terlalu lama, faktor emosional, penuaan, penurunan kecepatan aliran vena pada mata, kadar oksigen yang rendah dalam sel-sel darah dikulit mata, kandungan CO2 yang tinggi dalam darah vena di mata, timbunan toksin sekitar mata, serta faktor pigmen kulit.


4. Sumbatan Pembuluh Getah Bening

Terdiri dari dua sebab, yaitu primer (tidak diketahui penyebabnya) dan sekunder. Penyebab sekunder diantaranya karena peradangan, trauma mata setelah terapi penyinaran, kanker.


5. Kulit Mata Kendur

Kulit mata kehilangan elastisitasnya karena serat-serat kolagen mengalami degradasi setiap kurun waktu tertentu. Selain karena elastisitas kulit yang menurun, sagging juga bisa disebabkan karena kandungan lemak subkutan berkurang.


6. Pembengkakan

Disebabkan karena gangguan sirkulasi darah dan retensi air dalam kulit di sekitar mata.


7. Aktivitas Sel Mata 

Aktifitas sel mata dalam proses yang fisioligis dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya suhu udara. Suhu udara yang terlalu rendah atau tinggi dalam waktu yang lama dapat menyebabkan sel mati.


8. Kelelahan Visual.

Kelelahan visual yang terlibat dalam pekerjaan dekat atau studi, karena penggunaan yang berlebihan dari visi akibat kelelahan mata. Penyakit terjadi di dekat-dalam pekerjaan presisi, kerja komputer atau pencahayaan cukup dan menderita miopia, hyperopia, lampu tua dan kesalahan bias lain dan orang-orang lemah. Pasien dengan gejala yang biasa adalah: penglihatan kabur, beberapa tidak bisa menulis atau membaca, mata kering, pusing, nyeri, dan mual bahkan parah dan muntah-muntah. 


Perbanyak berkedip, terutama jika tengah membaca, menghadapi layar computer atau menonton tv lebih dari 1 jam. Berkedip akan membantu mengeluarkan lubricating tears. Jika perlu istrahatkan mata sejenak. Tujuan: agar bola mata cukup mendapat waktu untuk membasahi secara menyeluruh oleh lubricating tears. Kurangi paparan asap/debu yang berlebihan. Gunakan kaca mata (hitam) jika beraktifitas di luar ruangan dalam cuaca panas, banyak debu atau asap.


Wednesday, January 11, 2017

BEDA BJ HABIBIE DAN HABIBIE MUDA DARI TASIKMALAYA?

" APA KEHEBATAN HABIBIE MUDA DARI TASIKMALAYA? "



Yogi Ahmad Erlangga (lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, 8 Oktober 1974; umur 42 tahun) adalah seorang ilmuwan yang berhasil memecahkan Persamaan Helmholtz menggunakan metode matematika numerik dan mendapatkan Penghargaan Bakrie Award X pada 2012.

Yogi Ahmad Erlangga, berhasil memecahkan rumus matematika Persamaan Helmholtz pada Desember 2005. Bagi kalangan ilmuwan, Persamaan Helmholtz penting karena dapat digunakan untuk mengintepretasi ukuran-ukuran akustik dalam survei cadangan minyak.

Pada Desember 2001, Yogi mengajukan diri untuk melakukan riset terhadap Persamaan Helmholtz kepada Universitas Teknologi Delft. Perusahaan minyak raksasa Shell meminta Yogi untuk menemukan penyelesaian robust (dapat dipakai pada semua masalah) dari Persamaan Helmholtz. 

Setelah mengadakan riset yang dibiayai Shell (dengan menghabiskan dana sekitar 6 milyar), berkat kejeniusannya akhirnya rumus itu mampu beliau pecahkan, yang mencengangkan dunia iptek, dan mendapat ucapan selamat dari universitas di Eropa, Israel dan USA.

Hasil risetnya menghebohkan dunia terutama dengan kemungkinan membuat profil 3 dimensi dari cadangan minyak. Metodenya berhasil memproses data-data seismik seratus kali lebih cepat dari metode yang sekarang biasa digunakan. Sebelumnya, Shell selalu mempunyai masalah dalam menemukan sumber minyak bumi. Sebelum metodenya digunakan, untuk menyelesaikan Persamaan Helmholtz dibutuhkan biaya yang besar, perhitungan waktu, penggunaan komputer serta memori.

Yogi Ahmad Erlangga menolak mematenkan hasil temuannya, termasuk menamakan termuannya itu dengan ERLANGGA EQUATION. Mematenkan temuan ini justru akan menghambat perkembangan ilmu pengetahun selanjutnya. Thesis S3 yang disusun di Jurusan Matematika kampus yang sama di Delft, terpilih sebagai thesis terbaik di Belanda oleh MNC.

“Saya ingin temuan ini dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, karena itu hak manusia. Hak ini bisa dijamin jika ilmu dimiliki publik dan bersifat open source ” kata Yogi merendah.

Industri yang bisa mengaplikasikan rumus matematika Persamaan Helmholtz ini antara lain industri radar, penerbangan, kapal selam, penyimpanan data dalam blue ray disc (keping DVD super yang bisa memuat puluhan gigabyte data), dan aplikasi pada laser, serta ilmu lainnya yang berkaitan dengan gelombang elektromagnetik.

Dr. Yogi Ahmad Erlangga, sekarang Dosen di Alfaisal University, Riyadh, Arab Saudi ini mendapat julukan Habibie Muda karena penemuannya yang spektakuler di bidang matematika. Kehadiran Dr. Yogi Ahmad Erlangga yang bersedia berkarya di Alfaisal University, Riyadh, Arab Saudi juga merupakan kebanggan tersendiri bagi Kedutaan Besar Indonesia di Arab Saudi.

"Saya pun masih memiliki obsesi pribadi. Keinginan saya adalah ingin melakukan penelitian tentang pesawat terbang yang menjadi spesialisasinya Aeronotika dan Astronotika, perminyakan, dan biomekanik," kata pemenang penghargaan VNO-NCW Scholarship dari Dutch Chamber of Commerce itu.

Dulu, BJ Habibie menemukan rumus yang mampu mempersingkat prediksi perambatan retak hingga mendapat julukan Mr. Crack. Banyak industri penerbangan di berbagai negara memakai rumus penemuan Habibie tersebut, termasuk NASA di Amerika, kini, Dr. Yogi Ahmad Erlangga meneruskan kehebatan Habibie dengan menemukan dan memecahkan rumus persamaan Helmholtz.


Tuesday, January 10, 2017

PERSYARATAN PROFESIONALISME ARSIPARIS

JABATAN FUNGSIONAL: ARSIPARIS

Arsiparis - News Okezone.com

Arsiparis adalah Pegawai Negeri Sipil yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan kegiatan kearsipan pada instansi pemerintah, tidak termasuk kegiatan mengurus, memberkaskan dan mengelola arsip-arsip aktif. Kegiatan kearsipan adalah kegiatan dalam bidang pembinaan, pengelolaan dan pelayanan arsip, penilaian dan penyelesaian arsip serta pemasyarakatan arsip.


Pengertian: 

  1. Tim Penilai Jabatan Arsiparis Pusat, yang selanjutnya disebut dengan Tim Penilai Pusat adalah tim yang membantu Kepala Arsip Nasional RI dalam melakukan penelitian dan penilaian terhadap usul penetapan angka kredit bagi Arsiparis Madya sampai dengan Arsiparis Utama Madya; 
  2. Tim Penilai Jabatan Arsiparis Instansi yang selanjutnya disebut Tim Penilai Instansi adalah tim yang membantu Menteri, Panglima ABRI, Jaksa Agung, Pimpinan Lembaga Pemerintah Nondepartemen, Pimpinan Kesekretariatan Lembaga Tertinggi/Tinggi Negara dan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I atau pejabat lain yang dtunjuk olehnya dalam melakukan penelitian dan penilaian terhadap usul penetapan angka kredit bagi Asisten Arsiparis Madya sampai dengan Arsiparis Muda di lingkungan Instansi masing-masing; 
  3. Sekretariat Tim Penilai Pusat adalah unsur bantu administratif bagi Tim Penilai Pusat; 
  4. Sekretariat Tim Penilai Instansi adalah unsur bantu adminstratif bagi Tim Penilai Instansi; 
  5. Buku kerja Arsiparis adalah jurnal dan atau catatan Arsiparis bersangkutan mengenai kegiatan kearsipan, pengembangan profesi kearsipan dan penunjang kegiatan kearsipan yang dilakukannya dan atau bimbingan yang diterimanya; 
  6. Unit Kearsipan adalah unit kerja sebagaimana dimaksud dalam penjelasan pasal 3 Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 1979; 
  7. Unit Kerja Teknis Kearsipan adalah unit kerja sebagaimana dimaksud dalam Keputusan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor KP 30.6/069/36/1991 Tanggal 2 September 1991 tentang Petunjuk dan Prosedur Pengangkatan Bagi Pelaksanaan Penyesuaian dalam Jabatan dan Angka Kredit Arsiparis. 

Landasan Pemikiran:

  1. Pengakuan Arsiparis sebagai jabatan Fungsional sebagaimana dimaksud dalam Keputusan Menpan Nomor 36/1990 tanggal 12 Mei 1990, didukung oleh persyaratan profesionalisme berikut. 
  2. Arsiparis melaksanakan kegiatan kearsipan tidak terlepas dari pemahamannya terhadap konteks organik pada struktur administrasi dan pertanggungjawaban nasional kepada generasi mendatang; 
  3. Arsiparis melaksanakan pengkajian suatu sistem administrasi dan merumuskan suatu sistem pengaturan informasi pada arsip untuk menjamin efisiensi administrasi dan menjamin pengaman, penyelamatan pewarisan budaya nasional secara tepat informasi, tepat sasaran dan tepat waktu; 
  4. Arsiparis profesional harus memiliki ketrampilan mengatur endapan informasi dan wawasn keilmuan yang memungkinkannya untuk memberikan penilaian terhadap budaya yang perlu dilestarikan. 

Bidang Pekerjaan:

Bidang kegiatan Arsiparis pada umumnya berupa: 
  1. Endapan informasi pelaksanaan administrasi yang karakteristik pada suatu instansi dan merupakan rekaman informasi yang belum/tidak dipublikasikan (unpublished record information); 
  2. Pengkajian keterkaitan antara sistem kearsipan dengan sistem administrasi; 
  3. Pengkajian terhadap klarifikasi informasi dalam rangka pewarisan budaya kepada generasi mendatang dan pertanggungjawaban nasional; 
  4. Pengkajian terhadap perlindungan hak dan kewajiban badan hukum dan perseorangan sehubungan keterbukaan (access) arsip. 

Tugas Arsiparis: 

  1. Mengembangkan sistem kearsipan yang tepat sesuai dengan corak,warna, bentuk dan sistem administrasi yang dikembangkan pada suatu instansi; 
  2. Mengolah informasi secara profesional untuk menetapkan klasifikasi informasi untuk menjamin pertanggungjawaban nasional secara efisien; 
  3. Merancang suatu sistem layanan/penggunaan arsip untuk berbagai kepentingan secara aman, tepat sasaran, tepat guna dan tepat waktu 
  4. Melakukan pembinaan pelaksanaan tertib kearsipan pada suatu struktur organiasi instansi; 
  5. Merancang publikasi arsip untuk mendukung kegiatan keilmuan, praktisi dan masyarakat umum; 
  6. Melaksanakan kegiatan kerarsipan; 
  7. Mengembangkan wawasan keilmuan untuk peningkatan jenjang profesionalsime. 

Persyaratan profesionalisme: 

  1. Memiliki kemampuan teknis dan keilmuan yang menjamin efisiensi dan efektifitas perawatan, pengamanan dan pelayanan informasi pada instansi dan pelestarian budaya bangsa seselektif dan selengkap mungkin; 
  2. Memahami suatu sistem administrasi secara baik dan memiliki kemampuan untuk mengembangkan suatu sistem kearsipan dan mengolah informasi arsip untuk berbagai kepentingan dalam rangka pelayanan administrasi, praktisi, keilmuan dan umum tanpa mengorbankan kepentingan lain yang karena ketentuan perundang-undangan atau etika harus memperoleh perlindungan; 
  3. Memahami dengan baik prinsip-prinsip kearsipan praktis dan mampu menjabarkan konsep-konsep dan teori-teori kearsipan dan menterjemahakannya dalam praktek kegiatan kearsipan; 
  4. Memiliki kemampuan untuk melakukan pengkajian terhadap teori/konsep kearsipan, melaksanakan pelaksanaan penelitian dan merumuskan alternatif baru di bidang kearsipan. 

Jenjang Profesionalisme Arsiparis: 

  1. Arsiparis semi prosfesional dengan kemampuan utama melaksanakan kegiatan kearsipan secara praktis berdasarkan teori dan konsep yang ada; 
  2. Arsiparis profesional dengan kemampuan menyusun konsep-konsep kearsipan berdasarkan hasil penelitian di lapangan dan atau renungan keilmuan serta praktek pengolahan informasi arsip instansi/badan hukum serta perseorangan; 
  3. Arsiparis ilmuan yang memiliki kemampuan untuk mengkaji secara teoritis terhadap berbagai teori/sistem/konsep kearsipan yang ada dan mencari alternatif baru yang berkaitan dengan pengembangan ilmu kearsipan. 

Jenjang Profesi Arsiparis dan Arah Pembinaannya:

Sejalan dengan pengembangan profesionalisme kearsipan, penyelenggaraan pembinaan Arsiparis diarahkan pada tiga jenjang keahlian: 
  1. Untuk jabatan fungsional Arsiparis yang menduduki pangkat/golongan II, yakni dari jabatan Asisten Arsiparis Madya sampai dengan Ajun Arsiparis Muda, diarahkan menjadi pelaksana teknis/petugas kearsipan yang menguasai bidang tugasnya (terlatih) berdasarkan konsep-konsep kearsipan yang ada, baik melalui pendidikan formal maupun nonformal; 
  2. Untuk jabatan fungsional Arsiparis yang menduduki pangkat/golongan III, yakni dari jabatan Ajun Arsiparis Madya sampai dengan Arsiparis Muda diarahkan menjadi tenaga ahli bidang kearsipan (profesional), selain menguasai bidang tugas Arsiparis pada pangkat/golongan di bawahnya juga mampu memahami konsep-konsep/teori-teori kearsipan serta menggunakannya untuk mengembangkan profesi dan melakukan bimbingan; 
  3. Untuk jabatan fungsional Arsiparis yang menduduki pangkat/golongan IV, yakni dari jabatan Arsiparis Madya sampai dengan Arsiparis Utama Madya diarahkan menjadi pemikir/ilmuan bidang kearsipan (scientist), sehingga mampu untuk melaksanakan pengujian secara kritis terhadap berbagi konsep/teori kearsipan serta dapat berfungsi sebagai pembina seluruh jabatan Arsiparis di bawahnya. 

Aspek Penilaian:


Penilaian prestasi kerja Arsiparis diarahkan pada tiga jenjang profesi Arsiparis. Penilaian hasil kerja Arsiparis didasarkan pada sejauh mana kemampuan Arsiparis adalah sebagai berikut: 
  1. Hasil kerja Arsiparis golongan II, yakni dari Asisten Arsiparis Madya sampai dengan Ajun Arsiparis Muda sebagai tenaga kearsipan semi profesional, penilaian diarahkan kepada kemampuan sejauh mana Arsiparis bersangkutan sebagai tenaga pelaksana dalam kegiatan: pembuatan sarana penemuan arsip, pelayanan jasa, pelaksanaan aplikasi sistem, kegiatan-kegiatan penyuluhan dengan bimbingan dan pekerjaan praktis lainnya sebagaiman tertuang dalam SK MENPAN Nomor 36/1990, Pasal 3; 
  2. Hasil kerja Arsiparis golongan III yakni dari Ajun Arsiparis Madya sampai dengan Arsiparis Muda sebagai tenaga terampil dan profesional, penilaian didasarkan pada hasil pelaksanaan kerja profesional/ahli kearsipan dalam hal; pembuatan-pembuatan sarana penemuan arsip, pendeskripsian, layanan jasa, pembuatan dan pengembangan sistem, apresiasi, bimbingan, karya tulis yang dilakukan secara mandiri maupun dengan bimbingan, dan pekerjaan-pekerjaan keahlian lainnya sebagaimana tertuang dalam SK MENPAN Nomor 36/1990 Pasal 3; 
  3. Hasil kerja Arsiparis golongan IV dari Arsiparis Madya sampai dengan Arsiparis Utama Madya penilaian didasarkan pada pelaksanaan kerja seorang pemikir/ilmuan (scientist) di bidang kearsipan, pengkajian konsep/teori/sistem kearsipan, sarana penemuan arsip, karya tulis, temuan teknis, pembinaan kearsipan dan tugas-tugas yang bersifat pemikiran lainnya sebagaimana tertuang dalam SK MENPAN Nomor 36/1990 Pasal 3. 
  4. Aspek Pendidikan 

Melalui tiga jenjang profesi jabatan Arsiparis seperti tersebut di atas, maka standarisasi kurikulum/silabus diklat diarahkan pada: 

  1. Untuk jabatan Arsiparis golongan II, yakni dari Asisten Arsiparis Madya sampai dengan Ajun Arsiparis Muda, diarahkan pada pemenuhan kebutuhan pengetahuan paraktis dibidang kearsipan; 
  2. Untuk jabatan Arsiparis golongan III, yakni dari Ajun Arsiparis Madya sampai dengan Arsiparis Muda, selain diisyaratkan harus memiliki pengetahuan dan kemapuan praktis kearsipan, juga pemahaman berbagai konsep/teori/sistem kearsipan dan teknik bimbingan dan pelaporan hasil penelitian di bidang kearsipan; 
  3. Untuk jabatan Arsiparis golongan IV, yakni dari Arsiparis Madya sampai dengan Arsiparis Utama Madya diarahkan pada kearsipan sebagai ilmu dan berbagai aspek yang menyangkut manejemen lembaga kearsipan.
Dari berbagai sumber.