KESEHATAN


Pemutih Kulit Alami

Oleh: Rosida Ghazali

Tahukah Anda bahwa stres, polusi, dan gangguan kulit lainnya dapat membuat kulit menjadi gelap? Corak kulit gelap merupakan hasil efek polutan yang disertai dengan kulit kering. Ini adalah masalah umum yang sering terjadi di masyarakat. Namun, 

Para peneliti telah menunjukkan bahwa kosmetik memiliki efek terbalik pada kulit. Tidak semua kosmetik cocok dengan kulit Anda, bahkan produk mahal sekalipun. Jadi, cara terbaik adalah menggunakan pemutih kulit alami berikut ini, seperti yang dilansir di Boldsky.


1. Susu. Susu adalah salah satu pemutih kulit alami. Salah satu alasan dasar untuk kulit gelap adalah pengelupasan kulit yang tidak tepat dan susu adalah cara terbaik untuk melakukannya. Celupkan kapas ke dalam susu dingin dan terapkan ke kulit wajah atau berendam dalam bak susu. Anda dapat melihat perbedaan warna kulit dalam waktu beberapa minggu.

2. Tomat. Tomat adalah pemutih alami yang bisa menghilangkan bercak-bercak hitam dan noda. Parut tomat dan oleskan sebagai masker untuk kulit Anda. Biarkan kering selama beberapa saat dan kemudian ulangi lagi. Ulangi tiga kali dalam jangka waktu 20 menit. Kemudian bersihkan wajah dengan air dingin.

3. Madu. Madu adalah pemutih kulit alami yang juga menyembuhkan gangguan kulit seperti komedo, jerawat, dan masih banyak lagi. Madu merupakan pemutih alami dan pembersih. Madu bisa masuk ke dalam pori-pori dan membersihkannya secara menyeluruh. Gunakan madu setiap hari dan pastikan Anda membersihkannya dengan baik. Jika madu tersisa di kulit, itu menyebabkan penyumbatan pori-pori dan infeksi.

4. Kentang. Parut beberapa kentang dan ambil sarinya. Oleskan ekstrak kentang pada kulit Anda. Jangan menyimpannya lebih dari dua puluh menit. Masker ini dapat membersihkan kulit dan membuatnya tampak bersinar. Namun, kentang memiliki kecenderungan untuk membuat kulit kering, jadi jangan terlalu sering melakukannya.

5. Kunyit. Kunyit memiliki sifat antiseptik dan sebagai pemutih kulit alami. Parut kunyit dan Oleskan pada tubuh saat mandi. Ramuan ini membersihkan kulit dan menghilangkan semua kotoran. Minum jamu kunyit setiap hari untuk mendapatkan kulit yang cerah.

Pastikan Anda hanya memilih satu dari lima pemutih alami di atas. Jika Anda mencoba semuanya, kulit Anda akan rentan terhadap iritasi. Pilih satu ya! 


Strategi Bercinta Bagi Penderita Sakit Jantung


Sering kita dengar ada orang meninggal saat berhubungan seks akibat jantung mendadak berhenti. Pertanyaan yang timbul mengapa hal itu terjadi? Bagaimana mengatasinya? Sejauh mana pengaruh obat kuat pada kemungkinan serangan jantung? Bagaimana strategi bercinta agar mencapai puncak, tapi terhindar dari serangan jantung?

Kasus mati mendadak saat melakukan hubungan seksual sebenarnya dapat dipahami jika orang tersebut memakai obat kuat tidak sesuai dengan yang seharusnya atau tidak berdasar resep dokter.

Biasanya terdapat kontra indikasi pemakaian obat kuat seperti sildenafil sitrat sebaiknya tidak diberikan pada orang yang sedang mengonsumsi obat yang mengandung beberapa jenis zat seperti nitrat yang ada pada pengobatan orang yang sedang mengonsumsi obat jantung.

Strategi bercinta bagi penderita sakit jantung sebaiknya dalam keadaan pasif dan pasangan yang lebih dominan. 

Risiko Diabetes Melitus Setara Jantung Koroner

Seseorang dianggap menderita diabetes bila memiliki keluhan sering kencing, haus, lapar serta adanya penurunan berat badan dengan penyebab tidak jelas. Kondisi seperti ini juga biasanya disertai satu nilai pemeriksaan glukosa darah yang tidak normal.

"Perempuan dengan diabetes mempunyai risiko kematian akibat penyakit jantung lebih tinggi 7,5 kali lipat dibanding perempuan tanpa diabetes. Perempuan yang terkena diabetes tak memiliki perlindungan premenopause dari ancaman penyakit jantung seperti yang dimiliki perempuan tanpa diabetes. Bila seorang penderita diabetes pernah mengalami serangan jantung, risiko kematiannya menjadi tiga kali lipat lebih tinggi," kata Ahli Intervensi Jantung dan Pembuluh Darah Fakultas Kedokteran Unpad/RS. Hasan Sadikin Bandung, dr A Fauzi Yahya, ApJP(K), FIHA.

Diabetes melitus (kencing manis) dan penyakit kantung memiliki keterkaitan sangat erat sehingga risiko kesehatan pengidap diabetes disetarakan dengan penderita jantung. Risiko serangan jantung pada penderita diabetes 2-6 kali lipat lebih tinggi dibanding orang tanpa diabetes.

Penyebab kerapuhan jantung pada penderita diabetes disebabkan pembuluh darah koroner yang dilewati terlalu banyak gula sehingga lebih cepat menebal dan mengeras. Bila hal tersebut dibiarkan, lubang koroner akan menyempit. Akibatnya jantung akan mengalami gangguan pasokan oksigen. Kondisi seperti ini sangat fatal.

Agar penderita diabetes melitus memiliki jantung sehat, yang dikontrol bukan hanya gula darah, tetapi juga faktor-faktor risiko yang terkait dengan diabetes. Penderita perlu menekan tekana darah agar tidak melonjak. Penderita juga harus mempertahankan kadar kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) atau kolesterol jahat di bawah 100 mg/dl.

Mengatasi Keluhan Gejala Menopause Dini

Seorang wanita berusia 43 tahun menyampaikan keluhan bahwa ia sudah lima bulan tidak mendapat haid dan telah melakukan testpack dengan hasil negatif. Wanita tersebut ternyata mengalami gejala menopause dini yang sedang berlangsung, karena umumnya hal tersebut bersifat sementara jika datang belum berlangsung selama 12 bulan berturut-turut.
Jika Anda mengalami hal seperti itu, langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk mengurangi atau mencegahnya adalah:
  1. Jika terjadi hot flashes lakukan olahraga teratur, gunakan pakaian tipis dan coba untuk mencari pemicunya. Pemicunya umumnya berasal dari makanan yang panas, makanan pedas, minuman beralkohol, cuaca atau ruangan panas.
  2. Gunakan pelumas vagina atau pelembab jika vagina kering atau jika merasa tidak nyaman saat berhubungan. Hubungan seksual yang tetap aktif juga dapat membantu mengatasi masalah ini.
  3. Jika timbul gangguan tidur, hidari makanan berkafein dan berolahraga sebelum tidur.
  4. Jika berkeringat pada malam hari, pakai pakaian tipis berbahan katun.
  5. Senam otot panggul, disebut juga senam Kegel yang dapat memperbaiki inkontinensia urin.
  6. Makan makanan yang seimbang termasuk buah, sayuran, biji-bijian. Batasi diet berlemak dan manis. Perhatikan pada asupan kalsium minimal 1,200 - 1,500mg.
  7. Stp merokok. Rokok meningkatkan resiko penyakit jantung, stroke, kanker dan banyak penyakit lain serta memicu hot flashes dan memicu menopause dini.
  8. Olahraga teratur, minimal selama 30 menit setiap hari dapat mencegah penyakit jantung, kencing manis dan tulang rapuh juga membantu menurunkan stress. Kombinasikan olahraga yang bersifat aerobik seperti jalan cepat, joging dan menari, dan olahraga angkat beban.
  9. Lalukan pemeriksaan kesehatan berkala.

Konsultasi dengan ahli kesehatan saat menopause perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan serta untuk mencegah timbulnya penyakit karena bertambahnya usia. Meskipun beberapa problem kesehatan karena usia tua tidak dapat dihindari, tetapi banyak juga diantaranya yang dapat dicegah dengan mengubah gaya hidup dan pemberian obat-obatan. 


Kanker serviks adalah kanker yang terjadi pada organ leher rahim akibat virus Human Papilloma (HPV) tipe 16 dan 18. Penularan terbesar melalui media hubungan intim dan penggunaan pembalut berdioxin. Bagaimana pencegahan kanker serviks ini?

1. Pola Makan Sehat untuk Menjaga Sistem Pertahanan Militer Tubuh (Imun) Tetap Kuat
Pilih makanan Anda dengan selektif. Mana yang menyehatkan dan mana yang justru membahayakan. Sehat berawal dari apa yang Anda makan dan minum. Lidah jangan terlalu dimanja dengan makanan/minuman yang enak tapi ternyata mengandung zat berbahaya pencetus kanker (cancer trigger). Seperti penyedap rasa, minuman soda, minyak goreng 2 kali pemakaian dan makanan yang diolah dengan minyak goreng, pengawet makanan, pewarna makanan, daging bakar, dll. Jika Anda sering mengkonsumsi makanan jenis ini maka saya sarankan Anda waspada. Lakukan detoksifikasi agar zat-zat berbahaya tersebut bisa keluar dari dalam tubuh.

Rajinlah konsumsi makanan mengandung antioksidan. Seperti resveratrol, betakaroten,polifenol. Zat-zat seperti ini banyak terdapat dalam buah dan sayur. Oksidan berarti zat sisa (pembakaran) yang merusak sel-sel tubuh dan bisa menyebabkan tubuh cepat tua juga sel bisa berubah menjadi sel kanker (ganas). Zat-zat antioksidan inilah yang membuang zat sisa berbahaya dari dalam tubuh. Kemudian akan membantu tubuh menghasilkan sel-sel baru untuk mengganti sel-sel tubuh yang sudah mati. Proses ini disebut regenerasi sel

Makanlah teratur. Di dalam tubuh ada sel-sel sistem pertahanan militer tubuh (imun) yang membutuhkan makanan. Nah, kebayangkan kalau mereka tidak dapat makanan? Tentu mereka tidak akan kuat bertarung di medan tempur melawan penyakit termasuk sel kanker. Tubuh Anda pasti tidak mendapatkan proteksi dari para bodyguard imunitas ini :-)

2. Hindari Hubungan Intim Beresiko
Semua perempuan yang aktif melakukan aktivitas ini beresiko tertular kanker serviks. Apalagi yang pernah dan sering bertukar pasangan atau kontak dengan penderita penyakit menular. Salah satu gejala terjangkit penyakit menular ini adalah keputihan. Nah, Perempuan yang sering keputihan lebih beresiko terkena kanker serviks juga.

Ada berbagai kuman dan jamur yang akan mengganggu kesehatan organ reproduksi. Seperti kuman sipilis, gonorohoe (kencing nanah), virus human papilloma, kondiloma akuminata (jengger ayam), jamur kandida albicans, kuman trichomonas, dll. Segeralah lakukan tes pap smear.

3. Plis, Jangan Lakukan Hubungan Intim di Usia Remaja 
Perempuan yang pernah/sering melakukan hubungan intim saat usia di bawah 20 tahun juga sangat beresiko menderita kanker serviks. Organ reproduksi di usia belasan ini belum siap menerima kehadiran benda asing dari luar. Jika sperma laki-laki masuk ke serviks akan mengganggu tingkat keasaman (pH) lendir mukosa serviks. Inilah cikal bakal perempuan akan terkena kanker serviks. Apalagi jika pasangan laki-laki sedang atau punya riwayat pernah menderita PMS. Jadi, segera lakukan pap smear dan vaksinasi HPV buat kamu yang dah 'pernah' . Walau pun cuma 1 kali melakukannya. Apalagi yang dah gak kehitung :-) Wajib cin...

Kalau melihat perilaku remaja sekarang ini, saya merasa miris. Naga-naganya penderita kanker serviks di Indonesia angkanya akan semakin banyak. SMS konsultasi yang tiap hari masuk ke no HP saya tentang PMS buanyak. :'( :'(.

Lakukan tes pap smear di puskesmas atau rumah sakit di daerah Anda. Tes pap smear sangat disarankan untuk Anda yang pernah melakukan hubungan intim, walau pun cuma satu kali. Jika hasil tes menunjukkan adanya gejala kanker serviks segeralah lakukan pengobatan.Pengobatan kanker serviks akan lebih efektif sebelum terjadi kanker serviks dan kanker serviks masih stadium awal. Jika ternyata Anda negatif (belum terserang), syukurlah. Tapi Anda jangan bergembira dulu. Saran saya lakukan vaksinasi virus HPV untuk pencegahan.

Seumur hidup lakukanlah tes papsmear ini minimal 1-2 tahun sekali. Agar Anda tahu kondisi kesehatan dan Anda bisa bertindak lebih cepat ketika ada gangguan yang mencurigakan

Untuk Anda yang belum pernah melakukan hubungan intim ada cara untuk mendeteksi penularan kanker serviks. Yaitu dengan screening kanker di rumah sakit. Saya sarankan juga untuk lakukan vaksinasi HPV untuk melindungi diri Anda.

5. Hati-hati Penggunaan Suntik Hormon Estrogen
Penggunaan hormon estrogen dalam jangka waktu lama berbahaya. Rangsangan terhadap lendir rahim (endometrium) dalam waktu lama akan membuka peluang resiko kanker serviks

6. Hindari Antiseptik Pencuci V Berbahan Zat Kimia
Jangan mudah tergiur dengan berbagai iklan antiseptik pencuci yang menjanjikan rapet dan wangi. Zat-zat kimia yang terkandung di dalamnya dapat membunuh kuman-kuman positif pelindung. Kuman-kuman positif pelindung ini berguna untuk menjaga organ tetap sehat.

7. Gunakan Pembalut Aman
Benda ini digunakan di organ intim minimal 2 jam. Jadi sudah bisa dibayangkan apa yang terjadi jika pembalut dan pantyliner dibuat dari bahan berbahaya dengan campuran zat kimia. Hiks :'(

8. Lakukan V Toilet Secara Rutin
Hmmm, gimana ya bahasanya membahas ini? Pokoknya gini, datang aja ke dokter ahli untuk meminta bantuan. Bersihkan organ intim ini dari kotoran apa pun yang hinggap di dalamnya. Dokter ahli pasti lebih mengerti cara membersihkan dengan aman tanpa resiko iritasi dan infeksi.

Kesimpulannya :
Untuk menghindari kanker serviks : kuatkan sistem kekebalan tubuh, hindari gaya hidup beresiko, jaga kebersihan.


KHASIAT JAMBU BIJI
Jambu biji (Psidium guajava L.) mengandung berbagai zat gizi yang dapat digunakan sebagai obat. 


Kandungan vitamin C jambu biji dua kali lipat jeruk manis yang hanya 49 mg per 100 g buah. Vitamin C itu terkonsentrasi pada kulit dan daging bagian luarnya yang lunak dan tebal. Kandungan vitamin C jambu biji memuncak saat menjelang matang. 

Artinya 275 gram jambu biji dapat kebutuhan harian akan vitamin C pada tiga orang dewasa atau dua anak-anak.

Jambu biji juga kaya serat, khususnya pektin (serat larut air). Manfaat pektin antara lain menurunkan kolesterol dengan cara mengikat kolesterol dan asam empedu dalam tubuh serta membantu mengeluarkannya. Penelitian yang dilakukan Singh Medical Hospital and Research Center Morrabad, India, menunjukkan bahwa jambu biji dapat menurunkan kadar kolestreol total dan trigliserida darah serta tekanan darah pada penderita hipertensi.

Ada pun tanin yang menimbulkan rasa sepat pada jambu biji bermanfaat memperlancar sistem pencernaan dan sirkulasi darah, serta menyerang virus. Kalium yang terkandung pada buah ini berfungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat gizi ke sel tubuh, serta menurunkan kadar kolesterol total dan tekanan darah tinggi (hipertensi). Menurut penelitian, memakan jambu biji 0,5-1 kg/hari selama empat minggu, risiko terkena sakit jantung dapat berkurang hingga 16. persen.

Dalam jambu biji juga ditemukan likopen, yaitu zat karotenoid (pigmen penting dalam tanaman) yang memiliki aktivitas antioksidan, sehingga bermanfaat memberikan perlindungan pada tubuh dari serangan beberapa jenis kanker. Dalam jambu biji merah, kandungan likopen ini tersedia dalam jumlah melimpah.

Kemudian daun jambu biji yang juga sering dimanfaatkan sebagai obat, diketahui mengandung tanin, eugenol (minyak asiri), minyak lemak, damar, zat samak, triterpinoid, dan asam apfel. Biji jambu mengandung 14 persen minyak atsiri, 15 persen protein, dan 13 persen tepung.

Ragam Pemanfaatan

Menurut dokumentasi Parimin S.P. dan PDII–LIPI, di berbagai tempat, jambu biji lazim digunakan sebagai pengobatan dengan penyajian sebagai berikut:

1. Penguat jantung, membantu sistem pencernaan, dan antikanker
Jus jambu biji 200 ml Jus apel 400 ml Jus melon 200 ml Madu murni 100 cc Blender semua bahan sampai halus kemudian simpan di lemari pendingin. Minum secara teratur setiap pagi dan sore masing-masing 300 cc. 

2. Demam berdarah dengue (DBD)
Ramuan 1: Jambu biji matang dan mengkal 3 buah dicuci bersih. Jambu yang sudah matang diblender sampai halus lalu disaring sehingga diperoleh jus jambu biji.

Jus jambu biji diminum tiga kali sehari sampai DBD sembuh. Buah yang mengkal dimakan langsung bersama kulitnya. Biji buah tidak perlu ikut dimakan.

Ramuan 2: Daun jambu biji segar 1 kg dicuci bersih, kemudian dipotong kecil-kecil (rajang). Blender dengan air secukupnya hingga halus. Saring dan endapkan, sehingga ekstrak daun terpisah dengan air. Oven ekstrak daun tersebut agar tahan lama.

Cara pemakaian: - Masukkan ekstrak ke dalam kapsul lalu minum dua kali sehari, setiap pagi dan sore. - Minum ekstrak daun bersama sirop jambu biji dengan takaran 1 sendok teh untuk 1/2 liter sirop yang diencerkan. Minum secara teratur sampai keluhan sembuh.

3. Diare
Ramuan 1: Daun jambu biji 30 gr ditambah segenggam tepung beras direbus dengan 1-2 gelas air. Larutan diminum 2 kali sehari.

Ramuan 2: Tiga lembar daun jambu biji muda segar dikunyah dengan sedikit garam, lalu ditelan. Lakukan sehari 2 kali.

Ramuan 3: Enam lembar daun jambu biji dicuci bersih lalu ditumbuk sambil diberi 1 cangkir air matang, peras, minum airnya. Cukup untuk diminum 2 kali sehari. Minum air perasannya. Lakukan setiap hari secara teratur, sampai benar-benar sembuh.

4. Maag
Delapan helai daun jambu biji dicuci, rebus dengan 1,5 liter air. Minum 3 kali sehari.

5. Disentri
Siapkan akar daun jambu biji secukupnya dan daun jambu 10 lembar. Potong-potong akar dan daun, cuci bersih, lalu rebus dengan air secukupnya selama 20 menit pada suhu 90 derajat Celsius. Saring air rebusan lalu minum secukupnya secara teratur sampai keluhan hilang.

6. Luka
Tiga pucuk daun jambu biji dicuci, kunyah sampai lumat. Tempelkan pada luka. Kandungan astringent-nya dapat menghentikan perdarahan.

7. Keputihan Dua genggam daun jambu biji muda dan 7 helai daun sirih dicuci, rebus dengan segelas air, saring. Tunggu agak dingin lalu minum. Cukup untuk diminum 2 kali sehari.

8. Perut kembung pada anak
Tiga helai daun jambu biji, 2 cm kulit batang pulasari, 5 butir adas direbus dengan 1,5 gelas air sampai airnya tinggal setengah, saring. Minum 3 kali sehari. Dosis untuk anak di bawah umur 3 tahun sesendok makan, di atas 3 tahun 2 sendok makan.

9. Sakit kulit
Ramuan 1: Segenggam daun jambu biji muda dan 7 kuntum bunga jambu biji dicuci, lumatkan sampai halus. Gosokkan pada kulit yang sakit.

Ramuan 2: Daun jambu biji segar 500 gram dipotong-potong lalu direbus dengan air panas 90 derajat Celsius selama 20 menit. Saring air rebusan lalu gunakan untuk mandi selagi airnya masih hangat. Lakukan secara teratur sampai penyakit kulit hilang.

10. Diabetes
Satu buah jambu biji yang masih mengkal dipotong-potong, rebus dengan 3 gelas air hingga tinggal 1 gelas, saring. Minum 2 kali sehari.

11. Beser (sering buang air kecil)

Tiga pucuk daun jambu biji dicuci, lalap dengan sedikit garam dan merica. Makan setiap siang dan malam selama 2 hari.

12. Sariawan
Ramuan 1: Rebus 1 genggam daun jambu biji segar ditambah 1 jari kulit batangnya dengan 1 liter air, saring. Minum 2 kali sehari.

Ramuan 2: Daun jambu biji muda 2 lembar, daun sirih segar 1 lembar, daun saga segar satu genggam dicuci sampai bersih. Tumbuk semua bahan sampai halus lalu tambahkan air. Peras adonan itu lalu gunakan airnya untuk kumur-kumur 2-3 kali sehari.

13. Luka berdarah atau borok di sekitar tulang
Lumatkan daun jambu biji segar, tempelkan di tempat yang sakit. Lakukan beberapa kali sehari.

14. Ambeien
Ramuan 1: Daun jambu biji muda atau pucuknya dan sebuah pisang batu dicuci, lalu ditumbuk. Minum air perasannya. Lakukan setiap hari secara teratur, sampai benar-benar sembuh.

Ramuan 2: Buah jambu biji segar 500 gram direbus menggunakan air secukupnya hingga menjadi cairan kental. Oleskan cairan itu ke bagian tubuh yang sakit.



Bercinta Tiap Hari Dongkrak Kualitas Sperma



IlustrasiBanyak yang beranggapan bila bercinta dengan suami atau istri bisa membuat cadangan sperma menurun. Padahal, bercinta setiap hari bisa mendongkrak mutu dan memperbaiki kualitas sperma bahkan, hal tersebut dianjurkan bagi para pasangan yang sedang mengharapkan kehamilan, istilahnya 'kejar setoran'.

Hingga kini, masih ada perdebatan apakah seharusnya suami menunda 'meminta jatah' hingga beberapa hari agar bisa meningkatkan peluang kehamilan pasangannya. Tetapi, dalam penelitian yang dilakukan Dr. David Greening dari Australian Center for Infertility and In vitro Fertilisation (IVF) treatment justru memperlihatkan, menunda hubungan seks bukanlah pendekatan yang tepat.

Dari 118 pria yang diteliti, memiliki kerusakan DNA sperma di atas rata-rata. Selain itu, ia menemukan adanya peningkatan kualitas sperma yang signifikan setelah mereka dianjurkan untuk melakukan ejakulasi setiap hari selama satu pekan.

"Tampaknya ejakulasi yang sering dilakukan, dapat meningkatkan kualitas sperma dengan mengurangi waktu paparan dari sperma terhadap molekul yang berpotensi merusak yang disebut reactive oxygen species yang terdapat di saluran testikular," terang Dr. David.

Semakin sering bercinta, maka volume semen yang dihasilkan bakal menurun. Namun, bagi kebanyakan pria hal ini bukanlah suatu masalah. Dr. David mengatakan, "Sekarang ini tampaknya aman untuk menyimpulkan bahwa pasangan dengan parameter semen yang relatif normal dianjurkan untuk melakukan hubungan sex setiap hari selama seminggu sebelum tanggal ovulasi," terangnya.

Hasil penelitian itu menjadi kabar gembira bagi para pria yang sudah beristri. Apalagi bagi Anda yang sedang merindukan kehadiran buah hati. Jadi jangan takut kehabisan stok sperma karena sering bercinta. Sebab, semakin Anda sering bercinta dengan istri, kualitas daya tahan tubuh juga meningkat. Tapi ingat, jangan lupa perhatikan kalender kesuburan istri Anda agar lebih mendapatkan hasil maksimal. Jadi apalagi yang Anda tunggu, segera 'seret' istri Anda untuk segera ke ranjang.

Orgasme Perpanjang Usia 8 Tahun

Rahasianya awet muda dalam aktivitas tempat tidur.

Aktivitas seksual yang sehat memberi manfaat luar biasa pada usia berapapun. Tahukah Anda bahwa hubungan intim mampu memperpanjang usia?

Seperti dilaporkan Times of India, aktivitas seks teratur meningkatkan kadar hormon, mempertahankan kesehatan jantung, meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan kekebalan tubuh. Bisa dibilang, seks bisa membuat Anda terlihat lebih muda daripada usia sebenarnya. 

Orgasme: tambah usia 8 tahun

Bukan hanya jumlah hubungan seks yang memperpanjang usia seseorang, tetapi juga kualitasnya. Sebuah studi menemukan bahwa orgasme yang kuat setara dengan suntikan valium, sejenis obat yang mengurangi stres dan merelaksasi tubuh. Orgasme juga meningkatkan imunitas tubuh dan memerangi infeksi sel tubuh hingga 20 persen. Dua orgasme setiap minggu memungkinkan penurunan risiko jantung lebih dari 30 persen. 

Studi lainnya menunjukkan pasangan menikah yang bahagia cenderung hidup lebih lama daripada lajang maupun pasangan menikah yang tak harmonis. Fakta dari studi juga menyebut, orgasme secara teratur membuat pria dua kali lebih mungkin mencapai usia tua daripada orang yang jarang melakukan hubungan seks. Wanita yang rutin menikmati orgasme dapat hidup delapan tahun lebih lama. 

Berpelukan dan cumbuan: tambah usia 7 tahun

Berpelukan bukan hanya menjadi permulaan yang menyenangkan dari sesi intim. Memeluk pasangan dapat melepaskan hormon oksitosin yang berkaitan dengan peningkatan harapan hidup.

Baik hewan maupun bayi yang kekurangan hormon ini tidak dapat berkembang dengan baik dan cenderung mengalami pertumbuhan gagal. Penelitian menemukan, oksitosin memperpanjang usia dan menurunkan risiko depresi. 

Agar hormon ini diproduksi dalam jumlah besar, jangan lupa memberi pijatan sensual, banyak belaian dan sentuhan intim bersama pasangan.

Makanan seks: tambah usia 10 tahun

Supaya dapat menikmati seks, otak perlu berada dalam kondisi yang tepat. Kurang gairah seks disebabkan tidak adanya salah satu dari empat senyawa dalam otak, yaitu dopamin, asetilkolin, GABA dan serotonin. 
Untuk menjaga kualitas ini, asup herbal dan rempah yang meningkatkan mood dan percaya diri seperti kemangi, lada hitam, cabe, jinten, bawang putih, jahe dan kunyit yang mengandung dopamin.
Asetilkolin diperoleh dalam kemangi, peppermint, sage dan thyme. GABA, suatu antidepresan alami, ditemukan dalam segelas alkohol dan serotonin yang meningkatkan kebahagiaan dan relaksasi ada dalam kalkun, pisang dan coklat.


Berkeringat: tambah usia 10 tahun

Aktivitas seks memberi manfaat hampir sama seperti berolahraga tanpa harus berlatih di pusat kebugaran. Hubungan intim selama 20 menit akan meningkatkan sirkulasi dan metabolisme serta membakar sekitar 30 kalori. 
Tak hanya itu, berkeringat selama aktivitas seks juga membantu menjaga kepadatan tulang dan menghindari osteoporosis di kemudian hari. Wanita paruh baya yang melakukan hubungan seks memiliki kepadatan tulang dua kali lebih tinggi ketimbang mereka yang tidak. Untuk itu, ingatlah untuk selalu mencari posisi baru yang menantang dalam sesi intim Anda.




Kencan seks rutin: tambah usia 2 tahun

Berhubungan seks setidaknya seminggu sekali akan menjaga hormon, jantung dan otak selalu dalam kondisi puncak. Pria yang berhubungan seks tiga atau lebih kali seminggu akan mengurangi risiko serangan jantung atau stroke sebesar 50 persen. 

Agar gairah tetap menyala, cobalah menjalani 'kencan seks'. Tidak harus pada waktu tidur, cobalah menyelinap saat anak bermain di luar pada hari Minggu atau selepas makan siang. 






Hubungan seks bukan hanya penting yang menjaga kesehatan hubungan tetapi juga cara yang menyenangkan untuk tetap sehat. Karena itu jangan biarkan gairah cinta Anda dan pasangan meredup agar bisa memetik manfaat sehat berikut ini.

Meningkatkan percaya diri

Memiliki kepercayaan diri bukan hanya penting untuk Anda tapi juga orang di sekitar. Bagaiaman Anda memandang diri di dunia ikut menentukan cara Anda berinteraksi dengan orang lain baik dalam hubungan sosial atau pekerjaan.

Melakukan hubungan seks dengan cara yang Anda inginkan akan membantu kita lebih bahagia. Bersama dengan seseorang yang mencintai dan menerima Anda apa adanya sudah tentu akan meningkatkan kepercayaan diri.

Mengurangi stres

Stres yang berlangsung lama (kronik) berdampak negatif pada kesehatan. Selain mengurangi kekebalan tubuh, stres juga akan meningkatkan tekanan darah serta membuat kita rentan mengalami kecemasan dan depresi.
Hubungan seks yang menyenangkan dan dilakukan secara teratur telah terbukti menurunkan tekanan darah dan membuat kita mampu menghadapi masalah yang berkontribusi pada stres. Seks juga membuat komunikasi dengan pasangan lebih lancar sehingga Anda berdua bisa mengungkapkan perasaan.



Membakar kalori

Hubungan seks bisa dikategorikan ke dalam olahraga karena mampu membakar 90 kalori dalam setengah jam.

Menguatkan hubungan

Berintim-intim di ranjang akan menyebabkan peningkatan hormon-hormon tertentu, termasuk ketika Anda dan pasangan melakukan obrolan mesra sesudah bercinta. Hormon yang penting adalah oksitosin yang sering disebut "hormon cinta". Hormon ini sangat diperlukan untuk menguatkan ikatan cinta dengan pasangan.


Mencegah kanker prostat

Beberapa penelitian menunjukkan pria yang sering melakukan ejakulasi (sekitar 5 kali dalam seminggu) lebih jarang terkena kanker prostat. Proses ejakulasi sendiri, yang melibatkan prostat, sebenarnya adalah mengeluarkan produk tubuh yang bisa menyebabkan kanker.

Menyehatkan jantung

Bercinta sudah disebutkan termasuk kegiatan fisik yang bisa membakar kalori. Bahkan pria yang sudah lanjut usia tidak perlu khawatir terkena serangan jantung atau stroke asalkan hubungan seks dilakukan secara perlahan-lahan. Bercinta secara teratur (2-3 kali seminggu) disebutkan bisa mengurangi risiko serangan jantung pada pria lanjut usia.
Mengurangi nyeri

Menderita nyeri kronik bisa menurunkan kualitas hidup dan membuat tubuh lebih rentan stres, susah tidur, bahkan depresi. Acara bercinta yang panas dan teratur bisa dilakukan untuk menghindari penggunaan obat penghilang sakit. Penelitian menunjukkan hormon oksitosin dan endorfin yang dikeluarkan saat bercinta bisa menghilangkan sakit dengan cara menurunkan persepsi dari sinyal nyeri dari area tubuh yang bermasalah.

Membantu tidur nyenyak

Setelah "bertempur" di ranjang dengan pasangan tubuh akan menjadi lebih rileks sehingga tidur pun lebih nyenyak. Hal ini ada hubungannya dengan peningkatan hormon oksitosin dan endorfin setelah orgasme.

Sumber: DechaCare


Ejakulasi yang benar adalah jika sang pria bisa mengatur kapan dia akan berajakulasi. Ejakulasi yang terlalu cepat dan tidak terkontrol disebut ejakulasi dini, sementara ejakulasi terhambat, yaitu ejakulasi yang terlalu lama dan tidak kunjung keluar meskipun hubungan seks sudah berlangsung agak lama. Ejakulasi dini dan ejakulasi terhambat sama-sama adalah gangguan seksual karena ketidakmampuan pria mengontrol ejakulasi.

Salah satu mitos seks yang berkembang di masyarakat adalah semakin lama melakukan hubungan seks maka semakin nikmat rasanya, padahal seks yang terlalu lama adalah gangguan seksual yang bisa saja disebabkan karena adanya penyakit dalam tubuh. 

Pada kasus ejakulasi terhambat, semakin lama anda berhubungan seks malah semakin tersiksa anda. Pada kasus yang parah, setelah sekian lama berhubungan, ejakulasi malah tidak terjadi. 

Ejakulasi yang terhambat adalah kebalikan dari ejakulasi dini. Hubungan seks yang sudah cukup lama dilakukan tapi pihak pria tidak juga mengalami ejakulasi dan orgasme tentu akan menyebabkan kedua pihak, suami dan istri sama-sama capek, belum lagi kemungkinan munculnya rasa sakit pada vagina pasangan akibat lecet. 

Penyebab Ejakulasi Terhambat 

Jika anda mengalami masalah ejakulasi yang terlalu lama atau terhambat, maka ada beberapa kondisi yang perlu anda pertimbangkan, tujuannya untuk memilah faktor-faktor penyebab, fisik atau psikologis. Dan jika diperlukan, lakukan konsultasi dan pengobatan pada dokter yang ahli. 

Apakah anda memiliki masalah medis seperti Diabetes, tekanan darah tinggi (hipertensi) atau alergi? Terkadang obat untuk mengobati penyakit ini memiliki efek samping yang menyebabkan ejakulasi terhambat. Jika masalah ejakulasi anda muncul bertepatan dengan dimulainya pengobatan penyakit anda, coba datangi lagi dokter anda untuk konsultasi dan ajukan permintaan penggantian jenis obat. 

Apakah anda pernah melakukan operasi prostat? Jika iya, maka anda pasti sudah diperingatkan tentang ejakulasi terhambat yang mungkin akan ada alami. Dalam beberapa kasus, setelah operasi cairan ejakulasi tidak keluar melalui uretra tapi malah masuk ke kantung kemih. Jika ini yang terjadi cobalah konsultasi dengan dokter urologi untuk mendiskusikan jenis pengobatan yang baik bagi anda. 

Jika anda tidak memiliki masalah dengan kesehatan yang kemungkinan menjadi penyebab ejakulasi terhambat yang anda derita, dan disisi lain masalah ejakulasi tersebut semakin buruk, maka kemungkinan besar penyebabnya muncul karena faktor psikologis seperti cemas, takut dan ketidaktertarikan kepada pasangan. 

Meskipun jumlahnya tidak sebanyak penderita ejakulasi dini, ejakulasi terhambat ini tetap harus diwaspadai. Prinsipnya, pria harusnya bisa mengontrol kapan dia akan berejakulasi, karena ejakulasi dan orgasme adalah proses saraf di otak, bukan di kelamin. 

Untuk mengobati ejakulasi yang pertama dilakukan adalah mencari penyebabnya, jika penyebabnya adalah masalah kejiwaan maka pengobatannya cukup melalui psikoterapi atau konseling. Dan jika ejakulasi terhambatnya disebabkan faktor fisik maka harus menggunakan obat-obatan. 

Beberapa pria membutuhkan rangsangan yang lebih besar untuk segera mencapai orgasme dan ejakulasi. Terkadang vagina tidak cukup membuat pria sangat terangsang dan segera berejakulasi. Jika itu yang anda alami maka lima langkah di bawah ini mungkin bisa membantu anda. 

Langkah 1
Komunikasi dengan istri tentang masalah ejakulasi terhambat yang anda derita. Ada banyak pria yang tidak mengalami ejakulasi selama bertahun-tahun dan menganggap kondisi mereka sudah tidak bisa terbantukan lagi. Ini tidak benar, orgasme mungkin bukan segalanya tapi juga bukan berarti tidak bernilai apa-apa. 

Langkah 2
Setelah berdiskusi dengan pasangan, berikutnya adalah lakukan latihan. Latihan yang benar adalah masturbasi bersama pasangan sampai anda mengalami ejakulasi. 

Langkah 3
Setelah anda bisa mengalami ejakulasi karena masturbasi pasangan anda, sekarang cobalah melakukan masturbasi dengan tangan anda sendiri. 

Langkah 4
Lakukan latihan 1 sampai 3 sampai anda betul-betul bisa mencapai orgasme dengan cepat. 

Langkah 5
Di tahap ini, jika anda sudah siap, beritahu pasangan anda untuk melakukan hubungan seks penetrasi. Lakukan terlebih dahulu rangsangan dan masturbasi, jika orgasme dirasakan sudah semakin dekat maka masukkan penis ke dalam vagina dan lakukan penetrasi. 

Pada dasarnya tidak ada batasan waktu yang tepat berapa lama seorang pria mestinya sudah berejakulasi. Yang paling penting adalah hubungan seksual harus memuaskan kedua belah pihak. Kalau istri sudah bisa puas dengan hanya 1 menit berhubungan maka ejakulasi setelah 2 menit tidak masalah, begitu juga sebaliknya, jika istri sulit orgasme dan baru setelah 30 menit bisa mencapai orgasme maka hubungans eks 25 menit juga sudah termasuk ejakulasi dini. 

Tapi walaupun demikian, untuk batasan normal para ahli medis biasanya mengambil angka rata-rata berapa lama wanita mencapai orgasme, yaitu antara 7-15 menit. Kurang atau lebih dari itu biasanya disebabkan karena adanya gangguan seksual.






Ketika sedang berjalan atau berdiri tegak, orang yang sudah lanjut usia, sering tiba-tiba jatuh. Menurut Pakar Geriatri FKUI, dr Hj Nina Kemala Sari, SpPd K-G FINASIM, ada dua faktor yang menyebabkannya. “Faktor intrinsik, dari dalam tubuh, dan juga faktor ekstrinsik,” ujarnya.

Menurutnya, faktor intrinsik sendiri terbagi menjadi dua lagi. “Ada penyebab yang lokal, dan ada yang sistemik,” ujarnya.

Untuk faktor intrinsik lokal, penyebabnya misalnya adalah gangguan sistem keseimbangan. “Seperti vertigo misalnya,” tuturnya. Vertigo, menurutnya, dapat ditimbulkan oleh gangguan aliran darah ke otak akibat hiperoagregasi atau osteartritis servikal.

Lemahnya otot kuadrisep femoris, juga banyak berperan menyebabkan terjadinya jatuh, karena tidak mampu mengangkat sel tungkai secara optimal saat berjalan, dan mengangkat tubuh saat bangun dari duduk.

Selain itu, gangguan pendengaran dan penglihatan juga merupaka faktor utama penyebab para lansia ini jatuh. Juga masalah ostearitritis genu, vertebrata, atau lumbai.

Sedangkan sebagai faktor intrinsik sistemik, penyebab lansia sering jatuh aalah karena pneumonia, infark miokard akut, gagal jantung, infeksi saluran kemih, dan juga PPOK. “Gangguan metabolik juga berperan,” ujarnya.

Gangguan metabolik ini, seperti misalnya hiponatremia, hipoglikemia, hiperglikimia, ataupun hipoksia. Atau juga karena adanya gangguan aliran darah ke otak pada keadaan hiperkoagulasi, stroke, atau Transient Ischemic Attack (TIA).

Pengaruh obat-obatan seperti diuretic, hipnotiksedatif dan antidepresan juga bisa menyebabkan lansia sering jatuh tiba-tiba.

Sumber:





Organ intim wanita memang rentan terpapar bakteri karena sering lembap dan kurang sirkulasi udara. Iritasi, bintik merah, gatal dan bau tak sedap adalah berbagai macam gangguan yang akan hinggap bila tidak rajin membersihkan Miss V. Karena itu, penting untuk menjaga tidak hanya kesehatan dan kebersihannya tapi juga lingkungan di sekitarnya. Caranya cukup sederhana, yang penting rutin dan telaten. Efek jangka panjangnya sangat baik bagi kesehatan organ intim ini. 

Berikut beberapa tips menjaga kesehatan dan merawat kebersihan Miss V yang saya anjurkan:

1.Kenakan pakaian berbahan katun yang mudah menyerap keringat dan lembap serta sirkulasi udara yang cukup baik. Terutama saat aktif bergerak atau beraktivitas di cuaca panas;

2. Saat haid, ganti pembalut secara rutin tiap 4 hingga 8 jam sekali. Sesuaikan dengan volume darah haid yang keluar. Gunakan hanya pembalut yang tidak diberi pewangi yang dapat menimbulkan alergi pada sebagian wanita;

3. Miss V tiap wanita memiliki bau khas dan berbeda-beda. Selama aromanya tidak menyengat, jangan kuatir. Jadi, sebaiknya hindari penggunaan spray atau pembersih khusus kewanitaan bila tidak terlalu diperlukan;

4. Hindari pakaian yang ketat dan yang terbuat dari bahan sintetis yang langsung menempel pada kulit karena dapat membuat Miss V lembap;

5. Sehabis berenang, olahraga atau aktivitas apapun yang membuat pakaian basah, segera ganti dengan pakaian yang lebih kering secepat mungkin agar tidak memicu pertumbuhan bakteri;

6. Basuh Miss V dengan sedikit air setelah buang air kecil dan keringkan dengan mengusap lembut dari bawah ke atas untuk mencegah kotoran dan bakteri menempel disana;

7. Tidak direkomendasikan membersihkan Miss V dengan douching (obat semprot air) karena bisa mengganggu keseimbangan ph dan dapat meningkatkan resiko iritasi. Miss V memiliki kemampuan membersihkan diri sendiri.

Itulah ketujuh tips sederhana menjaga Miss V tetap sehat. Mudah, sebagian besarnya hanya menghindari dan biarkan semuanya berjalan secara alami. Yang perlu dirutinkan adalah basuh Vulva (bagian luar Miss V) dengan air hangat setiap hari tanpa sabun dan tanpa wewangian. Dan, anda pun sudah siap memberikan yang terbaik untuk suami anda.

Sumber: Dokter Merry

SOFT DRINK TIDAK BAIK UNTUK KESEHATAN


Soft drink tentu saja bukan minuman yang diharamkan dan tidak memabukan karena tidak mengandung alkohol, namun ternyata minum soft drink tidak baik untuk kesehatan. Apa saja sebabnya?


1. Softdrink menguras air dalam tubuh. Pemrosesan gula tingkat tinggi dalam softdrinks memerlukan sejumlah besar air dalam tubuh kita. Untuk mengganti air ini, orang harus minum 8-12 gelas air untuk setiap gelas yang diminum.

2. Softdrink tidak pernah meng-hilangkan rasa haus karena Softdrink bukanlah air yang diperlukan oleh tubuh.


3. Tingkat kandungan fosfat yang tinggi dalam softdrinks dapat menghancurkan mineral penting dalam tubuh. Kekurangan mineral yang serius dapat menyebabkan penyakit jantung ( kekurangan magnesium), osteoporosis ( kekurangan kalsium ) dan banyak lagi. Sebagian besar vitamin tidak berfungsi di dalam tubuh tanpa adanya mineral.

4. Softdrink dapat membersihkan karat pada bumper mobil atau benda benda logam lainnya. Bayangkan apa yang akan terjadi pada fungsi pencernaan dan organ tubuh lainnya.

5. Jumlah gula yang tinggi dalam softdrinks menyebabkan pankreas memproduksi insulin dalam jumlah besar, yang mengakibatkan “benturan gula”, Kelebihan dan kekurangan gula dalam insulin dapat menyebabkan diabetes dan penyakit yang terkait dengan ketidakseimbangan dalam tubuh. Keadaan ini dapat mengganggu pertumbuhan anak sehingga dapat menyebabkan masalah kesehatan seumur hidup.

6. Softdrinks sangat mempengaruhi pencernaan. Kafein dan jumlah gula yang tinggi dapat menghentikan proses pencernaan. Ini artinya metabolisme dalam tubuh bisa terhambat. Softdrink bila diminum bersamaan dengan kentang goreng akan membutuhkan waktu berminggu minggu untuk di cernakan.

7. Softdrink mengandung aspartame, yang di hubungkan dengan depresi, insomnia, penyakit saraf dan banyak penyakit lainnya. Di Amerika, FDA telah menerima lebih dad 10400 keluhan konsumen terhadap aspartame.

8. Softdrink: bersifat sangat asam, sehingga dapat menembus garis sambung pada kaleng alumunium dan dapat melumerkan kaleng tersebut bila disimpan terlalu lama. Pasien penderita alzheimer yang telah diotopsi semuanya memiliki kadar aluminium yang sangat tinggi dalam otaknya. Logam berat dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan syaraf dan penyakit lainnya.

9. Softdrink bersifat sangat asam, tubuh manusia secara alamiah memiliki pH 7,0. Softdrink memiliki pH 2,5, artinya anda memasukkan sesuatu yang ratusan ribu kali lebih asam ke dalam tubuh anda. Penyakit berkembang dalam lingkungan asam. Softdrink akan mengendapkan limbah asam dalam tubuh yang menumpuk dalam sendi dan di sekitar organ tubuh. Contohnya, pH tubuh penderita kanker atau randang sendi selalu rendah. Semakin parah penyakit seseorang, semakin rendah pH tubuhnya.

10. Jangan pernah berpikir untuk meneguk Softdrink saat anda terkena demam atau flu, Softdrink akan mempersulit tubuh melawan penyakit tersebut.

Maka mulai sekarang berhati-hatilah!



BERCINTA memang tak punya aturan. Semua tergantung pada taste Anda dan pasangan. Tapi masalahnya, masing-masing orang punya ekspektasi terhadap cerita seksnya. Karena itu, ada larangan bercinta yang harus Anda hindari. 

Saat seranjang bersama pasangan, ada beberapa kesalahan umum yang mungkin tidak Anda sadari. Kalau ia cenderung menyembunyikannya, sebagai pasangan, sebaiknya Anda bisa menangkap sinyal kesalahan itu.

Berikut delapan kesalahan yang harus dihindari selama bercinta, seperti dilansir Times of India.

Tidak mencium
Percaya atau tidak, banyak orang (termasuk wanita) tidak mencium pasangannya ketika berhubungan seks. Mengapa? Mungkin karena posisi bercinta tidak memungkinkannya untuk mencium atau karena terlalu bersemangat mencapai klimaks. 

Tanpa disadari, hal ini bisa mematahkan semangat irama percintaan. Jadikan ciuman salah satu aksi menuju puncak kenikmatan yang tak boleh tertinggal. 

Menggigit sebelum pasangan siap

Sementara sebagian orang begitu menikmati aksi agresif pasangan, menggigit salah satu bagian tubuh sebelum tubuh mereka benar-benar siap akan terasa menyakitkan, tidak nyaman, bahkan membuatnya ketakutan. Jadi, pastikan pasangan Anda siap sepenuhnya sebelum Anda menggigit telinga, bahu, leher atau bagian tubuh lainnya. 

Mengabaikan bagian tubuh lain

Dalam urusan ranjang, alat genital memang penting, tapi sepatutnya Anda juga memperhatikan bagian lain tubuh lain. Fokus pula pada bagian tubuhnya, seperti lutut, pergelangan tangan, punggung dan perut sebagai area sangat sensitif pria, juga wanita. 

Belaian lembut di area ini akan membantu merangsang pasangan Anda. Dan pada gilirannya, meningkatkan kesempatan mereka untuk memuaskan Anda. 

“Menumpahkan” berat badan ke pasangan

Ketika berada di atas tubuh pasangan, Anda harus berhati-hati untuk tidak “menumpahkan” berat badan sepenuhnya. Menutupi akses pasangan untuk bernapas atau menghambat laju aksinya tentu membunuh kesenangan momen pergumulan. 

Mencapai klimaks terlalu cepat atau terlalu lambat

Ini terutama dilakukan oleh pria. Para pria, Anda perlu mengendalikan otot-otot dengan baik untuk memastikan bahwa Anda ejakulasi dalam waktu yang tepat. Jika terlalu cepat, Anda bisa meninggalkan ketidakpuasan pada pasangan, tapi terlalu lamban pun meninggalkan kesan Anda tak kuat mencapai klimaks. 

Untuk menghindari hal ini, sediakan banyak waktu untuk foreplay (berlaku pada pria dan wanita). Jika Anda butuh waktu lama dan hanya bisa ejakulasi melalui rangsangan manual, lebih baik pasangan orgasme lebih dulu, untuk kemudian ia bisa “melayani” Anda. 

Kemudian, kalau Anda ingin quickie sex, pastikan pasangan tahu keinginan Anda. Jangan sampai ekspektasinya terlalu tinggi untuk menikmati percintaan panjang, padahal Anda ingin segera mengakhirinya. 

Tidak memberitahu saat ingin mencapai klimaks

Kalau Anda ingin mengakhiri pergumulan, katakan pada pasangan dengan kalimat sederhana, misalnya “Aku siap.” Agar tak kecewa, pasangan harus tahu. 

Terlalu diam

Suara yang keluar saat bercinta menjadi salah satu penghargaan Anda terhadap pasangan, misal lewat erangan atau bahkan mengatakan sesuatu seperti, "Itu rasanya sangat menyenangkan". Hal tersebut pun memberi panduan mereka, akan meneruskan ataukah menghentikan aksinya dan mencari zona erangan Anda lainnya. 

Aksi mekanis

Pasangan bukanlah mesin seks yang selalu panas setiap kali Anda memerlukannya. Ia adalah partner Anda untuk bersama-sama mencapai puncak kenikmatan. 

Pastikan Anda mencampurkan kecepatan dan intensitas aksi yang dilancarkan, dari cepat ke lambat, dan sebaliknya. Jadilah pasangan kreatif Anda. Selanjutnya, Anda bisa menikmati variasi itu.

Sumber:dechacare.com



Gagal ereksi alias impotensi menjadi pertanda ada gangguan jantung pada seorang pria. … 

Gagal ereksi mungkin pernah dialami oleh setiap lelaki ketika pikirannya dipenuhi beban pikiran atau stress. Namun kegagalan ereksi bisa saja sebagai  pertanda mengenai penyakit jantung pada sebagian pria. Demikian kajian oleh ilmuwan China atas sejumlah penelitian mengenai hubungan antara disfungsi ereksi dan gangguan jantung. 

Kajian para ilmuwan itu berdasar kesimpulan adanya  perubahan gaya hidup jantung-sehat atau obat penurun kolesterol diduga memiliki dampak positif pada kesehatan seks pria. Para ilmuwan telah lama mengetahui hubungan antara impotensi atau disfungsi ereksi dan kesehatan jantung. 

Meskipun sejauh ini tak ada bukti, teori umum menyatakan pembuluh nadi yang memasok darah ke penis selama ereksi mungkin menyumbat lebih cepat daripada pembuluh nadi di jantung yang lebih besar. Itu menjadi peringatan dini mengenai kemungkinan penyakit arteri jantung dalam kehidupan pria selanjutnya. 

Untuk membahas hubungan antara keduanya, Jia-Yi Dong dari Soochow University di Suzhou, China, dan rekannya menggabungkan 12 studi sebelumnya mengenai impotensi dan sakit jantung. Semua studi tersebut mencakup hampir 37.000 lelaki. 

"Meta-analisis ini menunjukkan disfungsi ereksi secara mencolok meningkatkan resiko sakit jantung dan pembuluh darah, penyakit jantung koroner, stroke dan kematian. Peningkatannya barangkali tak terikat pada faktor resiko sakti jantung dan pembuluh darah konvensional," tulis mereka di Journal of the American College of Cardiology. 

Perubahan Gaya Hidup
Mereka mendapati bahwa pria yang menghadapi masalah disfungsi ereksi memiliki resiko 48 persen bahwa mereka akan terserang sakit jantung. Mereka juga menghadapi angka kematian yang lebih tinggi dibandingkan dengan pria yang tak memiliki masalah seksual. 

Faktor resiko tradisional, seperti merokok, kegemukan, diabetes dan tekanan darah tinggi, tak menjelaskan hubungan itu. Sehingga, hal tersebut memperkuat dugaan bahwa impotensi, ketika bukan disebabkan oleh masalah pasangan atau masalah lain psikologi, adalah faktor resiko bagi sakit jantung itu sendiri. 

Namun satu studi lain, yang disiarkan di Archives of Internal Medicine, mendapati bahwa perubahan gaya hidup dan obat penurun kolesterol, seperti statin, tampaknya meningkatkan masalah disfungsi ereksi pada kaum pria. ''Tapi, pengaruhnya cuma sedikit,'' demikian laporan Reuters. 

Pria yang berolah-raga lebih banyak atau menyantap makanan Laut Tengah, yang kaya akan padi-padian, buah, sayur, kacang dan minyak zaitun, misalnya, melaporkan peningkatan 2,4 poin pada skala 25-poin masalah disfungsi ereksi. 

''Pria yang menggunakan statin menghadapi peningkatan 3,1 poin,'' kata Bhanu Gupta dan rekannya dari Mayo Clinic di Rochester, Minnesota. 

Hasil tersebut dilandasi atas enam percobaan dengan 740 peserta. "Hasil studi kami kian memperkuat bukti bahwa perubahan gaya hidup dan terapi farmasi bagi faktor resiko sakit jantung dan pembuluh darah efektif dalam meningkatkan fungsi seksual pada pria yang mengalami disfungsi ereksi," tulis mereka. 

Mereka menambahkan perubahan gaya hidup tampaknya bermanfaat tak peduli apakah pria itu menggunakan viagra, obat paling umum untuk mengobati impotensi, atau tidak.

Sumber:
 Republika 



JANGAN langsung kecewa saat dokter mendiagnosis Anda dengan osteoporosis. Anda masih bisa memulihkannya dengan mulai melakukan perubahan gaya hidup untuk kesehatan tulang.

Upaya itu mungkin memang tak akan membantu membangun kembali tulang jika berkaitan dengan bertambahnya usia, tapi setidaknya bisa memperlambat pengeroposan tulang. Apa saja yang perlu dilakukan agar tulang kita tetap kuat dan sehat sehingga terhindar dari osteoporosis? Ikuti tips berikut ini: 

1. Cukupi dosis kalsium harian
Kalsium adalah kunci untuk menjaga kesehatan tulang. Suplemen makanan bisa menjadi pilihan, tetapi yang terbaik adalah mencoba mendapatkan kalsium melalui makanan Orang dewasa harus memenuhi 1.000 miligram (mg) kalsium per hari, tetapi jika Anda lebih dari 50 tahun, Anda membutuhkan 1.200 mg kalsium setiap hari, dan 1.300 mg setelah menopause. Sumber makanan kalsium yang baik meliputi: 

a. Produk susu rendah lemak seperti susu skim atau keju ricotta 
b. Sarden kalengan dalam minyak dengan tulang 
c. Jus yang diperkaya kalsium 
d. Sayuran berdaun hijau 

2. Cukupi kebutuhan vitamin D 
Vitamin D membantu tubuh mengolah kalsium. Sumber terbaik vitamin D adalah sinar matahari alami. Waktu 15 menit di bawah sinar matahari tanpa tabir surya dibutuhkan setiap hari. Namun, ada orang yang tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung, seperti pasien kanker kulit. Mereka bisa mendapatkan vitamin D dari suplemen. Dosis yang diperlukan sekitar 400 sampai 800 IU sehari. Ada pula pilihan makanan kaya akan vitamin D: 

a. Salmon, tuna, makarel, sarden 
b. Kuning telur 
c. Produk susu 

3. Makan produk segar 
Kesehatan tulang bergantung pada variasi makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang berbeda. Konsumsilah buah dan sayuran berwarna. Menurut penelitian, terhadap 171 orang dewasa, terlihat bahwa mereka yang rajin makan buah dan sayur segar mampu mempertahankan lebih banyak kalsium di dalam tubuh. 

4. Batasi konsumsi alkohol 
Alkohol dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium. Jadi, ada baiknya menghindari atau setidaknya mengurangi konsumsi alkohol. Batasi pula minuman berkafein dan berkarbonasi. Minuman berkafein dan berkarbonasi memiliki dampak negatif pada kesehatan tulang Anda. 

5. Kurangi garam 
Makan makanan asin menyebabkan tubuh Anda kehilangan lebih banyak kalsium.

Sumber: DechaCare.com
http://www.dechacare.com/Tips-Terhindar-dari-Osteoporosis-I1179.html


Air kelapa, terutama yang masih muda kerap dijadikan minuman pelepas dahaga, rasanya sangat menyegarkan. Ada yang menyebutkan kalau air kelapa dapat menurunkan berat, memperbaiki fungsi ginjal, hingga mengobati alergi. Benarkah

Air kelapa, khususnya air kelapa muda, sudah sejak lama dikenal sebagai minuman yang menyehatkan. Letaknya yang terlindung oleh tempurung keras dan sabut kelapa yang tebal, membuat air kelapa menjadi minuman steril. Bebas dari segala bentuk kontaminasi.

Menurut Prof. DR. Made Astawan, MS, secara umum, air kelapa mengandung 2,6 persen gula, 0,55 persen protein, 0,74 persen lemak, serta 0,46 persen mineral. Jenis gula yang terkandung adalah glukosa, fruktosa, dan sukrosa.

Tinggi Kalium Dalam air kelapa juga terdapat asam amino dan vitamin. Air kelapa muda juga mengandung komponen fitokimia berupa tanin. Tanin bersifat antibakteri yang akan menghambat pertumbuhan bakteri.

Komposisi zat gizinya mendekati cairan isotonik, yang sesuai dengan cairan tubuh. Minuman isotonik diharapkan dapat menggantikan mineral tubuh yang hilang melalui keringat selama aktivitas olahraga atau kegiatan lainnya.

Agar tidak penasaran, dibawah ini beberapa kegunaan air kelapa yang sesungguhnya.

1. Membantu menurunkan berat badan

Minum air kelapa secara berlebihan sebenarnya dapat menyebabkan diare. Memang kelihatannya-setelah itu berat badan berkurang. Namun, ini bukan cara tepat dan sehat untuk bisa mendapatkan berat tubuh ideal. Sebaliknya, air kelapa bisa dijadikan stimulan bagi mereka yang susah buang air besar karena dapat membantu melancarkan saluran cerna.

2. Lebih bernutrisi ketimbang susu full cream

Anggapan ini tidak benar. Dibandingkan dengan air kelapa, susu (baik yang full cream maupun tidak) kaya akan protein, lemak, karbohidrat, dan gula. Selain itu, susu juga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral seperti vitamin B kompleks, vitamin D, kalsium, potasium, sodium, serta magnesium. Sementara air kelapa hanya mengandung beberapa mineral saja.

3. Membantu sistem kekebalan tubuh

Tidak ada literatur ilmiah yang membuktikan bahwa air kelapa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik dan juga membantu tubuh melawan beberapa virus penyebab penyakit. Satu-satunya cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah zat gizi yang diperoleh dari beragam makanan dan bukan air kelapa.

4. Membantu mencegah terjadinya batu ginjal

Hal pertama yang dapat dilakukan guna mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal adalah cukup konsumsi air atau cairan. Cairan bisa diperoleh dari air kelapa, air mineral, dan lainnya. Air kelapa maupun air mineral, dapat mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal. Hanya saja, air kelapa tidak dapat menyembuhkan batu ginjal.

5. Memulihkan rasa pusing akibat mabuk

Mabuk karena mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan harus segera dinetralkan. Caranya dengan minum air, baik air mineral maupun air kelapa. Sebenarnya, untuk meredakan rasa pusing akibat mabuk, sebaiknya minum air yang mengandung gula. Tujuannya agar gula bisa cepat masuk ke dalam pusat susunan saraf dan mengambil alih keterikatan tubuh pada alkohol. Dengan begitu, efek negatif dari mabuk dapat dinetralkan. (berbagai sumber)


Sumber : yahoo indonesia


Aneka Resiko Dari Obat Nyamuk

Gara-gara tak ingin si kecil terganggu tidurnya, biasanya kita menggunakan obat nyamuk. Entah yang dalam bentuk semprot, bakar, oles, ataupun elektrik. "Pada prinsipnya, semua obat nyamuk memiliki khasiat sama, untuk membunuh dan mengusir nyamuk. Bedanya cuma dalam kemasan dan konsentrasi bahan aktif atau zat racunnya," ujar dr H Bambang Supriyatno SpA dari RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Akan tetapi, hati-hati, lo, ia masih rentan terhadap zat racun yang ditimbulkan obat nyamuk.

Akan tetapi, tahukah para ibu dan ayah bahwa obat nyamuk bisa menjadi "ancaman" buat kita? Apalagi jika si kecil termasuk anak yang peka atau sensitif.

Aneka risiko
Mengapa obat nyamuk berbahaya buat manusia? Sebab obat nyamuk mengandung bahan aktif yang termasuk golongan organofosfat. Bahan aktif ini adalah dichlorovynil dimethyl phosfat (DDVP), propoxur (karbamat), dan diethyltoluamide, yang merupakan jenis insektisida pembunuh serangga.

Memang, seperti dijelaskan Bambang Supriyatno, tak semua bahan aktif tadi murni. Artinya, ada zat tambahannya. "Entah itu pewarna, pengawet, ataupun pewangi. Jadi, seperti ingridien dalam makanan. Campuran bahan tambahan tadi untuk memberikan wewangian tertentu karena umumnya bahan aktif berbau kurang sedap. "Nah, asal tahu saja, bahan-bahan tambahan ini pun berdampak pula pada kesehatan. Jadi, berlipatgandalah dampak buruk si obat nyamuk ini."

Racun nyamuk ditemukan pada semua jenis obat nyamuk. "Pada obat nyamuk bakar, semprot, dan elektrik lebih cenderung untuk membunuh nyamuk, sedangkan pada obat nyamuk oles lebih pada pencegahannya, yaitu mengusir nyamuk," jelas Bambang.

Kendati mengeluarkan zat racun yang sama, dosis tiap-tiap obat nyamuk berbeda satu sama lain. Ditilik dari segi konsentrasi atau komposisi, bahan aktif pada obat nyamuk terdiri dari konsentrasi ringan sampai berat, dari yang kurang toksid sampai yang lebih toksid.

Yang jelas, semua itu tergantung dari kadar konsentrasi racun dan jumlah pemakaiannya. Misalnya, kadar konsentrasi bahan aktif obat nyamuk semprot mungkin sedikit, tetapi kalau disemprotkan berulang kali tentu kadarnya akan bertambah banyak. Obat nyamuk yang memiliki kadar demikian mungkin bisa mematikan nyamuk dengan cepat, tetapi membahayakan kesehatan manusia.

Risiko terbesar terdapat pada obat nyamuk bakar karena secara langsung mengeluarkan asap yang dapat terhirup. Sementara obat nyamuk semprot berbentuk cair memiliki konsentrasi berbeda karena cairan yang dikeluarkan akan diubah menjadi gas. Artinya, dosisnya lebih kecil. Sementara obat nyamuk elektrik lebih kecil lagi karena bekerja dengan cara mengeluarkan asap, tetapi dengan daya elektrik.

Dengan demikian, makin kecil dosis bahan zat aktif, makin kecil pula bau yang ditimbulkan. Sekaligus, makin minim pula kemungkinan mengganggu kenyamanan manusia.

Batuk jadi pertanda
Bayi dan anak balita bisa dikatakan rentan terhadap obat nyamuk. Hal ini bisa terjadi karena organ-organ tubuhnya belum sempurna, daya tahan tubuhnya belum baik, refleks batuknya pun belum baik, dan sebagainya. Bahkan, bisa lebih berbahaya lagi pada anak yang alergi dan punya bakat asma.

"Bahan aktif dari obat nyamuk masuk ke dalam tubuh, baik melalui pernafasan maupun kulit, ke peredaran darah. Setelah itu menyebar pada sel-sel tubuh. Ada yang ke pernafasan, ke otak lewat susunan saraf pusat, dan lain-lain. Nah, organ mana yang sensitif, maka itulah yang akan terkena. Tentunya karena obat nyamuk lebih pada hirupan, maka yang paling berperan sekali adalah pernafasan. Sementara kalau lewat kulit sangat tergantung pada daya sensitivitas atau kepekaan kulit anaknya," jelas Bambang.

Jadi, gangguan-gangguan pada organ tubuh bisa saja terjadi jika pemakaian obat nyamuk tidak terkontrol sehingga dipakai dalam dosis yang berlebihan.
Anak yang punya alergi akan lebih menunjukkan reaksi, terutama pada saluran nafasnya. Ia akan lebih mudah batuk. Hal ini terjadi karena adanya gangguan mekanisme pertahanan saluran nafas, yang diakibatkan bahan aktif yang terhirup.

Reaksi yang terjadi bisa cepat, bisa juga lambat. Pada anak yang sensitif organ pernafasannya, reaksinya bisa saat itu juga atau timbul dalam beberapa menit. Begitu terhirup bau obat nyamuk, ia langsung batuk-batuk. Namun, ada juga yang setelah enam jam baru batuk-batuk. Obat nyamuk bisa juga menjadi faktor pencetus asma. Dampak ini terlihat pada anak yang memiliki bakat asma.

Lain lagi jika terjadi pada anak yang memiliki kulit sensitif. Jika terkena bahan-bahan yang terkandung dalam obat nyamuk, terutama bahan tambahannya, kulitnya akan kemerahan. Dan, ketika digaruk akan timbul lecet dan mungkin bisa menjadi eksim.
Informasi Kesehatan terkait:




Suara dering telepon di saku celana Anda bisa menjadi alarm bahaya bagi sel sperma. Demikian menurut hasil studi yang menemukan bahaya radiasi ponsel pada kualitas sperma.

Beberapa riset telah menunjukkan pria pengguna ponsel memiliki jumlah sperma lebih sedikit, lebih lambat bergerak dan rusak, dibandingkan dengan pria yang tidak memakai ponsel. Namun sebenarnya yang menjadi masalah adalah tempat penyimpanan ponselnya.

Sekitar dua bulan lalu para peneliti dari Afrika Selatan menemukan pria yang membawa ponselnya di pinggul atau di kantong celana bagian depan memiliki sperma yang lebih lambat dalam berenang dan juga lebih sedikit konsentrasinya. Keduanya sangat berpengaruh pada kesuburan seorang pria.

Studi teranyar mengenai efek radiasi dilakukan peneliti dari Turki dengan subyek sel sperma manusia di dalam cawan patri yang diberi paparan radiasi ponsel selama satu jam. Paparan tersebut menyebabkan sperma menjadi abnormal, sehingga kesulitan mencapai sel telur.

"Seharusnya hasil riset ini diwaspadai oleh pria yang masih berada di usia reproduksi dan terbiasa menaruh ponselnya di saku celana," kata Joel Moskowitz, Ph.D, direktur Universitas California, Berkeley Center for Familiy and Community Health.

Penelitian lain yang dilakukan pada tikus percobaan juga memberi hasil mengkhawatirkan. Para peneliti meletakkan tikus-tikus dalam kandang khusus dengan ponsel ditaruh 2 inci dari dasar kandang.

Setelah berdekatan dengan ponsel 6 jam setiap hari selama 18 minggu, para peneliti menemukan penurunan prosentasi sperma hidup 25 persen, dari sebelumnya 70 persen. Selain itu sel sperma tikus-tikus itu juga saling menempel sehingga tidak bisa membuahi sel telur.

Moskowitz mengatakan hasil penelitian ini belum mencapai kesimpulan karena mekanisme radiasi pada perubahan sel sperma belum diketahui.

Salah satu teori menyebutkan ponsel akan memanas ketika digunakan sehingga akan meningkatkan suhu di sekitar organ genital pria ketika disimpan dalam saku celana.

Hipotesis lain menyatakan hal itu berkaitan dengan frekuensi elektromagnetik yang dipancarkan ponsel. Baik sel tubuh atau ponsel memancarkan frekuensi elektromagnetik dan radiasi frekuensi yang tinggi akan diserap tubuh hingga ke jaringan sehingga meningkatkan gerakan molekuler di dalam sel tubuh.